Harga Burung Jalak Berbagai Jenis

151 View

Harga burung jalak sangat beragam tergantung kualitas warna dan suara yang dimiliki oleh burung tersebut. Di pasaran permintaan akan burung jalak masih terbilang cukup banyak, karena kelebihan yang dimiliki oleh hewan tersebut sangat bervariasi.

Tidak hanya dari kicauannya yang nyaring, tapi juga keindahan bulunya yang memikat hati para pecinta burung. Harga burung jalak bervariasi tergantung dari usia, jenis, dan juga faktor kelangkaannya.

Daftar Harga Burung Jalak di Pasaran

Daftar Harga Burung Jalak di Pasaran
burung jalak bali – fnpf.org

Untuk mengetahui harga dari burung jalak ini, tentunya pecinta hewan satu ini harus mempersiapkan budget yang tak sedikit. Selain itu jual beli untuk jenis burung ini diawasi oleh badan pemerintah, hingga perlu ijin jika ingin memelihara atau membudidayanya. Berikut daftar harga yang ditawarkan di pasaran.

Artikel Lain: Inilah Harga Burung Jalak Putih Terbaru Berdasarkan Jenisnya

1. Burung Jalak Suren

Untuk yang masih anakan burung ini dibandrol dengan harga kisaran Rp600.000 per ekornya, sedangkan yang dewasa menembus Rp2.000.000.

Burung yang didominasi warna hitam dan putih ini ternyata memiliki ciri tubuh yang berbeda antara jantan dan betina. Selain itu suaranya juga memiliki kekhasan tersendiri yakni terdengar keras dan ramai.

2. Burung Jalak Kebo

Untuk harga burung jalak satu ini terbilang cukup murah dan terjangkau bagi pecinta burung, dibanderol Rp100.000  untuk anakan.

Sedangkan untuk burung jalak kebo dewasa masih cukup terjangkau, ditawarkan dengan harga sekitar Rp400.000 per ekornya. Burung yang berbulu hitam ini memiliki suara unik seperti bisa menirukan suara orang berbicara.

3. Burung Jalak Bali

Untuk burung satu ini dibandrol dengan harga yang sangat tinggi, yakni berkisar di atas Rp10.000.000  dan itu burung anakan.

Dan untuk yang dewasa burung bisa ditawarkan di atas Rp25.000.000, namun untuk pecinta hewan satu ini harga bukan masalah.

Dikarenakan burung ini paling besar dan sangat langka jadi dilindungi. Jalak bali merupakan jalak endemik Indonesia dan hanya bisa ditemui di hutan pulau Bali bagian barat. Bahkan, burung jalak bali dinobatkan sebagai lambang fauna Bali di tahun 1991.

4. Burung Jalak Putih

Burung yang memiliki warna bulu yang khas dari kepala hingga ekornya berwarna putih bersih, sedangkan sayap dan lingkaran matanya hitam.

BACA JUGA:  Efek Samping Obat Metabolis Untuk Burung

Untuk harganya ditawarkan sekitaran Rp1.000.000  untuk yang masih remaja, sedangkan yang dewasa cukup merogoh kocek sekitar Rp3.000.000. Relatif mahal, namun sesuai dengan keindahan bulu juga merdu suara kicaunya.

5. Burung Jalak Nias

Burung yang ternyata bukan berasal seperti dari namanya ini ternyata berhabitat di ketinggian yang mencapai sekitar 3000 mdpl di pegunungan.

Harga burung ini relative murah di pasaran yakni ditawarkan mulai dari Rp150.000 per ekornya yang masih anakan. Sedangkan untuk yang dewasa mungkin bisa di atas Rp400.000-an per ekornya.

6. Burung Jalak Kapas

Harga dari burung ini bisa dibilang murah dan terjangkau, untuk anakannya dibandrol dengan harga Rp100.000 hingga Rp300.000.

Burung yang memiliki tubuh berukuran 18 cm ini juga memiliki bulu sangat indah dan kicauannya yang nyaring.

Namun untuk harga yang telah dewasa pecinta burung cukup mengeluarkan uang sekitar Rp600.000-an.

7. Burung Jalak Hitam

Untuk membeli burung jalak yang memiliki kemampuan bisa meniru suara manusia ini berkisar Rp100.000 untuk yang masih anakan. Sedangkan yang sudah dewasa sekitar Rp500.000, cukup terjangkau bagi pecinta unggas satu ini.

Namun ternyata harga tersebut tidak termasuk bila burung jalak telah mahir bersuara, bisa jadi harganya sangat mahal.

8. Burung Jalak Hongkong

Burung yang memiliki tubuh lebih besar dari jenis burung yang lain memiliki tingkat kemampuan cukup tinggi dari burung jalak lain. Jenis ini bukan jenis asli Indonesia melainkan merupakan burung impor.

Untuk harganya pembeli cukup merogoh kocek sekitar Rp150.000 per ekornya untuk yang masih anakan. Sedangkan yang sudah dewasa harga yang ditawarkan relatif masih terjangkau sekitar Rp500.000 per ekornya.

9. Burung Jalak Suren Gacor

Harga yang ditawarkan untuk membeli burung ini ternyata cukup tinggi di pasaran dibanderol Rp500.000  sampai Rp750.000 per ekornya. Burung yang ternyata cukup disegani oleh burung jalak lain karena memiliki suara yang khas dengan lengkingan yang nyaring.

Selain itu burung jalak ini jika dilatih telaten bisa meniru suara manusia. Jenis ini juga sering diikutkan dalam lomba gacor dan juga beauty contest. Jika gacor sudah “jadi”, jalak suren bisa sangat cerewet.

10. Burung Jalak Suren Malaysia

Burung yang ternyata banyak digemari oleh para pecinta burung kicau di karenakan jenis suara yang dihasilkan sangat merdu. Burung ini juga dikategorikan sebagai jalak suren impor.

Untuk memiliki burung jalak jenis ini bisa didapatkan dengan harga Rp100.000  per ekor untuk yang anakan. Sedangkan yang sudah dewasa para pembeli bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp400.000 per ekornya.

11. Burung Jalak Rio

Burung yang ternyata berasal dari sumatera ini memiliki warna merah di bagian ekornya. Oleh karena itu dijuluki burung jalak tunggir merah. Burung ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp350.000 untuk yang belum master.

BACA JUGA:  Harga Burung Prenjak

Namun jika sudah master harganya menjadi lebih mahal. Kicauan burung ini sangat merdu hingga burung jalak ini banyak penggemarnya.

12. Burung Jalak Papua

Harga yang ditawarkan bisa dibilang cukup terjangkau yakni sekitar Rp100.000 hingga Rp200.000 per ekornya untuk yang masih anakan. Jika sudah dewasa mungkin harga yang cukup mahal, namun tak cukup info berapa harga yang ditawarkan karena memang cukup beragam. Burung jenis ini juga memiliki kicauan yang unik dan merdu.

13. Burung Jalak Suren Jawa

Burung jenis ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, untuk yang masih anakan harga burung mencapai Rp650.000 per ekornya.

Sedangkan yang sudah dewasa atau sekitar usia di atas 1 tahun harga yang ditawarkan bisa menembus Rp2.000.000 per ekornya. Burung ini memiliki keunikan dari suaranya cukup keras dan nyaring.

Jangan Sampai Tertipu ketika Membeli Jalak

Jangan Sampai Tertipu ketika Membeli Jalak
delanggubirdfarm.com

Jenis dan harga burung Jalak yang bervariasi jangan sampai membuat pembeli tertipu. Sebagai burung kicau yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, burung jalak merupakan burung yang paling “diakali” oleh pedagang burung.

Pedagang burung sering menyasar penyuka burung kicau pemula yang belum terlalu paham karakter, warna, dan kualitas gacor. Pada jenis burung jalak, yang paling sering diakali oleh pedagang adalah jenis jalak putih. Pemula yang belum paham betul jenis-jenis burung jalak pasti akan tertipu.

Pedagang sering menipu pembeli untuk membeli burung jalak putih palsu karena harga burung jalak putih yang tinggi. Pedagang melakukan penipuan dengan cara menyemir burung jalak nias dengan semir warna putih. Lalu, kepada pembeli, pedagang akan menawarkannya sebagai burung jalak putih.

Harga burung jalak putih yang bisa mencapai 3 juta rupiah tentu sangat jauh bandingannya dengan burung jalak nias yang hanya 150 ribu saja. Bayangkan berapa keuntungan pedagang dari aksi tipu-tipu ini. Pembeli baru akan menyadari burung jalaknya palsu setelah tumbuh bulu-bulu baru pada burung.

Oleh karena itu, ada baiknya mempelajari dulu ciri-ciri burung jalak yang akan dibeli terutama pada jenis-jenis yang harganya mahal. Perkaya pengetahuan tentang bentuk tubuh, warna bulu, dan ciri-ciri khusus pada burung jalak tertentu.

Penyebab Harga yang Beragam Tiap Jenisnya

Penyebab Harga yang Beragam Tiap Jenisnya
burung jalak suren – worldofghibli.id

Sebagai pecinta burung kicau tentu sangat paham kenapa harga dari burung jenis ini ditawarkan dengan harga yang berbeda. Beberapa diantaranya karena jenisnya dan paling sering yang dibedakan adalah hasil kicauannya. Untuk itu di bawah ini akan diuraikan beberapa yang menjadi sebab harganya mahal.

Baca Juga: Ciri-Ciri Jalak Kebo Jantan Masih Muda yang Harus Diketahui

BACA JUGA:  Inilah Harga Burung Falk Saat Ini

1. Kemampuan Dalam Berkicau

inilah yang menjadi dasar dalam penetapan harga yang beragam dan ditawarkan pada pembeli dari pedagang burung jalak ini.

Selain itu pembeli juga akan merasa sangat terpuaskan walau membeli dengan harga relatif tinggi, burung yang dibeli memiliki suara indah. Para penghobi burung kicau bisa memilih burung jalak mana yang menjadi peliharaannya.

2. Keindahan Burung

Corak dan warna bulu yang unik juga memiliki keindahan yang memukau bisa menjadi penyebab harga burung jalak berharga cukup mahal. Kebanyakan warna burung jalak bercorak hitam dan putih, namun ada juga yang memiliki warna ungu, dan yang terpopuler adalah hitam. Selain itu tubuh burung ini juga sangat lucu jika berkicau.

Kelangkaan

Untuk burung jalak ternyata pemerintah memiliki andil dalam memberikan ijin untuk membeli dan membudidayakan burung jenis ini. Ternyata populasi dari burung ini sudah berkurang hingga bisa dibilang burung ini telah dilindungi, maka untuk memilikinya harus memiliki  izin.

Karena kelangkaan burung ini sulit ditemukan maka harga yang ditawarkan di antaranya mahal. Harga burung jalak bali misalnya, bisa mencapai kisaran 30 juta rupiah. Pertama karena memang bagus, kedua karena langka.

Bicara soal kelangkaan, beberapa waktu lalu burung jalak bali sempat dinyatakan langka karena populasinya yang menurun drastis. Hal ini karena perburuan yang masif. Sejak tahun 1974, populasinya sudah memprihatinkan yaitu hanya 112 ekor. Parahnya lagi, di tahun 2006, tidak ada lagi burung jalak alias punah.

Namun kabar gembira datang di tahun 2020 ini, dimana dikabarkan Balai Taman Nasional Bali Barat telah berhasil melepasliarkan kembali burung jalak sebanyak 52 ekor. Usaha penangkaran ini telah dimulai dari tahun 2015 dan hasilnya menggembirakan.

Peluang Usaha Ternak Burung Jalak

Peluang Usaha Ternak Burung Jalak
pelangidanbidadari.wordpress.com

Burung jalak bisa dibilang sebagai legenda jawara di kancah lomba burung kicau di Indonesia. Untuk itu, banyak orang yang mencoba peruntungan beternak burung jalak. Burung jalak suren adalah jenis yang paling banyak diternakkan untuk tujuan lomba maupun sekedar dipelihara.

Harga burung jalak suren yang masih anakan saja bisa mencapai 600 ribu Rupiah, sedangkan yang sudah dewasa dibanderol di kisaran 2 juta Rupiah. Jika gacor sudah bagus maka harga bisa lebih tinggi lagi. Tingginya harga burung jalak suren inilah yang membuat usaha ternak burung jalak memiliki peluang bagus.

Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah ketika memilih indukan atau menjodohkan. Pilihlah indukan yang berasal dari jenis jawara. Tujuannya agar anakan yang dihasilkan adalah trah jawara juga. Selain itu, pemeliharaan anakan sampai dewasa juga menentukan bagus tidaknya kualitas gacor dan penampilan burung jalak suren.

Usaha ternak burung jalak ini bisa dijadikan usaha sampingan yang mendatangkan banyak keuntungan. Dari yang tadinya hobi, bisa juga dijadikan sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Peminat burung jalak di Indonesia sangat tinggi karena burung ini adalah yang memiliki kicau terbaik.

Harga burung jalak yang telah beredar di atas bisa dijadikan panduan untuk menakar berapa budget yang harus disiapkan untuk membelinya. Selain itu burung yang populasinya sudah mulai berkurang ini juga memerlukan izin untuk memeliharanya. Sebagai pecinta burung yang baik, sepertinya berapapun harga yang ditawarkan tidak menjadi soal asal hobi tersalurkan.

Harga Burung Jalak

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.