Harga Burung Kenari Lokal Lengkap dengan Informasi Lainnya

Harga Burung Kenari Lokal – Kenari merupakan burung bagi para pemula untuk merawat burung, karena kenari tidak banyak menuntut. Burung kenari dapat ditemukan di semua toko peliharaan burung dan harga burung kenari lokal tergolong murah.

Para pemilik biasanya mengajarkan burung kenari agar mengerti yang disuruh pemilik karena burung kenari merupakan burung yang pintar.

Untuk kandang si kenari ini sangat soliter yang artinya tidak akan kesepian meskipun sendirian. Dan dapat juga akur dengan burung kecil lainnya namun jangan meletakkan bersama antar 2 jantan karena akan berantem.

Cara Merawat Burung Kenari

burung kenari lokal kuning
apkpure.com

Banyak hal penting yang dapat diketahui tentang burung kenari sebelum merawatnya termasuk harga burung kenari lokal.

Biasanya burung akan suka dirawat namun tetap di biarkan bebas, namun untuk burung kenari hanya perlu di ajari oleh pemiliknya. Dengan kebiasaan dari pemilik akan membuat burung kenari terbiasa dan paham. Merawat kenari dapat dilakukan dengan mudah dan teliti agar burung kenari tetap nyaman.

1. Perhatikan Sangkar

Burung kenari sangat suka terbang kesana kesini sehingga sangkar yang besar sangat dibutuhkan oleh burung ini. Semakin besar sangkar yang dimiliki burung kenari akan semakin baik untuk kenyamanan burung kenari.

Dan juga dapat ditambahkan kayu dari ujung sangkar ke ujung sangkar lagi agar menjadi tempat berdirinya burung. Selalu bersihkan sangkar burung agar burung sehat dan nyaman dikandangnya. Sangkar yang bersih merupakan hal yang baik bagi burung dan pemilik.

2. Berikan Makanan

Makanan yang diberikan dapat berupa pelet dan biji yang dapat ditemui di toko hewan. Saat memberi makan perhatikan selalu kapasitasnya agar tidak kebanyakan dan tidak kedikitan.

Makanan merupakan hal penting untuk bertahan hidupnya burung kenari. Jangan lupa berikan minum secara teratur, hal ini sangat penting. Karena burung kenari tidak bisa dehidrasi 1×24 jam, ketika tidak minum akan mati. Jangan lupa berikan sayuran dan buahan serta protein sangat membantu kenari tumbuh sehat.

3. Berikan Hiburan

Hiburan bukan hanya dibutuhkan manusia, hewan pun butuh termasuk burung kenari. Adanya hiburan bisa membuat kenari bahagia dan menambah umurnya. Biasanya hiburan dengan mainan yang diletakkan di dalam sangkarnya. Jangan terlalu banyak agar tidak mengganggu kenari ketika terbang.

Dan pemilik dapat mengajak kenari mendengarkan cerita sehingga pemilik tak bosan juga. Hewan akan merasakan kasih sayang jika perlakuan pemiliknya baik.

4. Mandikan Burung Kenari

Mandi dibutuhkan agar tubuh terasa nyaman dan bersih, begitupun burung kenari yang butuh akan kebersihan. Dengan melihat burung kenari bersih, pemilik pun akan senang merawatnya.

Namun saat memandikan burung kenari haruslah hati hati. Agar tubuhnya tidak terlalu lama dingin dan bulunya pun tidak rontok. Dapat juga meletakkan mangkok yang berisi air agar kenari mandi sendiri karena kebiasaan pemilik burung pintar pun akan melakukan sendiri.

5. Gunting Kuku Kenari

Kuku yang panjang akan membuat burung kenari pun kurang nyaman, perhatikan hal kecil seperti ini. Dalam pemotongan kuku dapat berlatih dengan dokter hewan.

Karena jika salah potong dan tertusuk kuku akan menyebabkan pendarahan yang fatal. Baiknya dalam memotong kuku burung kenari 2 kali dalam setahun dan ini sudah sangat sehat.

6. Tutup Jika Kenari Tidur Malam

Burung kenari menyukai tidur dalam keadaan gelap yang membuat nyenyak dan tak terganggu. Sama seperti manusia tidur yang sehat dalam keadaan lampu mati.

Jika terlihat cahaya tidur kurang nyenyak dan membuat burung kenari tak tidur. Burung kenari akan kelelahan jika tidak tidur dan membuat kenari kurang sehat dan mati.

7. Perhatikan Kondisi Kenari

Setiap harinya lihatlah kondisi kenari apakah ada yang berbeda atau sama saja. Jika terjadi perbedaan dapat dikhawatirkan dan dapat membawa ke dokter hewan untuk konsul.

Perbedaan yang biasa terjadi dapat dilihat dari kotoran burung kenari apakah berubah warna. Bulu yang berantakan dan juga terlihat lesu merupakan tanda yang dapat diwaspadai.

Baca Juga: Berbagai Jenis Kenari dengan Motif Warna yang Berbeda-Beda

Harga Burung Kenari Lokal Berdasarkan Jenisnya

jenis kenari lokal indonesia
pixabay.com

Burung kenari yang memiliki beraneka ragam warna membuat banyak menyukainya karena terlihat imut. Dengan mudah ketika merawat burung ini pun membuat pemula tertarik.

Jenis burung kenari lokal sangat banyak dapat dibedakan dari warnanya dan harga burung kenari lokal sangat relatif berbeda beda. Ada beberapa jenis burung kenari beserta harganya, sebagai berikut.

1. Kenari Lokal Kuning

perbedaan kenari lokal af dan f1
todayifoundout.com

Burung kenari ini berwarna kuning meskipun tidak 100 persen berwarna kuning. Biasanya random dengan warna putih yang membuat kenari terlihat semakin lucu. Harga burung kenari lokal kuning ditawarkan sekitar Rp200.000 hingga Rp500.000. Dari kenari lokal kuning ada 3 mutasi, yaitu:

  • Kuning Polos, dengan warna yang polos membuat kenari dikenal jenisnya. Namun warnanya lebih dominan kuning dan ada warna putihnya.
  • Melanin Kuning, warna yang ada pada burung ini sangat unik ada 3 warna yaitu paduan antar kuning, coklat dan hitam.
  • Lipochrome Kuning, warna bulunya yang menghilangkan warna coklat serta hitam dan hanya terlihat warna kuning dasar.

2. Kenari Lokal Merah

harga kenari lokal anakan
twitter.com

Dengan warna merah yang ada dibulunya membuat warnanya lebih terlihat oren, untuk harga burung kenari lokal merah ditawarkan sekitar Rp100.000 hingga Rp400.000. Kenari lokal merah terbagi 2 mutasi, yaitu:

  • Merah Melanin, warna merah dasar yang dipadukan dengan warna coklat serta hitam membuat burung ini tak terlihat oren.
  • Merah Lipochrome, warna yang hanya merah dasar dan telah menghilangkan coklat dan hitamnya.

3. Kenari Lokal Putih

ciri kenari lokal dan af
gubukcanary.blogspot.com

Warna burung yang putih sangat terlihat bersih dan elegan termasuk burung kenari lokal yang memiliki warna putih. Harga burung kenari lokal putih ditawarkan sekitar Rp 100.000 hingga 350.000, cukup terjangkau bukan. Kenari lokal yang satu ini terbagi menjadi 3 mutasi, yaitu:

  • Putih Dominan, sesuai namanya memang warna yang dimiliki berwarna putih dasar.
  • Putih Resesif, warna yang dimiliki juga putih dasar namun terlihat lebih halus bulunya.
  • Silver, warna dasar putih dengan kombinasi hitam dan coklat meskipun tidak terlalu mencolok.

4. Kenari Lokal Hijau

burung kenari lokal hijau
youtube.com

Burung kenari lokal hijau ini memiliki warna kuning dasar yang memiliki paduan antar warna coklat dan hitam. Sehingga terlihat berwarna hijau abstrak namun tetap unik dan elegan. Biasanya memakan makanan burung pada umumnya. Harga burung kenari lokal hijau ditawarkan sekitar Rp80.000,- hingga Rp250.000,-.

5. Kenari Lokal Isabel

jenis kenari lokal harga
hargaburung.id

Burung kenari yang memiliki perpaduan warna bulu antar coklat dengan corak merah yang membuat unik. Termasuk golongan burung kenari berwarna gelap yang dapat membuat warna bulunya tetap disukai banyak orang. Harga burung kenari lokal isabel ditawarkan sekitar Rp100.000,- hingga Rp500.000,-.

6. Kenari Lokal Starblue

perbedaan kenari lokal dan loper
jolygram.com

Burung kenari yang memiliki warna unik sehingga membuat bulu bercorak sangat bagus dan unik. Perpaduan warna abu abu dan hitam yang membuat bulu burung ini sangat indah, karena di bulunya tersusun.

Membuat pecinta burung tertarik akan uniknya corak bulu tersebut. Harga burung kenari lokal starblue ditawarkan sekitar Rp150.000,- hingga Rp1.500.000,-.

Beberapa informasi tentang jenis burung kenari lokal dan harga burung kenari lokal yang dapat menjadi referensi. Kenari lokal bukan berarti burung yang berasal asli Indonesia, namun perpaduan antar burung import dan lokal. Sehingga menghasilkan berbagai macam warna yang menarik dan bulu yang indah.

Harga Burung Kenari Lokal

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.