Harga Burung Kutilang

Harga Burung Kutilang – Penggemar salah satu hewan bersayap mungil dan bisa terbang, kini tengah mencari informasi terbaru tentang daftar harga Burung Kutilang. Keberadaannya begitu cari-cari sebab marak diikutkan perlombaan. Maka, tidak mengherankan apabila masyarakat kerap menernaknya.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Burung Kutilang

gambar burung kutilang
.hewanpeliharaan.org

Burung sebagai hewan mungil berbulu, sangat banyak diminati orang sebab kicauan dan warna bulunya. Maka tidak mengherankan apabila terbentuk sebuah komunitas pecintanya dengan nama “Kicau Mania” atau “Bird Lovers”. Begitu juga dengan para penggemar Burung Kutilang.

Spesies hewan bersayap terbang satu ini semakin banyak, sebab terus dikembang biakan dengan baik. Suara kicauannya yang unik dan merdu menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Berbagai suku dari Burung Kutilang ini rata-rata memiliki suara kicau yang bisa menggugah hati pendengarnya. Bahkan menurut pemasaran, harga burung kutilang terbang ini sangat murah, sehingga siapa saja dapat memilikinya di rumah.

Daftar Harga Burung Kutilang Terbaru

harga burung kutilang
abahtani.com

Mengetahui suara Burung Kutilang yang sangat unik dan dapat dijadikan hiburan pendengaran, masih sedikit orang yang tidak percaya bahwa harga burung kutilang ternyata sangatlah murah. Bahkan, kini seusia pelajar bisa menjalankan bisnis jual beli hewan tersebut, berikut daftar dan penjelasannya:

1. Kutilang Emas

harga burung kutilang emas
hobiburung.org

Seseorang yang gemar mendaki gunung pasti tidak jarang melihat seekor Burung Kutilang Emas, pasalnya suku hewan satu ini lebih banyak hidup di dalam hutan Indonesia. Nama latinnya biasa disebut dengan Pycnonotus Melanicterus, memiliki warna bulu kuning keemasan apabila dilihat dari kejauhan.

Hewan terbang mungil satu ini mulai diternakan dengan baik disekitaran pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Harga jualnya juga terbilang murah yakni antara Rp75.000 sampai Rp100.000 per ekornya, tergantung kualitas dan kicauan yang dihasilkan.

2. Kutilang Sutra

gambar burung kutilang sutra
youtube.com

Meskipun semua spesies Burung Kutilang terdengar merdu, namun yang membedakan Kutilang sutra dengan lainnya adalah suaranya lebih nyaring dan keras. Hal tersebut menjadi salah satu faktor penentu harganya yang terbilang mahal.

Satu ekor Kutilang Sutra anakan bisa dibanderol dengan harga Rp150.000, sedangkan untuk yang dewasa mencapai Rp500.000. Namun tentu saja akan menyenangkan hati bagi siapa saja pemiliknya, sekalipun warna bulu dari burung ini hitam keputih-putihan.

3. Kutilang Jambul

harga burung kutilang jambul
youtube.com

Setiap orang yang baru pertama kali melihat bentuk fisik Kutilang Jambul pasti akan langsung jatuh cinta. Nama latinnya yakni Red Whiskered Bul-Bul, asal mula kedatangannya adalah dari Thailand.

Tubuhnya mungil dan gerakannya amat lincah. Burung Kutilang Jambul ini dibanderol dengan harga cukup murah, yakni sekitar Rp90.000 sampai Rp200.000 saja. Daya tarik bagai para kicau mania terletak pada bentuk jambul di atas kepala hewan mungil satu ini.

4. Kutilang Gacor

gambar burung kutilang gacor
youtube.com

Apabila hendak mengikuti kontes burung, maka sangat disarankan untuk memilih Kutilang Gacor sebagai jagoan. Sesuai dengan namanya ‘Gacor’ dalam bahasa Indonesia diartikan ‘berisik’. Sehingga kualitas suaranya lebih unggul dari pada lainnya. Per ekor Kutilang Gacor ini hanya dibaderol dengan harga Rp100.000 saja.

Kualitas kicauan yang berkelas bisa didapatkan dengan mudah, asalkan si pemilik dapat merawat dan melatihnya dengan baik dan benar.

5. Kutilang Jantan dan Betina

harga burung kutilang gacor
busy.org

Beda kelamin tentu berbeda pula harganya, sama seperti jenis Burung Kutilang biasa ini. Sekelas pasar burung bahkan menjual spesies tersebut dengan harga yang variatif, tergantung keadaan fisik serta kualitas kicauannya. Satu ekor kutilang biasa jantan yang belum memunculkan kicauan merdu, dijual dengan harga Rp50.000 saja.

Sedangkan bagi yang bisa berkicau sesuai durasi standart seharga Rp100.000. Kutilang betina paling murah dihargai Rp150.000 saja, tergantung kesuburannya.

Cara Merawat Burung Kutilang Agar Harga Jualnya Tinggi

cara merawat burung kutilang
dunia-binatang-lucu.blogspot.com

Apabila hendak beternak Burung Kutilang sebaiknya terlebih dahulu pahami apa saja yang menjadi penunjang perawatannya. Hal tersebut sangat perlu diperhatikan agar kualitas kicauan menjadi berkelas, serta berharga jual tinggi. Berikut ini cara merawatnya dengan baik dan benar:

1. Berikan Makanan yang Memenuhi Nutrisi Burung

Perlu diketahui bahwa Kutilang merupakan satu diantara banyak burung yang memakan buah-buahan. Maka sudah menjadi kewajiban pemiliknya agar senantiasa memberikan asupan makanan dengan kualitas baik.

Beberapa pakan yang baik untuk menunjang kualitas suara kicauannya sehingga harga burung kutilang semakin tinggi, yakni sebagai berikut:

  • Buah-Buahan, seperti pepaya, pisang atau segala jenis buah yang berserat tinggi serta mengandung vitamin. Pastikan membeli buah yang masih segar, agar tidak mengganggu sistem pencernaan burung.
  • Serangga seperti ulat, jangkrik atau kupu-kupu. Serangga tersebut berguna untuk meningkatkan rangsanya pita suara burung, sehingga nantinya kutilang bisa lebih cepat memunculkan kicauan yang merdu.
  • Sentrat (pakan burung yang dibuat oleh pabrik). Apabila memilih pakan jenis ini, maka terlebih dahulu pastikan bahwa merknya sesuai dan Kutilang menyukainya. Sehingga, nanti tidak menyebabkan gangguan pencernaan.

2. Menempatannya di Kandang Terbaik

Jika seorang manusia membutuhkan rumah untuk tempat tinggal, maka seekor burung Kutilang juga demikian. Pastikan burung tersebut terhindar dari stres, caranya adalah dengan memberikan sangkar sesuai dengan jenisnya. Tidak hanya itu, senantiasa jaga kebersihan sangkar agar burung tidak terjangkit virus ataupun penyakit lainnya. Apabila keadaan hewan terbang itu sehat, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi kualitas kicauannya.

3. Rajin Memandikan dan Menjemurnya

Mengingat spesies burung adalah salah satu hewan yang sebenarnya hidup di alam terbuka, maka pastikan rajin menjemur dan memandikan kutilang. Bawa ke salah satu tempat terbuka agar burung tersebut bisa melihat sekeliling.

Kebiasaan menjemur kutilang yang baik yakni sekitar pukul 09.00 sampai 10.00 pagi, sebab waktu tersebut baik untuk memberikan vitamin D. Sehingga nantinya kutilang bisa lebih aktif dan mengeluarkan suara kicau yang khas. Dengan suara yang aktif dan lincah, maka otomatis harga burung kutilang bisa dijual dengan tinggi.

4. Mengganti Wadah dan Air Minum Secara Rutin

Jika manusia bisa mengalami masalah tenggorokan akibat makan dan minum yang tidak higienis, maka Kutilang juga akan mengalami hal serupa. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk serajin mungkin mengganti wadah air minum.

Jangan membiasakan menambahkan air tanpa membersihkan terlebih dahulu wadahnya, sebab ditakutkan terdapat bintik-bintik nyamuk atau bakteri di dalamnya. Serta usahakan memberi minum dengan air mineral, bukan air mentah. Sehingga nanti bisa menjual harga burung kutilang dengan tinggi.

5. Melatih Suaranya Setiap Pagi dan Sore

Sama seperti bayi yang harus dibimbing agar berbicara dengan lancar, seekor Burung Kutilang juga perlu dilatih demi mendapatkan hasil kicauan sesuai harapan. Pemilik burung kutilang bisa menggunakan suara pancingan dari sosial media untuk mulai mengajari hewan tersebut berkicau.

Waktu paling efektif untuk melatih kicauannya adalah saat pagi pukul 09.00 dan sore hari sekitar pukul 16.00. Lakukan setiap hari hingga, suaranya terlatih. Hal ini dapat membantu menaikkan harga burung kutilang, sehingga lebih berkualitas.

Kisaran Harga Anakan Burung Kutilang

harga anakan burung kutilang
pinterest.com

Berbicara mengenai burung, tentu saja tidak akan pernah terlepas dari pesona burung kicau yang banyak dipelihara.

Burung masih menjadi salah satu hewan peliharaan favorit untuk dinikmati keindahan bulunya atau merdu kicauannya. Kicauan burung terfavorit salah satunya dari spesies burung kutilang atau tilang ini. Jangan salah, harga anakan burung kutilang pun bisa fantastis.

Kutilang adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki harga rata-rata tidak begitu tinggi di pasaran. Perawatan burung ini juga tergolong mudah dengan hanya perlu pakan jangkrik dan di jemur setiap paginya. Hal lain yang penting adalah kebersihan kandang harus dijaga dan juga burung ini bisa dimandikan pagi hari.

Burung kutilang termasuk salah satu burung kicau yang tidak terlalu besar dengan ukuran tubuh rata-rata 20 cm saja.

Umur burung kutilang sendiri biasanya berkisar antara 8 – 11 tahun tergantung bagaimana perawatan yang diberikan. Burung ini bisa hidup di tempat yang memiliki ketinggian tidak lebih dari 1.600 mdpl karena memang tidak terlalu tahan dingin.

Harga Anakan Burung Kutilang Berdasarkan Jenisnya

daftar harga anakan burung kutilang
ebird.org

Sama seperti burung yang lainnya, burung kutilang ini memiliki perbedaan dalam harganya sendiri. Jenis burung kutilang adalah faktor yang paling mempengaruhi karena berkaitan juga dengan warna bulu dan kualitas kicauannya. Berikut ini sudah dirangkum beberapa data tentang harga anakan burung kutilang di pasaran:

1. Anakan Burung Kutilang Emas

Hal yang paling menonjol dari kutilang emas ini adalah pada warna bulunya yang sedikit keemasan dan ada sentuhan hitam pekat. Burung ini tampak cantik ketika diletakkan di depan rumah mengingat warnanya yang menarik. Ini adalah salah satu jenis burung yang paling diminati oleh penggemar burung kutilang.

Meskipun burung ini adalah burung yang sangat diminati di pasaran, tetapi harganya masih sangat terjangkau. Satu ekor burung ini biasanya dibandrol paling mahal sekitar 100 ribuan untuk burung dewasanya. Sedangkan untuk anakan, burung ini berada di kisaran harga 75 ribu.

2. Anakan Burung Kutilang Sutra

Jenis kutilang lain yang bisa dikatakan tidak kalah indah dari burung sebelumnya adalah kutilang sutra. Kutilang jenis ini memiliki ciri khas yaitu pada bagian kepala hitam pekat dan juga warna bulunya cenderung hijau sedikit kekuningan.

Burung kutilang jenis ini memiliki kicauan yang lebih baik daripada kutilang emas dan dibandrol dengan harga lebih tinggi. Harga burung ini berkisar di antara 150 – 400 ribuan tergantung pada kualitas bulu dan kicauannya. Untuk anakannya, biasa dibandrol di angka 150 ribu karena memang biaya perawatan masih sedikit.

3. Anakan Burung Kutilang Jambul

Ciri khas burung kutilang jambul sudah bisa diterka dari namanya saja yakni pada jambul pendek di bagian atas kepalanya. Burung ini lebih terjangkau dari burung yang lainnya karena memang bulunya tidak terlalu cantik.

Burung ini di pasaran dibanderol cukup murah yakni hanya sekitar 90 ribuan untuk anakannya saja. Untuk burung dewasa juga peningkatan harga tidak terlalu signifikan karena masih berada di kisaran 15o ribu saja.

4. Anakan Burung Kutilang Gacor

Burung kutilang lain yang juga terdapat di pasaran adalah burung kutilang gacor yang sebenarnya tidak berdasarkan spesies. Jenis burung ini ada karena kualitas suara, umur, dan mulai gacor yang berpotensi menghasilkan siulan lebih baik.

Biasanya harga kutilang yang tidak bisa dikatakan dewasa, tidak juga anakan ini berkisar di harga 100 ribuan saja. Ini adalah burung kutilang anakan yang dirawat hingga awal-awal belajar untuk bersiul dan berkicau.

Jadi manakah jenis dan harga anakan burung kutilang yang akan dibawa pulang? Jangan ragu untuk merawat burung ini selama pakan masih terus diberikan dengan baik, maka tidak akan ada masalah berarti.

Demikian ulasan mengenai daftar harga burung kutilang beserta cara merawatnya. Diharapkan ulasan ini mampu menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi seluruh Bird Lovers. Jangan lupa untuk senantiasa berkonsultasi dengan yang lebih berpengalaman.

Harga Burung Kutilang

Categories Info

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.