Harga Burung Merpati

Harga burung merpati sangat beragam, tergantung dari jenis dan fungsi burung merpati, berkisar Rp 500.000,- hingga lebih dari Rp 1.000.000,-.

Burung merpati adalah burung yang tidak sepi dari peminat, mulai dari hanya sekedar menjadi hewan hias atau hewan balapan. Bahkan ada ajang pameran atau balapan khusus untuk hewan unggas ini.

Daftar Harga Burung Merpati Di Pasaran

Daftar Harga Burung Merpati Di Pasaran
daftar harga burung merpati – ebird.org

seperti penjelasan di atas, harga burung yang menjadi lambang pos ini memang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan fungsinya.

Maka tak heran jika ada harga burung ini dibandrol cukup tinggi dikarenakan telah memenangkan kejuaraan berkali-kali. Walau demikian, masih banyak peminat yang membeli dengan harga tersebut, berikut daftar harganya di pasaran.

1. Harga Merpati Balap

Burung merpati balap adalah jenis burung merpati yang paling sering dicari oleh peminat burung.

Ajang lomba balap burung tentu menjadi incaran bagi para pecinta burung ini karena memberikan hadiah yang cukup besar serta bersertifikat. Jika ingin membeli burung yang belum memenangkan perlombaan, harga dibandrol sekitar Rp 500.000,- sampai Rp 700.000,-.

Berbeda jika pecinta burung ingin membeli burung yang telah memenangkan berbagai event balap burung merpati.

Selain telah memiliki sebuah sertifikat cetak khusus, maka tak heran jika pemilik burung ini menjual dengan harga yang cukup fantastis. Harga yang dibandrol membuat pecinta burung merogoh kocek lebih dalam berkisar Rp 1.000.000,- hingga Rp 2.500.000,-.

2. Harga Merpati Tinggian

Sama dengan burung merpati balap, burung ini akan memiliki ketinggian tertentu dan mendarat dengan sempurna jika sering dilatih.

Harga burung ini juga cukup membuat pecinta burung merogoh kocek cukup dalam, karena memang harga yang dibandrol juga sangat mahal. Harga dipatok sekitar Rp 500.000,- sampai Rp 1.000.000,-,  untuk yang belum mahir.

Satu lagi burung merpati untuk balapan, memiliki julukan sama hanya saja memiliki kemampuan bermanuver setelah terbang tinggi dan mendarat sempurna.

Para pecinta juga harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk bisa memiliki burung ini dengan ketangkasan sempurna. Harga yang dibandrol berkisar di atas Rp 500.000,-  sampai sekitar di atas  Rp 1.000.000,-.

Burung merpati kolongan merupakan jenis merpati balap, burung ini juga memiliki keahlian yang berbeda jika telah terlatih secara baik.

Untuk mendapatkan burung ini, para pecinta burung harus mengeluarkan uang lumayan mahal yakni berkisar Rp 1.000.000,-  per ekornya. Keahlian dari burung merpati kolongan adalah terbang dengan berbagai ketinggian dan mendarat sempurna.

3. Harga Merpati Biasa

Harga burung merpati satu ini sangat cukup terjangkau, dikarenakan burung ini belum memiliki keahlian apapun dalam pertandingan.

Pecinta burung bisa mendapatkan harga yang dibandrol berkisar dari Rp 500.000,-  per ekornya. Merpati ini termasuk hewan yang memiliki tingkat kesetiaan yang tinggi pada pasangannya hingga tak jarang jika menjual burung ini sepasang.

Burung merpati sangat mengenali pasangannya, maka tak heran jika setiap perlombaan pemilik akan membawa pasangan burung merpatinya ke dalam arena. Untuk harga sepasang burung merpati atau biasa disebut burung dara ini sekitar Rp 1.000.000,-  sepasang, atau bisa kurang dari itu.

4. Harga Merpati Pos

Disebut merpati pos dikarenakan jaman perang dunia burung ini memang digunakan untuk mengantar surat penting yang diselipkan di kakinya.

Sekarang, burung ini menjadi bibit dari burung balap atau aneka perlombaan lainnya. Namun karena memang belum memiliki keahlian apapun dan harus dilatih harga burung ini cukup murah yakni sekitar Rp 200.000,-an.

5. Harga  Merpati Kipas

Burung merpati hias atau merpati kipas memiliki keunikan tersendiri dan itu terdapat pada ekornya yang mengembang hingga berbentuk seperti kipas.

Burung ini berwarna putih bersih, namun jika terkena sinar matahari, warna burung ini memiliki kilatan seperti perak sangat indah. Harga dibandrol cukup mahal berkisar Rp 750.000,-  sampai Rp 1.000.000,-.

Ciri-Ciri Burung Merpati yang Baik dan Berkualitas Juara

Ciri-Ciri Burung Merpati yang Baik dan Berkualitas Juara
ciri fisik merpati tinggian – time.com

Sebelum membeli burung merpati maka pecinta burung harus mengetahui ciri fisiknya. Untuk memiliki burung dengan kualitas yang baik, para pecinta burung harus memperhatikan ciri yang terdapat pada hewan tersebut.

Burung merpati memiliki ciri khusus yang wajib dikenali oleh pecintanya, karena jika salah, maka yang didapat adalah burung sakit. Berikut penjelasannya.

1. Kepalanya Berbatok dengan Kemiringan Tertentu

Carilah burung merpati yang memiliki batok kepala dengan kemiringan tertentu dengan besaran 45 hingga 60 derajat.

Kemiringan ini harus diteliti secara seksama karena jika tepat, maka pecinta unggas ini akan mendapatkan hewan dengan kualitas baik. Karena dengan kemiringan tersebut merpati akan bisa terbang dan bermanuver turun secara cepat secara sempurna.

2. Paruhnya Kecil dan Lancip

Burung merpati memiliki paruh yang berukuran kecil, namun tidak semua memiliki kelancipan tertentu. Untuk memilih burung merpati yang memiliki kualitas bagus adalah burung dengan paruh kecil dan lancip juga jaraknya tidak terlalu lebar.

Hal ini berpengaruh pada saat terbang dan turun secara sempurna jika menginginkan merpati diikut sertakan dalam perlombaan.

3. Matanya Berbentuk Bundar

Memilih burung merpati yang memiliki kualitas yang baik adalah melihat mata unggas ini secara teliti, dan harus berbentuk bundar sempurna.

Mata merpati terlihat mengkilat dan jernih, tidak ada kecacatan apalagi terdapat bintil merah sekitar mata, jika ada maka merpati sakit. Untuk melihat mata unggas satu ini tidak memerlukan peralatan khusus.

4. Memiliki Dua Warna Pada Mata

Lihatlah pupil mata pada burung merpati yang ingin dibeli di tempat yang cukup teduh agar terlihat dengan jelas. Warna pupil dan kornea berbeda seperti perpaduan merah muda, merah tua, kuning muda atau kuning tua atau hitam dengan kuning. Jika warna pupil cerah dan mengkilat bisa dipastikan merpati memiliki kualitas baik.

5. Memiliki Lingkaran Seperti Cicin Di Mata Merpati

Jika lebih teliti lagi, maka pecinta burung merpati akan mendapatkan suatu lingkaran yang mengelilingi matanya.

Mata adalah organ penting dalam tubuh makhluk hidup manapun, terbayang jika hewan peliharaan terutama burung merpati itu buta. Maka memperhatikan kejelian mata burung yang memiliki kualitas sempurna tentu memiliki kelengkapan mata yang telah diuraikan sebelumnya.

6. Lehernya Relatif Panjang

Burung merpati adalah burung yang memiliki leher yang terlihat lebih panjang dari leher burung yang lain. Leher burung merpati yang memiliki kualitas yang baik adalah lehernya kuat dam kokoh juga tidak telalu panjang. Hal ini berguna jika burung tengah adu balap hingga bisa bermanuver dan berbelok lalu turun secara sempurna.

7. Sayapnya Relatif Lebar

Sayap yang kokoh dengan rentangan yang cukup lebar, akan membuat burung terbang tinggi dengan kepakan yang kuat. Sayap terlihat kokoh apabila direntangkan burung tetap tegap dan bulu sayapnya tidak mudah rontok.

Untuk melihat kuatnya sayap burung, maka cobalah untuk diterbangkan seberapa tinggi dan cepatnya burung itu turun dan melakukan manuver.

Populasi Burung Merpati di Indonesia

Populasi Burung Merpati di Indonesia
pigeon.center

Memelihara unggas khususnya burung sudah menjadi salah satu rutinitas banyak warga di Indonesia sendiri. Kebiasaan ini sudah terjadi turun-temurun hingga saat ini masih banyak ditemui komunitas pecinta burung di sekitar.

Salah satu burung yang menjadi favorit untuk dipelihara adalah burung merpati. Lantas sebenarnya, berapa sih harga burung merpati balap di pasaran?

Keberadaan burung merpati balap sebagai peliharaan sudah sejak lama ada dan sering dijadikan hiburan tersendiri.

Di beberapa daerah, utamanya di wilayah yang masih memiliki ruang terbuka luas hiburan ini masih sering ditemui. Tetapi untuk persebaran merpati sendiri, nyaris ke seluruh dunia mengingat kemudahan adaptasi burung ini.

Burung yang identik sebagai pengantar pos ini di Indonesia diperkirakan ada sekitar 2.624.054 menurut Dirjen Peternakan dan Kesehatan Ternak pada 2019.

Angka tersebut masih belum angka final dan diperkirakan sebenarnya ada lebih banyak populasi burung ini di Indonesia. Salah satu burung merpati favorit yakni merpati balap yang memiliki kecepatan tinggi.

Hal yang Mempengaruhi Harga Burung Merpati Balap

Hal yang Mempengaruhi Harga Burung Merpati Balap
ebookreaderapkuptodown.blogspot.com

Burung merpati dikenal dengan kemampuan navigasinya yang sangat baik dan kesetiaannya terhadap pasangannya.

Di pasaran ternyata harga burung ini bisa mencapai jutaan rupiah bahkan harga merpati balap termahal di dunia sudah mencapai 20 miliar rupiah. Ada beberapa faktor yang membuat merpati bisa memiliki harga melambung tinggi.

Merpati yang diindikasi memiliki kualitas super dapat dilihat dari bentuk kepala yang besar dan tempurung kepalanya lebih besar di bagian depan.

Bentuk paruh juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan, di mana paruh merpati berkualitas berbentuk lebih runcing. Lebih jauh, paruh yang tidak terlalu panjang dan lebih besar pasti memiliki harga lebih tinggi.

Mata merpati dan bentuk leher juga ikut mempengaruhi harga burung merpati ini. Mata dengan pupil yang berwarna hitam kelam menandakan kualitas penglihatan merpati yang lebih baik.

Untuk bagian leher, merpati yang lebih mahal biasanya memiliki leher yang lebih pendek. Paling penting, bulu pada bagian sayap yang lentur dan lembut akan membuat harga burung ini melambung.

Daftar Harga Burung Merpati Balap

Daftar Harga Merpati Balap
telegraph.co.uk

Harga burung merpati yang bervariasi tergantung dari hal-hal yang sudah disebutkan di atas membuat budidaya hewan ini terus berlangsung.

Burung merpati balap sendiri harganya akan lebih tinggi ketika sudah mendapatkan juara dan juga berdasarkan jenisnya juga. Berikut adalah beberapa kisaran harga burung merpati balap di pasaran:

Burung Merpati Balap Dewasa

Burung ini biasanya sudah mulai diikutsertakan dalam lomba bisa memiliki harga berkisar antara 500 sampai 700 ribu rupiah.

Jenis Burung Merpati Kipas

Burung ini di pasaran saat ini memiliki kisaran harga lebih tinggi yakni di angka 750 – 900 ribu.

Merpati yang Sudah Mendapat Juara

Burung merpati ini biasanya memiliki harga berkali lipat dari harga awal yakni di kisaran 1,5 – 2 juta rupiah. Hal ini tentu karena ketika menang lomba, peminat akan merpati ini akan meningkat dan kualitasnya sudah terbukti.

Merpati  Untuk Lomba

Burung ini biasanya sudah sepasang dan yang tinggian sering dibandrol pada kisaran harga 1 juta rupiah.

Jenis Merpati Hias

Burung jenis ini di pasaran tetap stabil di angka 0,5 – 3 juta rupiah.

Jadi itu dia beberapa daftar harga burung merpati balap dan apa saja yang membuat harga bervariasi di pasaran. Merpati masih menjadi salah satu jenis burung favorit untuk dipelihara karena kemampuan navigasinya yang tinggi. Merawat burung merpati juga tidak perlu repot, bisa di lepas dan tetap diberi makan pada pagi serta sore hari.

Harga burung merpati telah diketahui maka pecinta burung bisa memilih burung mana yang ingin dijadikan peliharaan atau bisa dibudidayakan.

Jika pecinta hewan unggas ini memilih untuk memelihara dan mengikuti perlombaan, maka latihlah hewan ini secara rutin. Jika dibudidayakan maka bisa dijadikan bisnis yang menjanjikan terlebih jika peliharaan ini memenangkan kejuaraan.

HARGA BURUNG MERPATI

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.