Daftar Harga Burung Murai yang Berkualitas Tinggi

Harga Burung Murai – Bagi para pecinta burung, pasti sudah tidak asing dengan jenis burung murai. Dikenal dengan kicauan yang luar biasa indah dan memukau bagi siapapun yang mendengarnya.

Biasanya, ketika burung murai berkicau terlihat seperti sedang mabuk atau teler. Selain itu juga memiliki perawakan yang elegan dan bulu yang cantik. Hal inilah yang membuat harga burung murai dinilai cukup tinggi. Faktor lain yang membuat harganya tinggi karena burung ini mulai langka. Berikut penjelasannya.

Deskripsi Burung Murai

harga burung murai batu
youtube.com

Merupakan salah satu spesies burung yang termasuk dalam keluarga Muscicapidae atau disebut juga dengan burung cacing. Dikenal dan menjadi popular karena memiliki kicauan yang indah dan merdu.

Perlu diketahui bahwasanya keberadaan burung ini mulai langka dikarenakan sering diburu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sisi lain dari burung ini adalah sebagai burung yang memiliki jiwa petarung apabila melihat burung lain. Kemudian, uniknya lagi dapat menirukan suara kicauan dari burung lainnya bahkan lebih nyaring. Sangat patuh dan jinak terhadap pemiliknya serta memiliki kecantikan pada bulunya untuk tiap-tiap jenis dari burung murai.

Harga Burung Murai Berdasarkan Jenisnya

gambar burung murai
photo.trubus.id

Untuk jenis dari burung murai di Indonesia sangat beragam dan banyak sekali keunikan yang dimiliki. Dan dari setiap jenis burung tersebut membawa harga yang beragam pula. Untuk itu, berikut penjelasannya.

1. Burung Murai Medan

foto burung murai
id.wikipedia.org

Jenis burung ini yang paling banyak diincar oleh kebanyakan orang. Memiliki bentuk yang sangat unik, bulunya yang indah, serta ekor panjang yang melengkung hingga 30 cm. Mengenai suara pasti sangat keras dan melengking indah.

Bulu yang dimiliki sangat enak untuk dipandang, karena mulai dari kepala hingga sayap berwarna berbeda. Untuk harga burung dewasa dapat dibeli sekitar Rp1.300.000, sedangkan untuk yang anakan dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp700.000.

Untuk perawakannya sangat berbeda dengan burung murai lainnya, yaitu memiliki postur tubuh yang lebih besar, bagian kaki berwarna merah gelap serta sisik dan lekukan yang seperti belimbing.

Warna bulunya berwarna hitam, dan apabila terkena sinar matahari akan terlihat biru semu. Selain di Medan, juga terdapat di daerah lainnya seperti Jawa.

2. Burung Murai Batu Lampung

harga burung murai batu lampung
youtube.com

Burung ini memiliki perawakan yang cukup berbeda, dikarenakan memiliki ekor yang lebih pendek dibandingkan dengan jenis burung murai lainnya.

Panjang ekor hanya sekitar 12 hingga 18 cm. Uniknya dari burung jenis ini adalah dapat menirukan kicauan dari burung lainnya. Untuk harga yang dibeli sekitar Rp1.000.000,-. Sedangkan yang super diperkirakan sebesar Rp1.500.000,- sampai dengan 1.700.000,-.

Murai batu lampung dikenal karena warna bulu yang hitam dengan dada berwarna kuning kecoklatan. Diperlukan perawatan dengan benar agar burung ini dapat berkualitas bagus. Karena tidak sedikit orang melewatkan perawatan dengan baik dan benar.

3. Burung Murai Borneo

gambar burung murai batu borneo
youtube.com

Berasal dari hutan di Kalimantan yang memiliki performa agresif dan gesit serta sangat tanggap belajar tentang menirukan suara kicauan burung lainnya.

Perlu diketahui, bahwasanya habitat dari burung murai borneo ini sangat indah dalam hal kicauan sehingga memukau kebanyakan orang. Ekor yang dimiliki relatif pendek yaitu sekitar 13 cm. Perkiraan harga mulai dari Rp600.000.

Perlu diketahuI bahwa jenis burung murai borneo sangat banyak penggemarnya yaitu dari Sabang sampai Merauke. Bahkan untuk mencari burung ini, rela sampai ke pelosok-pelosok daerah. Untuk kualitas burung tidak diragukan lagi, sangat menakjubkan.

Baca Juga: Cara Merawat Murai Batu Mabung dengan Benar

4. Burung Murai Nias

harga burung murai batu nias
youtube.com

Berasal dari wilayah Indonesia bagian timur yaitu Nias. Memiliki kicauan yang indah, tegas, dan keras. Perawakan yang dimiliki sangat elegan dan keren.

Termasuk kategori burung murai yang cerdas karena dapat menirukan suara burung lainnya bahkan suara manusia. Mengenai harga lumayan tinggi karena dapat dikatakan bahwa burung ini memiliki performa yang bagus. Untuk harga sekitar 1.200.000 hingga Rp1.400.000.

Dikenal dengan sebuatan ‘Si Ekor Hitam’ karena berwarna hitam polos dan di bawah ekornya berwarna putih. Di ujung ekornya terdapat bercak atau titik putih. Memiliki ekor dengan panjang 17-20 cm.

5. Burung Murai Aceh

gambar burung murai batu aceh
tokomuraimedan.wordpress.com

Burung jenis ini memang kategori burung yang mahal. Memiliki keunggulan seperti kicauan yang tinggi dengan sesekali melakukan tembakan dan ekor yang panjang hingga 30 cm.

Berasal dari wilayah Indonesia bagian ujung Barat. Untuk harga di pasaran sekitar 1.500.000 hingga 2.000.000. Termasuk kategori harga burung murai yang lumayan tinggi.

Jenis ini sangat dicari oleh penggemar burung di Indonesia bahkan luar negeri, karena kicauannya sangat istimewa. Saking banyaknya dicari, habitat burung ini mulai langka di berbagai wilayah. Untuk habitat asli di sekitar gunung Leuser, perbatasan antara Medan dengan Aceh.

6. Burung Murai Papua

foto burung murai papua
pinterest.com

Burung Murai Papua menjadi primadona yang dicari karena memiliki kicauan yang keras serta kelengkingan yang memukau banyak orang. Stamina dari burung ini sangat kuat sehingga mampu berkicau dalam durasi yang lama dan tahan indahnya. Untuk perkiraan harga burung murai ini dijual lumayan tinggi, yaitu sebesar Rp2.000.000.

Daerah persebaran burung ini juga terdapat di beberapa wilayah seperti Thailand, Bali, Sumatra, Indo-China, hingga Jawa. Suara kicauannya dinilai kurang menarik perhatian bagi penggemar burung di Indonesia. Tetapi, keunggulannya memiliki suara yang unik menjadi ciri khasnya.

7. Burung Murai Air

harga burung murai air
rumahkicaudida.com

Jenis harga burung murai ini lumayan kecil yaitu sekitar Rp250.000,-. Untuk performa yang ditampilkan juga tidak kalah dengan burung murai lainnya. Kicauan dan kelengkingan yang gesit dan tahan lama. Perawakan yang dimiliki juga sangat menakjubkan karena dominan berwarna hitam ke abu-abu sehingga tampak seperti burung yang gagah.

Burung murai air juga memiliki beberapa julukan lain seperti air mancur, sibia ekor panjang, murai besi, dan murai laut. Daerah persebaran burung ini tidak hanya di Indonesia, melainkan ke berbagai wilayah seperti Malasya, Laos, Vietnam, Thailand, dan masih banya lagi. Untuk makanan biasanya seperti serangga, buah, dan biji-bijian.

8. Burung Murai Malaysia

gambar burung muria malaysia
omkicau.com

Murai Malaysia banyak sekali ditemukan di wilayah semenanjung Malaysia, dan ciri yang dimiliki hampir sama dengan murai medan. Panjang ekor sangat panjang mencapai 29 sampai 30 cm. memiliki suara yang sangat keras dan lantang serta dapat menirukan suara jenis burung lain.

Memiliki kelemahan yaitu dari faktor tenaga yang mudah lemah karena ekornya yang panjang sehingga menguras energi tubuhnya.

Daerah persebarannya tidak hanya di Malaysia, tetapi di kawasan negara sekitarnya. Dan uniknya, ada juga jenis burung ini yang memiliki ekor yang pendek. Perkiraan harga burung murai ini di pasaran sebesar Rp1.500.000,-.

9. Burung Murai Bahorok

foto burung murai bahorok
youtube.com

Burung murai bahorok berasal dari wilayah Bahorok, Provinsi Sumatera Utara. Untuk keberadaan burung jenis ini memang sangat liar dibandingkan dengan yang lainnya.

Karena dapat terbilang jauh dari pemukiman penduduk setempat. Untuk itu, jenis ini di jual dengan harga sekitar Rp4.000.000. Sangat tinggi dibandingkan dengan harga burung murai lainnya.

Memiliki penampilan yang gagah dan tubuh yang proporsional. Mata yang besar dan melotot, serta ekor yang panjang sekitar 17 cm. Untuk kicauan yang dihasilkan juga tidak kalah besar dan keras, namun enak di dengar.

Dapat julukan ‘mental fghter’ sehingga patut untuk diberikan predikat sebagai ‘burung kicau terbaik di Indonesia’.

Itulah macam-macam dan harga burung murai yang tentunya beragam sesuai jenisnya. Sebelum membeli, hendaknya memilih burung yang berkualitas, yaitu mulai dari mata haruslah yang sehat dan terbebas dari katarak. Kemudian, melihat warna hitam pada kaki karena diyakini memiliki mental yang bagus, serta pada ekor, bulu, bentuk paruh, mental, dan usia.

Harga Burung Murai

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.