Harga Burung Parkit

193 View

Harga Burung ParkitBerdasarkan burung.org, jumlah jenis burung di Indonesia pada tahun 2019 meningkat menjadi 1.777 jenis. Jumlah ini bertambah 6 spesies dari tahun 2018.

Namun, dari sekian banyak jenis burung, salah satu jenis yang menjadi favorit untuk dijadikan peliharaan adalah burung parkit, meski harga burung parkit tergolong mahal.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa harga burung ini memang terbilang tidak murah sebab keunggulan yang dimilikinya. Tidak jarang jika burung ini menjadi primadona para pecinta burung pada umumnya.

Bagi pecinta hewan khususnya Burung Parkit, berikut ini ada informasi terkait alasan memelihara burung parkit, harga Burung Parkit, jenis serta tips membeli dan merawatnya yang bisa disimak.

Mengapa Orang Memelihara Burung?

Mengapa Orang Memelihara Burung Parkit?
pinterest.com

Selain kucing dan anjing, burung merupakan salah hewan peliharaan yang menjadi favorit banyak orang. Selain karena mudah perawatannya, namun banyak juga yang menjadikan hal tersebut hobby. Agar semakin yakin, berikut adalah beberapa alasan mengapa orang memilih memelihara burung:

1. Tidak Berisik

Salah satu alasan mengapa banyak orang cenderung memilih burung adalah karena suaranya yang menyenangkan dan tidak berisik. Dengan bangun di pagi hari lalu mendengar suara burung berkicau sering kali membuat hati tenang dan menyenangkan.

Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa suara burung memang dapat digunakan sebagai obat alami untuk menenangkan orang yang stress. Jadi, daripada memelihara hewan yang berisik, lebih baik memelihara burung yang bisa membuat hari-hari menjadi tenang.

 2. Lebih Ekonomis

Harga burung Parkit memang tidak murah, namun jika dibandingkan dengan hewan peliharaan yang lain harganya jauh lebih ekonomis. Harga seekor burung dewasa dapat mencapai jutaan rupiah, sedangkan harga kucing yang unik bisa mencapai puluhan juta.

Selain itu, merawat burung jauh lebih mudah dibandingkan merawat kucing maupun anjing. Tidak seperti kucing maupun anjing yang perlu divaksin atau perlu kontrol ke dokter, burung hanya perlu diberi makanan yang cukup. Makanannya pun sangat mudah didapatkan dan harganya tidak mahal.

 3. Dapat Dilatih

Burung Parkit merupakan salah satu hewan cerdas yang dapat dilatih oleh majikannya. Meskipun tidak bisa berkata seperti burung parrot namun burung Parit dapat memberi balasan ketika diajak berbicara. Selain itu, burung Parkit juga bisa mengikuti perintah majikannya jika dilatih dengan benar.

BACA JUGA:  Cara Merawat Burung Cucak Jenggot

 4. Kuat & Tidak Mudah Sakit

Salah satu kelebihan dari bunga Parkit adalah mereka kuat dan tidak mudah sakit. Meskipun diletakkan diluar, burung tidak akan mudah terkena penyakit ataupun virus yang bertebaran. Cara menjaga agar burung parkit tetap kuat dan sehat terus adalah dengan memberikan makan secara rutin dan tetap waktu.

Jenis Burung Parkit

Jenis Burung Parkit
parkit taiwan – news5cleveland.com

Burung yang memiliki nama latin Conuropsis Carolinensis memang terkenal dengan suara kicauan yang sangat memikat para pecinta burung karena keunikannya.

Jadi sebagian orang menginginkan untuk memiliki burung ini lantaran bisa dikategorikan sebagai burung hias dan burung kicau. Berikut ini jenis burung Parkit yang bisa jadi rekomendasi jika berniat untuk membeli salah satunya.

Baca Juga: Jenis Burung Kicau

1. Burung Parkit Holland

Pada jenis ini secara umum tampilannya tidak jauh beda dengan jenis yang lain. Burung Parkit Holland sendiri berasal dari Belanda. Adapun pada bentuk perawakannya burung ini lebih gagah dan besar. Jika ada yang berminat untuk memiliki burung jenis ini maka harus menyiapkan dana kurang lebih sekitar 500 ribu rupiah.

2. Burung Parkit Australia atau jambul

Pada jenis ini memiliki ciri-ciri yang sangat mudah untuk dikenali. Hal yang sangat khas dimiliki Burung Parkit Australia adalah punya bulu menyerupai jambul dengan warna kuning pada bagian kepala dan pada bagian pipi ada tanda merah. Namun burung ini sering dijadikan sebagai burung hias daripada burung kicau.

Sedangkan pada ukuran tubuh Burung Parkit Australia ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada ukuran tubuh Burung Parkit jenis yang lain. Biasanya burung jenis ini juga disebut dengan Parkit jambul yang memiliki banyak warna bulu, diantaranya warna lutino, white dan silver.

Adapun harga yang ditawarkan pada Burung parkit jenis ini adalah 550 ribu masih tergolong mahal bukan? Itupun masih anakannya.

3. Burung Parkit Rosella

Pada burung parkit Rosella ini bukan asli burung dari Indonesia, melainkan burung yang diimpor dari habitat aslinya yang ada di Australia. Jika dibandingkan dengan burung impor jenis lainnya, Burung Parkit Rosella ini memiliki suara kicauan yang sangat merdu. Tidak heran jika burung ini dihargai dengan mahal atau mulai dari kisaran 500 ribu-an.

4. Burung Parkit Lokal

Parkit ini merupakan jenis asli dari Indonesia. Adapun bentuk tubuhnya lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis yang impor. Sedangkan masalah harga burung ini memiliki harga yang lebih terjangkau.

Oleh sebab itu tidak jarang banyak orang yang memelihara burung ini. Harga yang ditawarkan mulai dari 50 ribuan saja. Pada dasarnya setiap jenis akan memiliki keunggulan masing-masing tergantung minat Anda membeli yang mana.

BACA JUGA:  Cara Merawat Jalak Kebo biar Jinak

5. Burung Parkit Lutino

Pada jenis ini yang khas adalah warna kuning cerah yang sangat mencolok jika dipandang. Jika tidak begitu dilihat secara detail maka burung Parkit Lutino bisa disamakan dengan Burung lovebird. Namun sebenarnya kedua burung tersebut berbeda. Yang membedakannya ada pada mata yang lebih kecil dan paruhnya.

Harga Burung Parkit Sesuai dengan Jenisnya

Harga Burung Parkit sesuai dengan jenisnya
harga burung parkit di pasar jatinegara – qz.com

Banyak jenis pada burung Parkit, oleh karena itu harga Burung Parkit yang ditawarkan juga berbeda-beda tergantung bagaimana kelebihan dan jenis burung tersebut. Berikut ini uraian singkatnya.

Pada Harga burung Parkit jenis Anakan Australia per ekornya akan dihargai dengan 520 ribu. Sedangkan pada Anakan jenis Lutino Parkit Australia per ekornya lebih mahal yaitu 550 ribu per ekornya.

Adapun harga burung parkit jenis Holland per ekornya adalah 550 ribu, sedangkan Indukan parkit holland yang sepasang adalah 950 ribu.

Jika pembeli menginginkan Parkit Lokal warna hijau sepasang yang banyak disukai orang maka dibandrol dengan harga 100 ribu. Jika berwarna non hijau sepasangnya adalah 150 ribu. Sedangkan yang lokal lutino atau Albino dengan jumlah sepasang mencapai 200 ribu.

Sedangkan harga burung parkit indukan jenis Australia yang sepasang adalah 1,4 juta sedangkan Indukan Lutino Parkit Australia mata merah yang juga sepasang akan dihargai dengan 1,5 juta.

Tips Membeli dan Merawat Burung Parkit

Tips Membeli dan Merawat Burung Parkit
cara merawat parkit agar jinak – medium.com

Setelah mengetahui harga yang tidak murah itu, maka ada baiknya juga merawatnya dengan cara yang baik. Adapun berikut tips membeli dan merawat burung Parkit agar tetap sehat.

Artikel Lain: Cara Merawat Burung Cucak Jenggot

1. Pastikan Kesehatan Burung Parkit

Saat hendak membeli burung Parkit ini maka hal yang utama adalah memastikan kesehatannya. Sangat disayangkan bukan, jika tidak lama setelah membeli malah burung mati. Untuk salah satu tanda burung dalam kondisi baik adalah dengan memperhatikan kandang yang ada di toko burung tersebut bersih.

Selain itu, bisa juga memilih burung yang paling aktif berkicau ataupun bergerak. Sebab jika burung cenderung diam saja bisa jadi burung tersebut dalam kondisi sakit.

2. Gunakan Sangkar yang Pas dan Sesuai dengan Burung

Merawat Burung memang bisa dikatakan sudah-sudah gampang. Pastikan saat memelihara anakan burung Parkit maka pastikan meletakkan pada sangkar yang ukurannya sesuai dengan mereka, tidak terlalu besar.

Direkomendasikan luas sangkar idealnya kurang lebih memiliki ukuran 40 x 40 x 60 cm. Tentunya jika Anda berniat untuk beternak maka juga butuh ukuran kandang yang lebih luas. Untuk bahan sangkarnya bisa menggunakan kayu maupun yang terbuat dari besi. Pasalnya kedua sangkar tersebut cocok untuk meletakkan Burung Parkit.

BACA JUGA:  Harga Burung Cucak Rowo

3. Bersihkan Kandang Secara Rutin

Setelah meletakkan Burung pada kandang yang pas untuk dia hidup, maka secara berkala sang pemilik burung harus memperhatikan kebersihan kandangnya. Kandang yang bersih akan mencegah berkembangnya kuman, oleh sebab itu ada baiknya membersihkan kandang burung setiap hari.

4. Memandikan Burung

Selain kandang yang bersih, rasanya kurang pas jika mengabaikan kebersihan burung itu sendiri. Jadi tidak heran sebagai pemilik burung harus rajin untuk memandikan burung Parkit miliki Anda.

Waktu yang cocok untuk memandikan burung ini adalah pagi hari sebelum matahari muncul.Untuk caranya cukup dengan menyemprotnya menggunakan semprotan atau wadah khusus untuk mandi.

5. Jemur Burung Parkit

Jangan lupa setelah selesai maka bisa langsung menjemur burung agar bulu mereka segera kering dan tidak lembab. Selain membantu agar bulu burung kering juga membuat mereka mendapatkan nutrisi yang baik dari sinar matahari pagi.

Jadi, alangkah baiknya jika menjemur burung parkit ini sebelum pada pukul 09.00 pagi. Sebab jika diatas itu maka cahaya sinar matahari akan sangat menyengat dan bisa membuat burung tidak nyaman. Durasi penjemuran bisa dilakukan mulai 30 hingga 60 menit.

6. Memberi Makan Secara Teratur

Sama seperti makhluk hidup lainnya Burung Parkit juga membutuhkan asupan makanan setiap harinya. Jadi pastian untuk memberinya pakan bisa berupa biji-bijian yang pada umumnya, bisa juga memberikannya buah maupun sayuran.

Rekomendasi makanan untuk Burung Parkit ini adalah Milet putih dan merah, pepaya, sayur kol, wortel, pisang, apel dan masih banyak lagi. Pemberian makan yang bervariasi tentunya akan membuat seluruh gizi terpenuhi.

Cara Ternak Burung Parkit

Cara Ternak Burung Parkit
aziez33.blogspot.com

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan burung Parkit dengan harga yang lebih murah adalah dengan membuat ternaknya sendiri. Membuat ternak burung Parkir dengan kualitas yang bagus tidaklah mustahil dan dapat dilakukan.

Untuk bisa melakukan hal tersebut, maka pilihlah parkit jantan dan betina sebagai peliharaan. Pastikan untuk memilih jenis yang benar karena jika salah maka budidaya burung Parkitnya tidak akan berhasil.

Burung Parkit jantan memiliki warna biru kuat dan sedikit keunguan. Sedangkan yang betina cenderung lebih berwarna putih dan biru tipis. Warna burung Parkit betina cenderung lebih mudah dibandingkan dengan yang jantan. Selain itu, burung parkit jantan cenderung lebih aktif dan energik dibandingkan dengan yang betina.

Sebelum menjadikannya ke dalam satu sangkar, pisahkan mereka ke sangkar masing-masing. Biarkan kedua burung mengalami proses perkenalan selama 1 hingga 2 minggu agar dapat kenal terlebih dahulu.

Apabila sudah saling kenal, biasanya burung akan menunjukkannya dengan saling berkicau. Jika sudah begini, maka biarkan kedua burung tersebut tinggal di sangkar yang sama. Usahakan untuk memilih sangkar yang bundar agar areanya tidak terlalu luas dan mereka cepat akrab.

Jadi, bagi yang ingin mendapatkan burung parkit dalam jumlah yang lebih besar dapat mencoba cara budidaya tersebut terlebih dahulu. Selain itu, cara ini juga bisa dijadikan bisnis kedepannya.

Demikian informasi harga Burung Parkit yang ditawarkan sesuai dengan jenisnya masing-masing, jenis serta tips membeli dan merawatnya. Harga yang sedikit mahal memang layak diberikan karena berbagai keunggulan yang dimiliki burung ini.

Harga Burung Parkit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.