Harga Burung Perkutut

HARGA BURUNG PERKUTUT – Memiliki hobi memelihara burung tidak lengkap rasanya jika tidak melirik burung yang satu ini, burung perkutut.

Burung yang terkenal akan suara kicaunya yang merdu dan nyaring ini sangat digemari oleh banyak orang. Bahkan burung perkutut ini memiliki kontes bertaraf nasional setiap tahunnya, maka tidak heran jika harga burung perkutut bisa menguras kantong.

Daftar Harga Burung Perkutut Berdasarkan Jenisnya

Daftar Harga Burung Perkutut Berdasarkan Jenisnya
jenis burung perkutut – twitter.com

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa burung perkutut mempunyai kontes rutin setiap tahunnya. Jadi tidak heran jika harga burung perkutut bisa memiliki variasi yang beragam.

Hal ini dikarenakan ada perbedaan patokan harga antara burung yang sudah berpengalaman atau belum. Apabila penasaran, kali ini semuanya akan dibahas lengkap terkait harganya di bawah ini.

1. Burung Perkutut Putih

Harga burung perkutut yang pertama adalah burung perkutut yang paling banyak penggemarnya yakni, burung perkutut putih. Sebenarnya burung ini memiliki warna putih karena adanya “kecacatan” pada pigmentasi kulitnya. Burung perkutut ini tidak memiliki pigmentasi warna sama sekali, makannya warna kulitnya sangat putih dan pucat.

Untuk harganya sendiri, burung ini memiliki kisaran harga yang memang sudah mahal sedari awalnya. Hal ini dikarenakan burung ini keberadaannya sudah langka.

Belum lagi jika berhasil mendapatkan yang paruh dan matanya berwarna merah cerah, maka bisa dipastikan harganya lumayan. Dimulai dari anakan saja sudah menyentuh Rp 500ribu, belum lagi jika sudah menang lomba. Harganya bisa mencapai jutaan.

2. Burung Perkutut Bangkok

Masih dari jenis burung perkutut yang juga masih populer dikalangan pecinta burung. Hal yang menyebabkan burung ini populer adalah kicauan suaranya yang besar dan terkesan ngebass, namun tetap merdu.

Karenanya tidak heran jika jenis burung yang satu ini paling sering diikutkan dalam lomba. Sehingga masyarakat awam pun sedikit familiar dengan burung yang satu ini.

Artikel Terkait: Harga Burung Kacer Paling Update Terbaru

Selain suaranya yang besar, burung perkutut bangkok ini juga memiliki badan yang lebih besar jika dibandingkan dengan burung perkutut biasa. Burung yang satu ini juga banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai indukan.

Untuk harganya sendiri, burung ini masih terbilang murah karena memang ketersediaannya sangat banyak. Dimulai dari Rp 200ribu sampai Rp 300ribu.

3. Burung Perkutut Wisnu Murti

Jenis burung yang satu ini masih satu keluarga dengan jenis burung perkutut yang berasal dari Jawa. Burung yang satu ini memiliki ciri tubuh yang elegan dan juga kelam disaat yang bersamaan. Hal ini dikarenakan burung yang satu ini memiliki warna serba hitam pada mata, kaki, dan paruhnya.

Di tanah asalnya sendiri burung ini memiliki mitos yang masih dipercaya oleh beberapa orang bahkan hingga sekarang.

Mitos yang beredar seputar kekuasaan dan kekuatan, karenanya tidak heran jika burung yang satu ini dahulu dipelihara oleh para kaum bangsawan dan pemimpin. Untuk harganya sendiri dimulai dari Rp 300ribu untuk anakannya dan jutaan untuk yang sudah berpengalaman.

4. Burung Perkutut Jawa

Ini adalah indukan utama dari jenis burung perkutut yang sebelumnya. Untuk harga burung perkutut yang satu dimulai dari Rp 300ribu untuk anakannya dan Rp 600ribu untuk yang dewasa.

Apabila sudah menang kontes, burung yang satu ini akan dihargai dimulai dari Rp 1juta. Karena harga anakannya lumayan murah, maka burung ini sering dibeli saat masih menjadi anakan.

Selain itu ternyata burung ini juga memiliki kicau yang sangat bagus, merdu, dan juga unik. Jadi jika ingin memgikuti kontes perkutut ada baiknya untuk membelinya dari anakan lalu nanti dirawat hingga kicauannya menjadi gacor.

Satu lagi hal yang menjadikan burung ini unik yaitu mitos yang berkembang bahwa burung ini bisa mendatangkan rezeki bagi pemeliharanya.

5. Burung Perkutut Hitam

Masih dari jenis burung perkutut lokal yang memiliki mitos juga di dalam jenisnya. Jenis burung perkutut yang satu ini memiliki nama lain perkutut katuranggan, dan kol buntet. Memang nama lainnya agak menggelikan, tapi jangan salah kualitas kicauannya sangat gacor dan luar biasa. Suaranya merdu atau istilahnya anggungan dan unik.

Jenis burung yang satu ini memiliki harga Rp 150ribu sampai Rp 200ribu. Dalam bentuk tubuhnya sendiri burung yang satu ini memiliki citra yang sangar, dan gagah. Bahkan karena citranya burung ini sering dijuluki rajanya burung perkutut. Burung yang satu ini sering dipelahara karena konon katanya bisa menolak bala.

6. Burung Perkutut Kusuma Wicitra

Masih dari jenis burung perkutut Jawa, tapi jenis burung perkutut yang satu ini bisa mencapai harga ratusan juta. Burung yang satu ini selain memiliki suara yang indah juga memiliki mitos yang sangat tinggi. Untuk harga burung perkutut yang satu ini dimulai dari kisaran Rp 500ribu untuk anakannya.

Bagi burung perkutut dewasanya sendiri memiliki harga awalan Rp 2juta, sangat lumayan bukan. Untuk ciri tubuhnya sendiri burung yang satu ini memiliki warna keputihan pada sisik kakinya, dan paruhnya.

Mitos yang beredar di kalangan pecinta burung adalah, burung yang satu ini akan membuat pemiliknya dimudahkan dalam cita-cita dan rezekinya.

7. Burung Perkutut Wisnu Wicitra

Masih dari jenis burung perkutut yang memiliki harga fantastis, dan berasal dari tanah jawa. Burung perkutut yang satu ini sangat diminati di kalangan pecinta burung. Ada dua hal yang menyebabkan burung ini populer.

Hal pertama karena memang burung ini memiliki pesona yang tinggi. Sesuai dengan namanya wicitra yang diambil dari leuwih = banyak dan citra = pesona.

Hal kedua adalah karena suara yang dimiliki sangat merdu, unik, dan juga lantang. Karenanya untuk harga burung perkutut ini dimulai dari Rp 500ribu hanya untuk anakannya.

Lalu untuk yang dewasa, meskipun belum berpengalaman tapi memiliki harga Rp 1juta untuk permulaannya. Jadi bayangkan saja berapa harganya jika burung yang satu ini sudah dewasa, dan memiliki pengalaman.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Harga Burung Perkutut

Hal-Hal yang Mempengaruhi Harga Burung Perkutut
burung perkutut lokal – focusingonwildlife.com

Seperti yang telah dibahas mengenai harga burung perkutut di atas yang memiliki banyak variasi. Tentu ada banyak hal yang mempengaruhi ragam tersebut. Apabila di tanah jawa, harga tersebut dipengaruhi oleh mitos dari burung tersebut, maka bagaimana dengan daerah lainnya? Hal apa saja yang mempengaruhi harga tersebut.

Pengalaman. Jelas pengalaman merupakan faktor pertama yang memberikan pengaruh besar terhadap harga dari burung perkutut ini. Lihat saja perbedaan antara burung dewasa yang belum berpengalaman, dan burung dewasa yang sudah berpengalaman. Pasti rentang harganya lumayan jauh.

Jenis. Selanjutnya adalah jenis dari burung tersebut. Lihat terlebih dahulu jenis burung perkutut apa yang hendak dibeli. Apakah jenis burung yang hendak dibeli memiliki keistimewaan tentu harganya mahal. Belum lagi jika jenis burung perkututnya sudah langka dan sulit untuk ditemukan, maka sudah pasti harganya melambung.

Bentuk Tubuh. Lanjut adalah bentuk tubuhnya, bentuk tubuh ini dalam artian warna kulitnya serta kebersihan tubuhnya. Perhatikan dahulu bentuk tubuh dari burung yang hendak dibeli apakah sangat bersih, dan memang jarang ditemukan. Jikalau seperti itu maka harganya bisa lumayan, tapi tetap masih ada yang terjangkau.

Kisaran Harga Sangkar Burung Perkutut

Kisaran Harga Sangkar Burung Perkutut di Pasaran
sugeng.jogjaphoto.net

Para pecinta binatang di Indonesia saat ini sedang berada dalam jumlah yang tidak sedikit di berbagai daerah. Burung merupakan salah satu satwa yang dipelihara untuk dilihat kecantikan bulunya atau dinikmati kualitas suaranya saja.

Salah satu jenis burung favorit yang masih terus berkembang adalah perkutut dengan sangkar khasnya. Berapa sih kisaran harga sangkar burung perkutut?

Baca Juga: Ini Dia Harga Lovebird Biru Mangsi Terbaru

Perkutut adalah salah satu jenis burung kicau yang hanya memakan biji-bijian saja ketika dipelihara. Status burung ini juga termasuk dalam burung yang tidak dilindungi karena memang jumlahnya masih banyak di alam. Saat dipelihara, jenis pakan yang diberikan biasanya hanya milet putih, merah, gabah, dan juga butir ketan hitam. Juga bisa diberikan pakan tambahan seperti tulang sotong.

Ciri-Ciri Burung Perkutut

ciri-ciri burung perkutut
hobiburung.org

Perkutut yang biasanya di pelihara di keluarga Indonesia adalah jenis perkutut jawa atau perkutut lokal yang cenderung kecil.

Ukuran perkutut jenis ini tidak lebih dari 21 cm saja dengan tubuh ramping dan bulu khas abu-abu. Suara yang dihasilkan perkutut ini juga lebih tipis dan biasa berkembang biak di sekitar bulan Januari sampai September.

Harga Sangkar Burung Perkutut Berdasarkan Jenisnya

Harga Sangkar Burung Perkutut Berdasarkan Jenisnya

Burung perkutut dengan bentuk tubuh yang tidak terlalu besar ini membutuhkan kandang dan sangkar yang tidak terlalu besar.

Ukuran standar untuk peternakan perkutut sendiri yaitu 90 x 90 x 180 cm dan bisa disekat menjadi dua bagian. Harga untuk sangkar tipe ini bisa berkisar 500 ribuan tergantung bahan. Tetapi untuk sangkar pajangan jenis dan harganya sebagai berikut:

1. Sangkar Perkutut Mahkota

Sangkar perkutut jenis ini memiliki sisi elegan yang sangat tampak dari perpaduan warna hitam legam dan corak emas. Bahan dasar dari produk ini adakah kayu rapih berkualitas yang tidak mudah berjamur atau rusak.

Bagian atas membentuk seperti mahkota yang menambah kesan mahal dari sangkar. Sangkar tipe ini dibanderol mulai dari 500 – 650 ribu per buah.

2. Sangkar Metalik Polos

Untuk perkutut sendiri sebenarnya tidak terlalu penting harga dan bagusnya sangkar karena memang hanya segi estetika saja. Pada sangkar metalik polos ini biasanya memiliki bagian atas atau tudung sangkar yang satu warna.

Sering kali berwarna merah, hijau, biru, atau kuning yang dibandrol dengan harga sekitar 65 ribu rupiah saja.

3. Sangkar Metalik Lukis

Memiliki bentuk yang sama persis dengan sangkar metalik polos, perbedaan sangkar ini hanya pada lukisan di tudung.

Biasanya di bagian tudung diberikan corak batik atau burung-burung yang akan membuatnya terlihat lebih cantik. Harga sangkar metalik lukis di pasaran tidak terlalu tinggi yakni hanya sekitar Rp79.500,- saja.

4. Sangkar Mahkota Lukis

Perbedaan utama pada sangkar mahkota lukis dengan sangkar mahkota sebelumnya adalah pada estetika. Untuk bahan yang digunakan menyesuaikan dengan permintaan di pasaran.

Sangkar jenis ini memiliki warna cerah, tidak lagi hitam dan emas dengan lukisan corak di atasnya. Harga sangkar ini di pasaran berkisar di Rp200 ribu saja, jauh lebih murah dari yang pertama.

5. Sangkar Perkutut Rajut

Pembuatan sangkar juga bisa dibuat dari bahan yang berasal dari kayu sepenuhnya tanpa plastik di bagian atas. Seperti sangkar rajut ini, keindahan tampak jelas terlihat dari warna kayu asli yang coklat polos berkualitas.

Ini akan terlihat bagus di bagian rumah berwarna apapun karena warnanya yang netral. Sangkar jenis ini dipatok seharga 400 ribuan atau lebih tinggi di pasaran.

Merawat burung perkutut dalam sangkar akan sangat menyenangkan dan bisa sebagai sarana refreshing. Suara perkutut akan membawa ketenangan tersendiri ketika mulai lelah bekerja seharian.

Itulah tadi beberapa pembahasan singkat terkait harga burung perkutut serta hal-hal yang mempengaruhi harganya. Ternyata selain kicauannya, burung perkutut memiliki keunikan lain yang membuatnya dicintai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang sedang mencari informasi seputar burung perkutut.

HARGA BURUNG PERKUTUT

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.