Harga Burung Pleci Beserta Karakteristik dan Cara Merawatnya

Harga Burung Pleci – Pleci adalah jenis burung yang mempunyai ciri – ciri khas yang sangat lucu dan menggemaskan, yaitu adanya bentuk mata yang menyerupai kacamata dalam bentuk lingkaran mata dengan warna yang putih pada sekeliling matanya.

Tidak hanya itu pada jenis ini mempunyai suara merdu yang ngacor sehingga sangat enak apabila didengar bersamaan. Dan yang paling membuat banyak orang tertarik adalah harga burung pleci yang tidak terlalu mahal.

Tidak hanya itu, apalagi pada masa sekarang jenis burung ini sangat populer dikalangan masyarakat dan para pecinta burung. Yaitu dengan mengembangkan jenis burung ini menjadi burung hias yang diterbangkan dalam setiap agenda perlombaan.

Perlu diketahui yang penting dalam memelihara jenis burung ini adalah selektif dalam memberikan pola perawatan yang baik dan bijak.

Macam – Macam Jenis Burung Pleci

jual burung pleci auriventer
caraputu.com

Sebelum membahas mengenai harga burung pleci ada baiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai macam dari jenis burung ini. Ada banyak jenis dan macam – macam burung pleci yang dapat dipelajari dan dikenal secara bersamaan sampai sekarang. Yaitu sebagai berikut:

1. Pleci Dakun Kuning Mata Coklat

Harga Pleci Dakun
kicaumaniakalimantan.blogspot.com

Jenis pertama dari burung pleci ini adalah Pleci Dakun Kuning Mata Coklat. Yang mana, pada jenis burung ini mempunyai karakteristik dengan ciri – ciri bentuk warna pada dadanya kuning terang. Serta kedua matanya yang coklat, dan warna punggung lebih kehijau – hijauan. Jenis burung ini berasal dari daerah pulau jawa.

Pada burung ini juga mempunyai bentuk dan ukuran yang standar dan juga suaranya yang nyaring sekali seperti kristal, lalu pada habitat pada jenis burung ini mayoritas berada di pulau jawa. Selain itu, jenis burung ini juga mempunyai iris mata berwarna coklat ketua – tuan dan postur yang kecil mungil standar.

2. Pleci Buxtoni atau Zosterops Palpebrosus Buxtoni

Harga Pleci Buxtoni
zosteropspleci.blogspot.com

Pada burung pleci ini, jenis yang kedua selanjutnya adalah pleci buxtoni atau dalam nama ilmiahnya adalah zosterops palpebrosus buxtoni.

Dimana jenis dari burung ini memiliki karakteristik yang masih dalam bentuk sub spesies mata warna putih oriental. Pada burung ini bentuknya kecil dan tubuh mungil dengan suara paling merdu dan nyaring.

Warna pada dadanya adalah kuning abu – abu dengan punggung hijau – hijau berwarna tua. Selain itu pada ukuran mata yang berbentuk standar. Selanjutnya dari suara burung ini lebih kearah melengking yang berdakun dan nyaring seperti kristal dengan iris mata lebih warna putih, dan juga bentuk badan yang cenderung bulat

3. Pleci Auri atau Zosterops Palpebrosus Auriventer

Harga Pleci Auri
bukalapak.com

Jenis burung selanjutnya dari tipe pleci adalah bernama Pleci Auri atau disebut zosterops palpebrosus auriventer. Pada burung ini mempunyai dada dengan warna abu – abu. Dan juga punggung dengan warna hijau tua dan juga dada yang memiliki garis – garis kuning. Tidak hanya itu pada ukuran burung ini standar dan berdakun.

Lalu pada matanya mempunyai bulu teal dan sangat mencolok.selain itu pada burung ini juga mempunyai suara yang mendayu – dayu. Ngebass dan juga pada jenis ini mempunyai bentuk iris mata yang lebih kepada coklat-coklatan dan postur yang lebih memanjang dari dakun. Sehingga ini tergolong kepada burung yang mungil

4. Pleci Montanus atau Pleci Mouty

Harga Pleci Montanus
youtube.com

Pada kategori jenis burung pleci keempat yaitu bernama Pleci Montanus atau disebut dengan Pleci Mouty. Ini merupakan jenis burung yang paling lucu dan memiliki bentuk badan bongsor atau besar.

Selain itu pada jenis burung ini mempunyai mata menggunung dan ukuran tubuhnya 11 centimeter, dengan rambut perutnya dominan putih abu – abu.

Sementara itu, dibagian area tepi tubuhnya berwarna coklat tua dan pada jenis burung ini lebih menyukai untuk tinggal di Bali, Nusa Tenggara, Maluku, Sumatera, Sulawesi. Suara yang dihasilkan dari jenis burung ini adalah kasar dan lebih kuat dari jenis burung lainnya serta pada iris mata burung ini adalah putih, sehingga berkelas.

5. Pleci Enggano atau Zosterops Salvadorii

Harga Pleci Enggano
youtube.com

Jenis pleci selanjutnya adalah bernama pleci enggano atau zosterops salvadori dimana ini adalah jenis spesies dari burung pleci yang dominan habitatnya adalah di sekitar kepulauan Enggano. Bukan hanya itu saja bentuk badan dari jenis burung ini juga relatif besar dan mempunyai warna punggung coklat kuning dengan bentuk dada gelap hitam.

Bukan hanya itu dari sekian banyak jenis, burung ini memiliki suara yang ngebass dan kuat dan mampu membuat burung tersebut dapat bersuara kencang. Selain itu bentuk mata dari burung ini sangat tebal dan iris mata yang coklat, serta bentuk tubuh sedang dan bulat, yaitu dengan bentuk ukuran bersifat montanus.

Karakteristik dan Ciri – Ciri Burung Pleci Sebagai Burung Hias

sangkar pleci ebod jaya
youtube.com

Untuk para pecinta burung – burung hias, selain mengetahui mengenai harga burung pleci tentunya juga harus mengetahui secara spesifik ciri – ciri dan karakteristik dari jenis burung pleci. Dimana para ciri – ciri ini dibagi menjadi dua diantaranya adalah:

1. Karakteristik Burung Pleci Jantan

Adapun ciri- ciri jenis burung pleci jantan yang harus dipahami oleh para pembeli burung hias, yaitu diantaranya mempunyai bentuk pada postur badan atau tubuhnya yang lebih jenjang dan panjang serta kaki yang tinggi.

Lalu,  paruhnya yaitu panjang dan besar. Kemudian pada vent burung ini mempunyai tonjolan sebesar 30 sampai 80 derajat.

Kemudian pada bentuk kepalanya sendiri yaitu bentuknya yang besar dan ulat, lalu terdapat vocal yang tinggi dan sangat apik sekali jika didengarkan di pagi hari.

Tidak hanya itu burung ini juga sangat pintar dan bersahabat dengan manusia, sehingga banyak yang lebih menyukai jantan dibandingkan dengan yang betina. Sehingga sangat membahagiakan.

2. Karakteristik Burung Pleci Betina

Kemudian berlanjut kepada karakteristik dari burung pleci betina, yang sedang diincar pembeli burung hias, yaitu harus memperhatikan bentuk dari warna burung hias pleci ini.

Dimana mempunyai warna yang lebih tua dan terang sehingga terlihat ramping dan kecil. Lalu, paruhnya mempunyai warna coklat dan sedikit hitam gelap, serta menguning ke bawah.

Kemudian pada struktur kaki burung pleci betina ini adalah mempunyai kaki yang bersisik. Lalu warna gelap dan kering. Sehingga mempunyai kaki yang basah dan warna yang sangat solid. Sehingga pada jenis betina ini bentuk tubuhnya sedikit berisi dan gemuk. Kemudian mata berwarna putih dan mempunyai bulu lebat dan indah.

Ciri – Ciri Paruh Burung Pleci Berdasarkan Paruh yang Dimiliki

harga pleci flavus
pinterest.com

Berdasarkan paruh yang dimiliki, burung ini mempunyai dua bentuk paruh yang berbeda tidak hanya sebagai untuk makan. Namun juga mempengaruhi burung tersebut dalam berkicau dan mengeluarkan suara, yaitu :

1. Paruh Dengan Pangkal yang Lebar

Jenis paruh pertama yang dimiliki berdasarkan suara yang dihasilkan adalah paruh dengan pangkal yang lebar dan luas, dimana cenderung tebal dan keras. Lalu ini juga mempengaruhi pada bentuk variasi yang lurus pendek dan juga panjang dan gacor. Paruh ini juga tipis dan bersifat mampu merespon bunyi dengan waktu yang cepat.

2. Paruh Dengan Pangkal yang Kecil

Pada pangkal paruh yang kecil mempunyai karakteristik pada paruh yang bersifat melengkung, sehingga mampu menghasilkan bunyi suara – suara yang cenderung pendek, dan bersifat telaten.

Tidak hanya itu, pada jenis burung ini juga mempunyai irama yang bagus. Akan tetapi dari jenis paruhnya masih dominan bagus untuk burung paruh jenis besar.

Harga Burung Pleci di Pasaran

harga pakan burung pleci nastar
youtube.com

Oke, agar pembelian burung pleci dapat berjalan maksimal dan memberikan keuntungan bagi para pembeli, maka pada jenis burung ini mempunyai beberapa jaminan harga dan harga burung pleci ini wajib diketahui.

Yaitu dimulai dari jenis pleci dada kuning bermat putih yaitu 350.000 – 1000.000 perekornya. Lalu, untuk harga burung pleci warna kuning mata coklat adalah 50.000-150.000, dan bermata merah adalah 100.000 – 250.000.

Jenis pleci Bali dijual 75000 – 150.000, lalu jenis garut dijual 50.000 – 150.000, untuk pleci jatim dijual dengan harga 100.000 – 200.000. Lalu untuk jenis yang mahal adalah Auriventar dijual 125.000 – 200.000 dan harga burung pleci jenis montanus dijual 50.000 – 150.000. Kemudian jenis burung Enggano dijual dengan 50.000 – 100.000.

Itu tadi informasi mengenai harga burung pleci beserta karakteristik dari jenis burung ini, semoga saja ini menjadi info bermanfaat khsusunya bagi semua orang dan pecinta burung. Intinya  menjaga dan merawat burung ini harus dilakukan dengan baik dan sungguh – sungguh sehingga bisa hidup dengan selamat dan tidak mati, selamat mencoba.

Harga Burung Pleci

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.