Harga Burung Poksay

HARGA BURUNG POKSAY – Poksay merupakan salah satu burung yang cukup diminati sebab memiliki kicauan yang lantang dan merdu. Kemampuan berkicau Poksay tidak kalah dengan burung kacer atau cucak ijo.

Burung cantik ini memiliki jenis yang beragam baik dari ras lokal maupun ras luar negeri dan harganya pun beragam. Berikut harga burung Poksay dan jenisnya.

Jenis dan Harga Burung Poksay Ras Lokal

Harga Burung Poksay Mantel
gambar burung poksay mantel – ebird.org

Indonesia merupakan negara yang kaya akan fauna, salah satu nya adalah burung Poksay. Burung bersuara merdu dan lantang ini dapat dijumpai di beberapa pulau di Tanah air, terutama di wilayah hutan dan pegunungan. Berikut beberapa jenis dan harga Poksay yang berasal dari ras lokal :

1. Poksay Sumatera (Garrulax bicolor)

Jenis Poksay ini telah banyak dikenal bahkan oleh pecinta burung mancanegara. Suaranya yang indah menjadi salah satu daya tarik bagi mereka. Burung ini tinggal di dataran tinggi Pulau Sumatera, tepatnya di sepanjang Bukut Barisan.

Garulax Bicolor berbulu putih dibagian kepala hingga leher. Kemudian pada tubuh, sayap dan ekor berbulu hitam, serta terdapat garis hitam pada mata hingga paruh. Meskipun memiliki suara yang lantang dan indah, namun harga Poksay Sumatera hanya Rp. 300.000-Rp. 1.000. 000.

2. Poksay Mantel (Garrulax Palliatus)

Poksay mantel atau Garrulax Palliatus, banyak dijumpai di wilayah pegunungan Sumatera, Kalimantan, Malaysia dan Brunei Darussalam. Ciri khas Poksay ini adalah berwarna cokelat pada tubuh dan berbulu abu-abu pada bagian kepala.

Mempunyai mata berselaput biru pucat yang tajam. Serta berwarna hitam pada bola mata dan paruhnya. Poksay Mantel dipatok seharga Rp. 250.000-Rp. 1.200.000.

3. Poksay Hitam (Garrulax Lugubris)

Burung Poksay Hitam atau Garrulax lugubris merupakan salah satu jenis burung yang banyak di cari. Sebab memiliki suara kicau yang bervariasi, indah dan lantang.

Burung ini banyak ditemui di Sumatera, bertubuh gagah dengan bulu berwarna hitam diseluruh sampai ekornya. Sangat khas dengan mata hitam tajam dan paruh berwarna orange. Untuk harga hanya kisaran Rp 300.000 saja.

4. Poksay Kuda (Garrulax Rufifrons)

Poksay Kuda merupakan jenis burung yang tinggal wilayah pegunungan Pulau Jawa khususnya Jawa Tengah dan Jawa Barat. Mempunyai bulu cokelat zaitun dibagian atasnya dan berbulu cokelat pada bagian tubuh.

Berparuh hitam dan berwarna hijau pada bagian kaki. Garrulax Rufifrons mempunyai kicau yang bervariasi dan lantang. Kisaran harga Poksay Kuda yakni Rp. 500.000-Rp. 2.400.000.

Harga Burung Poksay Berdasarkan Ras Luar Negeri (Impor)

harga burung poksay hwamei
gambar burung poksay hwamei – ebird.org

Selain burung Poksay ras lokal, terdapat pula Poksay yang berasal dari luar negeri yang populer di Indonesia. Setiap jenis burung tersebut tentu mempunyai karakter fisik dan suara yang berbeda-beda. Berikut beberapa burung Poksay impor yang terkenal di Indonesia :

1. Poksay Jambul (Garrulax Leucolopus)

Sesuai dengan namanya burung ini mempunyai jambul putih di area kepala. Merupakan jenis Poksay impor dari Thailand, dengan fisik lebih besar dibanding jenis lain, berbulu coklat dan paruh hitam, dan tampak kekar.

Burung Garrulax Leucolopus ini memiliki suara yang keras dan merdu sehingga banyak diminati. Kisaran harga untuk satu ekor burung Poksay Jambul ini adalah Rp 1.000.000.

2. Poksay Hongkong (Garrulax Chinensis)

Selanjutnya adalah jenis Poksay Hongkong merupakan salah satu burung yang paling dmintai oleh pecinta burung di Indonesia. Burung ini memiliki tubuh yang besar, warna paruh dan seluruh bulu bagian tubuhnya hitam. Terdapat kombinasi putih pada sayap dan ekor, serta bulu abu-abu pada bagian leher dan kepala.

Garrulax Chinensis ini memiliki mata yang tajam juga suara yang lantang. Sehingga harga yang dibandrol untuk Poksay Hongkong pun tinggi, yakni Rp. 3.000.000.

3. Poksay Samho (Garrulax Berthemyi)

Burung bersuara merdu berikutnya adalah jenis Poksay Samho pada bagian atas tubuhnya memiliki bulu berwarna coklat. Sedangkan pada dada sampai ekor berbulu abu-abu, kemudian memiliki mata dengan selaput biru.

Burung yang mempunyai nama latin Garrulax Berthemyi ini banyak ditemui Taiwan dan China. Harga burung Poksay Samho berkisar antara Rp 500.000 hingga 700.000 per ekornya.

4. Poksay Hwamei (Hwamei Melodious Laughingthrush)

Jenis Poksay ini merupakan burung yang hidup di hutan rimbun China dan termasuk spesies yang langka. Harga yang dibandrol untuk Poksay Hwamei berkisar Rp 3.000.000 hingga Rp. 6.000.000.

Ciri khas dari Hwamei adalah mempunyai kombinasi warna cokelat dan hitam pada bulu tubuhnya. Burung yang dikenal sebagai wambi ini memiliki garis putih pada mata bagian atas serta paruh berwarna perpaduan hitam dan kuning.

Baca Juga: Harga Burung Tledekan

Faktor yang Berpengaruh Terhadap Harga Burung Poksay

Faktor yang Berpengaruh Terhadap Harga Burung Poksay
kcindonesia.wordpress.com

Pada umumnya, semua jenis burung Poksay baik dari ras lokal maupun luar negeri memiliki kemampuan berkicau yang lantang dan merdu. Walaupun demikian, harga burung Poksay tetap berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Perbedaan tinggi dan rendahnya harga burung ini dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut :

1. Jenis Burung

Jenis Poksay yang telah disebutkan di atas sangatlah beragam dan masing-masing memiliki harga jual yang berbeda. Tentunya jenis burung dari ras lokal dan ras luar negeri menjadi faktor yang menentukan harga. Begitu juga dengan jenis Poksay yang tengah banyak diminati akan dibandrol dengan harga tinggi.

2. Kemampuan Berkicau

Faktor yang berikutnya adalah kualitas atau kemampuan burung dalam berkicau. Poksay merupakan jenis burung pekicau, tentu salah satu faktor utama yang menjadi patokan harga adalah kemampuannya dalam mengeluarkan suara. Kendati berasal dari jenis yang sama, setiap burung memiliki kemampuan berkicau yang berbeda-beda.

Kekuatan suara burung kicau menunjukkan mutu, sehingga hal tersebut akan menaikkan level harga sampai dibandrol dengan tinggi. Selain itu, tingkat keunikan nada yang dihasilkan saat berkicau juga menjadi faktor penentu harga. Semakin merdu dan unik suara yang dihasilkan, maka semakin tinggi pula harga jualnya.

3. Keindahan Bentuk Fisik

Selanjutnya, daya tarik fisik menjadi faktor yang menentukan harga. Sebagian besar orang membeli burung ini sebab terpesona akan kemolekan bentuk fisiknya. Tidak semua burung mampu berkicau dengan suara yang merdu, akan tetapi mereka memiliki tampilan yang menarik dengan corak bulu yang indah.

Daya tarik lainnya seperti warna mata, bentuk dan warna paruh dan lain sebagainya yang menarik minat pembeli untuk dijadikan burung hias. Burung Poksay yang mempunyai keindahan fisik tentu dipatok dengan harga yang mahal.

4. Kelangkaan

Faktor terakhir yang mempengaruhi harga adalah tingkat kelangkaan. Burung pekicau yang dinyatakan langka, tentu memiliki harga pasaran yang tinggi, sebab jumlah populasinya yang sedikit dan banyak diminati. Semakin sulit ditemukan atau diperoleh, maka harga burung akan semakin mahal.

Makanan Burung Poksay Mandarin untuk Menjaga Stamina

Makanan Burung Poksay Mandarin untuk Menjaga Stamina
bukalapak.com

Disebut juga poksay genting, burung poksay mandarin merupakan salah satu jenis burung pengicau. Untuk dijadikan peliharaan, burung ini cukup mudah dijinakkan. Salah satu kuncinya adalah dengan memahami apa saja makanan burung poksay mandarin.

Makanan yang disesuaikan dengan habitat aslinya akan membuatnya lebih mudah beradaptasi. Tetapi tentu saja perlu dilakukan perawatan rutin sebab kehidupan di dalam sangkar berbeda dengan di alam liar. Karena, cara perawatan dan pemberian makanan akan berdampak besar bagi tumbuh kembang poksay mandarin ini.

Burung poksay mandarin memiliki ciri berwarna keabu-abuan. Panjang tubuhnya sekitar 20-25 cm. Sementara untuk kicauannya, terdapat perbedaan antara betina dan jantan. Betina hanya memiliki satu jenis kicauan, sedangkan kicauan jantan lebih bervariasi.

Artikel Terkait: Makanan Burung Lovebird Supaya Cepat Gacor

Burung dengan nama ilmiah Garrulax mitratus ini hidup di daerah pegunungan. Persebarannya berada di sekitar Sumatera dan Semenanjung Malaysia. Salah satu penelitian menemukan burung jenis ini di wilayah Aceh, tepatnya di Gunung Burni Telong. Di habitat aslinya tersebut, makanan yang biasa dikonsumsi adalah sejenis serangga atau buah-buahan.

Poksay mandarin juga dapat dijadikan burung peliharaan. Kicauannya yang nyaring merupakan salah satu daya tariknya. Banyak pecinta burung yang memelihara burung ini untuk kemudian diikutkan dalam kontes.

Dalam pemeliharaannya, poksay mandarin perlu diperlakukan dengan telaten. Perlu ada jadwal pemberian makanan yang sesuai dengan usia serta proses adaptasinya. Selain itu, proses pengembunan, penjemuran, hingga pemandian juga harus diperhatikan untuk menghindarkan burung dari stres.

Poksay mandarin yang enjoy tentu juga akan tumbuh dengan baik. Stamina yang terjaga juga memungkinkan kicauan yang bagus pula. Di samping itu, proses-proses tersebut juga dapat mempengaruhi pertumbuhan bulunya.

Jenis Makanan Burung Poksay Mandarin

Jenis Makanan Burung Poksay Mandarin
omkicau.com

Makanan poksay mandarin di habitat aslinya tidaklah sulit ditemukan. Karena itu, mudah untuk memberikan makanan yang disukainya dan membuat burung ini jinak. Sebagian juga bertujuan membuat suaranya lebih merdu, sehingga ada makanan tambahan yang diberikan.

1. Serangga

Jangkrik dan belalang merupakan contoh makanan favorit poksay mandarin. Kedua jenis serangga ini dapat dengan mudah ditemukan. Selain langsung dari alam terbuka, saat ini juga banyak penjual jangkrik yang memang ditujukan sebagai makanan burung. Karena itu, memenuhi kebutuhannya akan serangga bukanlah perkara sulit.

Di samping itu, pemberian extra-fooding yang masih masuk dalam kategori binatang kecil juga bisa dilakukan. Misalnya ulat hongkong dan kroto. Ini dimaksudkan agar staminanya terjaga dan menjadi semakin rajin berkicau.

2. Buah-buahan dan Biji-bijian

Burung poksay mandarin sebaiknya diberi buah yang bertekstur lembut. Selain itu, buah sebaiknya bergizi tinggi dan matang sendiri di pohon. Tujuannya agar buah mudah dicerna dan dapat memberikan khasiat yang maksimal. Contohnya adalah pepaya dan pisang.

Biji-bijian juga bagus diberikan karena sesuai dengan makanan di habitat aslinya. Kacang hijau, jagung kering, serta beras merupakan contoh makanan bergizi. Jika biji-bijian tersebut tampak terlalu besar dan kasar, bisa ditumbuk lebih dulu agar lebih mudah ditelan.

3. Voer

Selain makanan alami, poksay mandarin juga perlu diberikan makanan berupa voer. Ini adalah makanan yang buatan pabrik yang diproduksi khusus untuk burung dengan kandungan nutrisi tertentu. Pemberian voer pada poksay mandarin perlu memperhatikan jenis kelaminnya.

Poksay mandarin betina menyukai voer dengan tekstur halus dan lembut, sementara jantan lebih suka yang bertekstur agak kasar. Karena itu, perlu diketahui perbedaan keduanya. Di antaranya dilihat dari postur tubuh jantan lebih besar dan tegak.

Demikian ulasan tentang harga burung Poksay dan jenisnya. Selain memiliki suara yang lantang dan merdu, Poksay juga memiliki daya tarik dari bentuk dan warna pada tubuhnya. Harga yang dipatok pun sangat beragam, mulai dari yang terjangkau sampai dengan harga tinggi. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pecinta burung.

HARGA BURUNG POKSAY

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.