Harga Burung Tledekan

Harga Burung Tledekan – Burung tledekan merupakan burung kicau yang cukup populer, terkhusus di kalangan para pecinta burung. Hal ini terbukti dengan kepopulerannya di arena lomba yang kerap menjadi sang juara.

Meskipun hingga saat ini burung kicau lainnya semakin eksis dan tidak ingin terkalahkan, burung tledekan tetap memikat hati para pecinta burung. Adapun harga burung tledekan biasanya disesuaikan dengan jenis serta usianya. Ulasan lengkapnya yakni sebagai berikut.

Mengenal Burung Tledekan

gambar burung tledekan
hargaburung.id

Sebelum mengetahui harga burung tledekan, tentunya harus mengenal terlebih dahulu terkait burung tledekan. Burung yang memiliki sebutan lain sulingan atau sikatan ini termasuk ke dalam jenis burung kecil.

Jenis burung ini mulai naik daun sedari tahun 2000-an, terutama penampilanya di arena lomba memikat para penggemar burung.  Burung ini tersebar di kawasan Thailand, Kamboja, Nepal, India, Indonesia dan yang lainnya.

Burung tledekan dapat dikenali dengan mudah yakni bisa dilihat dari gerakan tubuh serta warna yang menyelimuti tubuhnya. Jenis burung yang satu ini memiliki gaya yang khas yakni burung agresif bergaya ngobra. Kecerdasannya yang cukup populer yakni kemampuannya dalam melakukan tiruan nada/suara dari burung lain.

Secara umum, burung ini memiliki tubuh dengan panjang sekitar 8-10 cm. terbiasa hidup di alam liar, terutama kawasan tropis dengan hutan yang lebat terutama dekat dengan aliran sungai.

Baca Juga: Cara Merawat Burung Anis Merah Agar Cepat Bunyi

Cara Merawat Burung Tledekan

cara merawat burung tledekan agar gacor
bukalapak.com

Setelah memutuskan untuk mengadopsi burung tledekan tentunya harus dipelihara dan dirawat sebaik mungkin. Hal ini tentunya harus dilakukan secara benar dan tepat guna meningkatkan kenyamanan dan menjaga kesehatan si burung. Adapun tata cara merawat burung tledekan yakni sebagai berikut.

1. Menjaga Kebersihan Kandang

Hal pertama yang hendaknya dilakukan yakni menjaga kebersihan kandang agar lebih terawat. Hal ini merupakan poin penting dalam proses perawatan burung tledekan. Kebersihan kandang akan menunjang tingkat kenyamanan dan kesehatan si burung. Bersihkan kotoran burung secara rutin, sehingga kandang tetap bersih terjaga.

2. Memandikannya Secara Teratur

Tidak hanya burung tledekan, setiap peliharaan lainnya pun hendaknya dimandikan secara teratur. Memandikannya hendaknya dilakukan pada pagi hari menjelang siang.

Perawatan yang teratur ini akan membantu burung bisa berkicau sampai gacor yakni berkicau di mana pun dan kapan pun. Ketika kicauannya semakin bagus dan berkualitas maka harga burung tledekan pun akan lebih mahal.

3. Menjemur di Pagi Hari

Setelah memandikan burung, selanjutnya jemurlah secara teratur. Waktu yang tepat untuk menjemurnya yakni di pagi hari, sekitar pukul 8 hingga 10 pagi. Menjemur burung dengan baik akan meningkatkan kualitas kicauan yang dimiliki burung. Selain itu, setelah penjemuran berikan air minum yang bersih.

4. Memberikan Pakan yang Tepat

Pemberian pakan pun harus diperhatikan secara tepat. Pakan yang diberikan bisa berupa Voer yang mengandung protein tinggi di dalamnya.

Selain itu, bisa juga dengan memberikan pakan tambahan berupa ulat, capung, jangkrik, ulat jerman, ulat bamboo, atau pun buah-buahan. Makanan yang digemari burung tledekan pada dasarnya makanan yang berasal dari habitat aslinya yakni hutan.

5. Mengajaknya Bermain

Perawatan lainnya yang cukup mudah dilakukan yakni mengajaknya bermain. Sang pemelihara bisa meluangkan waktunya, misalnya di sore hari dengan mengajak bermain burung, bisa dengan memberikan siulan atau pun sekedar sentuhan lembut. Hal ini dilakukan guna menghindari rasa stress yang bisa terjadi pada burung.

Artikel Terkait: Mengetahui Harga Burung Sikatan Londo di Indonesia

Harga Burung Tledekan Berdasarkan Jenisnya

ragam jenis burung tledekan
abahtani.com

Seperti yang disinggung sebelumnya, burung tledekan memiliki jenis yang beragam. Jenisnya yang variatif ini tentunya berpengaruh terhadap harga burung tledekan di pasaran. Adapun informasi terkait jenis disertai harga burung jenis tledekan yakni sebagai berikut.

1. Tledekan Gunung

gambar burung tledekan gunung
youtube.com

Jenis pertama yakni burung tledekan gunung atau sebutan lainnya sikatan cacing. Spesies yang satu ini dapat ditemukan di kawasan pulau Jawa dan  Kalimantan. Memiliki karakteristik yang khas dan mudah untuk dikenali.

Memiliki kicauan suara yang begitu mendayu dan warna tubuhnya yang mencolok. Untuk mengenalinya bisa dimulai dengan mengenali apakah berjenis kelamin jantan atau betina

Burung jantan biasanya memiliki paduan beberapa warna. Warna biru biasanya menyelimuti bagian tubuh yang atas dan warna hitamnya biasanya berada di area mata, kekang, pipi bagian depan serta bagian dagu, ada juga warna putih di bagian perutnya, dan bagian tenggorokan, pinggir tubuh serta dada berwarna jingga.

Adapun untuk mengenal jenis burung betina bisa dilihat bagian punggung hingga ekornya yang memiliki warna kuning keabu-abuan. Harga burung tledekan gunung ada dua macam yakni jika tledekan anakan biasanya dipatok dengan harga sekitar Rp50.000,- dan tledekan dewasa perkiraan harganya yakni Rp200.000,-

2. Tledekan Bakau

harga burung tledekan bakau
youtube.com

Selanjutnya, ada jenis burung teldekan baku yang memiliki sebutan lain yakni sikatan gunung Kalimantan. Burung tledekan yang satu ini dapat ditemukan di kawasan Sulawesi, Karimunjawa, atau pun Sumatera. Untuk membedakannya memang cukup rumit, karena sekilas akan terlihat sama dengan tledekan gunung.

Dari segi penampilan, tledekan bakau ini hamper mirip tledekan gunung, hanya saja terdapat perbedaan warna pada beberapa bagian tubuhnya. Sama halnya dengan tledekan gunung, jenis bakau pun bisa dibedakan dari jenis kelamin jantan dan betina.

Burung betina biasanya memiliki warna yang pucat dan bagian paruh atas menyerupai huruf V dan terdapat warna kekuning-kuningan pada area dagu.

Adapun terkait harga burung tledekan bakau menyesuaikan dengan jenis dan usianya. Untuk jenis tledekan bakau anakan ditarif dengan harga sekitar Rp50.000,- dan tledekan bakau gacor dipatok dengan harga sekitar Rp300.000,-.

3. Tledekan Kembang

gambar burung tledekan kembang
youtube.com

Jenis lainnya yakni burung tledekan kembang yang memiliki nama latin Ficedula Mugimaki. Untuk tledekan jenis kembang ini cukup kontroversi, karena ada bagi sebagian tledekan kembang tidak termasuk ke dalam jenis burung tledekan karena bukan dari genus Cyornis.

Namun, warnanya yang cantik bagaikan bunga dengan warna hitam gelapnya yang khas menyelimuti tubuhnya menjadikan burung ini disebut-sebut sebagai tledekan kembang.

Karakteristik yang dimilikinya begitu khas yakni termasuk ke dalam burung kecil yang memiliki paruh dan ekor cukup pendek.

Meskipun, tubuhnya didominasi warna hitam, ada sebagian tubuhnya yakni bagian sayap memiliki warna putih. Tampilannya yang begitu imut dan menawan kerap memikat hati para penggemar burung.

Sam halnya dengan jenis tledekan lainnya,  harga burung jenis tledekan kembang disesuaikan dengan jenis dan usia si burung. Semakin bagus kualitas burung, maka harganya pun akan semakin tinggi. Secara umum, harga tledekan kembang sekitar Rp250.000,-

4. Tledekan Selendang Biru

harga burung tledekan selendang biru
youtube.com

Burung tledekan lainnya ada jenis selendang biru yang memiliki dua macam yakni ninon dan biru muda. Burung jenis ini tersebar di kawasan pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera.

Dinamakan selendang biru karena warna tubuhnya didominasi warna biru, terutama bagian atasnya. Jenis tledekan yang satu ini cukup banyak penggemarnya, mungkin karena tampilannya yang begitu memesona.

Ada perbedaan antara selendang biru jenis jantan dan betina yakni untuk jenis jantan biasanya memiliki warna yang lebih terang, terutama pada bagian punggungnya dan warna biru cerah pada bagian tenggorokan.

Adapun tledekan selendang biru jenis betina memiliki tubuh bagian atas  berwarna coklat keabu-abuan dan bagian ekor dengan warna coklat yang kemerah-merahan. Selain itu, bagian lingkar matanya biasanya terdapat warna kuning agak coklat.

Terkait harga burung jenis tledekan selendang biru biasanya menyesuaikan dengan kualitas burung tersebut. Semakin bagus kicauan suaranya harganya pun semakin tinggi. Patokan harga tledekan selendang biru berkisar Rp50.000,- hingga Rp300.000,-.

5. Tledekan Laut

harga burung tledekan laut

Jenis burung tledekan lainnya yang tidak kalah menarik yakni tledekan laut. Burung tledekan yang satu ini disebut sebagai sulingan laut karena warna biru putihnya yang khas menyelimuti tubuhnya. Tersebar di kawasan Karimunjawa, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi. Tledekan laut memiliki suara kicauan yang begitu merdu dan kencang.

Tubuh burung jenis jantan biasanya memiliki warna biru dengan bagian bawah dada, perut hingga ekornya berwarna putih.

Adapun jenis betina, memiliki tubuh bagian atas dengan warna coklat berpadu abu, dengan bagian tenggorokan dan perutnya berwarna putih. Adapun patokan harga untuk jenis tledekan laut yakni berkisar antara Rp50.000,- hingga Rp150.000,-.

Waktu Penting Beternak Burung Tledekan

cara budidaya burung tledekan
flickriver.com

Burung kicau adalah salah satu favorit bagi pecinta burung yang ada di Indonesia ataupun dunia. Kicauan burung bisa memberikan sensasi relaksasi ketika didengar apalagi saat pagi atau sore hari sambil menikmati kopi.

Salah satu burung kicau favorit adalah burung tledekan, si kecil bersuara nyaring ini. Penasaran bagaimana makanan burung tledekan dan cara merawatnya?

Burung kicauan tledekan tidak sepopuler dulu lagi karena memang sudah banyak jenis burung baru yang masuk. Tetapi burung ini akan selalu memiliki penggemarnya sendiri yang tidak akan pernah lekang oleh waktu.

Jika tertarik memelihara burung ini baiknya tidak perlu khawatir karena memang mudah beradaptasi. Tledekan juga bisa diatur agar jinak lebih mudah dari burung lain.

Burung berukuran kecil ini bisa hidup dan dengan kicauan yang optimal hingga di umur 7 tahun. Adapun jika tertarik untuk memelihara dan mengembangbiakkan burung ini, ada beberapa waktu yang harus dipahami.

Burung tledekan biasanya mulai dirawat sendiri sejak telah melewati 6 – 12 hari dalam kandang. Perawatan dilakukan dengan bohlam 5 watt dan pemberian pakan.

Perawatan anakan ini bertujuan agar indukan bisa mulai bertelur lagi dan anakan bisa tumbuh maksimal. Makanan burung tledekan anakan ini berupa campuran voer dan kroto dengan air hangat secukupnya.

Umur 15 hari adalah waktu yang tepat untuk memasang ring pengenal di bagian kaki. Burung sudah bisa makan sendiri di usia 20 – 25 hari yang berarti sudah siap dipasarkan.

Makanan Burung Tledekan Dewasa

makanan burung tledekan
fotoburungkicau.com

Burung tledekan tergolong burung yang biasa memakan berbagai jenis serangga atau bisa juga pelet. Pemberian pakan burung tledekan yang benar bertujuan untuk menjaga kesehatan burung serta membuatnya lebih gacor lagi. Beberapa pakan yang biasa diberikan pada burung ini adalah:

1. Jangkrik dan Belalang

Pemberian pakan untuk tledekan dapat berupa jangkrik dan belalang yang merupakan ekstra food saja. Pakan jangkrik dengan dosis yang tepat berfungsi untuk meningkatkan birahi agar burung bisa aktif berkicau. Belalang juga bisa diberikan karena efek yang dihasilkan akan serupa dengan pakan jangkrik.

2. Berbagai Jenis Ulat

Makanan favorit burung tledekan adalah berbagai jenis ulat mulai dari ulat hongkong hingga ulat buah. Protein yang tinggi dari ulat bisa membuat burung mengalami over birahi sehingga mengganggu performa. Pemberian ulat ini harus dalam kontrol yang baik. Misalnya untuk ulat hongkong cukup satu ekor per hari secara rutin.

3. Buah

Burung tledekan tidak hanya mau memakan serangga saja tetapi juga buah-buahan. Pemberian buah ini bertujuan agar burung ini mendapatkan gizi seimbang, tidak hanya protein saja. Pakan buah dapat berupa apel, semangka, pepaya, dan buah lain yang mudah ditemui di pasaran.

4. Cacing dan Kelabang

Burung kecil ini juga senang memangsa cacing dan kelabang yang juga memiliki kandungan protein tinggi loh. Cacing yang diberikan bisa berupa cacing gelang ataupun cacing tanah sesuai dengan yang mudah ditemui. Untuk kelabang biasa digunakan untuk mendorong kembali performa burung yang menurun.

5. Voer

Pakan burung tledekan sebenarnya memerlukan kombinasi yang rumit dengan takaran yang pas. Kesulitan itu bisa diatasi dengan menggunakan voer untuk pakan yang sudah diatur sedemikian rupa agar sesuai kebutuhan. Pakan jenis ini biasanya sudah dipertimbangkan agar memiliki kandungan protein tinggi sekitar 30%.

Itu dia beberapa jenis makanan burung tledekan yang biasa diberikan oleh pecinta burung ini. Perhatikan benar konsumsi burung tledekan kecil ini agar tidak terjadi kesalahan yang bisa mengganggu kicauan burung.

Demikianlah ulasan singkat terkait harga burung tledekan dan info terkait. Informasi di atas semoga bermanfaat dan menjadi wawasan bagi para penggemar kicauan burung. Setiap penetapan harga, disesuaikan dengan jenis burung, kualitas kicauan burung serta usia burung, apakah anakan atau dewasa.

Harga Burung Tledekan

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.