Info Lengkap Harga Cucak Rante Terbaru

Harga Cucak Rante – Para penggemar kicauan burung, Cucak Rante merupakan salah satu alternatif terbaik diantara burung berkicau. Cucak rente dapat menirukan beberapa bunyi burung lain.

Burung ini sering disebut juga burung cucak ranting atau cucak daun. Dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan Blue – winged leafbird, burung cucak rante ini merupakan kerabat dekat burung cucak ijo. Apa lagi harga cucak rante ini berkisar ratusan ribu rupiah saja.

Burung Cucak Rante termasuk pada jenis burung yang mempunyai harga cukup mahal dipasaran, burung ini banyak hidup di hutan.

Lebih menyukai  berada di atas pohon besar dan sering bercampur dengan burung lainnya yang memiliki jenis berbeda. Penyebaran yang meluas untuk jenis burung ini mulai dari India, Tiongkok, Asia Tenggara khususnya semenanjung melaya. Pulau Sumatera dan pulau – pulau sekitarnya hingga Kalimantan dan Pulau Jawa.

Selain suaranya yang merdu, burung ini juga memiliki keindahan warna  yaitu hijau, biru dan bagian muka yang berwarna hitam. Sepintas jika kita tidak memperhatikan dengan seksama burung ini mirip sekali dengan burung cucak ijo walaupun berbeda ukuran badannya yang besar.

Ciri – Ciri Burung Cucak Rante

Daftar Harga Burung Cucak Rante Emas
mediaronggolawe.id

Biasanya burung cucak rante mempunyai badan yang terlihat besar, akan terlihat sangar ketika kita melihatnya. Paruh yang lancip dan kecil berwarna hitam, kaki yang kecil dan kuku yang pendek serta sayap yang panjang dan lebar.

Menjadi salah satu faktor burung cucak rante dapat terbang dengan licahnya. Bulu berwarna orange pada dahinya, serta paha dan kakinya berwarna abu – abu agak kebiruan.

Burung cucak rante jantan dan betina memiliki perbedaan yang sangat tipis. Cucak rante jantan memiliki warna hitam dibagian dagu yang melingkar ke leher dan pipi.

Sedangkan pada burung cucak rante betina memiliki warna biru pada pipinya. Walaupun secara keseluruhan bagian lainnya memiliki warna yang sama dengan cucak rante jantan.

Burung cucak rante memiliki warna cokelat gelap. Jika dilihat dari mata burung cucak rante terdapat perbedaan antara jantan dan betina. Warna kuning pada bagian atas mata biasanya dimiliki burung cucak rante jantan.

Cara Merawat Burung Cucak Rante

Harga Cucak Rante Isian
busy.org

Burung yang hidupnya sendirian atau berpasangan atau dalam kelompok kecil, mempunyai makanan utama serangga, laba – laba, buah – buahan lunak, ulat serta biji – bijian. Lebih senang tinggal di pohon besar namun tak jarang juga sering ditemui mencari makan di semak – semak belukar.

Burung cucak rante memiliki kepiawaian dalam membuat sangkarnya. Sering dijumpai sarang burung ini berbentuk cawan yang disusun dengan indahnya dari bahan – bahan yang halus sekilas seperti bercampur dengan sarang laba – laba.

Ketika memasuki masa bertelur, burung cucak rante betina akan bertelur sekitar 2 – 3 butir telur dengan tekstur kulit telur berwarna putih bintik hitam.

Banyak penggemar burung kicau mulai beternak jenis burung cucak rante, dalam pemeliharaannya. Menurut para penggemar burung kicau bahwa berternak burung cucak rante tidak terlalu jauh berbeda dengan berternak burung berkicau lainnya seperti cucak hijau dan  cucak cungkwo.

Untuk menghasilkan kicauan burung yang merdu pada dasarnya tahap awal pemilihan jenis kelamin burung sangat harus diperhatikan.

Hal ini disebabkan untuk jenis burung cucak rante jantan adalah burung yang lebih merdu suaranya dan rajin mengeluarkan kicauannya. Ketika hari sedang cerah maka sebaiknya burung dimandikan setiap pagi, lebih baik dilakukan dengan cara disemprotkan dengan menggunakan sprayer.

Faktor yang Mempengaruhi Harga dari Burung Cucak Rante

Harga Burung Cucak Rante Gacor
omkicau.com

Faktor yang mempengaruhi nilai jual burung Cucak Rante selain nilai suara yang merdu dan dapat menirukan suara jenis burung lain. Lalu faktor lainnya adalah usia burung cucak rante dan jenis kelamin juga mempengaruhi nilai jual pada burung ini.

Burung Cucak Rante jantan lebih mendominasi merdunya suara yang dimiliki burung Cucak Rante dewasa. Tidaklah mengherankan jika harga cucak rante jantan dewasa lebih mahal dibandingkan betina.

Para penggemar burung akan sangat menyukai burung Cucak Rante yang sudah dewasa karena suara merdu yang sudah bisa didengar.

Berbeda jika burung tersebut masih anakan atau masih kecil akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mendapatkan suara yang merdu. Serta di yakini bahwa semakin dewasa burung cucak rante maka akan semakin merdu kicauan yang diperdengarkan. Hal inilah yang menjadi alasan juga kenapa usia burung sangat berpengaruh.

Baca Juga: Harga Burung Cucak Rowo yang Semakin Menggiurkan

Perkiraan Harga Cucak Rante

Harga Cucak Rante Burja
hewanpeliharaan.org

Harga burung Cucak sampai saat ini masih dapat dikatakan stabil, walaupun terkadang memiliki perbedaan harga di beberapa daerah atau tempat penjualan burung cucak rante.

Namun perbedaan tersebut tidak begitu mencolok walaupun terkadang harga burung ini dapat berubah ubah setiap saat. Disesuaikan dengan situasi dan didasari oleh kesepakatan penjual pada area pasar tersebut.

Masing-masing dari  jenis cucak rante memiliki spesifikasi harga yang bervariasi, harga tersebut berkisaran mulai dari Rp200.000,- sampai Rp800.000,-. Berikut di bawah ini akan dijelaskan jenis beserta harga cucak rante :

1. Cucak Rante Isian

Cucak rante isian memeiliki ciri-ciri yang sama dengan cucak rante biasanya namun ada sedikit perbedaan pada warna bulunya, cucak rante isian juga didominasi dengan warna hijau pada sekujur tubuhnya.

Pada bagian kepala memiliki warna hijau kekuningan. Warna hitam didaerah wajah dan warna biru pada bagian sayapnya yang tertimpa sedikit bulu berwarna hijau, harga cucak rante ini berkisar Rp750.000,-.

2. Cucak Rante Trotol Super

Salah satu jenis cucak rante yang cukup digemari oleh para kolektor burung, cucak rante trotol super ini memiliki ciri-ciri yang cukup khas dimana warna dari tubuhnya didominasi oleh warna hijau.

Seperti warna cucak rante pada umumnya, cucak rante trotol memiliki warna bulu hijau kekuning-kuningan pada seluruh tubuhnya. Warna hitam didaerah mata dan sedikit warna biru pada bagian sayap, harga dari cucak rante ini berkisar Rp500.000,-.

3. Cucak Rante Burja

Warna dari cucak rante burja ini sama dengan cucak rante lainnya, memiliki warna hijau kekuningan di sekujur tubuhnya. Warna hitam didaerah mata , warna biru di bagian sayap juga mempunyai warna hitam pada bagian paruh juga kakinya.

Cucak rante burja ini memiliki harga yang cukup tinggi tetapi lebih rendah dibanding dengan harga cucak rante isian dan trotol super.  harga cucak rante ini kisaran mencapai Rp400.000,-.

4. Cucak Rante Gacor

Cucak rante gacor memiliki warna hijau diseluruh tubuhnya dan memiliki warna kuning dibagian kepalanya. Burung ini juga memiliki warna hitam dibagian wajah, paruh dan kakinya. Memiliki warna biru bercampur hijau dibagian sayap dan ekor yang berwarna biru. Harga cucak rante ini berkisar Rp300.000,-.

5. Cucak Rante Emas

Burung cucak rante emas ini memiliki tampilan yang sangat indah dan berbeda dari jenis cucak rante lainnya. Pada cucak rante emas terdapat bulu berwarna hijau disekujur tubuhnya bahkan ekornya pun berwarna hijau.

Memiliki warna biru di bagian wajah, bagian mata berwarna coklat hitam. Lalu memiliki warna paruh yang hitam dan kaki berwarna kuning berkuku tajam. Harga cucak rante ini dibandrol kisaran Rp225.000,-.

Sebagai catatan burung Cucak Rante yang memiliki kicauan atau suara yang merdu biasanya akan mempunyai harga jual yang lebih mahal dari harga yang tertera. Tergantung negosiasi jual beli antara penjual dan pembeli pada saat itu.

Banyak burung cucak rante dijual di pasaran walaupun peminatnya masih kurang begitu melambung tinggi seperti burung kicau lainnya. Hal ini juga dipengaruhi oleh masih sangat sedikitnya kontes kicauan burung untuk jenis burung cucak rante.

Namun suaranya kicauannya yang merdu dan dapat menirukan suara kicauan jenis burung lain dan tampilan fisik yang besar dan indah. Serta perawatan yang tidak terlalu sulit bahkan terkesan hampir sama dengan perawatan  jenis burung kicau lainnya menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar burung kicau. Untuk memelihara atau berternak burung cucak rante. Demikian artikel tentang  harga cucak rante semoga bermanfaat.

Harga Cucak Rante

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.