Harga Kandang Kucing

106 View

HARGA KANDANG KUCING – Memelihara kucing sudah menjadi kegemaran bagi beberapa orang. Itulah sebabnya banyak yang rela merogoh budgetnya untuk membeli hewan peliharaan.

Seperti kucing misalnya, kucing menjadi primadona karena paling banyak dipelihara. Nah, memelihara kucing tentunya seseorang juga membutuhkan kandangnya bukan? Dalam artikel ini akan dibahas harga kandang kucing berbagai tipe.

Tentunya kandang kucing tersedia dalam dua type, ada yang disiapkan untuk disimpan dirumah dan juga yang travel size. Untuk kandang yang untuk di rumah pastinya akan lebih besar, berbeda dengan kandang travel size.

Ini disebabkan kandang di rumah akan multifungsi. Bukan hanya untuk tempat tidur, tetapi juga tempat kucing makan, bermain, bahkan membuang kotorannya. Oleh sebab itu, kandang kucing harus senyaman mungkin.

Sedangkan kandang kucing travel size ukurannya pasti lebih kecil karena memang dirancang agar mudah dibawa kemana-mana. Kandang ini disebut juga dengan pet carrier.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih kandang kucing travel size ini, diantaranya adalah terbuat dari bahan yang kuat namun tetap nyaman, sirkulasi udara baik, serta memudahkan pemilik untuk mengecek kucingnya di dalam.

Jadi jangan heran kalau harga kandang kucing yang bagus dan berkualitas akan sebanding dengan harganya.

Meskipun ada orang yang tidak membutuhkan kandang untuk menyimpan kucingnya, tetapi akan ada suatu waktu di mana seseorang itu akan membutuhkannya.

Memang ada beberapa orang yang membebaskan kucing berkeliaran di dalam rumah dan tidur di mana saja. Hal itu tidak serta merta akan berlanjut, akan ada keadaan di mana ia harus membawa kucingnya dan kandang pasti dibutuhkan.

Pentingnya Kandang Untuk Hewan Peliharaan

Pentingnya Kandang Kucing
manfaat kucing di dalam kandang – hewany.com

Kandang bagi hewan peliharaan sangatlah penting. Sama seperti ketika orang membeli mobil tapi tak punya garasi, itu tidaklah lengkap. Kandang berfungsi sebagai tempat hewan peliharaan untuk beristirahat dan juga makan. Jadi, tempat makan tidurnya menjadi jelas dan tidak membuat rumah menjadi berantakan dan dipenuhi kotoran.

Kandang juga berfungsi agar hewan peliharaan terhindar  ancaman dari luar seperti hujan, atau benda-benda tajam lainnya yang dapat mengancam keselamatan hewan peliharaan.

BACA JUGA:  Inilah Cara Menjinakan Kucing yang Terbukti Ampuh dan Efektif

Dengan adanya kandang, hewan peliharaan seperti kucing menjadi lebih tertib dan rapi. Menyiapkan kandang yang nyaman bagi hewan peliharaan adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan.

Selain itu kandang juga penting untuk memastikan hewan peliharaan tetap aman dan hangat. Memang dalam rumah juga aman, tetapi dengan menggunakan kandang, kucing menjadi lebih hangat dan lebih safety.

Kandang yang dikelilingi dinding dan sekat-sekat akan menjaga kucing agar tetap hangat, sehingga hewan peliharaan tidak akan mudah sakit.

Tips Memilih Kandang Kucing

Tips Memilih Kandang Kucing
ukuran kandang kucing – youtube.com

Jika ingin membeli kandang, selain harga yang jadi pertimbangan sebaiknya juga tahu bagaimana kandang yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Melihat pentingnya peran kandang bagi kucing, maka saat membelinya tidak boleh asal-asalan. Nah, dibawah ini ada beberapa tips memilih kandang kucing yang baik:

Artikel Lain: Kiat Memilih Vitamin Kucing Agar Anabul Tetap Sehat

1. Pilih Bahan yang Tidak Berbahaya

Kandang yang berkualitas biasanya terbuat dari bahan yang tak mudah berkarat, ringan dan juga kuat. Jadi sebaiknya pilihlah kandang yang berkualitas baik dan tidak berbahaya bagi kucing.

Pastikan bahan kandang yang digunakan tidak mencuat ada ada paku yang muncul karena berbahaya dapat melukai kucing. Selain itu, jangan pilih bahan yang menyilaukan kucing saat di dalamnya. Kalau kandang akan ditaruh di luar, hindari pula bahan-bahan yang tidak menimbulkan hawa panas.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hal selanjutnya yang juga harus diperhatikan adalah pilihlah kandang sesuai kebutuhan. Maksudnya, pilih kandang sesuai dengan jenis kucing yang dipelihara, sesuaikan jenis kucing dengan kandang yang akan dipilih. Kandang untuk hewan peliharaan tentu berbeda dengan kucing yang akan diternakkan.

Contoh kucing yang membutuhkan desain kandang khusus adalah kucing anggora. Kucing ini membutuhkan kandang yang sangat luas karena ia suka bermain dan berlari ke sana-kemari. Belum lagi bulunya yang indah harus betul-betul dirawat sehingga di dalam kandang harus ada pasir zeolite yang rutin diganti setiap tiga hari sekali.

Sedangkan jika ingin beternak, ukuran kandang harus sangat besar dan sebaiknya terpisah dari rumah si pemilik. Kalau bisa ukurannya 4×6 meter persegi atau setara dengan satu ruangan kecil sehingga harga kandang kucing ini tidak bisa disamakan dengan kandang kucing pada umumnya.

Adapun isinya maksimal hanya 12 ekor. Namun kalau ingin beternak kucing perlu mempertimbangkan kondisi populasi kucing di Indonesia saat ini. Di Jakarta saja tercatat 29.504 ekor kucing di tahun 2018.

Data dari DKPKP tersebut menunjukkan jumlah kucing terus bertambah tapi tidak sebanding dengan jumlah orang yang memeliharanya.

3. Kandang Mudah untuk Dibersihkan

Sebelum memutuskan mau membeli kandang yang seperti apa, pastikan kandang tersebut mudah untuk dibersihkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan membersihkan kotoran yang ada di dalamnya, sehingga kandang akan selalu bersih dan kesehatan kucing pun terjaga.

BACA JUGA:  Cara Mengobati Luka Pada Kucing

Beberapa bahan ada yang sulit untuk dibersihkan. Hal ini tentunya akan menyulitkan si pemilik kucing. Jika kandang jarang dibersihkan atau tidak bersih maksimal, maka kucing tidak akan hidup sehat.

Kucing akan terkena penyakit yang juga membahayakan manusia sekitarnya. Harga kandang kucing yang cukup tinggi biasanya terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas.

4. Pilih Kandang dengan Alas yang Nyaman

Mengutamakan kenyamanan hewan peliharaan juga sangatlah penting. Hal ini dilakukan agar kucing tidak stress dan tidak merasa terancam. Pilihlah alas dengan celah-celah yang kecil agar kucing tidak terperosok nantinya dan untuk membuat nyaman agar kucing merasa betah dalam kandang.

Beberapa pemilik kucing merekomendasikan alas terbuat dari bahan plastik. Alas tersebut dinilai aman karena tidak cepat karatan dan empuk ketika diinjak.

Selain itu, bahan plastik tidak akan menimbulkan hawa panas sehingga aman dan nyaman untuk kucing. Satu lagi, dilihat dari ketahanannya, bahan plastik yang tebal lebih awet karena tidak beresiko karatan, mencuat, dan lebih mudah dibersihkan.

Cara Perawatan Kandang Kucing yang Benar

cara merawat kandang kucing yang benar
youtube.com

Saat kucing berada di dalam rumah, maka kebersihannya harus sangat diperhatikan, apalagi ada seorang ibu hamil di rumah tersebut.

Sebab penyakit yang rentan ditularkan adalah toksoplasma, yaitu parasit dari hewan yang terinfeksi. Masuknya parasit bisa melalui makanan atau hewan lain yang ada di sekitar kucing. Selain memberikan vaksin pada kucing, lakukan beberapa hal berikut untuk kandangnya:

Artikel Lain: Cara Merawat Bayi Kucing

1. Rajin Mengganti Pasir

Pasir di dalam kandang kucing bukan hanya berfungsi sebagai alas, tetapi juga penampung kotoran. Kalau pasir tidak rajin diganti, maka kotoran akan menempel pada bulu-bulu kucing.

Apalagi kalau setelah kucing buang air besar, maka kotoran dan bagian pasir yang menempel harus langsung dibuang. Kalau ditunda kotoran yang menempel tadi akan berpindah ke tempat lain dan tubuh manusia saat kucing keluar kandang atau dipangku.

2. Perhatikan Sirkulasi Udara dan Sterilkan Kandang

Kesehatan kandang kucing juga dilihat dari sirkulasi udaranya. Kandang kucing yang baik memiliki sirkulasi udara yang lancar sehingga di dalam kandang tidak pengap.

Bagian dalam kandang yang pengap dan lembab menjadi tempat berkembang biaknya penyakit. Kalau perlu, secara berkala semprot bagian dalam kucing dengan desinfektan dan air mengalir.

3. Perhatikan Makanan Kucing

Makanan kucing bisa menjadi sumber utama penularan penyakit. Kalau kucing dirawat di dalam rumah dan berinteraksi dengan anggota keluarga, jangan biarkan kucing makan makanan sembarangan, terlebih tikus liar.

Tikus dipercaya hewan penular dari berbagai macam penyakit. Adapun makanan yang terlihat sudah rusak harus segera diganti. Maka dari itu, berikan makanan kepada kucing secukupnya.

Harga Kandang Kucing

Harga Kandang Kucing Terbaru
harga kandang kucing box – hewany.com

Setelah mengetahui penting kandang bagi hewan peliharaan dan juga tips memilih kandang yang baik, sekarang mari simak harga kandang kucing dijamin harga paling update :

BACA JUGA:  Kenali Penyakit Kulit Pada Kucing

1. NDPets- Kandang Kucing- KelinciD02 Roda-Biru

Kandang kucing yang pertama adalah Kandang kucing yang juga bisa digunakan untuk kandang kelinci. Kandang kucing-kelinci D02 dihargai senilai Rp370.000. Dengan mengeluarkan uang tiga ratus lebih tersebut, seseorang bisa membawa pulang kandang kucing-kelinci Roda-Biru ini.

2. NDPets Kandang Burung/Kucing Kitten Smart 2

Harga kandang kucing yang kedua dengan type kandang kucing-burung smart 2. Kandang ini bisa digunakan untuk peliharaan kucing dan juga burung. Harga yang ditawarkan untuk bisa membawa pulang kandang dengan type kitten smart 2 warna hitam  adalah seharga Rp215.000.

3. NDPets Kandang Kucing D03- Biru

Untuk kandang kucing D03 warna biru sendiri bisa didapatkan dengan mengeluarkan uang sebesar Rp480.000. Harganya memang agak sedikit lebih mahal dengan kedua kandang diatas, karena bahan yang digunakan juga lebih bagus dan kuat.

4. Kandang Kucing Atau Anjing Besi Lipat Besar Boom

Tipe kandang selanjutnya adalah yang berbahan besi dan dapat dilipat, harga untuk kandang ini sendiri adalah  Rp245.000. Kandang ini selain bisa untuk kucing juga bisa digunakan untuk menyimpan hewan peliharaan lain seperti anjing.

5. NDPets-Kandang Kucing/Kelinci D02

NdPets kandang kucing atau kelinci D02 dengan varian warna Hijau  dibanderol dengan harga sekitar Rp285.000. Sama seperti beberapa jenis kandang lai, kandang ini juga tak hanya bisa digunakan untuk kucing saja, tetapi juga bisa digunakan untuk kelinci dan juga anjing yang berukuran kecil.

6. Kandang Kucing Beso K014M

Harga kandang kucing selanjutnya adalah type K014M, harga untuk bisa mendapatkan kandang ini adalah senilai Rp595.000. Dengan mengeluarkan uang tersebut, seseorang sudah bisa mendapatkan kandang dengan  ukuran 91,5×58,5 cm.

7. NDPets Kandang Kucing Tingkat Sweet Hitam

NdPets kandang kucing selanjutnya adalah type tingkat sweet dengan varian warna hitam. Uang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan kandang ini adalah senilai Rp480.000. Harga ini sama dengan kandang tipe D03 warna biru.

8. NdPets Tatakan Kandang Kucing/Kelinci

Kandang dengan ukuran 75×50 cm yang bisa digunakan untuk hewan peliharaan seperti kucing dan kelinci bisa didapatkan dengan harga lebih murah. Adapun uang yang harus dikeluarkan adalah senilai  Rp150.000.

9. NdPets Kandang Burung-Kucing Kitten Smart 3

Jika diatas ada kandang kucing kitten smart 2, nah ini adalah tipe kandang yang sama tapi lebih tinggi lagi tingkatannya. Harga yang harus dibayar untuk mendapatkan kandang burung-kucing kitten smart 3 varian ungu adalah senilai Rp260.000.

10. Kandang Kucing Cargo Medium

Harga kandang kucing yang selanjutnya adalah Rp205.000. Dengan harga tersebut kucing peliharaan sudah bisa mendapatkan kandang cargo medium dengan ukuran 55×36 cm. harganya cukup terjangkau jika dibandingkan dengan harga-harga kandang yang lain diatas.

11. NdPets Kandang Kucing Tingkat Sweet Ungu

Untuk kandang kucing tingkat sweet varian ungu sendiri sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kandang tingkat sweet hitam yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk bisa mendapatkan kandang ini seseorang harus membayar senilai Rp500.000.

Apapun jenis kandang yang dipakai, hal utama yang harus selalu diperhatikan adalah kebersihan kandangnya. Kandang yang bersih akan membuat kualitas kesehatan kucing juga menjadi baik. Jadi bukan hanya makan dan vaksinasinya saja yang penting, kebersihan kandang juga harus mendapat perhatian lebih.

Itulah tadi beberapa tips dan alasan pentingnya kandang bagi hewan peliharaan. Jadi bagaimana? Sudah dapat harga kandang kucing yang cocok dikantong dan nyaman untuk kucing kesayangan? Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang sedang ingin membeli kandang kucing ya.

HARGA KANDANG KUCING

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.