Ragam Harga Kenari F1 Serta Cara Merawatnya

Harga Kenari F1 – Mulanya masih sedikit orang yang menyadari bahwa harga Kenari F1 tidak sama dengan jenis lainnya. Hal tersebut dikarenakan spesiesnya bisa dibilang langka, serta kualitas kicauannya merdu tak tertandingi. Sehingga sangat perlu kiranya bagi siapa pun mengetahui berbagai faktornya.

Mengetahui Ciri-Ciri Burung Kenari F1

gambar burung kenari f1
youtube.com

Akhir-akhir ini jenis burung Kenari F1 sukses menjadi primadona di kalangan komunitas Kicau Mania. Seperti Kenari pada umumnya yang khas dengan kicauannya, Kenari F1 mampu menghadirkan bunyi-bunyian sangat merdu.

Meski demikian sejauh ini masih banyak orang awam kurang memahami perbedaan Kenari F1 dengan jenis lainnya. Sehingga, sebelum membeli atau memilih harus terlebih dahulu mengetahui ciri-ciri burung Kenari F1 agar tidak salah paham, berikut diantaranya:

1. Memiliki Pundak dengan Ukuran Lumayan Besar

Kenari F1 yang berkualitas bagus ciri-cirinya yaitu memiliki tubuh kecil dengan pundak tidak terlalu lebar serta lumayan besar. Bagian dadanya juga nampak datar atau tak terlalu bidang, hal tersebut menjadi pemicu nyaring tidaknya kicauannya.

Cara paling mudah membedakan antara Kenari F1 dengan yang biasa adalah dengan melihat besar pundak dan seberapa bidang dadanya. Mungkin, bagi kalangan awam hal tersebut tidaklah penting, namun faktanya itu mempengaruhi harga burung Kenari F1.

2. Mudah Beradaptasi di Lingkungan Baru

Apabila baru membeli seekor burung Kenari F1, maka pastikan hewan tersebut mampu dijinakkan dalam kurun waktu paling lama 1 minggu. Jika melebihi batas tersebut, dapat dipastikan bukan termasuk Kenari F1 asli, melainkan hasil perkawinan campuran.

Baik Kenari biasanya maupun F1 memiliki kepribadian yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Hanya saja letak perbedaannya Kenari F1 cenderung lebih cepat menyesuaikan diri pada tuan barunya.

3. Memiliki Kaki yang Tinggi

Ciri-Ciri mengetahui Kenari F1 dengan lokal selanjutnya adalah terletak pada ukuran kakinya. Kenari F1 cenderung memiliki kaki yang tinggi, hal tersebut menandakan bahwa kehadirannya berasal dari persilangan.

Kaki tinggi yang dimiliki Kenari F1 membuat hewan tersebut sangat lincah dan gemar terbang ke sana-sini. Bahkan tidak jarang unggas berkelas avies itu bergelantungan di jeruji sangkar atau dahan buatan yang disediakan oleh tuannya.

4. Kenari F1 Tidak Mudah Stress

Spesies hewan kelas Aves berjenis Kenari F1 ini begitu banyak diminati oleh sekelompok pecinta burung. Jika jenis burung lain cenderung mudah stres apabila merasakan sedikit goncangan maupun ancaman.

Burung Kenari F1 yang tidak mudah stress tentu saja membuat jangka hidupnya jauh lebih panjang, dalam artian tidak mudah mati. Sehingga siapa saja yang memilikinya dapat memelihara lebih dari satu untuk diternakkan.

5. Bentuk Badan Jauh Lebih Besar

Hal paling mudah yang dijadikan patokan untuk membedakan jenis Kenari lokal dengan F1 yakni dapat dilihat dari bentuk badannya. Kenari F1 cenderung memiliki postur dan perawakan besar serta tegap, sehingga jauh terlihat gagah.

Baca Juga: Inilah Harga Burung Falk Saat Ini

Selain postur tubuh yang besar, seekor Kenari F1 juga lebih panjang. Hal tersebut kemudian menjadi pemicu salah satu penyebab mahalnya harga burung Kenari F1. Belum lagi jika warna bulunya indah menawan dan terawat.

6. Mudah Menghasilkan Keturunan

Tidak banyak orang mengetahui bahwa Kenari F1 merupakan wujud dari hasil persilangan rekayasa genetik. Lebih tepatnya terjadi pembuahan antara Kenari F1 ys jangan dengan F1 ys betina. Sehingga terbentuklah Kenari F1.

Mengingat harga burung Kenari F1 sangat mahal, maka sebagian kalangan mulai menuai bisnis dengan membuka peternakannya. Waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan keturunan dari Kenari F1 juga sangat cepat. Hal itu disebabkan karena jenis Kenari F1 sangat mudah berkembang biak.

Harga Burung Kenari F1 Serta Penjelasannya

daftar harga burung kenari f1
youtube.com

Hal terpenting sebelum menuju ke pasar burung adalah terlebih dahulu mengetahui harga Kenari F1. Pasalnya, ada banyak jenis serta beragam pula nominalnya, jangan sampai membawa uang pas-pasan jika tidak ingin kecewa nantinya. Berikut daftar harga beserta penjelasannya:

1. Kenari YS F1 F2 F3 Af

berbagai macam jenis burung kenari f1
duniakicau.wordpress.com

Jenis burung Kenari ini rata-rata dijual dengan harga yang sama yakni sekitar Rp266.000 sampai Rp300.000 per ekornya. Tingginya nominal tersebut disebabkan karena sulitnya menyilangkan antara Kenari satu dengan lainnya.

2. Kenari F1 Anakan

harga kenari f1 anakan
warungkenari.blogspot.com

Semakin kecil membeli seekor burung maka harga yang ditawakan cenderung mahal, sama halnya dengan harga Kenari F1 anakan ini. Per ekor usia 1 bulan bisa dibanderol dengan harga Rp369.000. Mengapa demikian?, karena Kenari kecil membutuhkan asupan makanan yang jauh lebih ekstra dibandingan usia dewasa.

3. Kenari F1 Paud Usia 2 Bulan

harga kenari f1 paud
youtube.com

Harga Kenari F1 Paud usia 2 bulan ini paling murah dijual dengan nominal Rp393.000. Di mana seekor Kenari F1 jenis tersebut masih dalam masa pelatihan atau istilah awamnya ‘master’, guna menghasilkan kicauan yang terlatih. Serta sangat diperlukan pemberian vitamin untuk menunjang pertumbuhannya.

4. Kenari F1 Gacor

harga kenari f1 gacor
kenarisgi046.blogspot.com

Gacor menjadi istilah di dunia perburungan, artinya mampu berkicau secara terus menerus jika dipancing maupun tidak. Seekor Kenari F1 Gacor dipatok dengan harga sekitar Rp1.326.000. Sekalipun sangat mahal, akan tetapi nantinya tidak akan membuat pemiliknya menyesal.

5. Kenari F1 Ex Prestasi

harga kenari f1 prestasi
trikmerawat.com

Jika seseorang ingin memenangkan kontes kicau mania dan tidak ingin susah, maka segera saja beli jenis Kenari F1 Ex Prestasi. Akan tetapi perlu diketahui, paling murah harga Kenari F1 ini sekitar Rp1.622.000 sampai Rp2.000.000 per ekor.

Cara Merawat Kenari F1 agar Harga Jualnya Tetap Stabil

cara merawat burung kenari

Ulasan berikut ini sangat penting disimak oleh orang yang memang menginginkan berternak Burung Kenari F1. Pasalnya, sejauh ini banyak diketahui harga Kenari F1 menurun atau bahkan anjlok sebab kesalahan dalam menerapkan cara perawatan.

  • Rutin Memandikan Setiap Hari

Memandikan burung Kenari F1 cukup 1 kali dalam sehari. Caranya juga sangat mudah, yakni dengan menyemprotkan alir keseluruh tubuhnya. Pastikan merata sembari menjemurnya di bawah sinar matahari pagi.

  • Membersihkan Sangkar Kenari F1

Cara sederhana yang bisa membuat harga Kenari F1 tetap stabil yakni rutin membersihkan sangkarnya. Pastikan tidak terdapat kotoran menumpuk, sebab jika hal itu dibiarkan maka menyebabkan seekor Kenari F1 mudah terserang virus.

  • Memberikan Vaksin Secara Rutin

Jika Kenari F1 dikembang biakkan dengan tujuan untuk ikut sertakan dalam kontes kicau mania, maka berikan vaksin secara rutin. Hal ini dapat membantu menjaga sistem kekebalan dan imunitas tubuh Kenari, sehingga kicaunya jauh lebih berkualitas.

  • Memberikan Asupan Nutrisi yang Cukup

Seekor burung Kenari F1 cenderung lincah berterbangan ke sana ke mari, sehingga membuatnya lebih cepat merasa haus. Selalu pastikan makanan yang diberikan adalah makanan khusus Kenari, seperti buah-buahan dan sentrat pabrikan.

  • Rajin Melakukan Master

Upaya memasteri seekor Kenari F1 ini sangat penting agar semakin hari kualitas suaranya bisa meningkat. Cara mudah melatihnya yakni dengan mencari suara Kenari F1 berbentuk Mp3, master paling baik dilakukan saat pukul 4 sore.

Demikian penjelasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi harga jual burung Kenari F1. Pastikan melakukan perawatan sesuai prosedur dan berikan asupan makanan terbaik. Jangan lupa untuk selalu melatih kicauan burung Kenari F1.

Harga Kenari F1

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.