tips kucing - moondoggiesmusic.com

Harga Kucing Anggora

126 View

HARGA KUCING ANGGORA – Anggora merupakan salah satu ras kucing yang cukup diminati sebagai hewan peliharaan. Bulunya yang panjang dan penampilannya yang tampak imut membuatnya banyak disukai. Hal ini juga yang membuat harga kucing Anggora cukup mahal.

Meskipun begitu, ada juga pilihan kucing Anggora yang lebih murah, yaitu hasil persilangan. Kucing Anggora bisa dikawinkan dengan ras lain.

Kucing persia umumnya sering dijadikan pasangan dari persilangan ini karena karakteristiknya yang juga unik dan lucu. Tetapi tidak menutup kemungkinan kucing kampung juga bisa dikawinkan dengan Anggora.

Asal Usul Kucing Anggora

Asal Usul Kucing Anggora
fakta kucing anggora – fokussatu.com

Kucing Anggora disebut-sebut merupakan kucing yang berasal dari Turki. Nama Anggora ini pun diambil dari nama sebuah kota di Turki, yaitu Ankara. Dulunya kucing Anggora memiliki penampilan yang hampir menyerupai kucing persia, sehingga sulit membedakannya. Barulah pada abad ke-20 kucing Anggora dapat dilihat karakteristik khasnya.

Ukuran kucing ini beragam, ada yang bertubuh besar dan juga sedang dengan beratnya kira-kira sekitar 2,2-4 kg. Namun yang menjadi ciri khas utamanya dan membuat orang-orang jatuh cinta adalah bulu kucing anggora yang panjang dan halus.

Hal ini bisa dilihat dari bulu-bulunya yang ada di leher, kaki, serta ekornya. Umumnya bulu kucing anggora berwarna putih, tapi ada juga yang belang, berpola garis (tabby), dan campuran hitam dan oranye (tortoiseshell).

Karena seringnya dipersilangkan dengan kucing persia, kucing Anggora murni menjadi semakin berkurang jumlah. Kebun binatang Ankara kemudian mengambil tindakan untuk menjaga kemurnian ras Anggora.

Mereka melakukan program pemberdayaan terhadap kucing Anggora. Meski secara fisik penampilan kucing anggora dan kucing persia tidak begitu berbeda, yakni sama-sama berbulu panjang namun hidung kucing anggora lebih mancung.

Di Indonesia sendiri tercatat jumlah kucing pure anggora masih kurang dari 10 ekor. Itu pun baru masuk ke Indonesia akhir-akhir ini karena dibawa oleh seorang breeder dari Turki.

Sebagian besar yang mengaku memelihara kucing anggora adalah hasil persilangan dengan kucing lainnya. Oleh sebab itu, harga kucing anggora di Indonesia tidak setinggi dengan kucing anggora yang murni di luar negeri.

BACA JUGA:  Kucing Muntah

Mengapa Memilih Kucing Anggora?

Mengapa Memilih Kucing Anggora?
tips kucing – moondoggiesmusic.com

Pemeliharaan kucing Anggora memerlukan perlakuan khusus. Hal ini terutama pada makanan. Kucing Anggora tidak bisa diberi tulang ikan dan sejenisnya karena makanannya harus berupa makanan khusus yang telah diolah. Tetapi, perlakuan khusus ini masih dalam kategori mudah.

Dari segi harga, kucing Anggora memang tergolong mahal. Tetapi kucing ras ini tetap bisa menjadi pilihan bagi yang memiliki dana terbatas. Caranya yaitu dengan memilih kucing Anggora hasil persilangan dengan ras lain.

Baca Juga: Kucing Exotic Shorthair

Meskipun telah terjadi percampuran, tetapi kucing hasil persilangan ini tetap memiliki darah Anggora sehingga tetap bisa disebut Anggora. Berikut adalah beberapa alasan orang-orang memilih kucing anggora untuk dipelihara:

1. Hewan yang Aktif

Kucing Anggora bisa menjadi hewan peliharaan yang menggemaskan karena sifatnya yang aktif. Hewan ini suka bermain dan berlari-larian bahkan hingga usia dewasa. Ia juga bersifat ramah sehingga menarik perhatian.

Jika dibandingkan dengan kucing-kucing peliharaan lainnya, kucing anggora tergolong paling lincah dan pintar. Hal inilah yang menarik seseorang untuk memeliharanya.

2. Peliharaan yang Bersih

Keunggulan lainnya tentu saja dari bulunya yang panjang dan bersih. Ini memberikan kesan lembut dan imut pada fisik kucing Anggora.

Bagian mata yang tampak bersinar juga memberikan kesan segar dan bersemangat. Untuk menjaga kesehatan matanya, si pemilik harus rajin mengelap mata kucing anggora dengan kain lembut yang dibasahi terlebih dahulu.

3. Memiliki Fisik yang Unik dan Indah

Selain itu, warna matanya juga bisa berbeda antara kiri dan kanan. Ini menambah keunikannya dan juga dapat membuat harganya lebih mahal. Ada satu hal unik berkaitan dengan mata kucing Anggora. Konon jika kucing Anggora memiliki mata biru, maka indera pendengarannya tidak berfungsi. Dengan kata lain, kucing tersebut tuli.

Tak hanya bulu dan matanya yang mencuri perhatian, ternyata bagian kepala kucing anggora pun bentuknya unik.

Memang sekilas bentuk kepalanya mirip seperti kucing pada umumnya, namun jika diperhatikan kepala kucing anggora seperti segitiga terbalik. Sedangkan telinganya lumayan lebar dan tidak ditutupi bulu sehingga tampak jelas.

Perhatikan Ini Saat Merawat Kucing Anggora

Merawat Kucing Anggora
thesprucepets.com

Harga kucing anggora yang tinggi tentu saja sebanding dengan perawatannya. Meski sebenarnya tidak memakan banyak biaya, namun si pemilik harus memberikan perhatian lebih dibandingkan memelihara jenis kucing lainnya. Inilah hal-hal yang harus dilakukan jika memiliki kucing anggora:

1. Rajin Menyisir Bulunya

Ini adalah hal utama yang tidak boleh dilewatkan oleh pemilik kucing anggora. Mengingat bulu-bulu kucing anggora panjang dan rentan rontok, maka bulunya harus rajin dirawat. Salah satunya adalah dengan cara rajin disisir agar tidak kusut dan membersihkan dari kotoran. Sambil menyisir rambutnya, jangan lupa potong kuku-kukunya.

BACA JUGA:  Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan

2. Jaga Kebersihan Tubuhnya

Selain memastikan bulu dan kukunya bersih, bagian tubuh yang harus diperhatikan juga adalah telinganya. Tak jarang parasit berkumpul di sini sehingga si pemilik harus rajin membersihkan telinga dengan cotton bud.

Sedangkan untuk mandi tidak boleh sembarangan. Shampo untuk bulu-bulunya khusus, begitupun saat mengeringkan tubuhnya ada cara tertentu juga.

3. Jangan Sembarangan Kasih Makan

Makanan adalah nutrisi bagi kesehatan kucing. Oleh sebab itu, beri makanan terbaik untuk memastikan gizinya tercukupi. Di toko hewan ada banyak pilihan makanan untuk kucing anggora.

Di samping memberikan makanan terbaik, pastikan juga porsinya pas. Jangan sampai kucing obesitas sehingga mempengaruhi penampilannya yang menarik.

4. Tidak Boleh Melewatkan Vaksin

Perlu diketahui kalau kucing anggora rentan terhadap penyakit hingga menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan vaksin untuk hewan peliharaan ini.

Ada tiga fase pemberian vaksin pada kucing anggora, yaitu saat usia 8-10 minggu untuk menghindari penyakit jamur, usia 12-14 minggu sebagai booster dari vaksin pertama, serta usia 16 minggu untuk vaksin rabies.

Hal-hal yang Mempengaruhi Harga Kucing Anggora

Hal-hal yang Mempengaruhi Harga Kucing Anggora
jenis kucing dan harganya – intiptrik.com

Dalam menentukan harga kucing, tentunya ada hal-hal yang mempengaruhi. Pertimbangan-pertimbangan tersebut umumnya memperhatikan kondisi si kucing itu sendiri. Mulai dari yang berhubungan dengan fisik, hingga hal-hal mendalam seperti darah keturunan.

1. Usia

Dari segi usia, kucing Anggora yang masih muda atau anakan biasanya harganya lebih murah. Harga tersebut disebabkan oleh belum banyaknya biaya yang dikeluarkan sejak kelahirannya.

Selain itu, kucing anakan ini biasanya juga belum divaksin. Orang yang mengadopsi kucing Anggora sejak masih anakan harus memberinya vaksin kemudian.

2. Keturunan

Maksud dari keturunan di sini adalah seberapa murni kucing Anggora tersebut. Semakin murni keturunannya, semakin mahal harga kucing Anggora yang akan diadopsi. Harga ini akan turun jika keturunan si kucing telah mengalami percampuran akibat persilangan. Semakin banyak percampuran yang terjadi, semakin murah harganya.

Misalnya kucing Anggora hasil persilangan dengan kucing persia, harganya tidak akan semahal kucing Anggora asli. Harga ini akan semakin murah jika kucing yang diadopsi adalah hasil persilangan Anggora dengan kucing kampung.

3. Penampilan

Umumnya, kucing Anggora asli memiliki bulu yang panjang tetapi tidak berlebihan. Bentuk tubuhnya ramping dan proporsional. Salah satu hal menarik yang juga bisa menaikkan harganya adalah warna matanya.

Kucing Anggora ada yang memiliki warna mata berbeda. Mata yang berbeda warna ini menjadikannya terlihat unik sehingga lebih menarik dan lebih mahal.

4. Kesehatan

Kucing yang sehat tentunya lebih menarik. Wajar jika harga kucing Anggora yang sehat akan lebih tinggi. Jangan tergoda untuk mengadopsi kucing yang kurang sehat meskipun harganya lebih murah.

BACA JUGA:  Mengenal Kucing Ragdoll Mulai dari Sejarah Sampai Cara Merawatnya

Setelah diadopsi, tentu kucing tersebut akan membutuhkan perawatan khusus untuk mengembalikan kesehatannya. Sudah dipastikan akan ada biaya yang dikeluarkan untuk perawatan tersebut.

Bahkan bisa jadi biayanya lebih besar daripada mengadopsi kucing sehat. Selain itu, memelihara kucing yang berpenyakit juga memiliki risiko. Penyakit yang diderita kucing bisa saja menular kepada manusia.

Daftar Harga Kucing Anggora

Daftar Harga Kucing Anggora
kucing anggora hitam – ibnudin.net

Seperti telah dijelaskan di atas, salah satu faktor yang mempengaruhi harga kucing Anggora adalah keturunannya. Ketika diketahui keturunannya, faktor-faktor lain pun ikut memberi pengaruh terhadap harga kucing yang akan diadopsi. Berikut harga berdasarkan keturunan dan faktor lainnya.

1. Kucing Anggora Asli

Biaya yang diperlukan untuk mendapatkan kucing Anggora asli terbilang mahal. Tidak hanya itu, jenis ini juga agak sulit didapatkan karena cukup langka. Pemerintah Turki juga melarang adanya kegiatan ekspor kucing Anggora putih.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian gennya. Namun jika memang berniat memiliki kucing Anggora asli, berikut referensi harganya. Jangan kaget untuk melihat harga kucing Anggora yang asli.

Artikel Lain: Daftar Harga Kucing Persia, Paling Update!

Jika ingin mengadopsi kucing anggora asli yang berusia 3 bulan, diperlukan biaya sekitar 3 juta rupiah. Itu untuk yang belum divaksin. Sementara anak kucing yang sudah divaksin bisa mencapai harga 7 juta rupiah.

Sementara kucing Anggora dewasa, untuk yang belum divaksin saja sekitar 8 juta rupiah. Kucing Anggora yang sudah divaksin tentu harganya lebih melambung. Satu ekor bisa mencapai 14 juta rupiah.

2. Kucing Anggora Persia

Lebih murah dari Anggora asli, persilangan Anggora dan Persia ini bisa menjadi pilihan yang lebih terjangkau. Dari segi fisik, kucing Anggora persia ini terlihat lebih bulat atau gembul dibandingkan Anggora asli yang ramping.

Untuk mendapatkan anakan kucing Anggora Persia, cukup mengeluarkan biaya sekitar satu jutaan. Itu pun kucingnya sudah divaksin. Untuk yang belum divaksin, bisa didapatkan hanya dengan harga sekitar 600 ribu rupiah.

Kucing Anggora Persia dewasa bisa mencapai dua sampai tiga kali lipat. Tetapi angka 3 juta rupiah juga tidak seberapa bila dibandingkan dengan harga Anggora asli.

3. Kucing Anggora Kampung

Bagi yang tidak terlalu berambisi terhadap keaslian keturunan, persilangan kucing Anggora dan kucing kampung dapat dijadikan pilihan. Kucing jenis ini tetap terlihat lebih imut daripada kucing kampung murni.

Tetapi postur tubuhnya sangat berbeda dengan Anggora, sehingga cukup mudah diidentifikasi sebagai persilangan Anggora dan kampung.

Harga persilangan kucing Anggora dan kucing kampung yang dewasa dan sudah divaksin setara dengan harga Anggora Persia anakan.

Dengan biaya sekitar 600 ribu rupiah sudah bisa mengadopsi kucing ini. Untuk yang anakan, harganya tidak turun terlalu jauh, yaitu sekitar 400 ribu rupiah untuk yang sudah divaksin. Sedangkan yang belum divaksin hanya sekitar 200 ribu rupiah saja.

Demikianlah harga kucing Anggora beserta hal-hal yang mempengaruhinya. Pada akhirnya, pilihan untuk memelihara kucing Anggora, baik asli maupun persilangan, tetap tergantung pada selera.

HARGA KUCING ANGGORA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.