Harga Murai Batu

HARGA MURAI BATU – Salah satu burung yang paling banyak peminatnya di Indonesia adalah Murai Batu. Burung ini terkenal tidak hanya karena kicauannya, tapi juga keindahan dari masing-masing jenisnya.

Karena meskipun masih satu keluarga, tapi berbeda jenisnya berbeda pula bentuk dan kicauannya. Hal inilah yang menyebabkan variasi pada harga murai batu.

Daftar Harga Murai Batu

Daftar Harga Murai Batu
harga murai batu 2020 – caraputu.com

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa jenis dapat mempengaruhi harga murai batu. Murai batu sendiri merupakan burung yang memiliki banyak jenis, dan beberapa diantaranya sudah mulai langka.

Karenanya ada beberapa jenis yang memiliki harga diatas jutaan rupiah. Penasaran dengan jenis burung murai batu berdasarkan harganya, simak pembahasan di bawah.

1. Burung Murai Batu Lampung

Jenis burung pertama ini terkenal akan kebawelannya yang berarti memiliki banyak variasi kicauan. Bahkan burung ini bisa dilatih untuk menirukan suara burung lain.

Dengan keindahan tubuh yang panjang ekornya antara 12 – 18cm serta kemampuan kicauannya burung ini pun dihargai Rp 1juta di pasaran. Belum lagi jika kicauannya sangat berkualitas bisa mencapai Rp 2juta

2. Burung Murai Batu Medan

Daftar selanjutnya ada burung murai batu yang terkenal akan keelokan tubuh dan bulunya. Ekornya khas menjuntai dengan panjang mencapai 30cm.

Baca Juga: Harga Burung Poksay

Jenis murai batu ini sudah tidak asing lagi di kalangan pencinta burung murai, bahkan masuk ke dalam jajaran jenis yang populer. Kisaran harganya sendiri sangat beragam dimulai dari Rp 700ribu sampai Rp 1.500ribu.

3. Burung Murai Batu Nias

Murai batu ini juga terkenal akan kicauannya yang terdengar sangat lantang, jernih, dan jelas. Bahkan murai ini kabarnya bisa menirukan suara manusia dan suara burung lain. Hampir mirip seperti murai Lampung. Karenanya tidak jarang jika jenis yang satu ini dihargai cukup tinggi di pasaran sekitar Rp 1.400.000 sampai Rp 2juta.

4. Burung Murai Batu Borneo

Burung yang berasal dari Kalimantan ini memiliki ekor dengan panjang 13cm. Jenis burung yang satu ini terkenal karena sifat agresif, gesit, dan juga cerdas. Karenanya burung ini mampu mempelajari beberapa jenis kicauan hanya dalam waktu yang sebentar. Untuk harganya sendiri, jenis burung ini tidak terlalu mahal hanya di kisaran harga Rp 500ribu.

5. Burung Murai Batu Aceh

Di daftar kelima ada jenis burung yang mempunyai ekor cukup panjang, bahkan tidak kalah dengan Murai Batu Medan yakni 30cm. Burung ini juga mempunyai kicauan yang tinggi bahkan beberapa kali kicauannya terdengar seperti suara tembakan. Dalam hal harga murai batu yang satu ini berada di rentang antara Rp 1.600ribu – Rp 2juta.

6. Burung Murai Batu Air

Selanjutnya ada burung murai batu yang terkenal akan kegesitan serta kekuatan sistem tubuhnya. Karenanya burung murai ini dikenal bisa tahan berkicau dalam waktu yang cukup lama. Biasanya warna bulu dari burung ini memiliki dominasi warna abu-abu. Harga dari murai batu air ini pun di kisaran Rp 2.500.000,.

7. Burung Murai Batu Papua

Keelokan dari jenis burung yang satu ini tidak kalah dengan burung asli daerah Papua. Selain keindahannya, kicauan burung ini juga sangat unik karena suaranya yang ngeroll dan sanggup berkicau dengan durasi yang cukup lama. Karenanya kisaran harganya cukup mahal mulai dari Rp 2juta – Rp 3juta.

8. Burung Murai Batu Jambi

Terkenal akan fakta uniknya yakni perbedaan postur tubuh dari kedua tipenya yang ternyata disebabkan oleh ketinggian daerah tempatnya tinggal, adalah murai batu asal jambi. Meskipun begitu kedua jenis burung ini terkenal akan kehandalannya dalam berkicau tidak heran jika di pasaran burung ini mempunyai kisaran harga antara Rp 1.400.000,. sampai Rp 2juta.

9. Burung Murai Batu Lahat

Jenis burung yang satu ini memiliki mental yang sangat bagus jadi aman jika diberi latihan kicau yang cukup berat. Murai Batu lahat ini merupakan jenis yang populer dan dapat dengan mudah ditemukan di pasaran dengan harga Rp 1juta. Jikalau kicauannya sudah sangat bagus dan lebih merdu bisa mencapai angka Rp 3juta.

10. Burung Murai Batu Jawa

Lanjut masuk ke pembahasan ke sepuluh yakni burung yang terkenal karena hanya mengepakan bulu kepalanya saja saat berkicau. Jadinya burung ini terlihat seperti memiliki jambul. Sayangnya burung ini sudah mulai langka, dan sulit ditemukan. Untuk harganya sendiri merupakan harga lama yaitu Rp 1.300ribu – Rp 1.700ribu. Sungguh disayangkan yah.

11. Burung Murai Batu Sabang

Jenis burung murai batu lokal terakhir yang ada di bahasan kali ini berasal dari sabang. Sama seperti murai batu Jawa, jenis burung ini juga sangat langka.

Karenanya harga murai batu sabang ini juga sangat mahal dengan variasi harganya yang dimulai dari Rp 5juta – Rp 8juta. Selain karena langka, burung ini juga memiliki keindahan dengan pola khas seperti batik pada bagian ekornya.

12. Burung Murai Batu Malaysia

Jenis burung murai batu yang berasal dari negara tetangga ini terkenal akan kekuatan mentalnya serta gaya bertarungnya yang khas. Untuk peminatnya sendiri, burung yang satu ini juga memiliki banyak penggemarnya di Indonesia. Karenanya tidak heran jika burung dengan kisaran harga dari Rp 3juta – Rp 5juta ini sering ditemui dalam perlombaan kicau burung.

13. Burung Murai Batu Filipina

Terakhir ada jenis burung murai yang sangat jarang diikutkan untuk lomba dan lebih memilih untuk dijadikan burung hias saja. Hal ini dikarenakan burung ini memiliki keindahan tubuh yang luar biasa, tapi mentalnya mudah ngedrop. Karenanya tidak cocok jika harus bertarung kicau. Kisaran harganya sendiri berada di Rp 3juta – Rp 6juta.

Cara Melatih Burung Murai Batu

cara melatih mental murai batu muda hutan
cara melatih mental murai batu muda hutan – omkicau.com

Bila sudah membaca hal di atas tentu dapat ditarik kesimpulan bahwa salah satu hal yang mempengaruhi harga murai batu adalah kicauannya. Karenanya tidak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba melatih dan mempersiapkan kicauan burung batunya agar menjadi yang terbaik. Beberapa cara tersebut di antaranya

  • Pelatihan sistem buka tutup yang biasanya dilakukan dengan melibatkan lebih dari satu burung murai batu. Caranya pun cukup sederhana dengan awalannya menutup semua kandang burung menggunakan penutup. Lalu mulai angkat perlahan penutupnya dan biarkan burung tersebut saling berbalas kicauan. Ingat untuk mengangkatnya perlahan yang berguna untuk memancing rasa ngotot dari burungnya.
  • Kedua bisa dengan sistem pancing menggunakan rekaman suara dari rekaman audio. Cara pancing ini bisa dilakukan langsung tanpa harus menurunkan kandang murai batu dari gantungan. Langkahnya pun sangat gampang karena hanya tinggal menyetel dan memperdengarkan audio tersebut ke arah si burung, dan perhatikan bagaimana respon ngotot darinya.
  • Terakhir merupakan cara yang masih dinilai kurang dalam hal kesehatan burung, namun sering dilakukan. Cara ini dengan memberikan suplemen yang bisa memancing kemampuan bertarungnya. Tidak apa jika ingin memberikan suplemen ini kepada burung, tapi ingat dosisnya jangan berlebihan karena takutnya akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap si burung.

Artikel Terkait: Harga Burung Blackthroat Beserta Karakteristiknya

Harga Murai Batu Anakan Berdasarkan Jenisnya

Harga Anakan Burung Murai Batu
murairimba.com

Bagi kicau mania, harga tinggi bukanlah hal yang terlalu dipermasalahkan selama itu sebanding dengan kualitas. Tetapi, tetap ada cara untuk meminimalisir biaya tersebut, yaitu dengan membeli murai batu anakan. Berdasarkan jenisnya, murai batu anakan memiliki harga yang bervariasi seperti berikut:

1. Anakan Murai Batu Aceh

Pada umumnya jenis murai Batu ini memiliki postur tubuh agak kecil. Anakan jenis ini dihargai sekitar 650 ribu hingga 850 ribu rupiah. Meskipun tubuhnya kecil, tetapi murai batu Aceh memiliki kicauan yang tidak kalah lantang dengan yang lainnya.

2. Anakan Murai Batu Medan

Murai batu Medan yang merupakan jenis paling diminati. Ciri mencolok dari murai batu Medan adalah postur tubuhnya yang besar dan gagah. Ekornya juga lebih panjang sehingga menambah daya tarik. Selain itu, kicauan yang bervariasi tentunya menjadi pertimbangan untuk membeli murai batu jenis ini.

Penjualan murai batu Medan anakan dimulai dari harga sekitar 700 ribu rupiah. Sementara harga dewasa bisa mencapai 2 kali lipat, yaitu 1,4 juta rupiah. Untuk jenis super, harganya bisa mencapai hampir 2 juta rupiah.

3. Anakan Murai Batu Lampung

Untuk mengenali murai batu Lampung, bisa dilihat ekornya yang lurus dan cenderung lebih pendek. Suaranya cukup bagus, namun agak monoton sehingga kadang membosankan. Harga murai batu Lampung dewasa adalah sekitar 1 jutaan. Sementara harga anakannya tentu lebih murah.

4. Anakan Murai Batu Nias

Masih dari Sumatera, ada murai batu Nias. Keunggulan dari murai batu jenis ini adalah bisa menirukan berbagai suara yang didengarnya. Penjinakan dan adaptasinya pun tergolong cukup cepat. Harga anakan burung ini dimulai dari 500 ribu rupiah untuk betina. Sementara yang jantan bisa mencapai 800 ribu rupiah.

5. Anakan Murai Batu Borneo

Bergeser ke Kalimantan, ada murai batu Borneo yang anakannya biasa ditangkap langsung dari hutan. Harga murai batu Borneo anakan tergolong murah, yaitu sekitar 400 ribuan saja.

Itulah tadi pembahasan terkait burung yang kicauannya sudah sangat terkenal di kalangan pencinta burung Indonesia. Ternyata burung murai batu selain pintar berkicau, juga memiliki keindahan tubuh yang memanjakan mata. Karenanya harga murai batu ini sangat beragam, tapi ingat sebelum membeli burung ini pastikan dulu sudah benar-benar siap untuk merawatnya.

HARGA MURAI BATU

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.