Harga Sarang Burung Walet

HARGA SARANG BURUNG WALET – Burung menjadi salah satu binatang yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Tidak hanya sebagai binatang peliharaan, ada juga beberapa burung yang bisa dimanfaatkan bagian lainnya.

Contoh dari burung ini ialah burung walet yang sering dimanfaatkan sarangnya sebagai obat terpercaya. Sarang burung walet dibentuk langsung oleh liur yang diproduksi walet sendiri dan kemudian mengeras. Harga sarang burung walet bisa dihargai sangat tinggi terutama di negara Cina.

sarang burung walet biasanya dimanfaatkan sebagai obat atau bahan makanan. Ketika sudah memasuki pasar global, lonjakan harga barang ini akan terlampau sangat tinggi.

Harga sangkar burung walet bisa menyentuh puluhan juta rupiah per kilonya. Lonjakan harga terus terjadi seiring dengan semakin sedikitnya habitat burung walet dan terkenalnya obat yang satu ini.

Walet mulai dibudidayakan di banyak negara karena unsur ekonomisnya yang sangat tinggi. Sering kita temukan bisnis rumahan dengan membudidayakannya di kamar kosong lantai dua sebuah rumah.

Tetapi tidak semua orang bisa sukses memulai bisnis ini. Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam budidaya walet seperti kelembaban, kebersihan, dan gelap terangnya ruangan.

Harga Sarang Burung Walet

"<yoastmark

Harga sarang burung walet berbeda-beda sesuai dengan kualitas dan grade-nya. Biasanya burung walet yang hidup di alam liar memiliki kualitas yang lebih baik dengan harga yang lebih tinggi.

Ini karena resiko pemanenan di dalam gua yang beresiko dan memiliki prestige tersendiri. Berikut ini kami tuliskan beberapa harga yang berbeda dari sangkar burung walet sesuai dengan grade-nya.

1. Sarang Burung Walet Grade Super 100g

Sesuai dengan apa yang dibayangkan, sarang walet utuh dengan grade super mencapai harga yang sangat tinggi. Harga sarang burung walet grade super bisa mencapai hingga Rp. 3.100.000 di Indonesia.

Sarang tipe ini sudah bersih dari bulu atau kotoran lain yang menempel dengan bentuk seperti mangkuk utuh. Ketika di ekspor, harga ini bisa melambung lebih jauh lagi.

2. Sarang Burung Walet Hancuran 100g

Bentuk sarang burung walet akan sangat mempengaruhi harganya di pasaran. Orang lebih tertarik dengan sarang utuh berbentuk mangkuk daripada ketika sudah hancur.

Ini menyebabkan penurunan harga yang sangat jauh tetapi akan tetap sangat menguntungkan. Harga hancuran sarang burung walet ini dibandrol dengan harga Rp. 1.200.000 per 100 gramnya.

3. Sarang Burung Walet Super Bersih Premium 1kg

Untuk sarang burung walet dengan kualitas premium, biasanya dibanderol dengan harga hingga Rp. 23.500.000 setiap kilonya.

Harga ini sangat pantas melihat perawatan burung walet yang tidak mudah serta banyaknya pasar yang tersedia. Di lain sisi, tingginya harga juga mencerminkan kualitas yang dimiliki oleh sarang burung walet itu sendiri. Tidak perlu khawatir dengan kebersihan, sarang burung walet tipe ini sudah terjamin kebersihannya.

4. Sarang Burung Walet 17g

Sarang burung walet ketika dibeli dengan kuantitas yang sedikit akan memiliki harga yang lebih tinggi saat dikalkulasikan. Untuk 17 gramnya, dibanderol dengan harga yang fantastis yakni sebesar Rp. 350.000.

Baca Juga: Sekilas Tentang Burung Walet dan Cara Budidaya Walet dengan Modal Kecil

Tipe ini lebih tinggi harganya karena kualitas dan bentuk fisiknya. Biasanya, untuk dijual dalam kuantitas yang sedikit, akan dipilih sarang burung walet dengan kualitas lebih rendah.

5. Sarang Burung Walet 50g

Jika tertarik untuk akan mencoba mengkonsumsi sarang burung walet pertama kalinya, ini bisa jadi pilihan yang pas. Akan sedikit mahal dimana harus siap menyediakan uang sebesar Rp. 1.100.000 untuk membawa pulang sarang walet seberat 50g.

Kuantitas ini tidak terlalu banyak untuk orang yang baru mencoba dan sangat pas. Ketika dirasa nyaman dan bermanfaat, mulailah membeli sarang walet dengan kuantitas lebih banyak.

6. Sup Sarang Burung Walet Instan

Merasa bingung untuk mencicipi sarang burung walet karena tidak tau cara mengolahnya? Sup sarang burung walet instan bisa mengatasi hal itu untuk yang ingin mencoba.

Tidak perlu repot, cukup menyeduhnya saja dengan air hangat dan ia bisa langsung dikonsumsi. Harga yang dibanderol untuk sup sarang burung walet instan ini ialah sebesar Rp. 600.000. Cukup fantastis untuk sesuatu sekelas sup saja bukan? Tidak perlu khawatir soal rasa karena sup ini akan terasa sangat enak.

8. Sarang Burung Walet 100g

Dengan kualitas yang tidak sama, sarang burung walet ini memiliki harga yang berbeda pula. Harga sangkar burung walet tipe ini dibandrol dengan harga Rp. 1.800.000 per seratus gramnya. Perbedaan ini biasanya dikarenakan bentuk yang kurang sempurna serta kandungan kotoran yang ada sebelum dibersihkan. Putih tidaknya sarang juga akan mempengaruhi harganya.

Hal yang Mempengaruhi Mahalnya Sarang Burung Walet

Hal yang Mempengaruhi Mahalnya Sarang Burung Walet
rumah sarang burung walet – pinterest.com

Sarang walet dipatok dengan harga yang bervariasi tergantung pada banyak hal yang mempengaruhinya. Biasanya ini menyebabkan penurunan kualitas suatu bahan atau bisa jadi dikarenakan strategi marketing saja.

Sarang walet di alam liar yang terdapat di gua-gua akan memiliki harga yang lebih tinggi dibanding walet budidaya. Berikut kami jelaskan satu-persatu faktor yang mempengaruhi harga sarang burung walet.

1. Bentuk Sarang yang Didapatkan

Sarang burung walet dinilai dari bentuknya yang berupa mangkuk utuh atau bisa jadi hancuran. Ketika sarang berbentuk mangkuk utuh, akan diberikan harga yang lebih tinggi dibanding sarang burung yang hancur.

Seringkali juga sarang burung terkena tekanan dan menjadi penyok atau bahkan patah. Ini berpengaruh karena ada kenikmatan tersendiri ketika sarang yang dikonsumsi masih berbentuk utuh.

2. Kualitas Pakan dari Burung Walet

Biasanya burung walet akan memakan berbagai jenis makanan yang memiliki kualitas berbeda. Ketika pakan yang diberikan sembarangan dan tidak sesuai, akan berpengaruh pada kualitas sarang yang dihasilkan.

Ini bisa dilihat dari tekstur dan kekakuan dari sarang burung walet yang berkurang. Karena digunakan untuk obat, pakan akan menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh pengepul dan pembeli nantinya.

3. Warna Sarang yang Terlihat

Sarang burung walet dengan kualitas terbaik dapat dilihat dari warna yang terlihat lebih putih. Hal ini berarti sarang burung walet yang dihasilkan lebih sedikit mengandung kotoran.

Ketika sarang berwarna coklat, ini berarti mengandung campuran tanah atau debu yang sulit dibersihkan. Selain itu warna juga bisa berarti kualitas makanan yang dikonsumsi oleh walet tersebut.

4. Asal Sarang Burung Walet

Sarang burung walet juga diperhatikan dari tempat mengambil dan produksinya. Ketika sarang burung walet didapatkan dari gua-gua atau dari alam langsung, harganya akan melambung tinggi.

Ini karena walet tersebut mendapatkan makanan yang langsung dari alam dengan pilihannya sendiri. Berbeda dengan walet budidaya yang sudah diatur keseluruhan pakannya. Ini juga berhubungan dengan resiko ketika pemanenan sarang burung walet.

Mengapa Harga Sarang Burung Walet Mahal?

Harga Sarang Burung Walet itu Begitu Mahal
sigijateng.id

Cara untuk menyembuhkan penyakit, bahan kecantikan dan sebagainya tidak harus ke dokter kecantikan, atau menggunakan produk-produk drugstore lainnya. anda juga bisa mendapatkan itu dari sarang burung walet, tidak heran kalau harganya di pasaran sangat mahal.

Pertanyaan tentang mengapa harga sarang burung walet mahal? masih sering ditanyakan. Sarang burung walet terbuat dari air liur dari burung walet. Air burung tersebutlah yang digunakan untuk hal-hal tertentu.

Harga 1kg sarang walet sama dengan harga 40 kg emas. Umunya tidak ada menjual dengan 1kg karena sarang burung walet juga membutuhkan proses yang lama bahkan jika dipanen hanya bisa mendapatkan sedikit.

Harga sangkar burung walet per 17 gram di online store adalah lebih kurang Rp. 300.000. Ada 6 alasan mengapa harga sarang burung walet mahal.

1. Susahnya Memilih Lokasi Peternakan Walet

Lokasi sarang burung walet memang tidak sembarangan, burung walet hidup di habitat yang udaranya bersih, tenang dan cukup mendapatkan cahaya biasanya di tengah hutan. Hal ini menyebabkan, orang mulai berusaha untuk mencari lokasi yang tepat untuk beternak burung walet misalanya loteng rumah.

Orang memanfaatkan loteng rumah untuk budi daya walet dengan standar-standar yang akan tetap menjaga kualitas dari sarang burung walet.

Untuk merekayasa lokasi peternakan walet akan sangat susah, jika tidak kondusif malah akan menyebabkan kematian pada walet.

2. Memiliki Risiko Besar Saat Panen

Risiko panen sarang walet sangat besar karena tidak mudah untuk memanen sarang walet. Orang harus memiliki keterampilan khusus. Saat memanen sarang walet, petani harus menunggu burung walet lengah. Burung walet sangat sensitif jika ada orang yang mengganggu sarangnya.

Selain itu, sarang burung walet mudah rusak. Risiko-risiko ini menyebabkan mengapa harga sarang burung walet mahal.

3. Manfaat yang Ditawarkan

Sarang burung walet memiliki manfaat yang banyak baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan yang terdapat dalam sarang burung walet adalah kalsium, protein, kolagen dan lainnya.

Artikel Terkait: Harga Sabun Black Walet Beserta Manfaat yang Dapat Diperoleh

Sarang walet dapat digunakan untuk regenerasi untuk jaringan dalam tubuh, memperbaiki tulang bahkan dapat membunuh sel racun. Untuk kecantikan, sarang burung walet berfungsi untuk membuat kulit lebih cerah dan juga dapat melembutkan kulit.

4. Bahan Pembuatan Menu Makanan Eksklusif

Alasan lain mengapa harga sangkar burung walet mahal adalah digunakan sebagai bahan menu makanan di restoran-restoran mahal. ini dikarenakan kandungan gizi dari sarang walet.

Jenis makanan yang biasa digunakan dari sarang burung walet adalah sup. Contohnya sebuah restoran yang ada di Hotel Borobudur, restoran ini menjual menu makanan dengan bahan dasar sarang burung walet dan dijual dengan harga Rp. 200.000 sampai dengan Rp. 500.000.

5. Hasil Panen Sedikit

Sarang burung walet sangat mahal di pasaran karena hasil panennya tidak terlalu banyak. Waktu untuk memanen juga tidak selalu bisa paling cepat adalah 1 bulan sekali. Hasil panen sarang burung walet biasanya hanya 10kg sampai dengan 30kg.

Selain itu, kualitas dari sarang walet juga akan sangat mempengaruhi harga bahkan warna yang dihasilkan dan bentuk juga. Sarang walet yang bagus adalah sarang burung walet dengan warna putih.

6. Banyak Sarang Burung Walet yang Palsu di Pasaran

Harga yang sangat mahal dari sarang burung walet menyebabkan orang mencoba untuk membuat sarang burung yang palsu. Tentu saja, kualitas yang dihasilkan akan sangat berbeda dengan sarang walet yang asli.
Untuk membedakan sarang burung walet yang palsu dan asli sangat susah, ini yang membuat harga semakin mahal.

Uraian di atas adalah beberapa hal mengenai harga sarang burung walet yang bisa menjadi patokan. Tidak perlu lagi khawatir jika ingin memulai usaha ini karena omset yang didapatkan bisa sangat besar.

Faktor diatas juga harus diperhatikan jika ingin membeli sarang burung walet dengan harga tertentu. Tidak perlu lagi ragu atas keampuhan obat ini karena sudah digunakan sejak dahulu kala. Siapkan uang lebih untuk harga yang cukup fantastis ini.

HARGA SARANG BURUNG WALET

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.