Jenis-Jenis Kacer Beserta Karakternya yang Perlu Ketahui

Jenis Kacer – Burung Kacer merupakan salah satu burung kicauan dan dikenal sebagai burung penyanyi. Selain kicauannya tidak bisa diragukan lagi. Burung ini juga memiliki penampakan yang khas. Berikut ini akan diulas karakter khas dari burung kacer serta beberapa jenis kacer yang beragam.

Karakter Burung Kacer

karakteristik burung kacer
burungkicau.net

Setiap makhluk hidup pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Begitu pula dengan karakteristik yang dimiliki oleh Burung Kacer ini. Mulai dari habitat, warna bulu, bentuk tubuh dan lain lain. Simak uraian berikut ini untuk mengenal burung Kacer dengan lebih dekat.

1. Ciri Khas dan Daya Tarik Burung Kacer

Memiliki warna dominan yaitu hitam. Namun juga masih terdapat warna lain yaitu warna putih pada bagian bawah tubuh burung ini dan juga bagian tengah sayapnya.

Hal yang menjadi daya tarik bagi orang yang hendak memelihara burung ini adalah karena kicauannya yang unik. Sehingga tidak heran jika burung ini telah disukai para pecinta burung kicau.

Selain kicaunya yang memukau burung ini dikenal memiliki mental yang pemberani. Jadi, burung ini tidak takut saat mendengar burung lain sedang berkicau.

Sehingga tidak heran jika burung ini sering dijadikan kontestan saat lomba kicau burung. Namun burung ini terkadang memiliki sikap yang berbeda-beda sesuai dengan sifat alami yang dimiliki. Adakalanya ia tidak mau berkicau saat di tengah perlombaan.

2. Habitat Dan Sifat Asli Dari Burung Kacer

Untuk habitat asli dari burung kacer ini adalah di hutan dan disebuah pekebunan kelapa sawit. Jika Jadi sifat alaminya akan muncul dan berkembang ditempat ini.

Jadi wajar jika seseorang menangkap burung ini dari hutan maka saat telah dipelihara dan telah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Namun saat dibawa ke area perlombaan maka sifat aslinya akan muncul.

Jadi tidak heran jika tiba-tiba Burung Kacer tidak berkicau dan malah asik bermain saat perlombaan dimulai. Pasalnya burung ini cenderung akan memiliki sifat penasaran dengan lingkungan barunya, jadi ia akan cenderung mengamati sekitar daripada berkicau dengan baik.

Baca Juga: Jenis Lovebird yang Indah dan Cantik, Dicari Para Pecinta Burung

Selain itu sifat alami yang dimiliki burung Kacer ini adalah perilaku yang suka ribut-ribut dikandangnya saat merasa ada orang asing yang mendekat. Hal tersebut sebagai tanda bahwa burung ini tidak mau diganggu atau didekati dengan orang asing. Agar supaya orang tersebut menjauh maka burung ini akan membuat keributan.

Perilaku berikutnya juga nampak pada saat dia menginjakkan kaki ditanah kemudian mengembangkan bagian ekornya menyerupai sebuah kipas ke arah atas. Hal tersebut akan ditunjukkan kepada seseorang yang hendak mendekatinya sebagai tanda burung ini marah. Sifat-sifat alami ini yang akan muncul walaupun sudah dipelihara.

3. Cara Mengurangi Munculnya Sifat Alami

Walaupun burung ini memiliki beragam sifat asli dan alami dari tempat dia berasal. Namun jika seseorang hendak memeliharanya maka bisa meminimalisir munculnya beberapa sifat tersebut. Salah satunya adalah dengan diberikan sebuah latihan secara teratur dan berkala.

Selain itu juga bisa memberikan makanan yang tepat. Sehingga burung akan cenderung menurut dengan keingianan pemiliknya. Untuk makanan yang biasa digunakan sebagai pakan burung Kacer adalah ulat, jangkrik ataupun kroto. Jadi tidak jauh berbeda dengan burung Jalak.

Jenis Kacer yang Perlu Diketahui

Berbagai Jenis Burung Kacer
hobiburung.org

Ada beberapa macam jenis Kacer yang perlu diketahui. Mungkin bagi orang yang tinggal di Pulau Jawa sudah tidak asing lagi dengan jenis burung kacer lokal atau biasa disebutnya dengan kacer Jawa. Padahal selain itu masih ada 5 jenis burung kacer lagi. Berikut ini penjelasannya.

1. Burung Kacer Sumatera (Kacer Poci)

Gambar Burung Kacer Sumatra
seputarburung.com

Untuk Jenis Kacer yang pertama akan dibahas Burung Kacer Sumatera. Kicauannya sangat indah dan mengagumkan. Selain itu burung Kacer Sumatera ini juga bisa disut dengan sekoci atau poci. Untuk Ciri-cirinya mudah dikenali. Selain itu ia juga dikenal bisa menirukan ritme suara jenis burung yang lain.

Pasalnya jika dilihat akan ada warna kombinasi hitam dan putih pada tubuhnya. Pada bagian kepala, leher hingga bagian ekornya berwarna hitam. Sedangkan pada bagian dada, perut dan sayap bagian tengahnya berwarna putih.

2. Burung Kacer Madagaskar

Jenis Kacer Madagaskar
omkicau.com

Jenis Kacer yang berikutnya adalah Burung Kacer Madagaskar. Burung jenis ini sedikit berbeda dengan yang lain. Pasalnya awalnya burung ini berasal dari Afrika. Hal yang sedikit membedakan dengan jenis yang lain terletak pada warna bulunya.

Walaupun sebenarnya jika diperhatikan sekilas tetap mirip dengan jenis burung Kacer Sumatera. Selain itu bentuknya agak bulat dan untuk suaranya yang terkenal dengan suara kristal yang ekspresi saat berkicau yang khas telah menjadi daya tarik tersendiri jenis Kacer ini.

3. Burung Kacer Blorok

Jenis Burung Kacer Blorok
youtube.com

Pada Jenis Kacer ini memiliki perawakan yang unik. Pada jenis kacer Blorok ini merupakan anakan yang berasal dari indukan kacer Jawa dan Kacer Putih. Jadi jika diperhatikan maka bulu yang menutupi tubuhnya warna putih hitam yang tidak teratur layaknya motif belang-belang. Sehingga tidak heran jika orang menyebutnya sebagai kacer jenis Blorok.

Sedangkan untuk suaranya kacer jenis ini memiliki kualitas suara yang masih berada dibawah kacer Sumatera. Walaupun begitu untuk mentalnya, burung jenis ini lebih pemberani saat didekati manusia asing.

Jadi tidak heran jika dipasaran burung ini selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli yang hendak menjadikan burung Kacer sebagai burung peliharaan mereka.

4. Burung Kacer Kalimantan

Gambar Burung Kacer Kalimantan
youtube.com

Pada jenis Kacer berikutnya adalah kacer Kalimantan. Pada dasarnya jenis ini masih dibagi menjadi 3 ras utama yaitu Pluto, Adamsi dan Copsycus. Untuk Ras Pluto Pada warna bulunya hitam pekat dan hanya sedikit bulunya yang berwarna putih.

Sedangkan untuk Ras Copsycus memiliki warna yang dominan hitam . Lalu pada bagian perut hingga pantatnya berwarna putih.

Jadi untuk membedakan Jenis burung Kacer Sumatera dan Kalimantan terletak pada warna bulu pada bagian dadanya. Jika dia pada bulu dada burung Kacer Sumatera berwarna putih. Sedangkan pada dada burung Kacer Kalimantan nampak berwarna hitam.

Untuk persebarannya burung jenis ini bisa ditemukan di wilayah Kalimantan Timur, Barat dan Utara. Walaupun namanya Kalimantan bukan berarti burung ini hanya ditemukan di Kalimantan saja. Namun jenis ini juga bisa ditemukan di daerah Bali, Bangka Belitung dan Nias.

5. Burung Kacer Jawa (Kacer Lokal)

Harga Burung Kacer Jawa
youtube.com

Pada jenis Kacer lokal atau Jawa ini memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih karena warna bulunya yang di dominasi dengan hitam legam. Sedangkan pada bagian sayap tengah berwarna putih. Selain itu pada salah satu jenis burung kacer ini juga memiliki bentuk tubuh atau perawakan yang sangat mudah untuk kenali daripada jenis yang lain.

Terkait dengan suara kicauannya burung ini dikenal mampu menirukan suara dari burung Kacer yang lain. Jadi ini juga menjadi daya tarik tersendiri.

Pada umumnya Burung Kacer memang populer di Indonesia menjadi salah satu burung yang banyak dicari oleh para pengemar dan pecinta burung kicau. Karena tidak terlepas dari kemampuan kicaunya.

Demikian itu terkait dengan karakteristik mulai dar sifat alami, habitat serta perawakan dari Burung Kacer. Selain itu juga ada perbedaan dari masing masing jenis Kacer yang bisa diketahui dengan mudah.

Jenis Kacer

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.