Jenis Kenari

Jenis Kenari – Kenari merupakan salah satu jenis burung yang banyak variasinya. Bahkan setiap jenis kenari pasti memiliki motif yang unik, sehingga burung ini selalu dicari oleh banyak orang.

Mulai dari suara yang merdu sampai dengan tubuhnya yang kecil. Walaupun begitu kenari tetap memiliki citranya sendiri. Bahkan tidak jarang kenari memiliki penggemar setianya.

Kenari menjadi salah satu variasi burung yang sangat diminati oleh sebagian pecinta burung. Bagaimana tidak seorang pecinta burung biasanya memiliki beberapa hal kenapa memilih burung kenari.

Bukan hanya sekedar cinta terhadap burung bahkan ada yang sampai dijadikan penghasilan. Siapa sangka bermulai dari burung kenari, sudah bisa mendapatkan penghasilan yang cukup.

Sejarah Burung Kenari

Sejarah Burung Kenari
hdqwalls.com

Jenis kenari pada umumnya merupakan burung yang sudah ada sejak lama bahkan sejak abad ke 15. Saat itu, pertama kali burung kenari ditemukan di daerah kawasan kepulauan canary bagian timur laut Afrika. Dengan berjalannya waktu, burung kenali mulai dikenal oleh banyak orang. Mulai dari Amerika, Australia, Afrika dan Asia.

Burung kenari ini juga memiliki nama lain yang bernama serinus canaria, kalau dilihat dari judulnya saja terlihat unik. Burung kenari bisa dikatakan tergolong ke dalam jenis gelatik karena kicauan dari burung kenari sangat unik. Pada zaman dahulu, burung kenari sudah terbiasa makan biji – bijian, beberapa serangga dan makanan yang lain.

Jenis Burung Kenari

Jenis Burung Kenari
apkpure.com

Jenis kenari sebenarnya bervariasi mulai dari burung Yorkshire, Burung Gloster, Burung Norwich dan variasi kenari lainnya. Bahkan kalau kamu ingin merawat burung kenari maka kamu harus memiliki uang yang banyak. Karena dalam merawat seekor burung kenari bisa dikatakan terbilang susah karena cara perawatannya berbeda.

1. Kenari Yorkshire

Gambar Kenari Yorkshire
tdbirdfarmbandung.blogspot.com

Burung tipe Yorkshire ini termasuk ke dalam burung impor karena burung ini memiliki tempat asal di beberapa negara. Sebut saja seperti Inggris, Eropa, Jerman dan beberapa negara lainnya.

Kalau dilihat dari dekat, burung Yorkshire ini memiliki warna yang memukau. Terdapat warna cokelat, putih dan warna kuning yang mendominasi tubuhnya.

Bahkan kalau diperkirakan badan dari jenis kenari yorkshire ini memiliki ukuran sampai 16 cm. Perlu kamu ketahui burung kenari ini merupakan persilangan kedua burung. Yaitu burung kenari Belgia dan burung lanchashire. Sehingga pantas saja jika burung kenari yorkshire ini memiliki warna uang memukau.

Kalau kamu ingin membeli tipe Yorkshire ini maka kamu harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Bisa diperkirakan ada yang 4,5 juta yang paling murah dan yang paling mahal adalah 10 juta saja untuk burung jantan. Berbeda harga jika kamu membeli burung betina bisa sampai 4,5 juta sampai dengan 6,5 juta.

Walaupun memiliki harga yang terbilang mahal, tetapi usahakan pilih yang sehat. Karena kamu tidak akan tahu mana jenis kenari yang benar – benar sehat atau sakit. Kalau kamu memilih burung yang sehat maka kamu bisa lebih mudah dalam memeliharanya. Dalam merawat burung, kebersihan adalah hal yang paling utama kamu lakukan.

2. Kenari Border

Foto Kenari Border
flickr.com

Tipe kenari Border ini merupakan burung yang termasuk burung yang disukai oleh banyak orang. Terlebih lagi burung ini memang sudah ada sejak abad ke 17 atau abad ke 18 saat itu burung berada di daerah perbatasan. Dimana daerah itu dinamakan Cumberland Fancy yang merupakan daerah perbatasan antara Skotlandia dan Inggris.

Sama seperti burung Yorkshire yang memiliki nama lain, maka jenis kenari Border ini memiliki nama lain yaitu serinus Canaria domesticus. Nama serinus canaria domesticus mulai disahkan tepatnya pada tanggal 5 Juni 1890.

Kalau dilihat badannya memang tidak oval melainkan bulat sedangkan ukurannya tidak terlalu panjang yaitu hanya 14 cm saja.

Warna pada burung kenari Border ini adalah kuning dan memiliki sedikit warna cokelat di mata dan sayapnya. Bahkan burung Border ini pernah mengisi salah satu burung yang berada di kartun Tweety. Kala itu, kartun Tweety hadir di salah satu saluran televisi. Burung ini terbilang pendiam dan pemalu.

Nah, kalau ingin tahu berapa harga dari jenis kenari Border ini yaitu 900 ribu untuk anakan saja. Berbeda kalau dewasa, biasanya harganya lebih mahal sekitar 1,6 juta saja. Tetapi setiap tahun memiliki peningkatan dan penurunan harga tergantung pada stok dan jenis burung tersebut.

Baca Juga: Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari dengan Mudah

3. Kenari Norwich

Gambar Kenari Norwich
youtube.com

Burung kenari tipe Norwich ini pertama kali ditemukan di wilayah Norwich, salah satu pemeliharaannya adalah orang Spanyol. Saking terkenalnya di kota Norwich, bahkan burung kenari Norwich sempat dijadikan salah satu logo klub Norwich City FC.

Burung ini juga memiliki dua versi dimana terdapat versi standar dan rambut jambul. Kenari Norwich ini memiliki ciri khas bentuk tubuh yang bulat berbeda dibandingkan burung yang lainnya.

Bahkan kamu bisa melihat bulu yang tebal terdapat pada tubuh jenis kenari Norwich ini. Bukan hanya itu saja, ukurannya hanya sampai 16 cm saja dan tidak lebih dari itu.

4. Kenari Roller

Foto Kenari Roller
youtube.com

Tipe kenari roller ini bisa dikatakan memiliki tempat asal dari Jerman karena burung ini berada di pegunungan. Salah satu keunggulannya adalah burung kenari roller memiliki suara yang merdu. Tentu berbeda dengan suara burung pada umumnya, melainkan burung kenari roller memiliki suara dengan kualitas tinggi.

Jenis kenari roller ini juga sering diikuti di berbagai kompetisi burung, selama memelihara pastikan burung tetap kamu latih.

Karena dengan melatih burung setiap saat, maka burung akan terbiasa dengan kicauan merdunya. Biasanya kamu bisa memutarkan suara melalui laptop atau DVD. Agar burung bisa meniru suara yang terdapat dalam DVD tersebut.

5. Kenari Gloster

Gambar Kenari Gloster
tumbral.com

Kalau burung kenari gloster ini memiliki ukuran yang pendek melainkan hanya 11 cm saja. Walaupun begitu tetapi burung ini memiliki tarif harga yang tinggi, kalau diperkirakan sekitar 500 ribu sampai dengan 1, 5 juta. Perlu kamu ketahui, burung kenari gloster ini memiliki tubuh yang tidak gampang sakit.

Tipe jenis kenari gloster ini memang memiliki warna kuning mendominasi sedangkan ada juga sedikit warna hijau. Bahkan tubuh kenari gloster ini terbilang kecil dibandingkan dengan burung kenari yang lainnya. Kenari gloster memiliki dua jenis yaitu kepalanya tidak ada rambut dan ada rambut berjambul.

6. Kenari Frill

Foto Kenari Frill
junkmail.co.za

Kenari Frill termasuk burung yang memiliki tempat asal dari Belanda. Burung ini memiliki ukuran yang cukup panjang yaitu 21 cm sedangkan lebar dari badannya adalah 29 cm. Terdapat jabot pada badannya dimana jabot ini merupakan bulu yang berbentuk bulat.

Kemudian ada fill yang merupakan bulu dari paha sampai sayap. Dan yang terakhir adalah mantel merupakan bulu yang terdapat pada punggung kenari Frill. Dimana harga kenari Frill ini terbilang mahal yaitu sekitar $50 sampai dengan $100.

Jenis Warna Kenari yang Bagus Untuk Dipelihara

Jenis Warna Kenari yang Bagus Untuk Dipelihara !
cakrawalarafflesia.com

Hingga saat ini burung kenari, masing menjadi salah satu primadona pasar burung yang ada di Indonesia. Walaupun banyak sekali jenis burung baru yang bermunculan, namun tetap saja popularitas burung ini, tetap ada.

Tidak hanya karena warnanya, namun karena suaranya yang merdu, membuat siapa saja senang memeliharanya. Berikut adalah beberapa jenis warna kenari yang bagus sekaligus mempunyai suara yang indah.

1. Burung Kenari Yorkshire

Burung kenari Yorkshire ini, adalah hasil persilangan dari kenari Lancashire dan kenari Belgia. Suara dari burung ini tidak kalah menarik dari burung kenari gacor lainnya. Tentunya hal ini tergantung dari pemilik yang memelihara serta melatihnya.

Adapun teknik perawatan dari burung ini juga tidak terlalu sulit, yang terpenting adalah membersihkan sangkarnya, agar tidak terlalu kotor. Dalam membuat sangkar, gunakan bahan yang kuat, dan besar, agar tidak mudah rusak.

Agar lincah, berikan makanan berupa biji-bijian, roti kering, atau juga makanan khusus untuk burung kenari. Mandikan secara berkala, terutama pada pagi hari, kemudian jemur di terik matahari, berikan juga program pemasteran, agar menghasilkan suara yang gacor, ketika kontes tiba.

2. Burung Kenari Border

Adapun jenis warna kenari yang bagus, dan juga mempunyai suara yang bagus berikutnya adalah Kenari Border. Selain mempunyai postur tubuh yang unik, ukuran burung ini juga cenderung kecil, yaitu sekitar 14 cm. Mempunyai bulu yang cantik, dengan rata-rata kuning kecoklatan.

Artikel Terkait: Cara Mengatasi Kenari Macet Bunyi yang Paling Manjur

Karakteristik burung ini adalah pendiam, dan pemalu, sehingga sedikit sulit untuk dikembangkan. Burung hasil persilangan antara Kenari Inggris dan Kenari Skotlandia ini, asalnya dari Cumberland Fancy.

Salah satu tips ketika Anda memelihara burung yang satu ini agar tidak mudah stres adalah, jangan mendekatkan burung jenis ini dengan Lovebird atau juga parkit.

3. Burung Kenari Color Bred

Burung kenari yang satu ini mempunyai karakter yang aktif, ditambah dengan warna bulunya yang cantik, membuat burung yang satu ini jadi salah satu rekomendasi untuk Anda yang ingin memelihara burung kenari cantik, dan mempunyai suara yang indah.

Tidak perlu khawatir masalah cara memeliharanya, karena burung yang satu ini tidak sulit untuk dipelihara, atau bahkan diternakkan. Panjang dari burung ini sendiri rata-rata hanya sekitar 14 cm saja, dengan, warna bulu-bulu yang cerah dan nyaman dipandang mata.

4. Burung Kenari Norwich

Satu lagi, burung kenari yang mempunyai bentuk tubuh yang unik, yaitu burung kenari Norwich. Karena bentuknya yang unik inilah, membuat burung yang satu ini mudah dikenali oleh siapa saja.

Ada 2 jenis burung Kenari Norwich, yaitu yang memiliki kepala polos dan yang mempunyai kepala standar. Bentuk tubuhnya agak bulat, bulunya tebal, bentuk dada lebar, punggung sedikit pendek, demikian pula dengan sayapnya.

Rata-rata warna bulunya hijau, namun ada juga yang mempunyai warna putih, atau juga kuning. Ukuran panjangnya sekitar 16 cm, jika dihitung dari kepala hingga ekor.

Kenari import memang umumnya mempunyai kualitas yang lebih baik dari kenari lokal, terutama dari segi bentuk dan keindahan tubuh, serta suaranya. Ini yang membuat harga kenari import jadi lebih mahal, dibanding kenari lokal.

5. Burung Kenari Panda

Nama kenari ini memang sangat unik, disebut demikian, karena gradasi warna pada burung yang satu ini memang mirip binatang Panda. Selain itu, burung yang satu ini selain dapat dijadikan sebagai binatang peliharaan juga dapat diikutsertakan dalam acara lomba, karena mempunyai suara yang menarik untuk didengar.

Selain beberapa jenis warna kenari yang bagus diatas, sebenarnya masih ada beberapa jenis burung kenari lainnya yang dapat Anda pelihara, mulai dari kenari Putih, Kenari Merah, Kenari Kuning dan yang lainya. Dalam hal ini Anda dapat memilih salah satu jenis burung yang dirasa paling tepat, dan sesuai selera Anda.

Jenis kenari memang memiliki berbagai ciri yang unik dan ada yang memiliki bulu dan badan yang berbeda – beda. Sehingga burung kenari memang layak sekali untuk dipelihara jika kamu menginginkannya.

Jenis Kenari

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.