Jenis Lovebird yang Indah dan Cantik, Dicari Para Pecinta Burung

Jenis Lovebird – Bagi sebagian kaum adam memelihara burung lovebird merupakan kegiatan selingan yang menyenangkan.  Tidak jarang dari hanya sekedar sebagai hiasan di rumah karena suara yang merdu dan bentuk fisik yang bagus.

Ada yang  termotivasi karena bisnis. Beternak burung jenis lovebird ini dianggap banyak mendatangkan keuntungan atau ingin mengikuti kompetisi, karena menawarkan hadiah yang menggiurkan.

Saat berkompetisi para pecinta burung inipun bisa saling bertukar informasi dan pengalaman dalam memelihara burung kesayangannya.

Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung yang akhir – akhir ini banyak diminati kaum pecinta burung. Selain warna bulunya yang indah dan berwarna warni, burung lovebird juga memiliki suara yang dipercaya bisa menghibur hati dan menenangkan hati yang mendengarnya.

Habitat Burung lovebird Besarta Harganya

Habitat Lovebird di Alam Liar
youtube.com

Beberapa jenis lovebird yang hidup liar di Afrika, dapat dijumpai di negara-negara seperti Tanzania, Namibia, Anggola, Madagaskar, Ethiopia dan masih banyak lagi negara di daratan afrika. Burung yang hidup di dalam lubang pepohonan atau lubang – lubang gua, merupakan burung yang hidup liar dan bebas.

Burung yang hidupnya berkoloni ini sangat digemari di Indonesia, banyak jenis burung lovebird yang ada saat ini merupakan hasil perkawinan silang dari berbagai jenis lovebird yang ada.

Harga yang lumayan tinggi dipasaran untuk burung lovebird tidaklah menyurutkan penggemar atau peminat burung ini. Harga jual burung ini kisaran dari 500 ribu rupiah hingga 22 juta rupiah yang  menjadi daya tarik tersendiri bagi peminat burung lovebird.

Jenis Burung lovebird

Jenis-jenis Burung Lovebird yang Paling Banyak Dicari
rumahmesin.com

Burung lovebird banyak diartikan sebagai burung cinta, burung yang hidup berkelompok dan menurut mitosnya dianggap sebagai burung yang memiliki kesetian cinta terhadap pasangannya.

Burung ini memiliki spesies yang banyak baik dari spesies yang asli maupun hasil perkawinan silang yang dilakukan oleh penggemar lovebird agar menghasilkan warna bulu yang lebih menarik. Berikut beberapa jenis lovebird :

1. Lovebird Nyasa

Harga Lovebird Kacamata Nyatas / lovebird Lilianae
hobiburung.org

Burung yang masuk dalam spesies Agapornis  dan memiliki nama lain yaitu lovebird Lilianae. Burung yang sangat terkenal di Tanzania, Zimbabwe dan Mozambik ini didominasi warna hijau disekujur tubuhnya kecuali dibagian kepala dan lehernya yang memiliki warna orange.

Memiliki paruh berwarna merah menjadikan burung ini sangat indah, burung  ini masuk dalam ras fischer karena memiliki panjang sekitar 13 cm.

2. Lovebird Pipi Hitam

Gambar Burung Lovebird Pipi Hitam / Lovebird Nigrigenis
pinterest.com

Burung  Lovebird Pipi Hitam atau yang disebut dengan Lovebird Nigrigenis, mempunyai warna hitam pada bagian muka dan warna kecoklatan yang tidak dominan dan terkesan samar pada bagian kepala belakang dan lehernya.

Jika tidak diperhatikan dengan seksama Lovebird pipi hitam sepintas mirip dengan lovebird topeng. Sama-sama mempunyai warna hitam pada bagian muka.

Baca Juga: Daftar Harga Burung Lovebird Terfavorit Pecinta Kicau

Burung yang memiliki panjang sekitar 14 cm ini banyak dijumpai di Zambia. Seperti kebanyakan jenis lovebird lainnya lovebird pipi hitam juga didominasi warna hijau di sekujur tubuhnya.

3. Lovebird Muka Salem

Foto Burung Lovebird Muka Salem / Agapornis roseicellis
informazone.com

Agapornis roseicellis atau disebut juga dengan Lovebird Muka Salem banyak dijumpai di Afrika selatan, di daerah Angola dan namibia.

Burung ini sangat mudah dikenali dengan memandang wajahnya yang berwarna salem dan dominasi bulu berwarna hijau pada tubuhnya. Tampilannya dipercantik dengan warna biru pada pantat, burung dengan panjang sekitar 17 cm ini merupakan jenis lovebird dengan ukuran kecil.

4. Lovebird Abisinia

Harga Burung Lovebird Abisinia
hobiburung.org

Untuk burung lovebird Abisnia memiliki ciri khas warna mata hitam pekat seperti kebanyakan yang dimiliki oleh burung gagak. Burung yang banyak dijumpai di pegunungan ini memiliki paruh berwarna kemerahan, dan sayap berwarna hitam.

Hal tersebut menambah ciri khas yang tegas seperti layaknya ciri burung jantan pada umumnya. Dengan panjang yang dimiliki sekitar 16 cm. Burung yang diketahui berasal dari Ethiopia ini juga di dominasi oleh bulu – bulu berwana hijau seperti kebanyakan burung lovebird pada umumnya.

5. Lovebird Madagaskar

Gambar Lovebird Madagaskar
hobiburung.org/

Burung lovebird madagaskar memiliki panjang sekitar 13 cm dan berat kisaran 30-35 gram dan menjadi burung terkecil untuk jenis lovebird. Dengan warna abu –abu di bagian kepala, dan abu soft atau abu – abu pucat pada bagian kaki dan paruh menjadikan burung ini berbeda dengan jenis lovebrid lainnya.

Warna sayap dan punggung berwarna hijau gelap ketika memasuki usia dewasa atau sudah tumbuh besar akan menjadi daya tarik tersendiri bagi lovebird madagaskar atau yang sering dikenal dengan istilah agaponis Cana.

6. Lovebird Kerah Hitam

Gambar Burung Lovebird Kerah Hitam / Agaponis swinderiana
bintanggacor.blogspot.com

Agaponis swinderiana  atau lovebird berkerah hitam memiliki panjang badan sekitar 13 cm, ciri khas yang menjadikan burung ini disebut lovebird kerah hitam. Dikarenakan pada bagian leher belakang mempunyai garis yang membentuk seperti pita atau kerah berwarna hitam.

Burung ini selain mempunyai bulu berwarna hijau di hampir sekujur tubuh. Untuk bulu pada lehernya berwarna coklat, sedang bulu pada bagian dada berwarna merah kecoklatan. Iris mata burung lovebird kerah hitam berwarna kuning dengan paruh dan kaki yang berwarna abu kehitaman.

7. Lovebird Fischer

Harga Burung Lovebird Fischer
medium.com

Untuk masyarakat Indonesia banyak yang memelihara burung lovebird fischer hal ini dikarenakan selain kicauannya yang dianggap paling merdu, burung ini juga memiliki warna yang sangat unik sehingga indah dipadang mata.

Burung yang diberi nama penemunya yang berkebangsaan Jerman yaitu Gustav Ficsher, memiliki ciri tertentu dimana paruhnya yang berwarna merah menyala dan sayap bagian atas berwarna hijau.

Dipadu dengan warna kuning emas bergradasi dengan warna orange gelap pada bagian leher dipertegas dengan ekor yang berwarna ungu gelap, benar – benar menjadi paduan yang menggoda mata penggemar burung lovebird.

8. Lovebird Muka merah

Gambar Lovebird Muka Merah
hobiburung.org

Warna merah yang sangat mencolok pada bagian wajah untuk lovebird muka merah jantan. Sedangkan untuk lovebird muka merah betina pada bagian wajah akan berwarna orange.

Membuat burung lovebird ini disebut dengan lovebird muka merah. Burung langka di Indonesia termasuk burung langka, memiliki panjang sekitar 15 cm walaupun tetap di dominasi bulu berwarna hijau pada tubuhnya.

Namun warna merah pada kepala atau mahkota sampai pada kelopak mata dan bagian atas perut dekat paruh, sungguh menjadikan burung ini memiliki daya terik tersendiri.

Untuk paruhnya sendiri memiliki warna yang berbeda antara jantan dan betina. Untuk lovebird muka merah jantan paruh akan berwarna merah terang dan betina paruhnya berwarna merah redup atau sedikit pucat.

9. Lovebird Biola

Gambar Burung Lovebird Biola
zenhobbies.net

Burung yang memiliki harga fantastis untuk sepasang burung lovebird biola indukan dengan bandrol Rp22.000.000,- menjadi kekuatan magis tersendiri bagi penggemar burung lovebird.

Burung yang berasal dari australia ini banyak dikembangkan karena memiliki kecantikan. Dengan warna merah di bagian kepala, leher dan dada bagian atas.

Warna hijau dibagian tubuhnya, serta warna hitam dan memiliki lis berwarna putih diujung sayapnya, serta ekor yang berwarna orange sangat menarik perhatian.

Dominasi warna merah pada burung lovebird biola ini menjadikan burung lovebird biola sangat menarik dan memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran.

10. Lovebird Parblue

Foto Burung Lovebird Parblue
petanisukses.com

Burung yang memiliki warna biru tosca pada badan dan sayapnya serta warna kuning di bagian kepala, mampu menggoda banyak peminat untuk memilikinya.

Burung ini dijual dengan harga 3 jutaan sampai 5 jutaan, bukanlah suatu hal yang terlalu mahal untuk jenis burung ini. Warna abu – abu dan putih pada bagian mata parblue semakin menambah kecantikannya.

11. Lovebird Albino

Harga Burung Lovebird Albino
abahtani.com

Para penggemar burung lovebrid sering melebelkan jenis burung lovebird Albino sebagai burung yang memiliki kelainan pigmen.

Hal ini dikarenakan sekujur tubuhnya yang hanya memiliki bulu berwarna putih termasuk, paruh dan kakinya serta sayap yang berwarna putih. Selain matanya yang berwarna merah. Harga dipasaran untuk burung lovebird albino ini dibandrol dengan harga dari Rp600.000,- sampai 1 juta.

12. Lovebird Kepala Elang

Gambar Burung Lovebird Kepala Elang
trovaztis.blogspot.com

Jenis langka dan sulit di budidayakan merupakan hal yang diketahui oleh penggemar burung lovebird kepala elang. Burung yang lebih populer dengan nama sable yang artinya lovebird kepala berwarna putih bersih.

Dipasaran burung ini memiliki harga jual berkisar antara 1,5 juta rupiah hingga 2 juta rupiah.

Itulah beberapa informasi mengenai jenis lovebird, lovebird memiliki perpaduan warna yang kontras dan cantik sehingga menjadikannya idaman setiap orang.

Suaranya yang khaspun menambah daya tariknya dan bagi pecinta burung, jenis burung ini sangat cocok untuk diadu kecantikan warna bulunya. Semoga informasi ini bermanfaat terimakasih.

Jenis Lovebird

Categories Burung

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.