Kucing Bengal

KUCING BENGAL – Banyak yang tidak mengetahui jenis kucing bengal, kucing jenis ini merupakan jenis kucing yang ada di daerah California. Semua itu karena kucing ini merupakan perkawinan antara kucing American Shorthair dengan kucing Asian Leopard. Meskipun tergolong dalam kucing hutan, namun perawatan kucing ini termasuk mudah.

Kucing jenis ini lumayan jarang dibahas di Indonesia, semua itu karena selain asalnya bukan dari Indonesia. Peminat kucing di Indonesia masih jarang membahas kucing yang satu ini. Tubuh kucing ini termasuk lebih panjang dan kuat daripada kucing lainnya.

Selain itu untuk bulu, perawatan kucing ini memerlukan perawatan khusus layaknya anggora dan juga Persia. Sebelum membahas kucing ini lebih dalam, ada baiknya mengetahui dulu sejarah kucing ini, sehingga tahu dan akan menambah wawasan mengenai kucing ini.

Sejarah Singkat Mengenai Kucing Bengal

Sejarah Singkat Mengenai Kucing Bengal
gambar kucing bengal – simplypets.com

Perkawinan silang dari kucing American Shorthair dan Asian Leopard ini lebih dikenal dengan kucing bengal, yang mana kucing ini merupakan keturunan ketiga.

Awal kemunculan kucing ini dikarenakan seorang ahli genetic ingin mendapatkan kucing jenis baru dengan pola bulu spotted wild cat. Nama bengal ini sendiri berasal dari istilah Bengal tiger cat karena diambil dari bahasa latin leopard itu sendiri.

Seperti keturunan aslinya, kucing ini memiliki perawakan tubuh yang besar dan kuat serta otot lengan yang kekar. Namun sebagai kucing domestic yang diperuntukkan untuk dipelihara, kucing ini memiliki bulu yang lembut dan juga wajah yang imut.

Meskipun perawakannya seperti leopard pada umumnya, namun kucing ini lumayan banyak dicari oleh pecinta kucing.

Untuk yang menyukai karakteristik kucing yang menyukai kebersihan, maka kucing ini bisa menjadi salah satu contohnya. Kucing jenis ini tidak takut akan air malah ia sangat menyukainya. Sehingga banyak yang menyukai jenis kucing ini.

Namun harus diingat kembali jika kucing ini merupakan jenis kucing liar hutan yang memiliki perbedaan dengan kucing ras pada umumnya, sehingga tentunya jangan disamakan dengan kucing biasa.

Kucing ini memiliki beberapa corak khusus pada tubuhnya, salah satu contohnya arrow rossetted dan reduced pattern horizontal flowing marble.

Spot seperti ini hanya bisa ditemukan di kucing jenis ini saja ditambah pula kucing ini memiliki bobot hingga 10 kg untuk jantan serta 5 kg untuk betina. Menambah minat para pecinta kucing yang ingin memiliki kucing ras satu ini.

Perawakannya memang berbeda dengan kucing local, namun pemeliharaannya hampir sama. Yaitu membiarkannya bergerak aktif dimanapun, dapat juga membebaskannya tanpa kandang namun siapkan berbagai permainan agar tidak membuatnya setress.

Kucing ini hampir serupa dengan perawakan leopard pada umumnya maka dari itu jangan diperlakukan seperti kucing ras yang diperuntukkan untuk peliharaan rumahan.

Harga Kucing Bengal Berdasarkan Jenis dan Karakteristik

Harga Kucing Bengal Berdasarkan Jenis dan Karakteristik
kucing bengal harga – thebengalconnection.com

Kucing ini memiliki daya tahan yang tinggi sehingga tidak perlu terlalu sering divaksin. Namun karena jenisnya yang banyak dan populasinya masih sedikit, menjadikan kucing ini lumayan mahal dan hanya dimiliki oleh sebagian orang saja dikarenakan hal itu.

Biasanya penyuka kucing akan lebih paham mengapa kucing ini memiliki harga tergolong tinggi daripada orang awam. Ditambah jika ada yang sudah mengetahui tentang perawatan kucing ini yang lumayan susah.

1. Silver Marble Mix Oriental Siam

Jenis kucing yang satu ini sudah dipatok harga 2 jutaan untuk yang berumur 7 bulan, memang cukuplah tinggi harganya.

Semua itu karena selain karena jenis kucing ini sendiri sudah lumayan mahal, peranakan kucing jenis ini merupakan campuran perkawinan silang antara kucing bengal dan oriental siam juga. Sehingga perawakan kucing memiliki sedikit tambahan dari kucing siam.

2. Kucing Bengal Anakan

Jika ada yang ingin memelihara kucing ini dalam bentuk masih bayi atau anakan kecil, kucing jenis ini dibandrol harga 5 juta untuk satu ekornya.

Kucing yang masih anakan biasanya akan lebih mudah untuk membiasakan diri di rumah pemiliknya karena belum terlalu mengenal dunia luar. Namun tetap persiapkan mental bahwa kucing ini merupakan kucing liar yang aktif sehingga membutuhkan ruangan yang memadai untuk bermainnya.

3. Bengal Putih

Pastinya sudah mengetahui corak asli dari kucing jenis ini, yang terkenal dengan keunikannya. Kucing ini memiliki corak mirip seperti leopard sehingga dapat mudah dikenali.

Jenis kucing yang satu ini lumayan langka sehingga jangan salah jika dibandrol harga sebesar 15 juta rupiah untuk satu ekor kucing berumur 7 bulan. Kucing ini pastinya menjadi incaran penyuka kucing karena jenisnya yang unik dan langka.

4. Kucing Bengal Asli

Perawakan kucing jenis ini yang sering banyak dicari. Di usia kucing 3 sampai 6 bulan saja kucing ini sudah diberi harga sebesar 10 hingga 40 juta. Harga ini setara dengan jenis kucing yang banyak dicari ini dan juga perawatannya yang sama menyulitkan dengan kucing Persia atau anggora.

5. Bengal Import Bersertifikat Jumbo

Jika kucing jenis biasa dibandrol harga 10 hingga 40 juta untuk usia 3 sampai 6 bulan, maka untuk ukuran bengal import jumbo serta bersertifikat dibandrol harga 10 sampai 15 juta untuk usia 3 bulan. Tentu saja ini harga yang sepadan untuk memiliki kucing jenis ini dengan versi tubuh lebih jumbo dan juga bersertifikat.

Tips Pemeliharaan Kucing Bengal

Tips Pemeliharaan Kucing Bengal
fakta kucing bengal – icatcare.org

Setelah mengetahui berbagai jenis kucing bengal serta harganya, maka selanjutnya adalah membahas mengenai tips pemeliharaan kucingnya. Karena spesies kucing ini tergolong kucing aktif berbulu lebat, maka ada beberapa tips khusus dalam pemeliharaannya.

1. Rajin Membersihkan Bulu Kucing

Perlu diketahui yang menjadi hal utama pada kucing ini adalah kebersihannya semua itu karena ciri khusus kucing jenis ini adalah pada bulunya. Maka pemiliknya haruslah menjaga serta merawat bulunya.

Baca Juga: Cara Merawat Kucing Sphynx dengan Benar

Cukup sisir dengan menggunakan sikat khusus bulu kucing selama 5 menit saja dan perhatikan pola mandi kucing. Untuk memandikan dan menyisir bulu kucing dapat dilakukan di rumah setiap 1 minggu sekali untuk menjaga bulu agar tidak rontok.

2. Memberi Makan yang Bernutrisi

Untuk makanan, kucing ini tidak memiliki perbedaan dari kucing lainnya, makanan kucing jenis ini dapat  disamakan dengan kucing lainnya asal bernutrisi. Hal ini agar menjaga bulu kucing menjadi tidak rontok nantinya. Senantiasa juga beri vaksin pada kucing setiap satu bulan sekali untuk menjaga metabolisme kucing selama di bermain.

3. Ajak Bermain 

Kucing jenis ini terkenal sebagai kucing yang aktif untuk itu kucing ini diharuskan untuk memiliki mainan khusus agar merangsang keaktifannya itu. Selain itu kucing ini merupakan kucing yang suka bermain pada pemiliknya, usahakan untuk bermain bersama kucing agar kucing dapat merasa nyaman dekat pemiliknya.

Ajak juga kucing berjalan-jalan agar kucing dapat mengenali lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat merangsang daya keaktifan kucing lebih jauh.

Kucing Bengal Asli untuk Peliharaan Unik di Rumah

Kucing Bengal Asli untuk Peliharaan Unik di Rumah
animalfriends.co.uk

Dari banyaknya hewan yang ada di dunia, kucing merupakan salah satu jenis hewan yang banyak digemari dan dicintai oleh manusia untuk jadi hewan peliharaan. Hal ini juga terbukti dengan meningkatnya jumlah kucing di Jakarta pada tahun 2018 hingga mencapai 29.508 ekor.

Namun, dari banyaknya kucing yang ada di Jakarta bahkan di Indonesia, populasi untuk kucing Bengal asli di Indonesia belum terlalu banyak.

Kucing Bengal adalah kucing yang berasal dari Amerika dan merupakan keturunan dari persilangan antara American shorthair dengan Asian leopard.

Jenis ini kucing ini memiliki bulu yang sangat mirip dengan leopard namun berbentuk seperti kucing normal. Bulunya yang bagus dan cantik inilah yang membuat banyak orang jatuh cinta dengan kucing Bengal asli.

Perlu Diketahui Calon Pemilik Mengenai Kucing Bengal

Hal yang Perlu Diketahui Calon Pemilik Mengenai Kucing Bengal
petspruce.com

Meskipun memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, namun jumlah pemilik kucing Bengal di Indonesia tidak banyak.

Hal ini dikarenakan populasi kucing Bengal asli sendiri yang belum banyak serta harga belinya yang sangat mahal. Untuk bisa merawat kucing jenis ini, calon pembeli harus menyiapkan paling tidak Rp20.000.000 – Rp40.000.000 untuk membelinya.

Selain harganya yang mahal, waktu pemesanan untuk jenis kucing ini juga cukup lama. Karena biasanya kucing ini harus didatangkan dari luar negeri.

Sambil menunggu kedatangan kucing Bengal, ada baiknya untuk mengetahui sifat-sifat kucing Bengal yang akan dimiliki. Berikut adalah ciri-ciri serta sifat dari kucing Bengal:

1. Pola dan Warna Bengal

Salah satu hal yang membuat kucing Bengal menarik adalah pola dan warna bulu yang berbeda dengan kucing pada umumnya.

Kucing ini memiliki pola seperti kulit atau pola leopard yang memberikan kesan liar namun mewah pada kucing tersebut. Pada umumnya, warna kucing ini  berwarna coklat cinnamons dengan bintik-bintik hitam pada badannya.

2. Pecinta Air

Jika kucing lain tidak suka dengan air, maka berbeda dengan jenis kucing hutan ini. Kucing Bengal asli sangat mencintai air, bahkan suka membasahi seluruh tubuhnya.

Hal ini dikarenakan kucing ini memiliki keturunan sebagai kucing yang aktif sehingga tidak mudah takut dengan sesuatu termasuk air. Sifat ini tentunya memberikan keuntungan bagi para pemiliknya karena memudahkan proses mandinya,

3. Pintar, Aktif, dan Pemberani

Salah satu alasan mengapa kucing Bengal sangat aktif adalah karena memiliki intelegensi diatas rata-rata kucing lainnya. Jadi, kucing jenis ini lebih suka bermain dan bergerak dibandingkan hanya berdiam diri di dalam rumah. Sama seperti anjing, kucing Bengal bisa diajarkan trik-trik umum seperti mengambil makanan atau mainan tertentu.

4. Postur Tubuh Besar

Jangan berharap bahwa kucing ini akan memiliki badan yang imut dan kecil. Karena pada dasarnya, kucing Bengal memiliki postur tubuh dan berat yang cukup besar.

Perawakannya yang besar membuatnya tampak gagah dibandingkan dengan kucing yang lainnya. Berat kucing Bengal dewasa bisa mencapai 5 kg untuk betina dan 10kg untuk betina.

5. Berbulu Rapat dan Halus

Kelebihan lain dari kucing Bengal adalah bulunya yang rapat dan halus meskipun tergolong kucing liar atau kucing hutan. Oleh karena itu, ketika memutuskan memelihara kucing ini, pastikan untuk menyiapkan biaya perawatannya juga. Karena biaya perawatan kucing ini sama tidak murahnya dengan harga belinya.

Jadi, itulah beberapa sifat kucing Bengal asli yang perlu diketahui oleh para calon pembeli. Selain memiliki karakteristik dan sifat yang unik, kucing ini juga tergolong kucing kuat dan pemberani. Namun, pastikan juga untuk mempersiapkan anggaran yang besar untuk membeli dan merawat kucing Bengal.

Itulah penjelasan mengenai kucing bengal yang dapat menjadi informasi bagi yang ingin memeliharanya. Merawat kucing jenis ini lumayan susah-susah gampang karena sifatnya yang campuran antara kucing ras dengan kucing hutan sehingga membutuhkan perhatian lebih yang tidak boleh dilewatkan. Kucing ini tidak boleh dibiarkan stress dalam ruangan saja sehingga perlu untuk diajak berpergian keluar rumah.

KUCING BENGAL

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.