Kucing British Shorthair yang Lucu dan Menggemaskan

Kucing British Shorthair – Kucing adalah hewan lucu yang paling menggemaskan dan menjadi karakter hewan yang membuat semua masyarakat dari seluruh dunia sangat menyukainya. Salah satunya adalah kucing British Shorthair.

Alasan masyarakat memilih untuk merawat dan mencintai kucing jenis ini, sebagai hewan peliharaan karena bentuk badannya yang gembul dan matanya yang bulat. Sehingga menyenangkan hati.

Kucing ini dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada umumnya juga disebut dengan nama kucing berbulu pendek.

Apabila dikaji dari literatur cerita hidupnya adalah jenis kucing dengan ras tertua yang masih mempunyai hubungan erat bersama kehidupan para nenek moyang. Dari keluarga bangsa Romawi yang dahulu adalah bangsa besar yang menguasai kawasan Inggris.

Diantara jenis kucing lainnya, kucing british shorthair atau kucing gendut berbulu pendek ini merupakan kucing yang selalu menjadi ikon dalam dunia kontes kucing dunia. Alasannya karena kucing ini mempunyai ciri -ciri yang berbeda dari kucing lainnya. Seperti warna bulu yang beragam yaitu black, white, brown, dan grey lembut tosca.

Sejarah Kelahiran Kucing British Shortair Si Bulu Pendek

ciri ciri kucing british shorthair asli
pinterest.com

Sejarah kelahiran kucing British Shorthair adalah berawal saat kemajuan kehidupan bangsa Romawi sudah menguasai hampir keseluruhan di Benua Eropa.

Dimana ketika itu muncullah perkembangan pada bidang ilmu pertanian yang sangat subur. Namun permasalahan yang timbul dari bangsa romawi adalah ketakutan terhadap jenis hama yang menyerang seperti tikus-tikus di daratan.

Sehingga agar kenyamanan dan kelestarian pada pertanian milik masyarakat Romawi terjaga. Maka dipilihlah jenis hewan terbaik yaitu kucing untuk menjadi hewan penjaga pertanian.

Serta pemburu handal bagi para tikus yang menyerang pertanian milik masyarakat Romawi tersebut. Kucing berbulu pendek ini dibawa dari negara asalnya dan disebut sebagai hewan penjaga yang disayangi.

Hal lain yang kemudian berhasil memunculkan stigma baru sehingga kucing jenis ini menjadi salah satu kucing dengan harga ekspensive.

Ketika saat bangsa Romawi pergi meninggalkan daratan Eropa banyak kucing-kucing tersebut di terlantarkan begitu saja dan tinggal di gudang – gudang. Akan tetapi masyarakat Eropa seketika tertarik karena bentuknya sangat cantik.

Karakteristik Kucing Britis Short Hair yang Harus Dipahami

foto kucing british shorthair
petsnurturing.com

Berikut ini beberapa karakteristik yang perlu dipahami jika hendak merawat dan membesarkan jenis kucing british shorthair agar mempunyai bentuk badan ideal dan sehat bugar. Yaitu :

1. Bobot Berat Badan yang Super Gemuk

Keunggulan pertama dari kucing british shorthair adalah mempunyai berat badan atau bobot yang super gemuk. Dimana, kucing ini mempunyai bulu yang pendek lebat dengan kapasitas beratnya adalah 4 sampai 8 kilogram untuk setiap satu ekornya. Inilah yang membuat pada postur badan hewan ini jadi sangat padat sekali serta kuat,

Dan juga kucing ini mempunyai otot yang kokoh pada di area dadanya, sementara di pinggul dan bahu lebih lebar, pada kucing ini betina berat badannya 5-7 kilogram dan jantan yaitu 6-10 kilogram.

Mengapa terlihat lucu karena bentuk kepala yang cenderung bulat disertai dengan pipinya yang cubby. Serta hidung pesek tanpa memperlihatkan adanya lekukan dengan dagunya bulat .

2. Telinga dan Mata yang Unik Serta Lucu

Keunikan selanjutnya yang dimiliki oleh jenis kucing berbulu pendek ini adalah mempunyai telinga dengan ukuran yang sedang namun sedikit kecil serta agak lebar di bawahnya dengan posisi bulat melengkung.

Lucunya lagi pada kucing jenis ini pada setia telinga kucing ini. Memiliki jarak sedikit cukup jauh apabila dibandingkan dengan mata yang besar bulat.

3. Warna Bulu yang Indah Menggemaskan

Ketiga. Yang menjadi keunggulan kucing british shorthair ini banyak diminati oleh seluruh masyarakat dunia dan ditetapkan pula sebagai kucing dengan aneka beragam warna.

Terdiri dari warna cooper, gold, ood eyes,  biru, dan hitam. Dengan kualitas terbaik maka ketika membawanya dibutuhkan sertifikat. Namun warna yang paling baik dan diminati adalah gold.

4. Kaki Pendek dan Berotot

Keunggulan terakhir yang dimiliki kucing imut ini adalah memiliki kaki yang kecil namun lincah dan berotot kuat. Sehingga walaupun pendek tapi sangat kokoh dalam menopang bentuk badannya yang besar dan gemuk tersebut. Tidak hanya itu, kucing ini  mempunyai jari dan cakar gendut kokoh. Ditambah dengan ekor yang lebat dan panjang.

Baca Juga: Kucing Munchkin: Sejarah, Ciri-Ciri dan Cara Merawatnya

Jenis – Jenis Makanan Terbaik Untuk Kucing Brithisair

harga kucing british shorthair asli
centralhousinggroup.com

Walaupun kucing ini mempunyai postur badan yang besar dan gemuk, namun ternyata apabila kucing ini terlalu gemuk justru akan memberikan penyakit kepada jenis kucing tersebut.

Salah satunya adalah penyakit diabetes yang sangat menyakitkan. Sehingga jika ingin merawat kucing ini dengan benar, harus memperhatikan jenis-jenis makanan yang akan diberikan. Diantaranya yaitu :

1. Equilibro Adult Cats

Jenis makanan pertama yang bagus untuk pertumbuhan kucing adalah snack ikan sehat Equilibro Adult Cats, yang mengandung omega 3 & 6 dan 30 persen protein.

Baik bagi pertumbuhan kucing agar  memiliki bentuk badan yang  padat. Apalagi jenis snack ini mengandung 20 persen lemat dengan teksturnya yang kibble dan empuk saat dikunyah.

2. Pro Plan Adult Sterilised Weight Loss with Optirenal

Makanan selanjutnya yang merupakan makanan jenis basah ikan tuna yang baik untuk kucing british shorthair air adalah Pro plan adult sterilised weight loss with optirenal.

Dimana Makanan ini bagus bagi kucing yang memiliki bobot terlalu gemuk. Sehingga mampu menekan berat badannya agar tidak obesitas. Makanan ini mengandung vitamin A, E, dan C .

3. Romayal Canin Veterinary Diet Recovery

Makanan selanjutnya yang baik bagi pertumbuhan kucing ini adalah Romayal Canin Veterinary Diet Recovery. Yang mana ini adalah jensis makanan yang baik bagi kucing bulu pendek.

Agar mampu menahan berat badannya dalam proses pendietan. Ini mengandung ikan dan seafood  yang bagus bagi pencernaan kucing yang sedang sakit atau habis operasi.

4. Blackwood Kitten Food Chicken Meal & Brown Rice Recipe

Makann berikutnya yang banyak digunakan oleh pemilik kucing lucu jenis british adalah Blackwood kitten food chicken meal & brown rice recipe.

Merupakan snack ringan alami sebagai makanan cemilan bagi kucing yang mengandung banyak manfaat dari ayam dan bersih putih. Ini  cocok bagi anak kucing yang mengalami pertumbuhan.

Harga Kucing Jenis British Hair

fakta kucing british shorthair
eskipaper.com

Bagi pecinta kucing, inilah harga kucing jenis British di pasaran pada tahun 2020, yaitu pada jenis kucing jantannya atau yang disebut dengan Scottish straight turunan british PED ICFA dijual dengan harga 18.000.000.

Untuk british jenis short hari red dijual perekornya dengan harga 3.500.000. Sedangkan untuk british dengan warna hitam dijual 20.000.000.

Untuk british sepasang dengan satu anak dijual dengan harga 25.000.000. sementara untuk britis short hair campuran persia jantan satu tahun dijual 850.000. British warna abu – abu dijual 35.000.000.

Untuk warna white solid jantan dijual 40.000.000. Lalu, untuk warna gold dijual 40.000.000. Kemudian, untuk jenis betina silver dijual 30.000.000 british merah tabby dijual 3.500.000.

British jenis bloddline good jantan dan betina dijual 10.000.000, lalu untuk british jenis Amerika dengan warna hitam dijual 500.000.

Sementara itu british rambut pendek dengan kualitas terbaik balita ICA LO International Champion gold and grey dijual perekornya 35.000.000. Dan terakhir pada jenis british betina yang sedang hamil, dijual 7.500.000 perekor.

Cara Perawatan Kucing British shorthair

gambar kucing british shorthair
wallpaperscraft.com

Informasi penting lainnya adalah terkait cara perawatannya. Berikut ini cara perawatan kucing british yang benar, dan harus diimplementasikan adalah sebagai berikut, yaitu :

1. Berikan Makan dengan Waktu dan Takaran yang Tepat

Perawatan pertama yang harus dilihat adalah memberikan makan dengan takaran yang tepat dan waktu yang sesuai.

Sehingga dalam hal ini perhatikan label pada makanan dan lihat usia dari kucing tersebut, karena jika salah dalam memberikan makanan ini akan menyebabkan kefatalan. Terlebih lagi jangan biarkan dalam takaran banyak agar tidak obesitas.

2. Carilah Tempat Makan dan Minum yang Steril

karena harga kucing ini sangat ekspensif, maka yang perlu diperhatikan tidak hanya persoalan pada takaran makan dan waktu yang pas saja.

Akan tetapi juga tempat pada makanan dan minumannya harus benar – benar steril dan bersih dan jauh dari kotoran apapun. Karena ini juga akan mempengaruhi perkembangan pada proses penggemukan.

3. Membersihkan Bak Pasir Satu Minggu Sekali

Langkah selanjutnya dalam merawat kucing jenis ini adalah rutin membersihkan bak pasir dalam waktu satu minggu sekali. Tujuannya adalah agar pasir selalu bersih dan kotoran pada kucing tidak membeku dalam waktu terlalu lama. Hal ini dikarenakan kucing jenis ini adalah hewan yang sangat selektif dalam menjalani kehidupan sehari – hari.

4. Merawat Bulu Agar Halus dengan Baby Oil

Karena kucing jenis ini mempunyai jenis bulu yang mudah kusut dan kering, maka perawatan tidak hanya dengan menggunakan sampho terbaik, namun juga menggunakan baby oil yang diaplikasikan dengan menggunakan kapas pada setiap sore harinya, ini akan membantu bulu kucing agar selalu lembut dan terjaga  dengan baik warna menjadi cantik dan cerah.

Itulah tadi informasi tentang kucing british shorthair, semoga ini menjadi ilmu yang bermanfaat, dan tentu saja menjadi berita menyenangkan bagi para penggemar kucing untuk selalu berhati – hati dan teliti dalam menjaga kesehatan kucingnya, intinya dalam menjaga kucing ini jangan pelit dalam mengeluarkan biaya. Selamat mencoba dan tetap bersemangat selalu.

Kucing British Shorthair

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.