Kucing Exotic Shorthair

Kucing exotic shorthair merupakan salah satu kucing peliharaan populer. Menurut Cat Fanciers’ Association, kucing exotic masuk ke dalam 10 kucing paling populer 2019. Kucing ini menempati posisi nomor 2 di bawah kucing ragdoll. Untuk mengetahui lebih jauh tentang exotic shorthair, berikut ulasannya.

Asal Usul dan Karakteristik Kucing Exotic Shorthair

Asal Usul dan Karakteristik Kucing Exotic Shorthair
thesprucepets.com

Berasal dari Amerika, kucing jenis ini merupakan persilangan dari 2 kucing ras, yaitu persia dan bulu pendek amerika. Penyilangan ini berawal pada tahun 1950 dari keinginan memunculkan jenis baru dari persia dengan ciri bulu lebih pendek. Sebenarnya persilangan juga dilakukan dengan beberapa kucing ras lain, namun ini dihentikan sejak 1987.

Persilangan ini menghasilkan kucing dengan bulu yang lembut, padat, dan berdiri. Selain itu, bulunya menjadi lebih pendek daripada ras persia, namun tetap lebih panjang dibandingkan kucing yang memang berbulu pendek. Kaki dan lehernya yang juga pendek membuat tubuh kucing ini terkesan gembul.

Dari sisi wajahnya, exotic shorthair memiliki dahi yang lebar serta hidung yang pesek. Jika dilihat-lihat, terkadang agak mirip juga dengan anjing bulldog. Sementara matanya tampak besar dan bulat.

Sementara untuk kepribadiannya, kucing ini cukup mirip dengan persia yang manja. Exotic shorthair juga sangat penyayang. Namun, ia juga tidak terlalu menuntut perhatian secara terang-terangan. Misalnya hanya dengan duduk di pangkuan atau memandangi tanpa henti.

Kucing ini juga ceria dan suka bermain-main. Orang-orang mungkin lebih suka kucing betina karena mengira betina akan lebih manis. Kenyataannya, untuk exotic shorthair, kucing jantan justru lebih penyayang sementara kucing betina lebih senang menyendiri.

Varian Warna Kucing Exotic Shorthair

Varian Warna Kucing Exotic Shorthair
prettylitter.com

Terdapat beberapa varian warna dari kucing exotic shorthair. Warna-warna ini terbagi ke dalam beberapa divisi yang di dalamnya terdapat pembagian lagi. Berikut beberapa pembagian warna oleh Cat Fanciers’ Association yang disertai dengan standar karakteristiknya.

1. Warna Solid

Untuk warna solid, terdapat 7 varian warna yang mungkin dimiliki seekor exotic shorthair. Warna-warna tersebut adalah putih, biru, hitam, merah, krem, coklat, serta ungu. Exotic shorthair dengan warna solid rata-rata memiliki mata berwarna tembaga. Untuk bantalan kakinya rata-rata berwarna merah muda, kecuali pada varian biru, hitam, dan merah.

2. Keemasan dan Keperakan

Untuk divisi warna ini, ada 8 kelompok terstandar. Warna keemasan dan keperakan masing-masing terbagi menjadi 4 dengan keterangan tambahan yang sama. Dirincikan sesuai penamaan bahasa Inggrisnya, warna keperakan terbagi menjadi chinchilla silver, shaded silver, blue chinchilla silver, dan blue shaded silver.

Baca Juga: Jenis Kucing Persia yang Sering Dijadikan Peliharaan

Sementara warna keemasan juga terbagi menjadi 4. Ada chinchilla golden, shaded golden, blue chinchilla golden, dan blue shaded golden. Dua varian awal biasanya memiliki lapisan bawah berwarna seperti madu pucat hingga aprikot cerah. Sementara 2 lainnya berwarna krem.

3. Smoke and Shaded

Warna dari divisi ini sangat banyak variannya, yakni sekitar 30 macam. Tetapi rata-rata memiliki lapisan bawah berwarna putih. Sebagian lagi berujung dengan warna lain. Warna tembaga pada bagian mata merupakan kesamaan ciri dengan exotic shorthair berwarna solid.

Beberapa varian warna yang termasuk divisi ini di antaranya shell cameo, shade cameo, shell cream, shaded lilac, serta lilac smoke. Exotic shorthair dengan warna tersebut memiliki warna bantalan kaki cenderung merah muda.

Sementara untuk shell black dan shaded black memiliki bantalan kaki yang juga hitam. Bantalan kaki untuk shell blue dan shaded blue juga memiliki warna tubuhnya. Salah satu yang unik adalah tortoiseshell smoke yang memiliki pola seperti kulit penyu di beberapa bagian.

4. Tabby

Varian tabby juga cukup banyak meskipun tidak sebanyak smoke and shaded. Untuk varian ini, bagian tubuh kucing lebih bermotif. Misalnya saja pada classic tabby pattern, tubuhnya memiliki tanda garis-garis seperti gelang. Selain itu, juga terdapat bercak-bercak yang dikelilingi garis membentuk cincin.

Sementara mackerel tabby pattern ditandai dengan berbagai garis di mata, kepala hingga ke bahu, serta tulang belakang. Ini berbeda dengan spotted tabby pattern yang memiliki pola tutul. Namun sama-sama memiliki tanda M di dahi.

Ketiga motif dasar tersebut kemudian terbagi lagi ke dalam warna-warna yang berbeda. Misalnya biru, merah, coklat, krem, keperakan, hingga keunguan. Semua motif bisa memiliki warna apa saja.

Perawatan Kucing Exotic Shorthair

Perawatan Kucing Exotic Shorthair
petsbuyandsell.com

Sebagaimana kucing peliharaan pada umumnya, kucing exotic shorthair juga perlu perawatan yang baik untuk membuatnya tetap merasa nyaman. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan di antaranya adalah makanan, kebersihan, serta kesehatannya.

1. Makanan

Kucing ras peliharaan biasanya diberi makanan buatan yang telah dikemas di pabrik. Makanan kemasan dipilih karena kandungan gizinya sudah tersedia dan mempunyai takaran yang jelas. Protein dan kalsium merupakan contoh zat gizi penting yang dibutuhkan oleh exotic shorthair. Kandungan tersebut bagus untuk gigi dan tulangnya.

Selain makanan kemasan, makanan alami pun bisa diberikan, asalkan memiliki kandungan gizi yang baik. Contohnya seperti ikan dan daging yang tentunya mengandung protein tinggi.

Keju juga merupakan pilihan yang bagus untuk kucing exotic shorthair. Sementara untuk minumnya, pastikan air yang diberikan bersih sehingga tidak mengganggu pencernaannya.

2. Kebersihan Tubuh dan Kandang

Pembersihan bulu merupakan sesuatu yang tidak boleh terlewatkan dalam pemeliharaan kucing exotic shorthair. Bulunya yang pendek tidak menjadi alasan untuk tidak dirawat. Penyisiran yang dilakukan secara rutin akan mencegah bulu menjadi kusut dan rontok.

Artikel Lain: Kucing Scottish Fold

Selain itu, perawatan bulu tersebut juga dilakukan untuk mencegah kontaminasi bakteri atau kuman yang mungkin saja menginfeksi si kucing. Hal ini dilakukan mengingat kucing mempunyai kebiasaan menjilati tubuhnya sendiri. Karena itu pula, mandi dan berjemur juga bisa menjadi kegiatan perawatan tubuh.

Tidak hanya tubuhnya, kandang juga merupakan bagian yang tidak boleh luput untuk dibersihkan. Hal-hal yang perlu dibersihkan misalnya seperti remah-remah sisa makanan dan tumpahan minuman. Tempat pembuangan kotoran pun harus sering dibersihkan agar menjadi exotic shorthair tetap higienis.

3. Kesehatan

Untuk menjaga kesehatan dan staminanya, kucing exotic shorthair perlu juga untuk diberi asupan vitamin tambahan. Pemberian vitamin ini bisa dilakukan dengan mengunjungi dokter hewan bersamaan dengan pemberian vaksin. Cara lainnya adalah dengan mencampurkannya dengan minuman kucing sehari-hari.

Mengidentifikasi berbagai gangguan kesehatan yang mungkin dialami oleh kucing peliharaan juga dapat membantu untuk melakukan tindakan preventif. Misalnya hilangnya nafsu makan serta cenderung lesu dan tidak bersemangat. Biasa jadi masalah ada pada mulut dan giginya.

Harga Kucing Exotic Shorthair

Harga Kucing Exotic Shorthair
jooinn.com

Di Indonesia, kucing jenis ini memiliki harga yang cukup tinggi. Keberadaannya yang belum sebanyak persia menjadi salah satu penyebab tingginya harga tersebut. Meskipun begitu, rentang harganya sangat bervariasi tergantung umur, warna, dan berbagai faktor lainnya. Kisarannya adalah sekitar 2 juta hingga 20 juta rupiah.

Kucing exotic shorthair merupakan peliharaan yang cocok bagi yang menginginkan kucing ras semacam persia namun tidak punya waktu dalam perawatan. Bulunya yang pendek menjadikannya lebih mudah dirawat. Meskipun begitu, kucing jenis ini tetap memiliki tampilan yang lucu dan menggemaskan serta berkelas.

Kucing Exotic Shorthair

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.