Kumpulan Fakta Mengejutkan Kucing Kembang Telon

Kucing Kembang Telon – Pecinta kucing tentu sudah tak asing dengan salah satu jenis yang cukup berbeda dari kucing kebanyakan yaitu kembang telon. Kucing ini memiliki beberapa mitos yang dipercaya bahkan di negara-negara maju seperti Jepang dan AS sekalipun.

Disebut kucing kembang telon karena terdapat tiga warna bulu sekaligus yang tidak bercampur sehingga menjadi corak tersendiri. Hal ini tidak terjadi pada kucing lain yang memiliki satu atau dua warna saja. Dibalik toga warnanya tersebut, kucing ini memiliki banyak fakta lain yang mengejutkan.

Fakta Mengejutkan Kucing Kembang Telon

fakta mengenai kucing kembang telon
hype.grid.id

Banyak fakta unik kucing ini yang membuatnya berbeda dari kucing kebanyakan. Menemukannya adalah keberuntungan karena tidak banyak jenis kucing yang terlahir dengan tiga warna sekaligus. Fakta yang yang membuatnya spesial diantaranya.

1. Kembang Telon Bukan Ras

kucing kembang telon bukanlah kucing ras
jualkucingkembangtelonjantan.blogspot.com

Sebagian orang menganggap kucing kembang telon adalah nama ras kucing. Namun sebenarnya nama ini bukanlah ras melainkan nama dari warnanya yang terdiri dari 3 warna sekaligus.

Nah, ras kucing yang bisa menjadi kembang telon ialah ras manx, persia, ekor bundel Jepang dan van turki. Selain itu dapat pula ras bulu pendek Amerika, bulu pendek Britania Raya dan bulu pendek eksotis. Jadi, kembang telon hanyalah penyebutan keunikan dari bulunya tersebut.

2. Kelainan Genetik

kucing kembang telon itu kelainan genetik
rajapetshop.com

Kembang telon adalah kelainan genetik warna bulu. Kucing betina yang normal memiliki kromosom XX sedangkan jantan normal ialah XY. Genetik yang menentukan warna bulu hitam dan orange ialah kromosom X.

Betina yang berkromosom XX berpeluang besar memiliki bulu warna hitam dan oranye sekaligus karena memiliki dua kromosom X.

Sedangkan jantan yang hanya memiliki satu X artinya warna bulu yang akan dimiliki hanya salah satu yaitu oranye atau hitam saja. Sedangkan warna putih adalah gen yang tidak terpengaruh pada kromosom.

3. Mitos kembang Telon Jantan Dimakan Induknya

mitos jika kucing jantan kembang telon itu dimakan induknya
youtube.com

Salah satu mitos yang berkembang di masyarakat ini cukup mengerikan. Hal tersebut karena hampir tidak ditemukan kucing kembang telon jantan. Kenyataannya hal tersebut tidaklah benar adanya. Berhubungan dengan fakta nomer dua bahwa kucing jantan berkromosom XY sehingga peluangnya sangat kecil memiliki tiga warna.

Jikapun ada, kucing jantan tersebut selain mengalami kelainan genetik warna juga mengalami kemandulan. Jadi, memang jarang sekali ditemukan jantan dengan tiga warna ini bukan karena dimakan induknya ya.

4. Mahalnya Harga Kembang Telon Jantan

harga kucing kembang telon itu mahal
pinterest.com

Menurut penelitian, perbandingan antara kucing calico jantan dan betina ialah 1:3000. Saking jarangnya tersebut, kucing ini dijual dengan harga puluhan juta rupiah. Keberadaannya pun memiliki mitos lain lagi yaitu pemiliknya akan dikelilingi keberuntungan dalam hal keuangan. Mitos ini tak hanya berkembang di Indonesia tetapi juga AS.

5. Calico Jantan Terlahir Steril

Kucing kembang telon jantan steril
hewany.com

Kucing calico jantan juga merupakan kelainan yang bahkan lebih parah dari calico betina. Selain mandul, jantan dengan tiga warna juga terlahir steril atau infertile.

Hal ini merupakan kelainan yang dalam dunia media disebut sindrom Klinefelter. Selain itu, jantan ini juga memiliki masalah kesehatan lain yang berbeda-beda. Kelainan-kelainan ini justru membuat harga kucing tersebut semakin mahal.

6. Karakter Kucing Calico

karakter kucing kembang telon
inet.detik.com

Dibalik jumlah warna bulunya yang tidak umum, karakter pada kucing ini juga tidak biasa. Pada umumnya kucing ras memiliki sifat bawaan seperti penurut, manja tetapi pemalas. Namun beda halnya dengan kucing calico ini yang justru bertentangan.

Sifat kucing ini umumnya lebih pemberani dan mandiri. Selain itu juga lancang, keras kepala dan yang sering membuat keluhan pada pemiliknya ialah sifatnya yang temperamen. Jadi, memiliki kucing kembang telon ini haruslah lebih bersabar.

7. Tidak Bisa Kawin Silang

kucing kembang telon tidak bisa kawin silang
cats.lovetoknow.com

Warna tiga adalah kelainan sebagaimana yang diuraikan pada penjelasan sebelumnya. Oleh sebab itu, jika kucing ini dikawinkan dengan kembang telon lain atau kucing normal lainnya maka keturunannya tidak akan menjadi kucing kembang telon juga. Hal ini karena tiga warna bukanlah ras melainkan kelainan warna bulu saja.

8. Usia yang Panjang

usia kucing kembang telon cukup panjang
animalwised.com

Meski kembang telon adalah kelainan warna, kucing ini memiliki usia yang lebih panjang dari kucing pada umumnya. Calico mampu hidup antara 12 hingga 16 tahun. Bahkan jika kucing ini dirawat dengan baik sehingga sehat dan tak berpenyakit, kucing ini bisa hidup lebih dari 16 tahun. Umur yang panjang untuk kucing yang tidak unik bukan?

9. Pola Warna yang Bermacam-macam

motif warna kucing kembang telon
meowcitizen.com

Kucing kembang telon yang memiliki tiga warna di tubuhnya, umumnya memiliki tiga pola warna. Pertama, dilute yaitu pola berbentuk bercak halus di beberapa bagian tubuh. Kedua, toroiseshell yaitu pola bintik terutama di wajah dan kaki serta tubuhnya.

Baca Juga: Mengenal Kucing Scottish Fold, Si Imut Nan Menggemaskan dari Skotlandia

Kucing dengan pola ini umumnya pintar dan posesif dengan pemiliknya sehingga terkadang rewel jika ditinggal terlalu lama. Ketiga, tabby yaitu pola bintik hitam disertai warna lain yang bergaris. Polanya yang bergaris membuat kucing ini lucu seperti harimau kecil, kucing tabby juga aktif, suka mencari makanan di luar sehingga sulit membuatnya tetap tinggal di rumah.

Mitos Kucing Kembang Telon Di Negara Lain

mitos mengenai kucing kembang telon diberbagai negara
gopetplan.com

Keunikan pada kucing ini sering dikaitkan dengan hal-hal mistis ataupun mitos yang yang berbeda-beda setiap daerah. Di Indonesia saja banyak mitos yang berkembang dan membuat kucing ini banyak dicari. Berikut ini beberapa negara yang memiliki kepercayaan unik terhadap kucing kembang telon.

1. Jepang

Bisa dibilang, Jepang adalah negara yang memiliki mitos paling kuat terhadap kucing calico. Di Jepang kucing ini disebut Mi-ke dan menjadi simbol keberuntungan bagi masyarakat setempat.

Toko-toko Jepang juga sering memajang patung kucing ini yaitu patung Maneki Neko, kucing tiga warna dengan satu cakarnya terangkat kepermukaan atas. Hal tersebut karena patung kucing tersebut dianggap dewa keberuntungan yang mendatangkan rezeki melimpah.

2. Irlandia

Tak hanya Jepang, Irlandia juga memiliki kepercayaan unik yang telah ada sejak zaman dahulu. Bahkan kucing ini menjadi salah satu folklore terpopuler di Irlandia hingga saat ini.

Legenda kucing di Irlandia ialah kucing ini dapat menyembuhkan penyakit kulit melanoma pada manusia. Rupanya kelainan warna pada kucing ini dikaitkan dengan obat kelainan kulit pada manusia oleh masyarakat Irlandia ya.

3. Maryland, AS

Negara bagian AS ini menjuluki kucing belang tiga dengan kucing uang. Masyarakat Maryland akan memperlakukan kucing ini dengan penuh rasa hormat jika menemukannya karena dipercaya mendatangkan keberuntungan.

Selain itu, Calico di Maryland menjadi kucing resmi negara. Pada 1 Oktober 2001, kucing ini telah diberikan gelar khusus karena warnanya ynag yang mirip dengan burung negara (Oriole Baltimore) dan serangga negara (Chekerspot Baltimore).

4. Norwegia

Di Norwegia, kucing ini dipercaya sebagai peri yang sedang menyamar dan memata-matai dunia manusia. Masyarakat percaya jika menatap matanya akan melihat mata peri yang sedang memata-matai. Kucing ini dianggap mistis di negara Norwegia dan menyebut kucing ini dengan kucing peri.

Itulah fakta mengejutkan dan mitos yang yang berkembang tentang kucing kembang telon. Ketika menemukannya ada baiknya diadopsi atau diberikan kepada orang lain untuk dirawat karena sangat jarang ditemukan.

Percaya atau tidak dengan mitos bahwa kucing ini dapat membawa keberuntungan, itu hak masing-masing. Kucing dapat menjadi teman yang baik bagi manusia dan memiliki yang unik tentu sangat menyenangkan dan seakan spesial bukan?

Kucing Kembang Telon

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.