Mengenal Kucing Maine Coon, Kucing Rumahan Berbadan Raksasa

Kucing Maine Coon – Pastinya nama kucing Maine Coon terasa asing di telinga bukan? padahal jenis kucing satu ini menjadi favorit banyak orang sebagai hewan peliharaan loh. Dengan ukuran tubuh yang raksasa atau lebih besar daripada kucing lainnya, tentu saja membuatnya cukup unik.

Apalagi bentuk tubuhnya yang besar dan bulunya yang panjang juga menambah kesan gemas dan lucu. Hal tersebut membuat banyak orang jadi ingin merawat kucing menggemaskan satu ini.

Berasal dari negara bagian Maine Amerika Serikat, kucing rumahan berbadan raksasa satu ini memiliki sedikit kemiripan dengan kucing Persia loh.

Tentunya hal ini bisa dilihat dari bulunya yang sama lebat dan juga panjang. Namun ada perbedaan mencolok di antara keduanya, yaitu pada ukuran dan juga bentuk tubuh yang sangat berbanding terbalik. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai kucing satu ini, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Karakteristik dan Ciri Maine Coon

gambar kucing maine coon wallpaper
piqsels.com

Kucing Maine Coon memiliki karakteristik yaitu berupa bulu mengkilap dan juga tebal. Hal ini karena semua anggota tubuh kucing mampu beradaptasi dengan segala iklim maupun cuaca yang ekstrim.

Tidak hanya itu, bulu pada bagian leher, perut dan juga kaki sangatlah tebal untuk melindunginya dari salju maupun suhu dingin yang ada. Apalagi dengan adanya ekor panjang yang di punya, sangat bermanfaat untuk dilingkarkan pada saat tubuh kedinginan.

Selain itu, Maine Coon memiliki badan yang tinggi, bertulang besar dan juga berotot. Berat badan pada kucing jantan pun bisa mencapai 6-9 Kg dengan panjang sekitar 1 m. Sedangkan kucing betina memiliki badan yang lebih kecil dan hanya mencapai 4-6 kg saja.

Namun meskipun begitu, kucing satu ini terkesan tumbuh dan berkembang cukup lambat loh. Hal ini tentunya sangat berbeda jika dibandingkan dengan kucing jenis lainnya.

Untuk ciri fisiknya sendiri, kucing Maine Coon memiliki tekstur bulu maupun bulu pada sekitar leher yang hampir mirip dengan singa.

Apalagi badan besar dan panjang yang dimilikinya terkesan berbentuk segi empat dan pertulangan cukup kuat. Pada bagian kepala, kucing satu ini memiliki dahi sedikit melengkung, telinga besar dan hidung lebar yang membuatnya unik. Tentunya ciri fisik tersebut sangat unik dan berbeda dari lainnya bukan?

Fakta Unik Kucing Maine Coon

fakta-fakta kucing maine coon
pixabay.com

Berasal dari negara bagian Maine di Amerika Serikat, jenis kucing rumahan satu ini memang menjadi favorit banyak orang. Bahkan kucing Maine Coon memiliki beberapa fakta unik yang belum banyak diketahui loh, antara lain:

1. Ukuran Badan Raksasa

ukuran badan dan postur kucing maine coon
cat-world.com

Kucing Maine Coon memiliki ukuran badan yang lebih besar dan bahkan raksasa dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Jika sudah mencapai usia dewasa, kucing satu ini bahkan bisa memiliki tinggi hingga 40 cm dan panjang sekitar 1,2 m loh. Pada kucing betina memiliki berat sekitar 4-6 kg, dan jantan lebih berat yaitu 6 hingga 9 kg.

2. Bisa Berenang

gambar kucing maine coon berenang
cattime.com

Meskipun memiliki badan yang besar, namun ternyata kucing satu ini tidak takut air dan bahkan bisa berenang loh. Hal ini tentunya sangat unik, pasalnya kebanyakan kucing takut air. Rahasia mengapa Maine Coon menyukai air dan bisa berenang adalah karena bulu tebal yang dipunya lebih tahan air.

3. Suka Mencari Perhatian

perilaku kucing maine coon sering mencari perhatian
thesprucepets.com

Setiap jenis kucing pasti memiliki sisi manja bukan? tidak terkecuali pada Maine Coon yang sangat manja dan suka mencari perhatian pada pemiliknya.

Terutama pada saat pemilik sedang melakukan aktivitas seperti menonton TV, membaca buku maupun lainnya. Kucing akan dengan sengaja berbaring dan mengganggu aktivitas tersebut hingga pemilik tidak mengabaikannya.

4. Tidak Menyukai Ketinggian

kucing maine coon takut ketinggian
cvm.ncsu.edu

Ras kucing pada umumnya pasti menyukai aktivitas memanjat atau pergi ke tempat-tempat yang tinggi. Namun hal ini berbeda dengan Maine Coon yang justru takut akan itu semua. Kucing satu ini tidak menyukai ketinggian ataupun melompat kesana kemari seperti kucing lainnya.

5. Memiliki Kelainan Pewarisan Sifat

sifat karakter kucing maine coon
veterinarians.com

Fakta unik selanjutnya adalah bahwa Kucing Maine Coon memiliki kelainan pewarisan sifat polidaktili. Hal ini membuatnya memiliki jari-jari kaki yang lebih banyak dibandingkan kucing ras lainnya.

Baca Juga: Kucing British Shorthair yang Lucu dan Menggemaskan

Meskipun banyak menganggapnya kelainan yang aneh, namun banyak pula yang merasa hal tersebut cukup unik dan membuatnya terlihat semakin menggemaskan.

Cara Perawatan Kucing Maine Coon

cara merawat kucing maine coon
medicalnewstoday.com

Setelah mengetahui karakteristik, ciri dan juga fakta unik dari kucing Maine Coon satu ini, maka ada baiknya untuk menyimak tips perawatannya. Hal ini akan membuat kesehatannya tetap terjaga dan terawat dengan baik. Berikut tips yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Menjaga Kebersihan Kandang

Hal pertama yang harus dilakukan dalam merawat Maine Coon adalah dengan selalu menjaga kebersihan kandang. Kebersihan merupakan faktor paling penting untuk menjaganya terhindar dari infeksi jamur yang akan mengganggu kesehatannya.

Untuk membersihkannya, cukup gunakan air yang mengalir dan menyemprotkan cairan desinfektan ke kandang. Namun pastikan untuk menunggu kandang hingga kering sebelum memasukkan kucing ke dalamnya.

2. Mandikan Kucing Secara Rutin

Tidak hanya menjaga kebersihan kandang saja, namun mandikan pula secara rutin. Hal ini untuk menjaga kebersihan tubuh dan juga bulu kucing agar selalu nampak menawan.

Gunakan sabun atau shampo khusus kucing agar bulu tetap lembut dan juga berkilau. Pastikan pula untuk menggunakan air hangat atau dengan temperatur yang tidak terlalu panas untuk mencegah kerontokan.

3. Berikan Makanan Bernutrisi Tinggi

Jenis kucing satu ini memiliki tubuh yang jauh lebih besar dibandingkan ras lainnya. Maka Pastikan untuk memberikan makanan yang banyak mengandung lemak, protein, vitamin dan juga mineral untuk memenuhi asupan nutrisinya. Selain itu, berikan pula minuman berupa air yang sudah masak.

4. Cek Kesehatan Kucing

Pastikan untuk selalu mengecek kesehatan kucing secara rutin, setidaknya 6 bulan sekali untuk mengantisipasi adanya penyakit. Selain itu, berikan pula vaksinasi dan juga obat cacing agar kesehatannya tetap terjaga. Jika kucing terlihat mengalami tanda-tanda sakit, maka segera konsultasikan ke dokter hewan.

5. Ajak Main dan Berinteraksi

Selain memperhatikan kesehatannya, jangan lupa pula untuk selalu mengajaknya main dan berinteraksi. Berikan mainan kesayangan dan perbanyak interaksi dengan cara mengelus-elus kepala atau tubuhnya. Kasih sayang tersebut akan membuat kucing menjadi nyaman semakin mendekatkan Maine Coon dengan pemiliknya loh.

Nah itulah sedikit informasi mengenai kucing Maine Coon yang masih tergolong cukup langka di Indonesia. Jenis kucing satu ini memang digemari oleh banyak orang sebagai hewan peliharaan, maka dari itu harus merawatnya dengan baik agar kesehatannya tetap terjaga. Dengan begitu, kucing bisa tetap sehat dan aktif dalam beraktivitas.

Pastikan untuk selalu menyisir bulunya yang panjang ini untuk membuang bulu rontok maupun endapan minyak yang ada di bulunya.

Pemberian makanan juga haruslah sesuai dan bernutrisi tinggi untuk membuatnya tetap sehat. Jangan lupa pula untuk menghindarkannya dari stres yang akan membuat bulu jadi rontok. Jika terjadi, maka penampilannya tidak akan menarik. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa menjadi pedoman untuk para pemula.

Kucing Maine Coon

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.