Kucing Munchkin

Kucing munchkin adalah kucing yang cukup populer. Hal ini disebabkan oleh banyaknya peminat yang ingin memeliharanya. Apalagi bentuknya yang lucu, membuat yang melihatnya gemas. Ditambah bulu yang halus dan bersih, membuat hewan ini lebih elegan.

Sejarah Kucing Munchkin

Sejarah Kucing Munchkin
munchkin cat – youtube.com

Munchkin bukan kucing lokal. Melainkan kucing luar yang diberdayakan di daratan Amerika. Hewan ini mulai dikenal pada tahun 1980 dan disebut sebagai kucing terkecil di dunia saat itu. Hal ini disebabkan oleh ukuran kakinya yang paling pendek dibandingkan jenis yang lain.

Asal mula ditemukannya kucing ini, tepatnya pada tahun 1944 ketika seorang dokter hewan berkebangsaan Inggris menemukan seekor kucing berkaki pendek yang memiliki kelincahan mirip musang. Pada waktu itu, kucing semacam ini memang banyak di Inggris.

Akan tetapi, selepas perang dunia kedua, kucing ini hilang. Bahkan dikabarkan sudah punah. Ada juga yang menyampaikan kalau kucing-kucing liar tersebut di bawa ke negara lain.

Pada tahun 1980, seorang perempuan Amerika Serikat, menyelamatkan dua ekor kucing yang sedang dikejar anjing. Ternyata, kucing tersebut memiliki kaki yang pendek dan salah satunya sedang hamil.

Kedua kucing tersebut dibawa pulang dan diternakkan. Akhirnya hingga saat ini, Munchkin Cat mulai muncul dan mulai dikembangkan di negara-negara yang lain. Itulah sejarah munculnya kucing terkecil berkaki pendek di dunia ini.

Ciri-Ciri Kucing Munchkin

Ciri-Ciri Kucing Munchkin
breeder kucing munchkin di indonesia – thedutifulcat.com

Kucing munchkin memiliki ciri-ciri berbeda dengan jenis kucing lain. Dengan tanda-tanda ini, peminat tidak akan tertipu dengan hewan yang sama tetapi nyatanya dari jenis lain. Ini dia ciri-ciri tersebut:

1. Memiliki Wajah Bulat Sempurna

Ciri-ciri yang pertama adalah wajahnya bulat sempurna. Bahkan terlihat seperti bulat bola bukan bulat telur atau oval. Untuk beberapa ras memang sedikit ada pipih di bagian bawah. Tetapi kasusnya tidak terlalu banyak.

Tanda-tanda ini yang membuat tampilan wajah kucing terlihat cantik. Bahkan tidak bosan untuk melihatnya. Apalagi bulu-bulu halus di bagian wajah lebih rapi.

2. Matanya Bulat

Hampir tidak ditemukan kucing ini memiliki mata yang bersudut. Karena sebagian besar berbentuk bulat utuh dan bening. Sedangkan kelopaknya kecil, sehingga bulat mata lebih jelas. Selain itu, warna mata lebih jernih tidak keruh. Dengan adanya ciri-ciri ini, sepertinya yang dimaksud mata kucing sangat indah adalah mata kucing munchkin.

3. Hidungnya Pesek

Mungkin yang agak kurang dari kucing ini adalah bentuk hidungnya. Karena berbentuk pesek dengan tulang hidung masuk ke dalam dan lubang hidungnya agak besar.

Sekalipun begitu, dengan adanya bentuk semacam ini, bentuk wajah justru terlihat cantik. Perpaduan antara mata, hidung dan mulut, menampilkan raut wajah lucu tetapi garang. Maka dari itu, banyak orang yang ingin memelihara kucing berkaki pendek ini.

4. Badan Lebih Gemuk

Jika sebagian besar, kucing baru lahir berbadan kurus, untuk jenis Munchkin justru bertubuh lebih bongsor. Bobotnya terjadi di sekujur tubuh sampai ke wajah. Sehingga bentuk tubuh semacam ini malah membuatnya terlihat lebih lucu.

Bahkan, jika sekali melihatnya, ingin sekali membelai tubuh atau tidur-tiduran di atas kucing ini. Karena jika dirasakan, bentuk tubuh yang bongsor dengan bulu-bulu halus di atasnya, menawarkan kelembutan layaknya bantal di tempat tidur. Dijamin, kucing ini tidak akan dibiarkan keluar rumah karena takut hilang.

5. Suka Sekali Bermain

Kucing ini bukan kategori pemalas. Dia terus bergerak melakukan hal-hal yang disenanginya. Maka dari itu, tanda-tanda selanjutnya munchkin adalah kucing yang suka bermain.

Tinggal berikan saja bola warna-warni yang mengeluarkan suara, niscaya si kucing akan terus memainkannya. Dia akan mencoba berinteraksi dengannya. Bahkan dengan permainan semacam ini, pemilik bisa melatih kepatuhannya.

6. Tidak Mudah Stres

Kucing ini tidak mudah stres. Sekalipun dia berpindah tempat, depresi tidak akan menimpanya. Karena hewan ini bisa beradaptasi dengan baik pada lingkungan barunya.

Hal ini yang menjadi alasan mengapa hewan ini diminati banyak orang. Maka dari itu, jika punya kucing ini, silakan rawat dengan baik. Jangan dibiarkan bermain jauh, karena pemilik bisa kehilangannya.

7. Memiliki Kaki Berukuran Pendek

Jika semua ciri di atas ada pada kucing jenis lain, maka tanda-tanda yang tidak mungkin sama adalah memiliki kaki yang pendek. Namun, inilah kenaikannya. Karena dengan berat badan bongsor dan kaki pendek, kucing terlihat saat menggemaskan.

8. Bertubuh Kecil

Hewan ini memiliki tubuh yang sangat mini. Bahkan dikatakan sebagai kucing terkecil di dunia. Ini disebabkan oleh ukuran kaki yang pendek dan tubuh bongsor.

Karena bentuk semacam ini, tubuh pasti merendah. Sehingga terlihat lebih mini dibandingkan kucing yang berkaki panjang dan kurus. Sekalipun begitu, ini menjadi keunikan dari munchkin.

9. Yang Jantan Lebih Besar dibandingkan Betina

Umumnya kucing betina lebih besar dari yang jantan. Terutama untuk kucing silang. Namun, untuk jenis Munchkin, justru yang jantan lebih besar dibandingkan betinanya. Untuk kucing jantan biasanya berukuran hingga 4 kilo gram. Sedangkan yang betina maksimal 3 kilo gram saja. Kecuali saat sedang hamil.

10. Berjalan Seperti Membungkuk

Ketika berjalan, tidak seperti kucing biasa yang tegak. Tetapi, lebih membungkuk dengan pandangan tetap lurus ke depan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan ukuran kaki.

Kaki depan kucing jenis ini ternyata lebih pendek dari kaki belakangnya. Sehingga posisi tubuh bagian belakang lebih tinggi dari bagian depan. Ini yang menyebabkan jalan si kucing terlihat seperti membungkuk.

11. Jika Duduk Terlihat Seperti Kelinci

Ciri-ciri yang terakhir adalah kucing jenis Munchkin jika duduk terlihat seperti kelinci. Bentuk telinga yang panjang akan sedikit turun. Sedangkan kaki depan yang pendek akan terangkat dan kaki belakang yang panjang dilipat.

Ini merupakan tanda-tanda yang tidak ada di kucing jenis lain. Maka dari itu, pelajari tanda-tanda tersebut, sebelum membeli. Karena dikhawatirkan mendapatkan kucing jenis berbeda.

Cara Merawat Kucing Munchkin

Cara Merawat Kucing Munchkin
adopsi kucing munchkin – sheknows.com

Jika ingin memelihara kucing ini, pastikan perawatannya tepat. Ini dia jenis rawatan yang harus dilakukan pada kucing munchkin setiap hari:

1. Mempersiapkan Segala Kebutuhan Kucing

Persiapan yang dimaksud adalah menyediakan benda-benda untuk mandi, makanan dan minuman kucing serta obat-obatan. Jangan sampai, ketika kucing sudah dimiliki, peralatan baru akan dibeli.

2. Beri Makanan Bernutrisi Tinggi

Perawatan selanjutnya adalah sediakan makanan bernutrisi tinggi. Untuk anak kucing, kebutuhan nutrisinya dua kali lipat dari kucing munchkin yang dewasa. Maka dari itu, jangan sampai salah takaran.

Jika masih berusia beberapa hari, biarkan anak kucing menyusu pada induknya. Baru ketika memasuki usia 6 minggu, sudah bisa diberikan makanan yang lebih padat.

3. Beri Makanan Khusus Untuk Kucing Dewasa

Jika berusia 10 bulan, kucing sudah bisa diberikan ikan yang dicampurkan dengan nasi. Hal ini harus diiringi dengan makanan khusus kucing. Terutama yang mengandung tourin.  Hindari makanan dari hewan lain. Karena nutrisi jenis ini tidak memiliki zat tersebut. Risikonya adalah mata kucing akan kabur hingga buta permanen.

4. Jangan Lupa Memandikan Kucing

Perawatan selanjutnya adalah mandikan kucing maksimal dua minggu sekali. Ini untuk membersihkan tubuhnya dari kuman, kutu dan debu. Selain itu dengan rutin dimandikan, kucing terlihat lebih cantik.

5. Periksakan Kesehatan Kucing Setiap Saat

Yang terakhir adalah bawa kucing ke dokter hewan untuk diperiksakan kesehatannya. Jika perlu minta vaksinasi khusus agar tubuhnya lebih kebal pada penyakit. Karena hewan ini sangat rentan pada serangan virus dan semacamnya.

Harga Kucing Munchkin di Pasaran Indonesia

Harga Kucing Munchkin di Pasaran Indonesia
dlpng.com

Kucing merupakan salah satu hewan favorit untuk dipelihara karena lucu dan menggemaskan. Hal ini juga terbukti dari meningkatnya jumlah kucing di Indonesia. Berdasarkan data DKPKP, pada tahun 2018, jumlah kucing di Jakarta mencapai 29.504 ekor.

Jumlah tersebut adalah total dari yang liar hingga berkepemilikan di Indonesia. Padahal, harga untuk membeli dan merawat sebuah kucing tidaklah murah, contohnya harga kucing munchkin.

Kucing munchkin adalah jenis kucing yang menggemaskan karena memiliki ukuran kaki yang pendek. Selain itu, munchkin juga dikenal sebagai kucing yang ramah serta suka bermain dengan manusia.

Tidak heran jika munchkin menjadi salah satu favorit jenis kucing di Indonesia. Namun, harga kucing munchkin tergolong mahal jika dibandingkan dengan kucing jenis lainnya.

Pada umumnya harga kucing munchkin di Indonesia berkisar antara 1 sampai 7 juta rupiah. Harga ini bisa berubah sesuai dengan permintaan pasar.

Namun, selain permintaan pasar, harga munchkin juga bergantung pada jenis, kelamin serta campuran ras dari kucing tersebut. Jadi, jika berminat untuk memelihara kucing munchkin, ada baiknya untuk mengetahui harga belinya sebagai berikut:

1. Kucing Jantan Usia 7 Bulan

Harga Kucing Jantan Usia 7 Bulan
thesprucepets.com

Jika ingin harga kucing munchkin yang murah, maka pilihannya adalah Kucing jenis jantan yang berusia 7 bulan. Kucing jantan pada umumnya memang lebih murah dibandingkan dengan yang betina karena tidak bisa melahirkan kucing lagi. Dan, pada usia ini, kucing sudah dewasa sehingga tinggal perawatannya saja.

2. Kucing Munchkin Betina Berusia 7 Bulan

Harga Kucing Munchkin Betina Berusia 7 Bulan
popiruss.pw

Harga untuk kucing munchkin berjenis betina yang telah dewasa lebih mahal dibandingkan dengan yang jantan . Pada usia 12-15 bulan, kucing akan menjadi kucing dewasa sepenuhnya yang juga siap untuk bereproduksi.

Jika memiliki kucing munchkin, maka pemilik dapat melakukan kawin silang dengan ras lainnya untuk mendapatkan keturunan baru. Harga untuk kucing munchkin berkelamin wanita berkisar antara 6 juta.

3. Kucing Munchkin 3 Bulan

Harga Kucing Munchkin 3 Bulan
popiruss.pw

Untuk yang ingin memelihara kucing lucu dan mendapatkan keturunannya, maka pilihlah kucing berusia 3 bulan. Pada usia tersebut, kucing masih tergolong bayi dan butuh perawatan lebih seperti vitamin dan makanannya.

Meskipun biaya perawatannya cukup tinggi, namun kucing pada usia tersebut sangat lucu hingga bisa diajak main. Untuk mendapatkan jenis kucing, maka siapkanlah anggaran sekitar 7 juta.

4. Kitten dengan Bulu Panjang

Harga Kitten Munchkin dengan Bulu Panjang
adoptapet.com

Jika menginginkan anak kucing munchkin dengan rambut yang panjang, maka siapkan anggaran yang lebih besar. Tidak hanya biaya perawatannya yang besar, namun harga belinya pun mahal. Harga untuk anak kucing berambut panjang berkisar antara 13 hingga 17 juta. Dengan biaya yang fantastis ini, pastikan untuk merawatnya dengan baik.

5. Campuran Ras Persia

Harga Kucing Munchkin Campuran Persia
pinterest.com

Untuk yang memiliki anggaran terbatas, maka pilihannya bisa ditujukan pada kucing munchkin dengan campuran ras lain seperti dengan ras Persia. Harga untuk jenis kucing ini lebih murah karena bukan munchkin original dan lebih mudah didapatkan. Harga satuan untuk kucing munchkin Persia berkisar antara 900 ribu sampai 1 juta.

Jadi, harga kucing munchkin sangat bervariasi, tergantung pada jenis kelamin, umur, bulu serta rasnya. Kucing jenis ini yang original memiliki biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan kucing yang telah memiliki campuran dengan ras lain. Namun kucing jenis campuran bisa menjadi alternatif untuk yang memiliki anggaran terbatas.

Selain mempersiapkan anggaran untuk membeli kucing, pastikan juga menyediakan anggaran untuk perawatannya.

Jangan lupa bahwa kucing juga membutuhkan perawatan untuk bulunya, badannya bahkan kukunya. Dan layaknya manusia, kucing juga membutuhkan vitamin dan makanan yang bergizi untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Inilah sejarah, ciri-ciri, harga dan cara merawat kucing munchkin. Silakan lakukan jika ingin kucing yang cantik ini tetap sehat dan bisa menemani bermain.

KUCING MUNCHKIN

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.