Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Muntah Kuning

Kucing Muntah Kuning – Kucing muntah kuning jangan dianggap remeh karena risikonya bisa membuat nyawa hewan lucu ini melayang. Maka dari itu, pastikan perawatannya dilakukan dengan baik.

Di artikel berikut ini akan dijelaskan penyebab kucing muntah kuning. Sedangkan di akhir nanti akan dijabarkan tentang cara untuk mengatasinya. Ini dia penjelasan-penjelasan yang dimaksud:

Penyebab Kucing Muntah Kuning

cara mengatasi kucing yang muntah kuning
kitty-cats.blog

Kucing mengalami muntah kuning, disebabkan beberapa hal. Ada yang akibat terlalu kekenyangan hingga akibat penyakit yang berbahaya. Ini dia uraian lengkapnya:

1. Virus Panleukopenia

cara alami mengobati kucing muntah
kompasiana.com

Penyebab kucing muntah kuning yang pertama adalah virus panleukopenia. Virus ini menyerang unggas serta beberapa kucing. Termasuk kucing jenis persia dan anggora.

Virus panleukopenia dianggap sangat berbahaya. Bahkan bisa membuat si kucing kehilangan nyawanya. Penelitian menunjukkan kalau virus ini merupakan pembunuh kucing nomor satu.

Selain itu virus panleukopenia tergolong virus penyebab penyakit menular. Penularannya juga sangat cepat. Maka dari itu, lakukan perawatan yang baik jika kucing yang dipelihara banyak.

2. Makanan yang Salah

cara mengobati kucing muntah kuning secara alami
catdailynews.com

Penyebab yang selanjutnya adalah makanan kucing yang salah. Baik salah dari segi jenis makanan maupun takaran yang diberikan.

Oleh sebab itu, tanya dulu kepada ahlinya sebelum memelihara kucing. Jika salah memberikan makanan kucing, hewan ini bisa keracunan. Gejalanya adalah muntah dan muntahnya berwarna kuning. Setelah itu, badannya menjadi lemas dan malas untuk makan.

Makanan yang baik adalah makanan yang memang sesuai dengan jenis kucing. Artinya tidak semua makanan kucing bisa diberikan pada semua jenis kucing. Harus diteliti terlebih dahulu supaya hewan ini tidak mengalami keracunan makanan.

3. Kucing Hamil

cara obati kucing muntah
pets.webmd.com

Penyebab yang ketiga adalah kucing sedang hamil. Untuk kasus ini, si pemilik tidak perlu panik. Karena muntah untuk kucing hamil adalah hal yang wajar. Kucing hamil lalu muntah, karena hormon sedang mengalami peningkatan. Hormon yang disebut hormon estrogen ini akan naik yang memicu asam lambung juga naik.

Sekalipun tidak perlu panik, kasus ini tetap harus diwaspadai. Jika perlu silakan bawa ke dokter supaya bisa dideteksi dengan jelas. Ini untuk mengetahui apa penyebab sebenarnya yang sedang menyerang hewan ini.

4. Keracunan Makanan

cara mengatasi kucing muntah cairan kuning
pets.webmd.com

Penyebab kucing muntah berwarna kuning ke empat adalah akibat keracunan. Ini biasanya disebabkan oleh makanan kucing yang sudah basi. Sehingga ada bakteri yang masuk ke dalam saluran pernafasannya. Terkadang keracunan makanan juga disebabkan oleh adanya zat tertentu di makanan tersebut.

Oleh sebab itu, supaya kucing bebas keracunan periksa dulu kandungannya. Karena saat ini banyak makanan kucing di PetShop yang sudah bercampur dengan zat kimia.

Lebih baik beri pakan kucing dengan makanan rumahan saja. Ini lebih aman dan menyehatkan. Toh yang terpenting adalah kadar nutrisi-nya tetap bagus untuk si kucing.

5. Gangguan Saluran Pencernaan

kucing muntah setelah makan
royalcanin.com

Terkadang kucing muntah bukan karena keracunan atau kekenyangan. Tetapi memang saat itu saluran perencanaannya sedang mengalami gangguan. Penyebabnya bisa bermacam-macam salah satunya karena iritasi. Jika kucing mengalami gangguan saluran pencernaan, tentu selera makannya menurun.

Nah, jika ada iritasi di saluran pencernaannya, tentu di dalam tubuh kucing tidak ada metabolisme cerna makanan yang bekerja. Sehingga asam lambung menjadi meningkat.

Jika kasus ini yang terjadi, lebih baik bawa kucing ke dokter hewan. Karena yang mengetahui kondisi saluran pencernaan hewan ini hanya ahlinya. Sedangkan si pemiliknya hanya bisa merawatnya saja.

Baca Juga: Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Kucing Muntah Kuning

penyebab dan cara mengatasi kucing muntah
mymikacat.wordpress.com

Jika kucing mengalami muntah segera atasi secepatnya. Jangan sampai kondisinya kadung parah, baru akan dilakukan tindakan perawatan. Karena tentunya usaha akan sia-sia karena terlambat.

Nah, di bawah ini akan dijelaskan cara mengatasi kucing muntah. Silakan ditiru dan dicoba di rumah. Jika dilakukan dengan teratur, hasilnya pasti maksimal dan memuaskan. Ini dia caranya:

1. Deteksi Penyebab Kucing Muntah

Langkah yang pertama ialah, silakan deteksi terlebih dahulu penyebab kucing muntah. Jika sudah diketahui baru bisa dilakukan tindakan perawatan yang sesuai dengan pemicunya. Untuk bisa mendeteksi penyebab, si pemilik harus mengawasi kucing dengan cermat.

Jika sudah tahu penyebab kucing muntah, silakan jauhkan penyebabnya dari hewan ini. Misal, jika penyebabnya adalah makanan, berarti jangan lagi diberikan makanan yang serupa. Tetapi diganti dengan makanan yang lebih sehat.

2. Berikan Oralit pada Kucing

Cara mengatasi kucing muntah yang ke dua adalah berikan oralit padanya. Biasanya kucing yang terus muntah, tubuhnya rawan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Nah, oralit berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh kucing agar tercegah dari masalah tersebut.

Oralit bisa didapatkan di PetShop. Silakan dibeli jika produk tersebut memang cocok dengan jenis kucing yang dipelihara. Maka dari itu, tanyakan dulu sebelum membeli.

Vaksin oralit bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan alami. Namun jika tidak tahu takarannya, justru membuat asam lambung kucing semakin naik. Itu artinya, si kucing akan tetap muntah.

3. Puasakan Kucing Seharian

Cara mengatasi kucing muntah kuning yang selanjutnya adalah puasakan kucing. Maksudnya hewan ini tidak diberikan makan dan minum maksimal 12 jam. Jika mulai mengeong untuk makan, berarti hewan ini sudah sembuh dari sakitnya.

Ini akan berhasil apabila penyebab kucing muntah adalah kekenyangan. Sehingga semakin banyak makanan yang ia muntahkan, maka perutnya akan semakin ringan. Sedangkan jika kucing muntah tetapi masih dipaksa makan, tentu muntahnya tidak akan berkurang.

Sekadar saran, puasakan kucing selama seharian atau 12 jam saja. Jika muntahnya tidak juga berkurang, bahkan selera makannya semakin menurun, maka segera bawa ke dokter. Karena berarti ada masalah di dalam organ tubuhnya.

4. Bawa Kucing ke Dokter Hewan

Cara yang paling tepat adalah membawa kucing ke dokter hewan. Jika perlu lakukan saat hewan ini baru pertama kali muntah. Karena di saat itu, kondisinya masih tidak terlalu parah.

Jika kucing sudah kadung parah, tentu perawatannya lebih sulit. Selain itu, biaya pengobatannya juga lebih mahal. Maka dari itu, awasi terus perilaku kucing. Jika terjadi masalah dengan kesehatannya, segera rujuk saja ke dokter hewan.

Jika tidak mengetahui gejala penyakit kucing yang diawali dengan muntah kuning, maka lebih baik bawa ke dokter saat ia muntah. Sekalipun ada beberapa penyebab muntah yang tidak identik dengan penyakit.

5. Pastikan Kucing Minum Lebih Banyak

Jika kucing muntah risikonya ialah hewan ini akan dehidrasi. Jika ini yang terjadi, tentu hewan ini akan lemas dan selera makannya akan turun. Maka dari itu, berikan air minum yang banyak kepadanya.

Air minum tidak membuat kucing muntah kuning. Maka dari itu, tidak mengapa kadarnya ditambah. Apalagi bagi hewan, air minum tidak hanya menghilangkan dahaga tetapi juga menyehatkan.

Demikian pemicu dan tips merawat kucing muntah kuning yang masih banyak orang tidak tahu sehingga dapat dijadikan referensi. Silakan dilakukan dan diterapkan di rumah. Jika serius ketika melakukannya, peluang kucing sembuh sangat besar.

Kucing Muntah Kuning

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.