Mengenal Kucing Scottish Fold, Si Imut Nan Menggemaskan dari Skotlandia

Kucing Scottish Fold – Di Indonesia nama kucing Scottish Fold memang terdengar asing. Jenis kucing tersebut masih kalah populer dibandingkan dengan kucing Persia atau Anggora sebagai hewan peliharaan di rumah.

Ras kucing ini dikenal menggemaskan dan unik karena memiliki telinga yang mengatup ke depan. Bentuk telinga yang aneh ini sebenarnya ditimbulkan oleh mutasi genetik pada tulang rawan.

Mengenal Kucing Scottish Fold

harga kucing scottish fold anakan
britannica.com

Spesies kucing ini ditemukan di Skotlandia pada tahun 1961, bermula dari seorang petani yang menemukan seekor kucing bernama Susie dengan bentuk tidak biasa pada telinganya. Telinga Susie terlihat mengatup ke depan serta tidak tegak seperti kucing pada umumnya.

Awalnya ras kucing ini diberi nama “Flops” oleh William Ross setelah mengadopsi salah satu anak kucing milik petani tersebut. Lalu di tahun 1966, Ross memutuskan untuk mengubah nama kucing tersebut dengan “Scottish Fold”.

Ross kemudian mendaftarkan ras kucing tersebut ke GCCF (Governor Council of Cat Fancy) setelah mengembangkannya bersama Pat Turner, seorang ahli genetik. GCCF kemudian menghapus ras ini di tahun 1971, karena gen yang belum stabil.

Selain itu, ras ini juga belum diakui FIFe (Fédération International Féline). Saat ini baru 2 organisasi saja yang mengakui ras kucing ini, yaitu Cat Fanciers Association (CFA) dan The International Cat Association (TICA).

Selain keunikan pada telinganya, kucing ini juga dikenal aktif dan ramah sehingga cocok untuk dipelihara di rumah. Tertarik untuk memilikinya? Nah, inilah beberapa informasi tentang kucing Scottish Fold dari ciri fisik hingga perawatannya yang perlu diketahui.

Ciri Fisik Kucing Scottish Fold

jual kucing scottish fold anakan
en.wikipedia.org

Seperti halnya ras kucing lain, kucing satu ini juga memiliki ciri fisik yang membuatnya terlihat unik dan berbeda. Berikut ini adalah beberapa ciri fisik yang dimiliki oleh kucing Scottish Fold, antara lain:

1. Bagian Kepala

Scottish Fold memiliki bentuk kepala dan mata yang bulat. Sehingga membuat kucing terlihat semakin menggemaskan. Warna bola mata kucing lucu ini yaitu kuning keemasan dan biru. Tidak hanya itu, kucing ini juga mempunyai bentuk hidung oval yang mungil dan tidak mancung.

2. Kuping

Bentuk telinganya yang unik karena mutasi genetik  menjadi ciri fisik kucing Scottish Fold yang paling menonjol dan mudah diamati. Anak kucing ras ini akan memiliki telinga yang tegak ke atas saat baru dilahirkan.

Tanda-tanda telinga yang terkatup ke depan akan muncul pada hari ke-21. Meski begitu, terdapat pula jenis kucing ini yang mempunyai bentuk kuping straight.

3. Kaki dan Ekor

Tidak hanya bentuk telinga yang unik, namun kucing satu ini memiliki panjang kaki yang cukup ideal dan ekor yang panjang. Inilah yang membuat ras kucing satu ini semakin terlihat lucu dan juga menggemaskan. Maka tidak heran jika banyak yang menggemarinya sebagai hewan peliharaan.

4. Berat Badan

Ras kucing dari Skotlandia ini memiliki ukuran tubuh medium dan berisi. Berat badannya sendiri bisa mencapai 3 sampai 6 kilogram loh.

Untuk itu, memberikan makanan yang sehat dan bernutrisi sangat penting bagi kesehatannya. Hal ini perlu diperhatikan terutama pada kucing yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.

5. Bulu

Kucing jenis ini memiliki 2 jenis bulu, yaitu kucing dengan bulu pendek dan juga panjang. Warna bulu yang dimilikinya pun sangat bervariasi seperti hitam, cokelat, putih, krem, lilac, biru dan cinnamon.

Sedangkan untuk pola bulunya terdiri dari Bicolor, Tricolor, Tabby, Solid Color, dan Tortoishell. Semakin unik pola dan warna bulu kemungkinan bisa mempengaruhi harga jual loh.

Baca Juga: Kucing Persia Peaknose Beserta Karakteristik Dan Harganya

Karakter Kucing Scottish Fold

adopsi kucing scottish fold
icatcare.org

Dikenal memiliki sifat yang tenang, ramah, aktif dan juga cerdas, kucing satu ini mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar rumah secara cepat.

Kucing ini akan terlihat sangat dekat dengan pemiliknya oleh karena itu Scottish Fold pilihan yang tepat jika pemilik termasuk individu yang selalu berada di rumah.

Scottish Fold biasanya akan mudah stress jika merasa kesepian namun di satu sisi sangat menikmati perhatian. Sebagai pemilik sebaiknya harus sering meluangkan waktu untuk sekadar mengajak bermain atau memanjakannya.

Kebiasaan kucing ini memang cukup unik, yaitu gemar tidur dengan posisi telentang dan berpose duduk seperti manusia.

Tidak hanya itu, ras kucing ini memiliki suara dan dengkuran yang lebih lembut dari ras lainnya. Sangat menggemaskan dan lucu bukan? maka tidak heran jika banyak orang yang menginginkannya sebagai hewan peliharaan.

Tips Perawatan

contoh kucing scottish fold
rover.com

Setelah mengetahui karakter dari kucing Scottish Fold ini, seorang pemilik haruslah mengetahui cara merawat kucing dengan baik. Perawatan untuk kucing jenis ini sebenarnya cukup mudah dan sama seperti jenis kucing berbulu lainnya. Perawatan harus dilakukan secara teratur agar kebersihannya lebih terjaga dan selalu sehat.

1. Perawatan Bulu

Pemilik sebaiknya menyisir bulu kucing secara teratur, khususnya untuk Scottish Fold yang berbulu panjang. Menyisir bulu dilakukan agar bulu kucing tetap rapi dan tidak tampak menggumpal atau kusut. Penampilan kucing pun akan semakin rapi dan bersih tentunya enak dipandang.

2. Menjaga Kebersihan Telinga Kucing

Ras kucing ini memang terkenal karena bentuk telinganya yang terkatup ke depan. Bentuk telinga yang unik ini akan menyebabkan bagian dalam telinga menjadi mudah kotor serta lebih lembap. Oleh karena itu, pemilik harus mengecek telinga kucing secara rutin agar terhindar dari jamur maupun infeksi.

Pemilik juga harus memandikan secara rutin, menyikat gigi, dan juga memotong kuku kucing agar terjaga kebersihannya. Untuk memandikan kucing lakukan paling tidak sebulan sekali atau jika bulu kucing sudah terlihat kotor. Pemilik bisa memandikan sendiri atau memanggil jasa salon hewan atau pet shop.

3. Membersihkan Kandang

Kebersihan menjadi salah satu faktor penting dalam memelihara kucing. Kandang sebaiknya dibuat senyaman dan sebersih mungkin agar kucing semakin betah. Salah satu caranya adalah rutin membersihkan pasir tempat kucing membuat kotoran.

4. Memberi Makan Teratur

Selanjutnya, berikan pula makanan secara teratur dan sesuai dengan frekuensi makan kucing. Perhatikan pula jenis makanan yang diberikan karena jika tidak cocok akan menimbulkan masalah seperti diare atau muntah. Untuk itu, kebersihan dan pemberian makanan pada kucing akan berpengaruh pada kesehatannya.

5. Ajak Berinteraksi

Terakhir, pemilik perlu meluangkan waktu untuk mengajak kucing berinteraksi dan bermain. Kegiatan ini dapat membantu kucing agar tidak merasa stres dan kesepian. Selain itu, untuk mendekatkan hubungan kucing dan sang pemiliknya.

Itulah beberapa informasi mengenai kucing Scottish Fold dan tips merawatnya. Kucing ras asal Skotlandia ini memiliki keunikan pada bentuk telinga terkatup ke depan yang menjadi daya tarik utama. Selain ciri fisik, karakter kucing yang aktif dan ramah juga menjadi favorit pecinta kucing untuk dijadikan peliharaan di rumah.

Perawatan kucing ini pun mudah dan hampir sama dengan kucing ras lainnya. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan calon pemilik sebelum memutuskan untuk memeliharanya. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi semua pecinta kucing agar tidak salah dalam merawat kucing unik satu ini.

Kucing Scottish Fold

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.