Cara Merawat Kucing Sphynx dengan Benar

Kucing Sphynx – Kucing merupakan hewan peliharaan yang banyak dipilih oleh masyarakat. Selain lucu, kucing juga memiliki tingkah yang menggemaskan. Tentu saja bulu-bulunya membuat kucing sangat nyaman untuk dipeluk dan juga dirawat.

Apalagi beberapa penelitian mengatakan bahwa merawat kucing dapat membantu menghilangkan stress. Tetapi kucing sendiri memiliki tipe dan juga ras yang berbeda-beda. Salah satunya adalah kucing yang tidak memiliki bulu atau biasa disebut sebagai kucing sphynx.

Jenis kucing ini cocok sekali bagi yang ingin mendapatkan hewan peliharaan dengan tipe yang unik. Tetapi karena kucing ini tidak memiliki bulu, tentu ada perawatan khusus yang harus dilakukan agar kucing tetap sehat dan juga tetap bersih. Berikut ini akan kita bahas secara lengkap mengenai cara merawat kucing dengan tipe yang satu ini.

Mengenal Kucing Sphynx yang Unik

Mengenal Kucing Sphynx yang Unik
hillspet.com

Berbeda dengan namanya, kucing sphynx merupakan salah satu kucing yang muncul dari Kanada serta Amerika Serikat dan masuk kedalam kucing lokal. Adanya kondisi tidak memiliki bulu sebenarnya terjadi akibat mutasi genetik. Awalnya, kucing melahirkan anak yang tidak memiliki bulu.

Tetapi seiring berkembangnya waktu dan adanya penelitian, induk kucing ini berhasil melahirkan anak yang sehat dan lucu. Semenjak itu, kucing banyak diburu. Kucing ini sangat menarik karena terlihat tidak memiliki bulu. Tapi jika dilihat dari dekat, bulu yang dimiliki oleh sphynx sangat pendek dan halus.

Cara Merawat Kucing Sphynx

Cara Merawat Kucing Sphynx
cats.lovetoknow.com

Lalu sebenarnya bagaimana cara merawat kucing yang benar sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh dokter hewan. Berikut ini akan kita bahas.

1. Memberikan Vaksin

Memberikan Vaksin Kucing Sphynx
womansday.com

Pertama apabila ingin merawat kucing sphynx maka harus melakukan vaksin dan juga perawatan secara lengkap.

Walaupun kucing ini masuk kedalam tipe kucing lokal tetapi saat menjadi hewan peliharaan kucing haruslah bersih dan juga sehat. Sehingga tidak akan menularkan penyakit atau kucing tersebut tetap sehat dan tidak terserang penyakit tertentu.

Caranya yaitu dengan memberikan vaksin secara rutin. Terutama minimal 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali. Vaksinasi ini nantinya akan membantu memberikan kekebalan tubuh, sehingga kucing yang dipelihara tidak akan mudah sakit.

Vaksinasi juga mungkin saja bisa mengganggu penampilan kucing tersebut. Apalagi sphynx ini tidak memiliki bulu, sehingga sangat rentan terhadap penyakit kulit yang menyerang seperti jamur dan juga kutu.

2. Memandikan Kucing

Memandikan Kucing Sphynx
gwencooper.com

Hal kedua yang dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan perawatan kucing sphynx yaitu memandikannya. Walaupun tidak ada bulunya, bukan berarti kucing yang dimiliki selalu bersih. Tetap saja kucing ini harus dimandikan dengan frekuensi waktu yang lebih kecil, dibandingkan dengan kucing yang memiliki bul.

Agar bersih, mandi harus menjaga mandi harus dilakukan secara rutin minimal satu minggu sekali dengan menggunakan shampo atau sabun khusus kucing. Apalagi jika kucing tersebut tinggal di dalam rumah dan tidur bersama dengan pemiliknya.

Memandikan akan menjadi langkah yang paling sederhana untuk menghindari kucing dari berbagai virus, serta memisahkan antara badan kucing dengan kotoran dan debu. Lebih bagus lagi jika memandikannya lebih rutin misalnya 3 hari sekali.

3. Kandang yang Layak

Kandang yang Layak Untuk Kucing Sphynx
youtube.com

Ketiga yang wajib dilakukan sebagai salah satu cara merawat kucing sphynx, tentu saja memberikan tempat yang layak. Tempat tersebut bisa berupa kandang ataupun dibiarkan lepas di dalam rumah, asalkan kucing diberikan tempat untuk beristirahat, seperti bantalan.

Sehingga memisahkan antara tubuh kucing yang sangat sensitif dengan suhu yang terlalu dingin atau suhu yang terlalu panas. Apabila di kandang diberikan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kucing. Maka ingat kucing harus selalu terjaga lingkungannya.

Sebisa mungkin buatkan pagar untuk menjaga kucing agar tidak berlari ataupun kabur dari rumah. Sedangkan jika kucing tersebut ditempatkan di sebuah kandang, pastikan untuk membersihkan kandang tersebut setiap harinya.

4. Beri Susu Kucing

Beri Susu Kucing untuk Sphynx
catster.com

Siapa bilang merawat kucing sangat sulit ? Sebenarnya hampir sama dengan beberapa kucing lainnya. Tipe untuk kucing yang satu ini tetap membutuhkan nutrisi, salah satunya dengan memberikan susu khusus kucing yang bisa didapatkan di pet shop.

Umumnya kucing sphynx sering terpisah dengan induknya. Sehingga harus ada pemberian yang yang cocok untuk membantu meningkatkan kesehatan kucing tersebut. Memberikan susu merupakan salah satu cara yang paling baik.

Jika kucing yang dimiliki masih kitten atau masih kecil, dan belum dapat mencerna makanan kucing dengan baik. Selain itu susu juga bisa memberikan nutrisi agar tetap sehat dan juga kuat.

5. Pemberian Makanan dengan Benar

Pemberian Makanan dengan Benar untuk Kucing Sphynx
gofundme.com

Kenyataannya masih banyak pemilik kucing sphynx yang tidak tahu, sebenarnya kapan harus memberikan makanan dan juga kapan harus menghentikan camilan. Agar kucing tetap bisa beraktifitas dan tidak terlalu kekenyangan.

Apabila menginginkan kucing sehat dan juga kuat, maka salah satu cara merawat kucing pink tentu saja memberikan pakan yang benar. Ada dua jenis pakan yang biasanya dikonsumsi, mulai dari makanan basah dan juga makanan kering.

Terkadang ada seseorang yang memberikan makanan basah terlalu banyak. Padahal sebenarnya makanan basah tersebut agak sulit dicerna. Sehingga cukup satu kali sehari saja, sedangkan untuk makanan kering bisa diberikan dua kali sehari. Dengan porsi yang sesuai dengan ukuran tubuh dan juga usia dari kucing yang dirawat.

6. Vitamin Kucing

Vitamin untuk Kucing Sphynx
chooseycats.com

Siapa bilang yang membutuhkan vitamin hanyalah manusia ? Kucing juga membutuhkan vitamin untuk membantu meningkatkan kekebalan dan juga kesehatan yang dimiliki hewan peliharaan ini.  Pemberian vitamin ini bisa dibeli di petshop, dengan harga yang beragam. Ada beberapa merk vitamin dengan tujuan menambah nafsu makan.

Ada juga vitamin yang membantu meningkatkan kesehatan kucing tersebut. Pemberian vitamin ini tidak perlu terlalu sering tetapi pemberiannya haruslah konsisten misalnya 2 hari 1 kali.  Cukup meneteskan 2 tetes pipet vitamin ke makanan basah kucing,atau bisa diteteskan secara langsung ke susu yang diminum oleh kucing tersebut.

Namun hati-hati, bagi yang ingin memberikan vitamin kepada kucing sphynx,tanyakan kepada dokter dan ahlinya mengenai dosis dan jenis vitamin yang tepat untuk kucing. Agar vitamin tersebut tidak menjadi masalah bagi kesehatan si kucing.

7. Menjemur Kucing

Menjemur Kucing Sphynx
mnn.com

Tips ampuh terakhir yang dapat dilakukan para pemilik kucing tentu saja melakukan penjemuran ketika pagi hari atau sore hari. Mungkin kucing terkadang merasa malas terkena sinar matahari, karena terlalu panas dan mereka cenderung untuk mencari tempat yang hangat namun tidak terlalu terik.

Melakukan penjemuran setelah mandi dapat membantu menghilangkan jamur yang dapat tumbuh di kulit sphynx. Mengingat kucing ini tidak memiliki bulu, jemur kucing setelah mandi selama waktu 10 menit saja. Ketika pagi hari sebelum jam 9 pagi.

Adanya pemberian pakan dan juga pembersihan secara rutin dapat membantu kucing tetap sehat. Bukan hanya itu saja, kucing peliharaan juga berinteraksi dengan manusia dan dipelihara didalam rumah. Apabila kucing sehat dan bersih maka tidak akan menularkan penyakit, bahkan aman untuk bersama anak-anak setiap harinya.

Kucing Sphynx

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.