Kucing Takut Timun

Kucing Takut Timun – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling sering ditemukan di rumah banyak orang saat ini. Karena tingkah lakunya yang menggemaskan dan juga sifatnya yang mudah dekat dengan pemilik, kucing menjadi salah satu binatang favorit untuk dipelihara.

Sebelumnya pernah gak sih mendengar desas-desus kucing takut timun yang sempat marak dibicarakan?

Keberadaan internet semakin membuat peristiwa ini populer terbukti dari beberapa video kucing yang tampak kaget saat bertemu timun ramai beredar.

Banyak orang yang tertarik dengan video tersebut dan mulai mencoba sendiri memberikan kucing mentimun. Banyak yang berfikir bahwa ada beberapa zat yang membuat kucing tidak suka dengan mentimun. Tapi bagaimana kebenarannya?

Angka Kucing Peliharaan di Jakarta

alasan kenapa kucing takut timun
awazo.com

Sebagai salah satu binatang peliharaan yang nyaris ada di setiap rumah, jumlah kucing tentu saja sangat banyak. Di Jakarta sendiri yang merupakan kota terpadat di Indonesia yang dihuni 10,37 juta orang kucing juga masih ada di dalamnya.

Keberadaan kucing beberapa waktu terakhir sangat gencar dicari dan dirazia karena potensi penyakit yang bisa saja ditularkan.

Populasi kucing di Jakarta sendiri sangat mengkhawatirkan dan meledak sehingga memang ditakutkan terjadi penularan penyakit. Data DKPKP sendiri memiliki data kucing yang tercatat yaitu sebesar 29.504 ekor di sepanjang tahun 2018. Tentu saja jumlah aslinya bisa jadi lebih jauh dari itu.

Populasi kucing sendiri terus meningkat karena memang satu indukan betina saja bisa melahirkan 12 ekor anak kucing. Ketika tidak dikontrol maka populasinya bisa meledak dan semakin banyak lagi.

Kumparan sebagai salah satu media besar di Indonesia bahkan memperkirakan jumlah kucing yang ada pada 2021 nanti berada di angka 2.861.326 ekor.

Keberadaan Video Kucing Takut Timun

kucing takut mentimun
youtube.com

Video kucing yang terkejut bahkan bereaksi ketakutan saat melihat mentimun banyak beredar di dunia maya. Ada beberapa alasan yang sebenarnya bisa menjelaskan fenomena tersebut dan perlu diingat jangan pernah mencoba hal itu di rumah.

Di video tersebut kucing sedang berjalan atau bersantai dan saat melihat ke belakang ia terkejut karena kehadiran timun.

Meskipun tampak lucu, keberadaan video ini sebenarnya membahayakan loh terhadap keadaan kucing sendiri. Kucing bisa saja mengalami kematian karena kaget dan respons yang berlebihan dari perubahan detak jantung si kucing ini.

Mengapa Kucing Takut Timun?

kucing takut sama timun
thejakartapost.com

Pertanyaan yang masih tetap melekat di kepala adalah ada apa sebenarnya sehingga kucing nampak ketakutan dengan kehadiran mentimun.

Ada beberapa teori yang menjelaskan fenomena tersebut tapi tampaknya memang belum ditemukan jawaban ilmiah yang bisa diterima. Nah ini dia beberapa alasan yang paling sering dikemukakan terkait fenomena ini:

1. Timun Mungkin Mengingatkan Kucing pada Ular

Salah seorang ahli tingkah laku hewan dan ahli hewan, Slobodchikoff menuturkan bahwa kucing memiliki genetik yang membentuk insting alami untuk menjauhi ular. Keberadaan timun dalam pandangan ahli tersebut bisa dikatakan mirip dengan ular sehingga kucing akan ketakutan dengan hal itu.

Baca Juga: Makanan Kucing Anggora

Dari prediksi itu dapat didapatkan perkiraan bahwa sebenarnya kucing akan ketakutan dengan benda berbentuk lonjong yang ditaruh di belakangnya. Sejumlah peneliti juga mengatakan bahwa kucing juga mungkin akan memberi reaksi takut pada benda yang lainnya.

2. Ketakutan pada Benda yang Hadir Tiba-Tiba

Dr. Roger Mugford sebagai salah satu ahli perilaku hewan juga memberikan pendapat mengenai fenomena menarik ini. Menurutnya kucing ini hanya kaget karena keberadaan benda yang tidak dikenal sebelumnya pada saat kucing tersebut sedang santai. Ia menuturkan kucing tidak memiliki ketakutan spesifik terhadap mentimun loh.

Beliau menambahkan bahwa kucing memiliki kehati-hatian tinggi terhadap benda baru yang ada di sekitarnya. Pam Johnson, penulis buku Think Like a Cat memiliki pandangan bahwa sebenarnya kucing menganggap tempat makannya sebagai daerah yang aman dan nyaman.

Jadi ketika ada benda asing tiba-tiba ada di situ, mereka bisa berpikir bahwa itu adalah ancaman.

Kenapa Mengagetkan Kucing dengan Timun Berbahaya?

alasan kucing takut timun
youtube.com

Dari fenomena kucing takut timun, didapatkan sebuah fakta menarik yang perlu benar-benar dicerna. Meskipun kucing tampak sangat lucu saat dikagetkan seperti itu tetapi sebenarnya bisa membahayakan kucing loh. Apa saja sih sebenarnya bahaya dari kucing yang dikagetkan dengan satu buah mentimun?

1. Kucing bisa tersedak

Salah satu alasannya adalah ketakutan kucing mengalami tersedak saat makan yang bisa membuatnya mengalami gangguan pernafasan.

Hal ini sangat memungkinkan terjadi karena kejahilan pada kucing dengan mentimun ini sering dilakukan saat kucing sedang menikmati makanannya. Kucing menurunkan tingkat kewaspadaan saat makan dan kekagetan bisa mengganggunya.

2. Pengaruh Terhadap Psikologi Kucing

Jika kucing sudah mengalami kaget terhadap gangguan seperti keberadaan timun yang mengagetkan, psikologinya bisa saja terganggu.

Baca Juga: Kumpulan Fakta Mengejutkan Kucing Kembang Telon

Jill Goodman, salah seorang ahli perilaku hewan menjelaskan bahwa kucing bisa memiliki perilaku yang buruk setelah dikagetkan. Peristiwa itu akan terekam di memori kucing sehingga selanjutnya kucing tidak lagi senang berada di tempat itu.

3. Membentuk Stimulus Stress

Kejahilan manusia pada kucing sering kali dilakukan secara berlebihan dengan keusilan yang diulang terus-menerus.

Kucing yang mulai tidak nyaman karena kaget terus akan menjadi lebih pemurung bahkan mengalami stress dan trauma. Si kucing bisa menjadi lebih agresif dari sebelumnya bahkan ia juga bisa meninggalkan rumah dan tidak kembali loh!

4. Sikap Saat Kaget yang Berlebihan

Ketika sudah mengalami kaget, seekor kucing bisa memberikan respon yang berlebihan dengan melompat kesana-kemari. Ini adalah insting alami kucing untuk menghindari benda yang menurut mereka membahayakan.

Pada saat di rumah, tentu saja di area sekitar kucing terdapat perabotan tertentu. Misalnya melakukan hal ini di dapur bukan tidak mungkin ada banyak piring yang pecah.

5. Mencakar dan Menggigit Pemilik

Saat kucing sudah mengalami takut, secara otomatis kuku runcingnya akan dikeluarkan dan mencakar semua hal yang ada di dekatnya.

Hal ini juga terjadi saat kucing dikagetkan dengan timun. Bukan tidak mungkin kucing ini akan berlari ke arah pemiliknya kemudian melakukan cakaran yang sebenarnya tidak pernah dilakukan sebelumnya. Bahaya sekali bukan?

Perilaku Lain yang Kucing Benci

mengapa kucing takut timun
nytimes.com

Meskipun sangat lucu dan menggemaskan, kucing juga punya beberapa hal yang tidak disukai. Beberapa orang mungkin secara tidak sadar akan memperlakukan kucing dengan cara-cara yang mengganggu bagi kucing.

Kucing pada dasarnya tidak suka kehadiran orang baru meskipun itu seorang bayi kecil sekalipun. Perubahan kecil akan berdampak besar bagi kucing.

Selain dengan perubahan dan orang baru, kucing tidak suka jika kehidupannya terlalu membosankan, pastikan untuk memberi mainan baru secara berkala.

Selain itu kucing juga mengalami ketakutan saat ada suara keras yang terjadi di sekitarnya. Beberapa kucing mungkin akan lari saja tetapi ada juga yang hingga kejang-kejang loh.

Merawat kucing memang tampak sangat mudah apalagi dengan kepribadian yang memang mudah bergaul dan lucu. Tetapi pada dasarnya ada banyak hal yang patut diperhatikan jika ingin kucing yang dipelihara terus sehat dan aktif. Tidak hanya soal makan dan mandi, kucing juga butuh perhatian tentang hal-hal yang bisa membahayakannya.

Kucing Takut Timun

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.