Makanan Burung Kenari

67 View

Makanan Burung Kenari – Memiliki burung kenari di rumah sungguh menyenangkan. Burung ini tak hanya bisa dinikmati dari kicauannya yang merdu, tetapi juga warna bulunya yang indah.

Ukuran tubuh burung kenari juga mungil sehingga saat ia bergerak aktif di kandang sangat menarik dipandang. Tentunya performa ini juga didukung dengan pemberian makanan burung kenari serta perawatannya yang tepat.

Ada banyak jenis burung kenari, baik di dunia maupun Indonesia. Namun hanya satu jenis yang dilindungi dalam Permen LHK 20 Tahun 2018, yaitu kenari melayu (chrysocorythus estherae).

Hal tersebut dikarenakan kini populasinya menurun hingga 50%. Memang, burung adalah hewan yang paling banyak dilindungi. Terlihat dari jumlah hewan pada aturan tersebut 61%-nya adalah burung (562 jenis).

Makanan Burung Kenari

Makanan burung kenari yang tepat dengan porsi pas akan membuat burung rajin berkicau. Tak hanya berbunyi saja, tetapi juga menjadi gacor.

Ada banyak jenis pakan yang bisa diberikan, bahkan kini dalam bentuk kemasan bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko atau kios burung. Walaupun begitu, ada juga makanan yang alami dan lebih murah harganya, yaitu:

Artikel Lain: Cara Ternak Kenari

1. Kroto

Kroto sudah menjadi makanan umum bagi burung, namun hanya untuk burung kicau dan bermental fighter, seperti burung kenari. Bentuknya putih bulat dan kenyal sebab kroto merupakan telur semut. Kandungan proteinnya tinggi sehingga baik untuk meningkatkan stamina kicau burung.

Bagi yang sedang membudidayakan kenari juga bermanfaat karena mampu mendongkrak birahi burung untuk cepat kawin dan bertelur.

Jika memberikan kroto ke burung kenari dewasa memang agak sulit. Ada beberapa burung yang menolak makan kroto. Cara mengatasinya bisa diberikan sedikit demi sedikit dan dicampur dengan biji-bijian. Untuk burung kenari yang masih kecil lebih mudah. Tinggal disuapi satu per satu sehingga saat besar sudah terbiasa makan kroto.

BACA JUGA:  Jenis Kenari

2. Biji-Bijian

Burung kenari adalah burung pemakan biji-bijian. Supaya burung tidak bosan, sebaiknya melakukan mix terhadap beberapa biji. Pakan biji-bijian ada yang sudah tersedia dalam kemasan. Tapi kalau mau mencampurnya sendiri pun bisa menggunakan biji sawi, milet putih dan merah, canary, egg food, dan sebagainya.

Tips untuk mengecek apakah biji-bijian tersebut kondisinya baik atau tidak adalah dengan cara merendamnya dalam air. Kalau biji tenggelam dan kulitnya terkelupas, maka bisa dipastikan biji tersebut berkualitas.

Lalu, perhatikan pula apakah warnanya berubah menjadi keabu-abuan. Biji yang berubah warna seperti itu baik dijadikan makanan burung kenari.

3. Niger Seed dan Fumayin

Kedua jenis bijian ini sudah populer sejak lama untuk membuat kenari menjadi gacor. Niger seed mengandung minyak serta lemak dan protein yang tinggi. Sedangkan biji fumayin membuat tubuh lebih hangat sehingga burung berkicau ngotot. Namun dalam pemberian niger seed dan fumayin harus memperhatikan porsi serta frekuensinya.

Baik niger seed ataupun fumayin, keduanya merangsang kecanduan pada burung. Kalau terlalu sering memberikannya nanti burung tidak mau makan biji-bijian lainnya. Cukup berikan sedikit saja sebagai selingan sehari sekali atau dua hari sekali. Jangan menjadikan ini sebagai makanan utama.

4. Buah Apel

Selain biji-bijian, burung kenari pun menyukai buah-buahan. Buah yang sering diberikan supaya burung kenari rajin berkicau adalah buah apel.

Pada buah apel terdapat rasa masam yang tinggi sehingga bagus untuk melancarkan tenggorokan burung supaya berbunyi dengan keras dan lantang. Cara memberikannya cukup dipotong-potong kecil lalu taruh dalam kandang.

Walau buah apel berkhasiat bagus, ini bukan menjadi makanan utama. Satu hal yang harus diperhatikan dalam memberi apel adalah memastikan tidak ada biji apel yang masuk ke kandang. Burung kenari bisa mati kalau makan biji apel karena mengandung sianida.

5. Daun Mengkudu Muda

Beberapa orang menyebut daun mengkudu dengan nama daun pace. Daun ini sangat bagus untuk mengobati suara serak pada burung. Ada senyawa khusus yang terkandung di dalamnya sehingga mampu membuat kicauan jadi lebih jernih dan lantang.

BACA JUGA:  Panduan Lengkap Ternak Burung Kenari untuk Pemula

Tak hanya itu, daun mengkudu muda juga mudah dicerna. Burung akan memiliki pencernaan yang sehat dan terhindar dari obesitas.

Cuci daun mengkudu sebelum diberikan kepada burung. Setelah itu, tinggal taruh dalam kandang. Tidak perlu dipotong atau diiris-iris. Adapun pemberian daun mengkudu tidak perlu rutin. Biasanya daun ini diberikan sebagai makanan burung kenari saat burung tampak malas atau kicauannya terdengar serak.

6. Ulat Hongkong

Khasiat yang diberikan ulat hongkong sama seperti kroto. Kandungan protein pada ulat hongkong cukup tinggi sehingga memenuhi kebutuhan nutrisi burung kenari.

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memberi ulat hongkong. Terlalu banyak memberikan ulat hongkong bisa membuat burung menjadi terlalu gemuk. Akhirnya, burung menjadi malas bergerak dan berkicau.

Selain itu, pastikan ulat sudah dalam kondisi mati sebab ada kandungan kimia pada tubuh ulat yang dapat mengganggu kesehatan burung. Cara mematikannya adalah dengan merendam ulat beberapa saat di dalam air hangat. Apabila burung mendekati waktu lomba bisa ditambah porsinya untuk meningkatkan stamina dan birahinya.

7. Telur Puyuh

Telur puyuh wajib diberikan kepada burung kenari, apalagi saat akan menghadapi lomba dan sesudahnya. Kandungan protein pada telur puyuh dapat meningkatkan stamina burung sehingga burung bisa tampil berkicau penuh energi. Sedangkan seusai pertandingan pun dibutuhkan untuk memulihkan tenaganya.

Disarankan bagian kuning telur lah yang diberikan karena di sana kandungan proteinnya paling tinggi. Sebelum diberikan kepada burung, rebus dulu telur hingga matang lalu kupas kulitnya dan ambil bagian kuningnya.

Apabila ada sisa telur di dalam kandang dan tampak sudah basi harus langsung dibuang agar tidak menjadi penyakit bagi burung.

8. Sayuran Segar

Sayur untuk makanan burung kenari berperan sebagai extra food, artinya ini adalah makanan tambahan yang diberikan sesekali saja. Tujuan memberikan sayur kepada burung agar tubuhnya terasa segar.

Beberapa jenis sayur yang bisa diberikan adalah wortel, sawi, kol, kangkung, mentimun, gambas atau oyong, daun selada, dan jagung muda.

Waktu pemberian yang tepat adalah di pagi hari dan sore hari. Sayuran yang bertekstur keras harus direbus dulu sebentar agar lunak. Jangan merebus sayuran sampai hancur karena akan menghilangkan kandungan vitaminnya.

BACA JUGA:  Cara Mudah Memilih Burung Kenari Berkualitas Baik

Apabila keesokan harinya tidak habis, segera ganti dengan yang baru dan jangan didiamkan sampai busuk di dalam kandang.

Sudah menjadi karakter burung kenari yang senang bertarung sehingga melatihnya tidak begitu sulit agar rajin berkicau. Selama si pemilik rajin melakukan pemasteran dan memberikan makanan burung kenari dengan tepat, maka burung kenari peliharaan bisa berkicau dengan gagah bahkan memenangkan lomba.

Keuntungan lainnya memelihara burung ini adalah bukan hewan yang mudah stress. Tak jarang beberapa hewan, termasuk burung, kalau baru dipelihara akan menjadi stress dan tidak mau makan.

Hal ini tidak terjadi pada burung kenari karena mereka merupakan hewan yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Jadi, bagi pemula sekalipun akan mudah menjinakkan hewan kecil satu ini.

Makanan Burung Kenari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.