Makanan Burung Kutilang

226 View

Makanan Burung Kutilang – Burung Kutilang merupakan salah satu jenis burung yang populasinya semakin berkurang di dunia. Berdasarkan gatra.com, sejak tahun 1970, populasi burung di Amerika berkurang 29% ekor secara keseluruhan dan salah satunya adalah burung kutilang.

Untuk memastikan bahwa burung ini tidak sampai punah, maka pemilik burung kutilang harus merawatnya dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memberikan makanan burung kutilang yang tepat.

Burung kutilang atau juga dikenal dengan burung cucak merupakan salah satu burung terpopuler di Indonesia. Saat ini, burung kutilang mudah ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, terutama di pulau Jawa.

Sama halnya dengan jenis berkicau lainnya, para pecinta burung lebih menyukai burung kutilang jantan. Hal ini dikarenakan burung kutilang jantan mampu mengeluarkan suara yang lebih nyaring dan lantang.

Makanan Burung Kutilang untuk Perkembangan Burung

Makanan Burung Kutilang untuk Perkembangan Burung
flickr.com

Secara umum, burung kutilang dikategorikan sebagai burung omnivora atau burung pemakan segala karena dapat memakan buah hingga serangga. Tidak ada makanan spesifik, namun untuk memastikan semua gizinya terpenuhi, berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk burung kutilang:

Artikel Lain: Harga Burung Kutilang

1. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat baik untuk burung kutilang. Buah ini memiliki banyak vitamin seperti vitamin A, B, E, K dan masih banyak lagi yang dapat meningkatkan kesehatan burung. Cara pemberian buah pepaya ke burung kutilang adalah dengan memotongnya dalam ukuran kecil. Hal ini untuk memudahkan burung dalam mengkonsumsi pepaya.

Selain buahnya, biji pepaya juga ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan burung. Salah satunya adalah sebagai obat antivirus, obat cacing hingga dapat menetralkan racun di dalam tubuh burung. Berbeda dengan daging pepaya, untuk pemberian biji pepaya kepada burung kutilang harus dihancurkan terlebih dahulu.

Salah satu cara pemberian biji pepaya dapat dilakukan dengan menggunakan perantara jangkrik. Jadi, haluskan biji pepaya lalu berikan kepada jangkrik. Selanjutnya, berikan jangkrik tersebut pada burung.

BACA JUGA:  Cara Berkembang Biak Burung Kutilang yang Benar dan Efektif

Jika burung kutilang menyukai kroto, maka campurkan biji pepaya yang telah dihaluskan dengan kroto. Namun, pastikan bahwa komposisi biji pepaya lebih banyak dibandingkan dengan krotonya.

2. Pisang

Sama halnya dengan pepaya, pisang juga memiliki banyak vitamin yang sangat bagus untuk menunjang kesehatan burung. Salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan mata burung.

Dengan memberikan pisang secara rutin pada burung, mata kacer akan senantiasa jernih dan bening. Mata yang jernih dan bening akan membuat burung tampak lebih sehat dan menarik.

Bagi yang mengalami masalah dengan bobot burung juga dapat memberikan pisang sebagai asupan. Berikan 1 buah pisang setiap hari agar bobot burung dapat bertambah. Jika burung sudah mulai menunjukkan tanda bosan dengan buah tersebut, maka campurkan dengan makanan yang lain.

3. Sawo

Sawo merupakan buah yang tidak hanya disukai oleh manusia namun juga burung, termasuk burung kutilang. Dengan kandungan gulanya yang tinggi, rasanya manis hingga membuat burung menyukainya. Selain itu, sawo mengandung vitamin A, B, B6, C dan mineral lainnya yang dapat merangsang burung untuk lebih rajin berbunyi.

Meskipun memiliki banyak vitamin, namun buah ini sebaiknya tidak diberikan setiap hari karena dapat mengganggu pencernaan burung.

Berikan pada burung 1-2 kali dalam seminggu dan campurkan dengan bahan lainnya. Jumlah yang direkomendasikan untuk setiap kali makan hanyalah ¼ buah sawo dan dalam kondisi sudah matang bahkan genjur. Namun, pastikan tidak sampai busuk atau tidak layak makan.

4. Laron atau Sulung

Burung terkenal suka berbagai macam serangga, salah satunya adalah laron atau sulung. Serangga terbang ini memiliki nutrisi yang cukup lengkap untuk meningkatkan stamina burung kutilang.

Salah satu kandungannya yang cukup tinggi adalah protein yang mencapai 65%. Jumlah ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan belalang yang hanya mencapai 32%.

Laron juga mengandung lemak yang tinggi, yaitu 31%. Namun, kandungan ini tidak akan membuat burung menjadi obesitas meskipun mengkonsumsinya secara rutin.

Hanya saja pemberian laron yang terlalu banyak dapat membuat birahi burung tidak stabil. Jadi, pemberian laron sebaiknya hanya 2 ekor per hari yaitu pada pagi dan sore hari.

BACA JUGA:  Panduan Lengkap: Cara Membuat Jebakan Burung Kutilang

Selain laron, jangkrik juga bisa menjadi alternatif makanan untuk burung kutilang. Pastikan untuk berhati-hati ketika memberikan kepada burung karena jika diberikan secara percuma dapat melukai mulut burung.

5. Cabai

Percaya atau tidak, cabai merupakan salah satu makanan yang dapat diberikan kepada burung kutilang. Namun, makanan ini lebih untuk meningkatkan kicauan kutilang. Cabai mengandung capsaicin yang dapat melatih lidah burung agar lebih lincah bergoyang sehingga lebih menghasilkan suara.

Cara pemberian cabai sebaiknya dilakukan hanya seminggu sekali. Jangan memberikan secara berlebihan karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada burung. Cara memberikan cabai pada burung dapat dilakukan dengan mengiris cabai rawit secara tipis-tipis. Lalu campurkan dengan makanan lainnya agar rasanya tidak terlalu pedas.

6. Voer

Makanan bergizi yang dapat digunakan sebagai makanan sehari-hari adalah voer. Selain memiliki banyak nutrisi, makanan ini sangat awet karena tahan lama dan harganya tergolong terjangkau.

Voer mengandung protein, karbohidrat hingga asam amino. Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada voer, ada baiknya mengatur pemberian voer pada burung. Berikan secukupnya karena jika berlebihan dapat menyebabkan burung kegemukan.

Makanan Burung Kutilang Anakan

Makanan Burung Kutilang Anakan
youtube.com

Pemberian makanan pada burung kutilang anakan agak berbeda dengan burung yang sudah dewasa. Layaknya anak kecil, burung kutilang anakan tidak bisa memakan semua jenis makanan karena paruhnya yang masih kecil.

Baca Juga: Makanan Burung Perkutut

Oleh karena itu, ketika memberi makanan pada burung kutilang pastikan untuk membuatnya lunak dan lebih halus. Hal ini dapat dilakukan dengan mencampurnya dengan air terlebih dahulu.

Selanjutnya, siapkan sedotan aqua atau lidi dan masukkan ke dalam mulut burung. Lakukan dengan hati-hati karena mulut kutilang anakan masih lunak hingga mudah sobek. Agar makanan dapat masuk ke dalam mulut burung, pastikan makanannya telah dibuat dengan sangat halus.

Untuk jenis makanannya, cobalah mulai dengan menggunakan voer ayam. Berikan dengan campuran air agar menjadi lunak dan mudah untuk dimakan.

Makanan ini sangat cocok untuk kutilang anakan karena mengandung nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhannya. Selain itu, voer dapat menjaga bulu kutilang agar tetap bersih dan bersinar.

BACA JUGA:  Panduan Lengkap Cara Membuat Burung Kutilang Berbunyi Merdu

Jadi, itulah beberapa jenis makanan burung kutilang mulai dari anakan hingga yang dewasa. Burung kutilang merupakan burung yang dapat makan segala hal.

Oleh karena itu, usahakan untuk memberikan variasi makanan kepada burung agar tidak mudah bosan. Para pemilik burung kutilang dapat mencampurkan beberapa jenis makanan sekaligus untuk membuat rasanya lebih menarik.

Dalam memberikan makanan burung kutilang, perhatikan porsi yang diberikan. Jangan memberikan terlalu banyak atau secara berlebihan. Pemberian makanan yang secara berlebihan berpotensi membuat burung obesitas, terutama untuk beberapa jenis makanan seperti serangga. Jadi, pastikan untuk memberikan porsi yang dianjurkan agar burung tidak obesitas atau berkurang birahinya.

Makanan Burung Kutilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.