Makanan Burung Lovebird

161 View

MAKANAN BURUNG LOVEBIRD – Burung menjadi salah satu hewan yang sering menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk dijadikan peliharaan.

Ini disebabkan oleh burung yang sangat mudah untuk dirawat dan tingkahnya yang lucu. Di Indonesia, persebaran burung ini banyak dijumpai di Jawa, terutama di Klaten, Yogyakarta, Solo, dan juga Madura.

Ada kesenangan tersendiri ketika mulai memelihara burung sekaligus bisa jadi sarana refreshing. Salah satu jenis burung yang menjadi primadona di masyarakat ialah burung lovebird. Banyak yang khawatir mengenai makanan burung lovebird meski sebenarnya tidak sulit diatasi.

Burung lovebird menjadi primadona karena bentuknya yang unik dan khas serta warnanya yang cantik. Di lain sisi, suara kicauan dari lovebird tidak kalah jika dibandingkan dengan burung kicau lain.

Harga burung ini bisa naik hingga puluhan juta ketika banyak kontes burung yang dimenangkan. Ini tidak lepas dari perawatan yang baik terutama dalam hal makanan burung lovebird yang dijaga benar.

Lovebird sebenarnya sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan, tidak seperti yang dibicarakan. Hanya saja, perlu memperhatikan pakan yang diberikan dengan kandang tempat lovebird.

Ini karena lovebird suka menggigiti bagian dari kandang yang bisa menyebabkan bolong dan kabur. Makanan burung lovebird yang berkualitas akan menjadikan kicauan burung ini semakin bagus. Berikut makanan yang bisa diberikan untuk membuat kicauan lovebird menjadi gacor.

Pengaruh Makanan Burung Lovebird untuk Gacor dan Stamina

Pengaruh Makanan Burung Lovebird untuk Gacor dan Stamina
suarasiber.com

Salah satu tujuan dari memelihara burung lovebird adalah untuk ikut kontes atau sebagai burung lomba. Jika sejak awal memelihara burung ini untuk diikutkan lomba, maka pemilihan makanan dan perawatan haruslah tepat. Makanan burung lovebird yang benar akan menentukan kualitas gacornya.

Mendapatkan kicauan burung lovebird yang bagus tidak bisa instan. Dari kecil, lovebird sudah harus diberi nutrisi yang baik agar kicauannya bisa panjang dan nyaring atau ngekek. Lovebird yang diberi nutrisi bagus dan juga tambahan vitamin, maka staminanya akan prima.

Makanan burung lovebird yang paling tepat agar bisa gacor dengan bagus adalah biji-bijian. Kenapa biji-bijian ini bagus, karena sesuai dengan bentuk paruh burung lovebird itu sendiri. Ada juga makanan pendukung lain yang bisa diberikan sebagai selingan untuk menjaga stamina burung.

Pada beauty contest, akan dilihat bentuk tubuh burung, bentuk paruh, warna, dan yang paling menentukan adalah gacornya. Semua ini bisa didapatkan kalau makanan yang diberikan tepat dan dalam dosis yang benar.

BACA JUGA:  Rahasia Bikin Burung Lovebird Gacor Cepat dan Mudah

Makanan Burung Lovebird

Makanan Burung Lovebird
pakan lovebird gacor – alchetron.com

Makanan burung lovebird akan menjadi perhatian terpenting bagi para pecintanya. Ini disebabkan oleh burung lovebird yang sedikit rewel terhadap makanannya sehingga membutuhkan pakan khusus.

Dalam artikel ini akan terdapat beberapa makanan khusus untuk diberikan pada lovebird. Pastikan untuk bersiap mengeluarkan uang lebih demi burung lovebird dengan kicauan terbaiknya:

Artikel Lain: Ciri Fisik Lovebird Ngekek Panjang

1. Milet Putih dan Milet Merah

Pakan ini merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta burung. Ini karena milet merupakan makanan yang sering digunakan untuk burung lainnya juga. Jenis burung kicau pun sering diberikan pakan milet baik merah atau putih.

Tidak akan kesulitan menemukan pakan yang satu ini karena banyak dijual di toko pakan ternak. Banyak manfaat yang bisa diambil dari pakan ini untuk lovebird. Manfaat milet putih dan merah untuk lovebird salah satunya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh.

Ini memang belum terbukti secara ilmiah tapi dari hasil para penangkar, pakan milet memang membuat lovebird lebih tangguh. Tidak perlu waktu khusus untuk memberikan pakan ini, cukup berikan setiap hari saja. Sore dan pagi hari menjadi waktu yang paling pas karena lovebird biasanya akan aktif setelah jam-jam itu.

2. Jagung Manis

Jagung manis menjadi makanan yang dianjurkan untuk lovebird berikutnya. Tidak perlu repot untuk memisahkan jagung dengan bonggolnya yang bisa menghabiskan banyak waktu. Ini karena lovebird memiliki tipe paruh untuk mencongkel biji-bijian.

Jagung manis juga bisa menjadi makanan untuk mempertahankan ketajaman paruhnya. Kunjungi pasar terdekat atau tempat sayur untuk mendapatkan jagung manis ini dengan mudah.

Jagung manis mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh lovebird. Beberapa diantaranya ialah vitamin B, vitamin C, Beta Karoten, dan Asam Folat.

Selain untuk menjaga daya tahan tubuh, jagung manis juga bisa menjaga kesehatan mata burung itu. Untuk penyajian jagung manis, bisa direbus terlebih dahulu atau jika jagung muda, langsung diberikan saja.

3. Biji Oat

Selain berguna untuk manusia, biji oat juga bermanfaat bagi hewan pemakan biji-bijian. Lovebird adalah jenis burung pemakan biji-bijian dan ia sangat menyukai biji oat. Oat juga sangat cocok diberikan ketika burung sedang dalam fase mabung.

Biji oat memiliki kadar karbohidrat sederhana yang sangat tinggi. Ini menyebabkan biji oat lebih cepat dicerna oleh lovebird. Kandungan gizi lain pada makanan burung lovebird yang satu ini tidak perlu diragukan lagi seperti protein yang tinggi.

Biji oat bisa menjadi pakan lovebird sehari-hari dicampur dengan milet merah dan putih. Akan tetapi bisa juga dijadikan selingan sebanyak 3 kali sehari supaya lovebird tidak bosan dengan pakannya.

BACA JUGA:  Rahasia Ampuh Melatih Lovebird Ngekek Panjang untuk Pemula

Biji oat memiliki manfaat untuk membuat lovebird lebih sehat dan aktif. Biji oat juga bisa membuat bulu dari lovebird lebih cantik daripada sebelumnya.

Oat juga baik untuk psikologis burung karena memberi efek tenang. Burung tidak mudah stress atau drop dan juga tidak mudah terserang iritasi kulit. Ini karena oat membantu memperbaiki struktur jaringan pada kulit lovebird.

4. Biji Kenari

Biji kenari di luar negeri biasa disebut sebagai canary seed. Seperti yang pertama kali dibayangkan dari namanya saja, biji ini merupakan makanan dari burung kenari. Akan tetapi bukan berarti tidak bisa diberikan ke jenis burung yang lain. Makanan ini dianggap sebagai yang paling baik bagi lovebird.

Lovebird juga salah satu jenis burung yang bisa diberi pakan biji yang satu ini. Biji kenari dipercaya sangat ampuh untuk mempercantik suara dari burung kicau. Khasiat dari kenari sendiri sebenarnya banyak sekali, ia bisa merangsang pertumbuhan dari lovebird.

Akan tetapi khasiat yang paling sering dicari ialah untuk memberikan suara yang lebih bagus untuk burung lovebird. Pemberian biji kenari bisa dilakukan setiap hari dengan dicampur biji lain atau sendiri sebagai variasi pakan. Berikan pakan ini sejak lovebird masih anakan untuk perkembangan maksimal.

Dari makanan-makanan di atas, ada juga makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada lovebird. Contohnya adalah produk susu karena kandungan laktosa bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare pada burung.

Selain itu, makanan seperti jamur, sayuran seperti seledri, bawang-bawangan, daun komfrey, dan juga cokelat juga berbahaya bagi burung ini. Jamur bisa menyebabkan keracunan pada burung. Sementara bawang-bawangan bisa membuat burung diare.

Makanan Tambahan untuk Burung Lovebird

Makanan Tambahan untuk Burung Lovebird
pakan tambahan lovebird – forbes.com

Tidak semua makanan yang diberikan untuk lovebird adalah makanan pokok seperti di atas. Ada juga beberapa pakan yang berfungsi sebagai penunjang untuk perkembangan burung yang satu ini. Berikut ini beberapa makanan untuk menambah kegacoran lovebird.

Baca Juga: Harga Lovebird Biru Mangsi

1. Buah Apel Merah

Menu makanan lovebird ini biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Mungkin ada pikiran untuk apa burung diberi makanan semahal buah apel merah karena manusianya saja jarang. Akan tetapi jangan salah, sebuah pengorbanan diperlukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik pula.

Jangan ragu untuk meluangkan lebih banyak uang untuk burung kesayangan. Ini akan berjalan sesuai dengan khasiat yang akan didapatkan dari pakan mahal. Apel merah memiliki kandungan gizi yang banyak dan dibutuhkan oleh lovebird. Tekstur yang lunak serta kandungan air yang cukup tinggi juga diperlukan oleh burung satu ini.

BACA JUGA:  Cara Ternak Lovebird Mudah di Rumah

2. Tauge

Makanan burung lovebird yang hanya bersifat tambahan ialah tauge atau kecambah kacang hijau. Tauge dipercaya memiliki banyak kandungan nutrisi seperti protein dan karbohidrat. Di lain sisi, tauge juga sedikit sekali terserang penyakit karena tauge merupakan tanaman muda yang baru tumbuh.

Tauge bisa membuat lovebird menjadi lebih aktif dan lebih sehat lagi. Stamina lovebird juga akan meningkat dengan pakan ini. Tidak perlu lagi untuk masalah gacor atau kerajinan berkicau, makanan ini bisa meningkatkannya. Berikan cukup seminggu sekali saja sebagai selingan untuk burung lovebird.

3. Telur Rebus

Kandungan protein dalam telur rebus sudah bisa diketahui bersama sangat tinggi sekali. Ini bisa memicu pertumbuhan burung lovebird untuk menjadi lebih cepat dan bagus. Protein dari telur rebus paling banyak ditemui di kuning telurnya, tetapi bukan berarti putih telur tidak penting.

Banyak kandungan lain yang bermanfaat dan bisa didapatkan dari telur rebus bagi burung lovebird. Pemberian telur rebus tidak boleh terlalu sering karena bisa menyebabkan obesitas pada burung. Untuk anakan, bisa diberikan telur rebus sebanyak 3-4 kali seminggu, sedangkan untuk dewasa cukup 1-2 kali saja.

Harga Jual Lovebird vs Harga Pakan

Harga Jual Lovebird vs Harga Pakan
abahtani.com

Sayangnya, setahun belakangan ini harga jual lovebird menurun drastis. Penyebab turunnya harga burung ini bervariasi, mulai dari terlalu banyaknya populasi burung lovebird di peternak sampai pada penyelundupan burung lovebird.

Jika populasi di peternak terlalu banyak, maka akan jarang ada burung lovebird yang berkualitas. Dalam artian untuk kualitas gacor, bentuk fisik, dan juga penampilan warnanya. Jika yang tersedia di pasaran hanyalah lovebird kualitas biasa, tentu ini mempengaruhi harga jual lovebird sendiri.

Di tahun 2019 saja, harga lovebird turun sampai 70%. Seperti misalnya untuk jenis lutino, jika dulu pedagang bisa mengantongi 750 ribu, sekarang hanya 350 ribu. Belum lagi jenis albino, dulunya bisa mencapai 1,4 juta, namun sekarang hanya 500 ribu saja. Hal yang sama terjadi pada jenis pastel, kini harganya hanya sekitar 150 ribu dari yang dulunya 300 ribu.

Namun, masih banyak peternak yang optimis harga burung lovebird akan naik lagi. Pasalnya, penjualan pakan dan kandang lovebird masih tinggi, artinya permintaan masih ada. Oleh karena itu, jika ingin menaikkan harga lovebird, maka burung harus diberi pakan yang baik agar kualitas burung baik juga.

Peternak diharapkan merawat burung agar nilai jual semakin tinggi. Umumnya, pecinta burung lovebird akan mengikutkan burung ke lomba atau beauty contest. Maka, sejak anakan, peternak harus sudah memberi makan pokok dan pendamping agar burung menjadi lovebird unggulan.

Itu adalah beberapa makanan burung lovebird yang bisa diberikan untuk menambah kualitas dari lovebird. Tidak perlu ragu untuk memelihara burung satu ini karena sebenarnya sangat mudah. Jangan lupakan kekuatan kandang dan kebersihan kandang nantinya untuk mendapatkan lovebird dengan kicauan yang bagus.

MAKANAN BURUNG LOVEBIRD

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.