burungmaster.co

Makanan Burung Prenjak

274 View

Makanan Burung Prenjak – Pecinta burung kicau atau yang sering disebut kicau mania di Indonesia saat ini sudah semakin berkembang dan menjamur.

Salah satu jenis burung yang sering dicari ialah burung prenjak karena kicauannya yang sangat merdu dan indah. Makanan burung prenjak ini harus deprogram khusus untuk menjaga kualitas kicauannya.

Umumnya, burung kecil satu ini lebih sering digunakan sebagai masteran untuk burung kicau lainnya. Saat ini memang sudah ada beberapa lomba untuk burung prenjak sendiri tetapi masih cukup sulit untuk ditemui. Perawatan burung prenjak sendiri bisa dibilang lumayan susah terutama untuk pakannya yang tidak sembarangan.

Mengenal Burung Prenjak

Mengenal Burung Prenjak

Burung prenjak untuk saat ini masih bisa ditemui dengan mudah di alam liar dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Prenjak sendiri memiliki tubuh yang terbilang cukup kecil berukuran panjang dari paruh hingga ekor sekitar 10-15 cm saja. Burung ini memiliki tubuh yang ramping dengan ekor cukup panjang.

Ada banyak sekali warna bulu dari burung prenjak ini seperti abu-abu hingga hijau bergantung pada jenisnya. Karakter suara dari burung ini adalah tiba-tiba bersuara nyaring dengan variasi yang beragam dan indah.

Di alam liar, burung ini biasa ditemukan di ranting-ranting semak belukar yang masih tampak cukup padat. Selain itu, burung ini juga biasa berkeliaran di sekitar rawa atau sawah, pekarangan, hingga tepi hutan. Burung ini terkenal cuek dengan aktivitas manusia tetapi memang akan kabur ketika manusia sudah mulai mendekat.

Jenis-Jenis Burung Prenjak

Jenis-Jenis Burung Prenjak
id.noxinfluencer.com

Di alam liar sebenarnya ada banyak sekali jenis burung prenjak karena wilayah sebarannya yang memiliki karakter berbeda. Ada tiga jenis burung prenjak yang paling terkenal dan umum ditemui di pasar-pasar hewan atau perlombaan. Ketiga jenis ini memiliki ciri khasnya masing-masing, ini dia jenisnya:

BACA JUGA:  Harga Burung Sanger

Artikel Lain: Makanan Burung Lovebird

1. Burung Prenjak Kepala Merah

Ciri khas dari burung prenjak satu ini sesuai dengan namanya yakni corak bulu merah kecokelatan yang berada di bagian kepalanya. Prenjak jenis ini dikenal karena ciri suaranya yang melengking dan kencang sehingga menarik untuk dipelihara.

Burung prenjak kepala merah jika hendak dibeli sebaiknya memilih jantannya saja dibandingkan betinanya. Prenjak jantan biasa mengeluarkan suara lebih sering dan lebih gacor daripada betina yang cenderung pasif. Selain itu, bagian ekor burung jantan juga tampak lebih panjang sehingga terlihat sedikit lebih bagus.

2. Prenjak Sawah

Berbeda dengan prenjak kepala merah, burung prenjak sawah ini memiliki bulu yang mayoritas berwarna putih dan keabu-abuan. Warna putih terletak pada bagian kepala bawah, dagu, hingga ke sekitaran wilayah perut burung sedangkan abu-abu terletak di bagian belakang.

Burung satu ini dikenal juga dengan nama burung ciblek sawah yang ketika diperhatikan secara fisik akan mirip dengan burung ciblek. Prenjak sawah dapat ditemui di sekitaran sawah-sawah atau pekarangan karena mudahnya mencari ulat sebagai pakan alaminya.

3. Prenjak Lumut

Jenis burung prenjak yang satu ini bisa dibilang merupakan jenis burung yang paling menarik warna bulunya dibandingkan yang lain. Prenjak lumut memiliki bulu di bagian kepala berwarna cokelat menyala dengan perpaduan abu-abu di dagunya. Warna hijau terang membentang di bagian punggung hingga ekor burung.

Meskipun tampak sangat cantik, prenjak lumut sendiri juga terkenal karena perawatannya yang sulit. Aktivitas seperti penjemuran, memandikan, dan juga pemberian pakan yang benar harus selalu dikontrol supaya burung ini bisa lebih gacor.

Makanan Burung Prenjak

Makanan Burung Prenjak
burungmaster.co

Sebagai burung kicau, prenjak sendiri perlu diberikan makanan yang cukup spesial untuk merangsang dan menjaga kualitas kicaunya. Ada beberapa makanan burung prenjak berkualitas yang menjadi favorit dan bisa diberikan untuk prenjak dengan fungsi berbeda, berikut di antaranya:

Baca Juga: Cara Merawat Burung Perkutut

1. Kroto

Kroto merupakan salah satu makanan wajib yang biasa diberikan kepada hampir semua jenis burung kicau. Fungsi utama kroto ini adalah untuk meningkatkan performa kicauan dari si burung supaya lebih rajin dan tetap fit.

BACA JUGA:  Inilah Harga Burung Falk Saat Ini

Burung prenjak sendiri akan lebih baik jika menerima pakan kroto ketika burung berada di usia muda. Ketika pemasteran nanti, pastikan burung diberikan pakan kroto yang cukup untuk menunjang kemampuan burung. Kroto juga bisa membantu perkembangan otak sehingga burung bisa mengingat irama yang didengarkannya.

Ketika burung sudah dewasa, tidak jarang burung tiba-tiba mengalami mogok kemudian berhenti berbunyi atau disebut dengan ngambek. Kroto yang bisa menstimulasi burung untuk mulai berkicau kembali ini bisa mengembalikan dan mengatasi burung yang stress tadi.

2. Ulat Hongkong

Ulat kecil berwarna cokelat satu ini sudah sangat dikenal dengan baik sebagai bahan makanan untuk burung kicau. Pemberian ulat hongkong sendiri biasa diberikan sebagai pakan extra fooding saja di luar pakan utama.

Tidak jarang ulat hongkong ini perlu dikeringkan terlebih dahulu sebelum diberikan pada burung prenjak. Ini karena ketika ulat hongkong kering, maka pencernaan burung bisa lebih mudah menghancurkannya dibandingkan ulat segar.

Ketika pencernaan burung bisa lebih mudah menghancurkan maka nantinya nutrisi yang ada di ulat hongkong dipercaya bisa diserap maksimal. Pemberian ulat hongkong ini juga bisa membuat burung mencapai performa maksimalnya dan merangsang peningkatan kualitas bunyi.

3. Voer

Makanan tambahan lain yang bisa diberikan pada burung prenjak ini ialah voer yang sebenarnya biasa diberikan sebagai pakan sapi. Pemberian voer pada burung prenjak ini perlu dilatih terlebih dahulu supaya nanti burung prenjak tidak enggan untuk makan.

Voer merupakan makanan buatan yang telah diracik dengan berbagai macam bahan alami kemudian dibentuk menjadi lebih praktis. Kandungan gizi dan nutrisi dalam pakan satu ini terbilang sudah cukup komplit sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dari burung prenjak.

Burung kicau merupakan jenis burung yang sangat bergantung pada pemenuhan nutrisinya untuk mengeluarkan performa terbaiknya. Burung yang memakan voer ini nantinya bisa mengeluarkan bunyi yang lebih gacor lagi dengan interval lebih sering.

4. Kroto Kacang

Ada juga makanan burung prenjak yang biasa dibuat dengan meracik sendiri bahan-bahannya untuk menstimulasi kicau burung. Kroto kacang ini terbuat dari bahan-bahan seperti indukan semut atau semut jantan, semut pekerja, larva telur semut, dan biji-bijian.

BACA JUGA:  Harga Burung Kolibri Beserta Cara Merawatnya Agar Cepat Gacor

Bahan-bahan tersebut kemudian dicampurkan secara merata dalam satu wadah lalu diberikan pada burung prenjak ini. Pemberiannya perlu dikontrol mengingat sebenarnya burung prenjak biasa makan makanan dari hewan lain seperti misalnya belalang.

Pemberian kroto kacang dengan campuran biji-biji kecil ini dibuat untuk tetap menjaga serapan nutrisi dari si burung. Selain itu burung juga memerlukan biji-bijian untuk membantu proses pencernaan pakan-pakan lainnya di dalam tubuh burung.

Ada banyak sekali makanan burung prenjak sebenarnya, seperti misalnya ulat-ulat kecil, belalang, hingga laba-laba. Tetapi masih sangat jarang ada pembudidaya hewan-hewan tersebut sehingga rekomendasi di atas disesuaikan pada ketersediaan barang di pasar. Selalu pastikan pakan burung prenjak ini bernutrisi supaya prenjak bisa bersuara dengan lebih baik.

Makanan Burung Prenjak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.