Makanan Untuk Kucing Kampung

MAKANAN UNTUK KUCING KAMPUNG – Kucing merupakan hewan yang mudah ditemukan dimana saja, termasuk di jalanan. Bahkan menurut kumparan.com, jumlah kucing di Indonesia pada tahun 2018 mencapai 29.504 ekor.

Sebagian besar kucing yang ditemukan di Indonesia adalah jenis kucing kampung yang tidak ada pemiliknya. Padahal merawat jenis kucing kampung sangatlah mudah, mulai dari makanan untuk kucing kampung hingga perawatannya.

Kucing merupakan hewan yang sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan. Ia memiliki sifat dan bentuk yang lucu dan disukai manusia terutama para pecinta kucing. Apapun jenis kucingnya mereka lucu dan memiliki banyak tingkah yang menggemaskan termasuk kucing kampung.

Kucing kampung merupakan kucing yang umumnya dianggap sebagai kucing yang tidak menarik. Namun, bagi pecinta kucing, kucing kampung merupakan kucing yang lucu jika dirawat dengan memberi makanan untuk kucing kampung agar mereka sehat dan tetap cantik.

Kucing yang sehat ditunjukkan dari kegiatan harian yang mereka lakukan. Jika kucing merasa sehat, mereka akan bermain kesana kemari tanpa ada gangguan atau lemah. Jika mereka sehat dan ceria, maka pemiliknya pun akan turut bahagia melihat dan juga bermain bersamanya.

Sebenarnya, tidak ada yang khusus dari pemberian makanan untuk kucing kampung. Yang berbeda adalah makanan yang diberikan harus mencukupi kebutuhan gizi dan vitamin si kucing agar ia tumbuh menjadi kucing yang sehat, gemuk, dan berbulu lebat dan sehat.

Lantas apa sajakah makanan-makanan yang dibutuhkan untuk merawat kucing kampung agar menjadi kucing yang lebih sehat?

Jenis Makanan untuk Kucing

Jenis Makanan Kucing
paw.id

Sebelum menentukan makanan untuk kucing kampung, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis makanan yang bisa diberikan kepada kucing.

Hal ini untuk memastikan bahwa jenis makanan yang diberikan aman untuk dikonsumsi dan dapat memberikan manfaat bagi tubuh kucing. Berikut adalah beberapa jenis makanan kucing yang bisa dikonsumsi kucing kampung juga:

1. Makanan Kering

Salah satu jenis makanan yang sering diberikan kepada kucing adalah makanan kering. Jenis makanan ini tergolong yang termurah dan mudah ditemukan di berbagai toko pakan hewan. Makanan ini terbuat dari ekstrusi daging dengan tekanan dan suhu yang tinggi. Selanjutnya, untuk lemaknya disemprotkan pada bagian makanannya.

2. Makanan Mentah

Kucing merupakan salah satu hewan yang bisa memakan makanan seperti daging atau ikan mentah. Makanan mentah dikenal memiliki kandungan yang tinggi karena belum diolah melalui berbagai macam proses. Namun jika ingin makanan mentah yang aman belikan makanan yang khusus kucing.

3. Makanan Basah

Salah satu jenis makanan favorit para kucing adalah makanan basah. Air sangat bermanfaat untuk ginjal dan seluruh sistem saluran kemih, sehingga membuat kucing tetap sehat. Makanan basah bisa didapatkan dari mencampur makanan dengan susu atau air biasa. Namun, jika tidak ingin repot dapat membelinya secara langsung juga.

Makanan Untuk Kucing Kampung Agar Sehat dan Berbulu Lebat

Makanan Untuk Kucing Kampung Agar Sehat Dan Berbulu Lebat
amankah kucing makan nasi? – cattime.com

Kucing kampung merupakan jenis kucing yang berbeda dibandingkan kucing hias yang biasanya dijual di pet shop. Gizi dan juga vitamin harus tercukupi demi kesehatan dan keindahan kucing. Berikut adalah beberapa macam jenis makanan dan minuman yang bisa diberikan kepada kucing kampung kesayangan.

Artikel Lain: Cara Membuat Kucing Gemuk

1. Daging

Daging adalah salah satu makanan yang sangat disukai oleh kucing. Bagaimana tidak, kucing adalah hewan karnivora yang notabenenya merupakan pemakan daging seperti daging sapi, ayam, dan juga daging ikan.

Namun, daging yang baik dikonsumsi oleh kucing sesuai dengan asupan gizi yang dibutuhkan yaitu daging ikan sekalipun sebagian kucing memang mau dan menyukai daging lainnya.

Olah daging ikan dengan cara yang sehat yaitu dikukus atau direbus. Berikan menu ini sekitar 3 kali dalam seminggu agar si kucing tidak terlalu dimanja sehingga tidak menjadi rewel terhadap makanan lainnya. Karena jika si kucing berubah menjadi rewel, maka si pemilik juga akan kesusahan untuk mengatur menu makanannya.

Jenis daging lainnya yang juga bisa diberikan kepada kucing adalah sosis. Kucing kampung sangat menyukai sosis dari daging sapi maupun ayam. Namun, agar kucing makan dengan lahap, sebaiknya berikan sosis yang terbuat dari daging sapi.

2. Campuran Nasi dan Daging Ikan

Nasi merupakan makanan pokok yang biasa dikonsumsi manusia. Namun jangan salah, jika kucing pun juga menyukai nasi sebagai makanannya. Nasi memang sering dijadikan sebagai makanan untuk kucing kampung.

Selain mudah ditemukan, nasi juga mampu menaikkan berat badan si kucing kesayangan. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa berlebih-lebihan bukanlah hal yang baik, begitupun pemberian makan untuk si kucing.

Pastikan untuk tidak berlebihan dalam memberikan nasi pada si kucing agar kucing kampung kesayangan tidak terserang obesitas. memang kucing yang gemuk akan terlihat lebih lucu bahkan menyerupai seperti boneka, namun obesitas merupakan gangguan kesehatan yang bisa membahayakan si kucing kampung ataupun kucing ras lainnya.

3. Telur Dadar

Selain beberapa makanan diatas, juga bisa mencari makanan untuk kucing kampung yang lainnya seperti telur dadar. Telur diketahui memiliki kandungan protein hewani yang cukup bagus untuk perkembangan kucing termasuk kucing kampung.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, janganlah memberi makan kucing kampung atau kucing ras lainnya dengan telur yang mentah.

Hal itu karena telur mentah memiliki kandungan bakteri yang banyak sehingga dapat menimbulkan diare pada kucing kampung kesayangan.

Tidak maukan kucing kampung kesayangan mendadak sakit karena terserang bakteri? jangan menyepelekan bakteri karena bisa berefek fatal pada kesehatan sang kucing.

4. Tempe dan Tahu

makanan untuk kucing kampung lainnya yang juga mudah, sehat untuk kucing kesayangan adalah tempe dan tahu. Sekalipun tempe dan tahu merupakan makanan sederhana yang mungkin sering disepelekan oleh kebanyakan orang, namun tempe dan tahu memiliki kandungan protein nabati yang baik untuk dikonsumsi.

Begitu pun dengan kucing termasuk kucing kampung, tempe dan tahu juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan yaitu sebagai obat diare pada kucing.

Jadi, jika kucing kesayangan sedang mengalami diare, ada baiknya jika mencoba memberi mereka makanan tempe dan juga tahu.

Selain mudah ditemukan, tempe dan tahu juga merupakan makanan sehat yang tidak banyak memakan biaya. sekalipun terlihat sederhana, namun kucing juga menyukai makanan kucing kampung yang satu ini yaitu tempe dan tahu.

5. Snack Kucing

Sekalipun memiliki kucing kampung, pecinta kucing kampung masih bisa memberinya snack yang biasa dimakan oleh kucing ras Persia atau anggora sebagai makanan untuk kucing kampung.

Snack tersebut juga memiliki kandungan vitamin yang banyak sehingga baik untuk si kucing. Pemiliknya bisa memberinya snack sebagai salah satu menu makanannya. tak perlu mahal, snack apapun bisa asal si kucing kampung kesayangan menyukainya dan mau memakannya.

6. Sayuran dan Buah

Makanan kucing kampung lainnya yang bisa diberikan adalah buah dan sayuran. Buah dan sayur mengandung vitamin yang sehat untuk kesehatan serta perkembangan kucing. Namun, sayangnya makanan ini tidak disukai oleh semua kucing karena rasanya yang lebih berasa dan manis.

Salah satu jenis sayuran bisa dijadikan makanan kucing kampung adalah wortel. Agar sayuran ini dimakan oleh kucing, maka potonglah dalam bentuk kotak-kotak kecil. Selanjutnya rendam dalam air atau tumis sedikit untuk memberikan rasa pada wortel.

Untuk buah, jenis buah yang biasanya disukai oleh kucing adalah buah yang tidak terlalu manis seperti semangka. Potonglah buah dalam bentuk yang kecil-kecil agar lebih mudah untuk dimakan. Jika kucing tidak menyukainya, cobalah beberapa jenis buah yang lain.

7. Kuning Telur Ayam Kampung

Jika ingin memiliki kucing yang bulunya lebat dan bagus, maka cobalah berikan kuning telur kepada kucing kampung. Pastikan untuk memberikan hanya kuningnya saja, karena kuning telur mengandung protein dan kalium yang dibutuhkan untuk kucing. Sedangkan putih telur mengandung senyawa yang dapat menghilangkan zat penting untuk kucing.

Berikan kuning telur pada kucing paling tidak tiga kali dalam seminggu. Pemilik dapat memberikannya secara langsung kepada kucing. Namun, jika kucingnya tidak memakannya, maka campurkan dengan susu atau air agar baunya tersamarkan. Jika hal ini diberikan secara rutin, maka kucing kampung akan memiliki bulu yang lebat dan tidak mudah rontok. 

8. Keju

Cemilan dan makanan kucing kampung berikutnya yang bisa diberikan adalah keju. Makanan yang juga bermanfaat untuk manusia ini memiliki kandungan kalsium dan vitamin yang mampu membantu pertumbuhan tulang kucing. Berikan snack ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebagian kucing akan memakan keju yang telah dipotong. Namun, apabila kucing kampung tidak memakannya, maka campurkan dengan makanan besarnya seperti ikan atau daging. Atau jika ingin lebih mudah lagi untuk dikonsumsi, larutkan dalam air atau susu kucing.

Minuman Untuk Kucing Kampung

Minuman Untuk Kucing Kampung
kucing minum susu – barkibu.com

Selain beberapa makanan untuk kucing kampung yang telah disebutkan di atas, ketika memelihara kucing kampung juga perlu memperhatikan minuman yang diminum olehnya.

Seperti halnya manusia, kucing juga membutuhkan asupan minum untuk melengkapi gizi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh mereka. Lantas apa saja jenis minuman yang baik untuk dikonsumsi kucing kampung?

Baca Juga: Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

1. Air Putih

Air putih merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh termasuk kucing kampung. Seperti halnya manusia, kucing perlu mencukupi kebutuhan minum air putih dengan cukup agar tubuh mereka segar dan sehat.

Karena itu, sebagai pemilik yang baik harus menyediakan minuman air putih di rumah atau di area kandang kucing kampung kesayangan. Dengan begitu, si kucing kampung kesayangan akan mudah mencari minum dan minum air putih kapanpun yang dia mau.

2. Susu

Selain air putih dan beberapa makanan untuk kucing kampung yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, susu juga merupakan asupan yang sangat penting bagi kucing. Susu mengandung kalsium dan juga protein yang baik untuk kesehatan.

Kalsium pada susu bisa membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan si kucing kampung kesayangan. Namun jangan salah dulu, susu yang pas dan baik untuk kucing bukanlah susu sapi lho.

Pemiliknya perlu menyediakan susu khusus untuk kucing yang bisa dibeli di pet shop langganan. jangan memberinya sembarang susu apalagi susu yang basi. pastikan susu tersebut segar dan merupakan susu khusus untuk kucing agar si kucing kampung tidak terserang penyakit.

Apapun makanan yang diberikan kepada mereka yaitu kucing kampung kesayangan ataupun jenis kucing anggora atau persia, pemiliknya harus mempertimbangkan kandungan gizi dan juga vitamin yang terkandung di dalamnya. Jangan memberikan makanan yang tidak sehat kepada mereka.

Pastikan untuk mencukupi kebutuhan gizinya dan menjaga kebersihannya selalu. Hal itu perlu dilakukan demi menjaga kucing kesayangan dengan baik agar si kucing senantiasa sehat dan ceria untuk menemani kehidupan manusia.

Jadi kesimpulannya, tidak ada salahnya merawatnya dengan baik demi kebahagiaan kucing kampung kesayangan dan juga kebahagiaan pemiliknya. Berikan asupan makanan untuk kucing kampung yang bergizi. Tak perlu mahal, yang sederhana pun bisa bergizi cukup dan bisa menyehatkan untuk si kucing.

MAKANAN UNTUK KUCING KAMPUNG

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.