Rekomendasi Obat Cacing Untuk Kucing

58 View

Obat Cacing Untuk Kucing – Sama halnya seperti manusia, kucing juga kerap terjangkit oleh beberapa penyakit yang kadang menghampirinya.

Salah satu penyakit yang kerap kali menghinggapi hewan yang lucu dan menggemaskan ini adalah penyakit cacingan. Oleh karenanya, penting banget bagi para pecinta kucing untuk mengetahui rekomendasi obat cacing untuk kucing ini.

Sebagaimana diketahui bersama, kucing akan menunjukan perubahan jika sedang tidak sehat. Dan pastinya juga, pemilik kucing akan merasakan khawatir jika hewan peliharaannya itu tidak seperti biasanya.

Oleh karenanya, seseorang yang memelihara kucing di rumahnya haruslah memiliki informasi-informasi penting seputar kucing ini. Jangan sampai merasa kecolongan sehingga bisa menyebabkan kucing yang dimiliki itu mati gara-gara salah pemiliknya.

Nah salah satu informasi yang wajib dimiliki oleh para pecinta kucing adalah pengetahuan tentang gejala-gejala awal saat kucing terkena penyakit, termasuk penyakit cacingan itu.

Selain mengetahui gejala atau ciri-cirinya, pemilik kucing juga harus tau obat cacing untuk kucing merk apa yang bisa menyembuhkan kucing nya itu. Nah tidak usah berlama-lama lagi, berikut ini adalah ciri-ciri dan rekomendasi obat jika kucing mengalami penyakit cacingan.

Ciri-ciri Kucing Mengalami Cacingan

Ciri-ciri Kucing Cacingan
wormpet.com

Sebelum di diagnosa atau diputuskan bahwa kucing menderita cacingan, maka biasanya ada ciri-cirinya yang bisa diamati. Jika ciri-ciri berikut ini sudah Nampak pada kucing yang dipelihara, bisa jadi memang kucing tersebut mengalami penyakit cacingan. Nah berikut ini adalah ciri-cirinya.

1. Walaupun Badannya Kurus, Tapi Perut Kucing Akan Menjadi Buncit

Ciri pertama yang bisa diidentifikasi adalah perutnya. Saat kucing mengalami cacingan, maka perut si kucing akan menjadi buncit. Walaupun kucing tersebut memiliki perut yang kurus. Tapi saat perutnya menjadi buncit maka harus dicurigai bahwa kucing itu sudah terkena penyakit cacingan.

BACA JUGA:  Kucing Savannah

Cara mudah yang bisa langsung dilakukan adalah dengan menyentuh langsung tubuh kucing. Jika saat di sentuh yang langsung mengenai tangan adalah tulang-tulang rusuk yang ada pada tubuh kucing, maka hal itu bisa mengindikasikan bahwa kucing tersebut memang sedang tertimpa penyakit cacingan

2. Nafsu Makannya Juga Akan Berkurang, Hanya Saja Akan Sering Merasa Haus

Ciri selanjutnya adalah berkaitan dengan nafsu makan. Sama halnya dengan makhluk lainnya, saat seekor kucing sedang terserang suatu penyakit nafsu makannya akan menjadi berkurang.

Saat kucing ini mengalami cacingan, maka kucing tersebut akan menurunkan intensitas makannya. Jika hal ini terjadi, coba segera periksa. Jangan-jangan memang kucing nya mengalami penyakit cacingan.

3. Saat Pup Atau Diare, Maka Akan Keluar Cacing

Nah satu hal yang akan lebih meyakinkan jika kucing mengalami cacingan adalah bisa di lihat dari pup nya. Pup kucing yang terkena cacingan biasanya akan ada cacing nya. Jika ciri yang satu ini sudah benar-benar ada pada kucing, maka segeralah lakukan tindakan medis. Salah satu nya yaitu bisa dengan membeli obat cacing untuk kucing.

Baca Juga: Pengobatan Sariawan Pada Kucing yang Wajib Dicoba

Rekomendasi Obat Cacing Untuk Kucing

Obat Cacing Untuk Kucing
missingmatter.net

Nah setelah mengetahui apa saja yang menjadi ciri-ciri jika seekor kucing terkena penyakit cacingan, maka sekarang saatnya membeli obatnya agar si kucing bisa segera sembuh.

Namun ternyata, banyak juga diantara para pemelihara kucing yang masih minim pengetahuan akan hal ini. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat cacing untuk kucing jika mengalami gejala-gejala cacingan.

1. Drontal Cat

Obat Drontal Untuk Kucing
bukalapak.com

Rekomendasi obat cacing untuk kucing yang pertama adalah Drontal Cat. Obat yang satu ini memang khusus untuk kucing dan tidak boleh digunakan untuk manusia.

Bisa dikatakan, obat cacing yang satu ini bisa memberantas cacing hingga ke akar-akarnya. Hal ini dikarenakan obat yang satu ini bisa memberantas parasit cacing tambang, cacing pita, hingga cacing gelang yang ada pada usus kucing.

Obat yang satu ini sudah direkomendasikan banyak pihak, jadi tidak perlu khawatir saat akan menggunakannya. Cara pemakaiannya yaitu cukup dengan memberikan satu tablet Drontal Cat untuk setiap kucing dengan kelipatan berat badan 4 kilo. Jika kucing nya memiliki berat 6 kilo, maka berikanlah obat ini 1.5 tablet.

BACA JUGA:  Distemper pada Kucing

2. Drontal Plus

Obat Drontal Plus Untuk Kucing
radiokucing.com

Obat kedua yang bisa digunakan adalah Drontal Plus. Obat yang satu ini sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan Drontal Cat. Hanya saja Drontal Plus tidak spesifik digunakan pada kucing saja. Obat yang satu ini bisa juga digunakan sebagai obat cacing pada hewan peliharaan lainnya seperti anjing.

Oiya bagusnya, obat cacing ini diberikan pada kucing setiap tiga bulan sekali saat si kucing sudah beranjak dewasa. Namun jika si kucing sudah mengalami cacingan pada usia sebelum ini, maka berikanlah obat ini saat usia 6 hingga 12 minggu selam satu kali dua minggu.

3. Vermox

Obat Vermox Untuk Kucing
merekbagus.co.id

Vermox merupakan obat cacingan untuk kucing selanjutnya yang banyak digunakan saat kucing mengalami gejala cacingan. Berbeda dengan kedua obat sebelumnya, Vermox ini hanya dapat memberantas cacing pita dan cacing gelang saja. Walaupun begitu, tapi obat yang satu ini cukup ampuh untuk membasmi cacingan.

Satu hal yang perlu dicatat juga, bahwa hindarilah pemberian obat ini saat kucing tengah hamil. Hal ini dikhawatirkan akan berdampak pada kucing atau pun janin-janin kucing yang masih ada dalam kandungan. Alangkah baiknya, obat cacingan ini digunakan saat si kucing sudah selesai melahirkan.

4. Combantrin

Obat Combantrin Untuk Kucing
goodpengalaman.blogspot.com

Obat selanjutnya yang bisa mengatasi kucing saat cacingan adalah Combantrin. Dimana obat yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, mengingat Combantrin juga biasanya digunakan  untuk mencegah cacingan yang bisa terjadi pada manusia. Obat yang satu ini cocok saat cacing yang menyerang kucing sudah diketahui spesifik.

Combantrin juga dikenal sebagai obat cacing yang ampuh dan efektif untuk bisa mengobati cacingan, khususnya jika cacing yang menyerang adalah jenis cacing gelang. Oleh karenanya, ada baiknya sebelum membeli obat yang satu ini dipastikan dulu cacing yang menyerang kucing tersebut jenis cacing apa.

5. Langsung Bawa Ke Dokter

Dokter Kucing Untuk Cacingan
paw.id

Langkah terakhir yang cukup efektif tapi memerlukan biaya yang agak sedikit lebih banyak yaitu langsung dibawa ke dokter. Ya, cara ini memang akan sangat efektif karena pemilik kucing tidak akan menebak-nebak dan bisa memastikan langsung bahwa kucing peliharannya itu memang benar terkena cacingan.

BACA JUGA:  Daftar Harga Makanan Kucing

Selain itu, dokter juga bisa mendiagnosa kira-kira jenis cacing apa yang menyerang kucing tersebut. Dengan begitu, maka obat yang diberikan pada si meong juga akan tepat sasaran.

Terlepas dari membutuhkan biaya yang tidak kecil, tapi jika memang kucing tersebut merupakan kucing kesayangan maka tidak ada salahnya untuk melakukan cara yang satu ini.

Setelah mengetahui ciri-ciri dan juga obat cacing untuk kucing yang telah dijelaskan di atas, semoga para pemilik kucing lebih paham ya. Bahwa ternyata cacing yang menyerang kucing itu tidak hanya satu, melainkan banyak jenisnya. Dan tiap jenis kucing ada obatnya masing-masing.

Langkah Pencegahan Infeksi Cacing pada Kucing

Penyakit Cacing Pada Kucing

Kucing yang terinfeksi cacing dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, oleh karena itu sebagai pemilik kucing, kita harus melakukan tindakan pencegahan untuk mencegah infeksi cacing.

Berikut beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah infeksi cacing pada kucing:

Vaksinasi

Vaksinasi merupakan cara yang efektif untuk mencegah infeksi cacing pada kucing. Beberapa jenis vaksin yang dapat membantu mencegah infeksi cacing pada kucing antara lain vaksin untuk cacing jantung dan cacing paru.

Perawatan Kesehatan yang Baik

Memberikan perawatan kesehatan yang baik pada kucing adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi cacing.

Hal ini termasuk memberikan makanan sehat dan berkualitas, air minum yang bersih, menjaga kebersihan lingkungan kucing, dan memberikan obat cacing secara teratur.

Hindari Kontak dengan Kucing yang Terinfeksi

Kucing yang terinfeksi cacing dapat menularkan cacing pada kucing lain melalui kotoran atau air liur.

Oleh karena itu, hindari kontak dengan kucing yang terinfeksi dan pastikan kucing kita tidak bersentuhan dengan kucing yang terinfeksi.

Pemeriksaan Rutin ke Dokter Hewan

Melakukan pemeriksaan secara rutin pada kucing ke dokter hewan dapat membantu mencegah infeksi cacing pada kucing.

Dokter hewan dapat melakukan tes untuk mengetahui apakah kucing terinfeksi cacing atau tidak dan memberikan obat cacing jika diperlukan.

Beri Obat Cacing secara Teratur

Memberikan obat cacing secara teratur merupakan cara yang efektif untuk mencegah infeksi cacing pada kucing.

Konsultasikan dengan dokter hewan untuk menentukan jadwal pemberian obat cacing yang tepat untuk kucing kita. Selain itu, pastikan obat cacing yang diberikan sesuai dengan jenis cacing yang ingin dicegah.

Perhatikan Tanda-tanda Infeksi Cacing

Sebagai pemilik kucing, kita harus memperhatikan tanda-tanda infeksi cacing pada kucing, seperti muntah, diare, dan nafsu makan yang menurun.

Jika kita melihat tanda-tanda ini, segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Oleh karena itu, jangan sampai salah beli obat cacing untuk kucing ya. Soalnya ini akan berdampak cukup fatal. Tadinya mau menyelamatkan kucing, eh karena kecerobohan pemiliknya justru malah membuat kucing semakin parah atau bahkan meninggal dunia.

Obat Cacing Untuk Kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.