Pengobatan Sariawan Pada Kucing yang Wajib Dicoba

PENGOBATAN SARIAWAN PADA KUCING – Mempunyai hewan peliharaan yang sakit membuat si pemiliknya menjadi khawatir. Terlebih apabila melihat hewan selucu kucing yang sakit, bisa membuat si pemilik merasa sangat khawatir. Meskipun sakit yang diderita si kucing sendiri merupakan sakit yang sepele, sariawan misalnya.

Namun rasa khawatir si pemilik tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagi yang memelihara kucing terkena penyakit sariawan, sekarang tidak usah khawatir lagi. Karena terdapat pengobatan sariawan pada kucing yang sangat ampuh dan manjur. Adapun pengobatan tersebut antara lain sebagai berikut.

Cara Pengobatan Sariawan Pada Kucing

1. Periksa Gigi Kucing

Periksa Gigi Kucing Untuk Pengobatan Sariawan
pethealthnetwork.com

pengobatan sariawan pada kucing yang sangat ampuh dan manjur yang pertama adalah dengan memeriksakan gigi kucing. Sariawan yang terjadi pada kucing sendiri bisa diakibatkan adanya infeksi atau luka pada gigi kucing yang mengakibatkan sariawan.

Maka dari itu, langkah yang pertama yang bisa dilakukan saat kucing mengalami sariawan adalah dengan memeriksa giginya.

Apabila setelah diperiksa terdapat infeksi atau luka pada gigi kucing, maka kemungkinan besar penyebab sariawan adalah dari rusaknya gigi tersebut. Hal yang harus dilakukan adalah dengan membawanya ke dokter hewan agar segera cepat diatasi.

2. Berikan Vitamin

Berikan Vitamin Untuk Pengobatan Sariawan Pada Kucing
health.uzone.id

Obat atau vitamin menjadi salah satu perantara apabila seseorang sakit, begitu pun dengan hewan. Apabila kucing kesayanganmu terkena penyakit sariawan, maka tidak ada salahnya untuk memberikan vitamin agar ia lekas sembuh.

Selain bisa mengobati sariawan pada kucing, vitamin khusus untuk kucing pun sangat bagus agar ia semakin sehat dan tumbuh dengan cepat.

3. Berikan Suntikan Subkutan atau Intramaskular

Berikan Suntikan Subkutan Atau Intramaskular Untuk Pengobatan Sariawan Pada Kucing
napervilleanimalhospital.com

Selain ke dua cara di atas, memberikan suntikan subkutan atau intramaskular dipercaya sangat ampuh dan manjur mengobati sariawan pada kucing.

Pemberian suntikan subkutan atau intramaskular pada kucing sendiri sering disebut dengan pemberian vaksin. Bedanya vaksin ini bukan untuk membuat tubuh kucing lebih kebal, melainkan untuk menyembuhkan kucing dari penyakit sariawan.

4. Berikan Susu Lebih Banyak

Berikan Susu Lebih Banyak Untuk Pengobatan Sariawan Pada Kucing
rd.com

Bukan hanya membuat kucing lebih sehat, ternyata susu khusus untuk kucing pun mampu mengobati sariawan pada kucing. Maka dari itu, bagi yang mempunyai masalah sariawan pada kucing, berikanlah susu khusus untuk kucing lebih banyak dari biasanya.

Karena pada saat sariawan sendiri kucing akan mengurangi porsi makannya. Maka dari itu, memberikan susu khusus untuk kucing lebih banyak selain mampu mengurangi sariawan juga mampu perut kucing senantiasa kenyang dan tidak terlalu merasa lemas.

5. Mengganti Pakan Ke Pakan yang Lembek

Mengganti Pakan Ke Pakan yang Lembek Untuk Pengobatan Sariawan Pada Kucing
rimma.co

Pada saat kucing sariawan, tentunya ia tidak bisa makan makanan kering seperti biasanya. Untuk mengatasi hal tersebut, gantilah pakan ke pakan yang lembek. Hal tersebut merupakan pengobatan sariawan pada kucing yang bisa dilakukan selanjutnya.

Campurkan air hangat pada pakan kucing yang kering, perhatikan air yang diberikan tidak terlalu banyak dan panas. Tunggulah sampai air benar-benar menyerap pada pakan kucing, jika sudah tercampur maka bisa diberikan pada kucing.

Namun jika ingin lebih praktis, maka bisa langsung membeli pakan lembek kucing yang instan secara mudah di toko makanan hewan terdekat.

6. Lakukan Grooming

Lakukan Grooming Untuk Pengobatan Sariawan Pada Kucing
allbages.com

Melakukan grooming menjadi cara selanjutnya untuk mengobati sariawan pada kucing. Grooming sendiri merupakan kegiatan yang sering dilakukan kucing yakni menjilati bulu dan mulutnya sendiri.

Grooming dilakukan untuk menjaga bulu dan mulut kucing agar senantiasa sehat. Saat sariawan maka kegiatan grooming pun akan susah dilakukan oleh kucing.

Maka dari itu, si pemilik kucing sendiri harus membantu proses grooming pada kucing dengan cara mengusapkan handuk yang sudah dibasahi oleh air hangat pada bulu dan mulut kucing.

Agar bulu dan mulut kucing sendiri senantiasa sehat, terlebih bagi mulutnya yang sariawan maka akan segera lekas sembuh. Karena kesehatan dari kucing khususnya mulutnya sendiri senantiasa terjaga.

7. Oleskan Salep Kandistatin

Oleskan Salep Kandistatin Untuk Pengobatan Sariawan Pada Kucing
cats.org.uk

Pengobatan pada kucing yang mengalami sariawan selanjutnya adalah dengan mengoleskan salep kandistatin. Salep kandistatin sendiri merupakan salep sariawan khusus untuk manusia, namun salep ini pun aman diberikan pada kucing yang mengalami sariawan juga.

Maka dari itu, tidak ada salahnya memberikan salep kandistatin pada kucing yang mengalami sariawan.

Untuk pemberiannya sendiri cukup dengan mengoleskan salep pada bibir kucing yang terkena sariawan. Selain aman digunakan pada kucing, salep ini tidak menimbulkan efek perih pada mulut kucing. Namun meskipun demikian, dalam pemberiannya usahakan tidak terlalu banyak.

8. Berikan Suplemen Tambahan

Berikan Suplemen Tambahan Untuk Pengobatan Sariawan Pada Kucing
thesprucepets.com

Memberikan suplemen pada kucing sendiri mampu mengatasi penyakit sariawan pada kucing. Suplemen sendiri memang berfungsi untuk membuat kekebalan kucing lebih kebal lagi.

Dengan tubuh kucing yang kebal, maka otomatis setiap penyakit yang diderita oleh kucing sendiri tentunya akan segera sembuh, termasuk penyakit sariawan itu sendiri.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kucing yang dipelihara mengalami sakit sariawan suplemen tambahan menjadi salah satu pengobatan yang bisa dilakukan pada kucing itu sendiri.

9. Campurkan Amoxilin dengan Makanan Kucing

Campurkan Amoxilin dengan Makanan Kucing Untuk Pengobatan Sariawan Pada Kucing
farmpally.com

Sebagaimana yang diketahui, bahwa amoxicillin merupakan obat yang biasa digunakan oleh manusia untuk mengatasi berbagai penyakit. Namun penggunaan obat amoxicillin sendiri disinyalir mampu mengatasi penyakit sariawan pada kucing dan disinyalir sangat aman digunakan.

Penggunaan obat ini pun sangat mudah sekali, yakni cukup mencampurkan obat amoxicillin pada makanan hewan.

Namun apabila kucing yang mengalami sakit sariawan susah untuk makan, obat amoxicillin sendiri bisa dicampurkan dengan wet food atau dry food yang diblender sampai semua bahan benar-benar halus. Untuk membuat campuran tersebut benar-benar halus maka bisa diberi air secukupnya.

Setelah campuran sudah selesai dibuat, maka campuran tersebut bisa langsung diberikan pada kucing dengan menggunakan spuit. Dengan memberikan campuran tersebut pada kucing yang mengalami sariawan secara rutin, maka kucing pun akan cepat-cepat lekas sembuh.

10. Berikan Campuran Kunyit dan Madu

Berikan Campuran Kunyit dan Madu Untuk Pengobatan Sariawan Kucing Pada Kucing
beritagar.id

Pengobatan sariawan pada kucing yang terakhir adalah dengan memberikan campuran kunyit dengan madu. Pengobatan yang satu ini merupakan salah satu pengobatan alami untuk mengobati kucing yang terkena sariawan yang sangat ampuh dan manjur.

Sebagaimana yang diketahui, bahwa kunyit sendiri mengandung antioksidan alami untuk mengobati berbagai penyakit dalam. Hal tersebut bukan hanya berfungsi pada manusia saja, lebih dari itu untuk hewan pun berfungsi dengan baik sekali.

Untuk mengobati sariawan pada kucing dengan kunyit sendiri sangat mudah sekali. Yakni dengan memarut kunyit sampai halus lalu peras sampai air atau sari dari kunyit keluar. Setelah itu campurkan madu murni pada air perasan dari kunyit tersebut.

Setelah tercampur rata, campuran tersebut bisa langsung diberikan pada kucing sedikit demi sedikit dengan menggunakan sepet atau spuit. Dengan memberikan campuran kunyit dengan madu murni pada kucing yang mengalami sariawan secara rutin, maka sariawan tersebut pun akan segera lekas sembuh.

Itulah pengobatan sariawan pada kucing yang bisa diberikan pada kucing dan terbukti paling ampuh dan mujarab. Dengan memilih salah satu pengobatan di atas secara rutin, maka penyakit sariawan yang dialami oleh kucing pun akan segera teratasi dan akan sembuh seperti sedia kala.

PENGOBATAN SARIAWAN PADA KUCING

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.