Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan – Kucing merupakan salah satu hewan yang biasa dipelihara oleh banyak manusia. Memelihara kucing harus sangat hati-hati karena kucing rentan sakit jika sudah tidak mau makan.

Ada beberapa penyebab kucing tidak mau makan sehingga kucing terlihat lemas. Kucing yang tidak mau makan tentu akan lemas dan tidak lincah seperti biasanya. Hal ini jika dibiarkan kucing akan terus sakit dan semakin kurus.

Bahkan lebih parahnya kucing bisa saja meninggal dunia. Untuk itu jika kucing tidak mau makan harus segera ditangani agar kucing kembali sehat dan lincah seperti biasanya. Nah, berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi kucing yang tidak mau makan.

Beberapa Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Penyebab Kucing Anggora Tidak Mau Makan
thesprucepets.com

Kucing merupakan hewan yang harus diperhatikan, apalagi untuk urusan makannya. Jika kucing tidak mau makan besar kemungkinan akan terjadi kerusakan pada organ hatinya.

Fungsi hati yang rusak maka akan menyebabkan kucing meninggal. Rusaknya fungsi organ hati yang terjadi pada kucing disebut juga Hepatik LipidosisNah berikut ini ada beberapa penyebab kucing tidak mau makan yang harus diperhatikan agar kucing bisa bertahan hidup.

1. Bosan Dengan Makanannya

Apa Penyebabnya Kucing Tidak Mau Makan
hillspet.com

Sama seperti manusia, kucing juga bisa bosan dengan makanan yang biasa mereka makan setiap harinya. Setiap hewan peliharaan tentu menginginkan variasi lain di setiap menu makanannya.

Jika setiap harinya kucing diberikan makanan yang sama setiap harinya kucing pasti akan merasa bosan. Pada akhirnya kucing jadi tidak mau makan dan kehilangan nafsu makannya.

2. Sakit

Obat Alami Kucing Tidak Mau Makan
twitter.com

Kucing tidak mau makan biasanya disebabkan karena kucing sedang sakit. Biasanya tanda kucing sedang sakit adalah tubuhnya mulai melemas dan sering muntah.

Jika kucing sudah sakit maka akan kehilangan nafsu makannya. Tak heran jika nantinya kucing tidak akan mau memakan makanan yang diberikan. Bisa juga kucing mengalami sakit mulut berupa sariawan atau sakit gigi. Jadi kucing tidak mau makan karena merasakan sakit pada bagian mulutnya.

3. Stress

Apa Sebab Kucing Tidak Mau Makan
insider.com

Tidak hanya manusia yang bisa stress, kucing pun bisa mengalami hal tersebut lho. Kucing stress bisa karena dua faktor. Pertama faktor lingkungan yang mungkin membuatnya tidak nyaman sehingga kucing merasa tidak betah dan tertekan dengan keadaan lingkungannya.

Kedua faktor perpindahan tempat tinggal. Faktor ini biasanya dialami oleh kucing yang baru saja diadopsi sehingga kucing membutuhkan adaptasi terhadap tempat tinggalnya.

Jika keadaan tempat tinggalnya yang baru tidak senyaman tempat tinggalnya yang lama kucing akan stress. Hal ini juga yang menjadi penyebab kucing tidak mau makan.

4. Sistem Pencernaan Terganggu

Apa Penyebab Kucing Anak Kucing Tidak Mau Makan
metro.co.uk

Tubuh kucing memiliki metabolisme yang terbilang kurang baik. Karena sistem metabolismenya yang kurang baik membuat kucing mudah mengalami gangguan pencernaan seperti diare.

Bahkan yang lebih parahnya bisa terjadi radang pada usus besar kucing. Jika sistem pencernaannya terganggu maka kucing akan kehilangan nafsu untuk makan makanan yang diberikan.

Kucing bisa mengalami gangguan pencernaan dikarenakan makanannya tidak cocok atau kualitas makanannya tidak bagus. Adanya parasit seperti protozoa dan juga cacing yang masuk ke dalam tubuh kucing juga bisa menjadi pemicu gangguan pencernaan.

5. Lagi Masa Birahi

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan Makanan Kering
animalhumanesociety.org

Jika kucing sedang masa birahi tapi tidak ada pasangan yang bisa diajak untuk kawin maka kucing bisa kehilangan nafsu makan. Tidak hanya kehilangan nafsu untuk makan, kucing juga akan menjadi lebih galak dan agresif.

Kalau kucing sedang masa birahi maka pemilik harus segera mencarikan pasangan untuk menyalurkan birahi kucingnya. Hal ini bisa mengembalikan mood kucing untuk kembali makan makanan yang diberikan. Jika tak kunjung menyalurkan birahi maka kucing akan semakin susah makan.

Baca Juga: Penyebab Kucing Muntah dan Penanganannya

Tips Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan

Apa Penyebab Kucing Hutan Tidak Mau Makan
cattime.com

Setiap penyebab pasti ada cara mengatasinya, begitu juga dengan penyebab kucing tidak mau makan. Pasti ada tips atau cara untuk mengatasinya agar nafsu makan kucing kembali lagi.

Kucing yang tidak mau makan tentu akan membuat pemiliknya khawatir dan juga panik. Untuk mengatasi kucing yang tidak mau makan bisa mencoba beberapa tips yang ada di bawah ini. Berikut tips mengatasinya.

1. Beri Makanan Yang Bervariasi

Apa Penyebab Kucing Muntah dan Tidak Mau Makan
felineliving.net

Tips yang pertama akan kucing kembali nafsu makan yaitu berikan makanan yang bervariasi. Ganti makanan kucing beberapa hari sekali agar kucing tidak merasa bosan karena makanannya bervariasi.

Kalau biasanya kucing makan makanan yang kering, cobalah untuk menggantinya dengan makanan basah seperti makanan kalengan. Bisa juga keduanya dikombinasikan.

Jika kucing nafsu makannya tinggi maka moodnya akan bagus dan kucing akan semakin lincah. Menjaga mood kucing sangat diperlukan agar kucing tidak mudah kehilangan nafsu makan.

2. Beri Vitamin

Apa Penyebab Kucing Gak Mau Makan
cattravelguide.com

Agar kucing kembali mau memakan makanan yang diberikan maka harus diberi vitamin tambahan. Hal ini bertujuan supaya nafsu makan kucing bertambah. Banyak vitamin yang tepat untuk kucing diapotek ataupun petshop yang bisa didapatkan dengan mudah.

Kucing biasanya membutuhkan vitamin B kompleks dan juga lysin supaya nafsu makannya meningkat. Pemberian vitamin ini selain meningkatkan nafsu makan, bisa mencegah kucing terkena flu ataupun herpes pada kucing.

3. Berikan Obat Sakit Mulut

Apa Penyebab Kucing Tak Mau Makan
youtube.com

Apabila yang menjadi penyebab kucing tidak mau makan adalah sakit pada bagian mulut maka cara mengatasinya adalah berikan obat. Perhatikan saat memberikan obat untuk mengobati sakit mulut pada kucing.

Berikan obat sakit mulut yang aman agar saat obatnya tertelan tidak membahayakan tubuh si kucing. Jika tidak ada obat mulut khusus untuk kucing bisa menggunakan salep yang biasa mengatasi sariawan dan oleskan pada mulut kucing.

4. Jangan Mencampurkan Makanan Dengan Obat

Apa Penyebab Kucing Susah Makan
interestinganswers.com

Indera penciuman kucing yang cukup tajam membuatnya dapat mendeteksi apa saja yang tercampur dalam makanannya. Meskipun obatnya sudah dicampur rata dengan makanan maka kucing akan tetap bisa mencium bau obatnya.

Jadi jangan sekali-kali memberikan obat atau vitamin secara bersamaan dengan makanan si kucing. Berikan makanan terlebih dahulu dan berikan jeda sesaat baru berikan obat atau vitamin setelahnya.

5. Suapi Kucing

Penyebab Bayi Kucing Tidak Mau Makan
youtube.com

Jika kucing masih tidak mau makan, cobalah untuk suapi makanan pada si kucing. Bisa menyuapi kucing sambil bermain agar kucing tetap lincah dan tidak jadi kucing pemalas. Dengan menyuapi kucing pun maka kucing akan merasa lebih disayang.

Untuk menyuapi kucing bisa menggunakan sendok kecil atau sedotan agar mudah masuk ke dalam mulut kucing. Berikan makanan yang basah saat menyuapi si kucing agar lebih mudah ditelan. Jangan terlalu terburu-buru saat menyuapi kucing agar kucing tidak tersedak.

Itulah beberapa penyebab kucing tidak mau makan dan juga cara mengatasinya. Jadi apabila kucing kehilangan nafsu untuk memakan makanannya tidak perlu khawatir lagi. Cukup mengetahui apa penyebabnya dan segera mengatasi penyebabnya.

Kucing memang hewan yang rentan dan membutuhkan perhatian lebih kalau ingin umur kucing bertahan ebih lama. Jadi jika kucing sudah mulai menunjukkan tanda-tanda tidak nafsu makan segera perhatikan penyebabnya. Hal ini bertujuan agar kucing tetap sehat dan lincah seperti biasanya.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.