medium.com

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

102 View

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia – Pecinta kucing mungkin sudah hafal soal perbedaan kucing Anggora dan Persia karena memang ada banyak perbedaan mencolok antara keduanya. Tapi untuk orang awam, kedua ras kucing tersebut bisa saja nampak sama belum lagi ketika pemeliharanya bisa merawat dengan baik.

Dua jenis kucing Persia dan Anggora menjadi jenis kucing yang paling sering dipelihara di dunia dan di Indonesia.

Bulu keduanya yang sama panjang sering membuat orang awam salah memahami perbedaannya. Selain bulunya, kucing tersebut merupakan tipe kucing yang lucu dan cenderung manja sehingga banyak orang tertarik untuk memelihara.

Jika baru saja tertarik untuk memelihara kucing di sini akan dijelaskan beberapa perbedaan kucing Anggora dan Persia dengan mudah!

Lama Hidup Kucing Anggora dan Persia

harga Hidup Kucing Anggora dan Persia
en.wikipedia.org

Jika hendak memelihara kucing sebaiknya periksa dulu seberapa lama ras kucing bisa bertahan hidup untuk memperkirakan sampai kapan akan memelihara. Ini juga penting untuk perawatan nantinya ketika kucing sudah masuk usia tua karena memang ada beberapa treatment berbeda.

Kucing adalah makhluk hidup yang memiliki lama waktu hidup cukup panjang bisa hingga belasan tahun. Untuk kucing Persia sendiri wajarnya umur waktu hidup mulai dari 12 hingga 18 tahun loh.

Ada beberapa kasus juga terjadi kematian pada kucing yang belum masuk di usia 10 tahun. Jika perawatan dilakukan dengan baik, kucing ini bahkan bisa sampai 20 tahun.

Sebenarnya untuk kucing Anggora sendiri lama waktu hidupnya tidak jauh berbeda dari kucing Persia meskipun cenderung lebih pendek.

Kucing ras Anggora rata-rata hidup di kisaran umur 9-14 tahun dimana perawatan lagi-lagi menjadi poin penting. Kucing Anggora ini memang lebih sulit beradaptasi pada hal baru jadi umurnya cenderung tidak begitu panjang.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia
medium.com

Mengenali perbedaan kucing Anggora dan Persia sendiri sangat penting karena memang keduanya memiliki kebiasaan yang berbeda.

Nah dari kebiasaan ini bisa diketahui bagaimana pola asuh kedua kucing agar bisa sesuai dengan seharusnya. Ini juga penting agar tidak ditipu oleh penjual kucing di pasaran. Yuk kita lihat apa saja sih perbedaan kedua kucing ini.

BACA JUGA:  Mengenal Kucing Ragdoll Mulai dari Sejarah Sampai Cara Merawatnya

1. Daerah Asal

Hal pertama yang perlu diketahui adalah daerah asal dari kucing Anggora dan Persia yang berbeda meskipun masih di daratan Eropa.

Kucing Anggora yang termasuk ke dalam salah satu ras kucing tertua di dunia diperkirakan sudah ada sejak 1600-an di Ankara (Angora), Turki. Daerah asal inilah yang kemudian melekat pada penyebutan ras kucing yang satu ini.

Sementara itu kucing Persia seperti namanya berasal dari daerah Persia yang sekarang sering disebut sebagai Iran. Kucing Persia sendiri dulu diperkirakan masuk ke negara lain pada tahun 1620-an saat mulai masuk ke negara Italia. Ras kucing ini kemudian juga masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu peliharaan favorit yang ada.

2. Bentuk Wajah

Saat diperhatikan lebih seksama, baik kucing Anggora ataupun Persia memiliki bentuk wajah yang berbeda loh. Kucing Persia cenderung memiliki wajah yang tampak lebih bulat dengan hidung kecil atau peseknya.

Saat diperhatikan dari samping, bagian hidung, dahi, dan dagu tampak datar atau tidak ada yang menonjol. Matanya juga memiliki warna yang lebih beragam.

Berbeda dengan kucing Persia, kucing Anggora punya bentuk wajah yang tampak seperti segitiga dengan bagian hidung lebih mancung.

Kucing ini memiliki wajah yang hampir sama dengan kucing kampung meskipun memang bulunya lebih tebal. Pada bagian telinga kucing ini lebih runcing dari telinga kucing Persia serta warna mata yang paling sering biru.

3. Bentuk Tubuh

Tidak diragukan lagi kalau kedua kucing ini memiliki bentuk tubuh yang sangat mencolok. Kucing Persia cenderung tampak lebih berotot dengan badan yang pendek dan tampak lebih gempal apalagi saat kucing memang lebih gemuk.

Kaki pada kucing Persia juga tampak lebih berotot karena lebih besar dengan tambahan cakar yang membulat.

Pada kucing Anggora, bagian tubuh tampak ideal tidak terlalu panjang atau pendek. Bagian otot di tubuh kucing Anggora juga lebih natural, tidak terlalu besar atau kurus. Jika dibandingkan, tubuh kucing Anggora juga lebih tinggi loh dibandingkan dengan kucing Persia sendiri.

4. Bulu

Bulu di antara kedua jenis kucing ini memang tampak berbeda dari ketebalan dan panjang bulunya. Kucing Anggora sendiri biasanya akan tampak lebih kurus karena memang bulu di bagian badan tidak begitu panjang.

BACA JUGA:  Ketahuilah Ciri Ciri Kucing Mau Mati Berikut Ini

Kelebatan bulu pada kucing Anggora sering kali hanya terpusat pada bagian ekornya saja hingga tampak seperti kemoceng atau musang.

Baca Juga: Makanan Kucing Anggora

Berbeda dari itu, kucing Persia memiliki bulu yang tebal dan lebih panjang di keseluruhan tubuhnya. Bahkan di bagian wajah saja kucing Persia ini tetap memiliki bulu yang lebih tebal jika dibandingkan dengan kucing Anggora. Pada bagian ekor kucing ini bulunya sama tebal dengan bagian tubuh sehingga tidak tampak mencolok.

5. Sifat dan Kepribadian

Ternyata kedua ras kucing ini memiliki kepribadian dan sifat yang berbeda loh. Pada kucing Persia biasanya cenderung lebih kalem dengan tingkah laku yang memang tidak terlalu aktif.

Kucing Persia tampak lebih pemalas dari kucing Anggora sendiri tetapi juga sangat manja. Ras kucing satu ini akan menjadi diam bahkan tidur saat sudah mulai dielus bulunya.

Pada kucing Anggora jangan berharap tingkah laku pemalas dan suka tidur. Kucing satu ini terkenal sangat aktif bahkan sering mengeong hanya untuk mengajak pemiliknya bermain.

Jika tidak dituruti, kucing ini biasanya akan menjadi usil dengan mencakar atau menggigiti halus pemiliknya. Tapi tipe kucing ini lebih penurut dan mudah diajari untuk melakukan sesuatu.

6. Aktivitas

Kucing Persia dengan sifatnya yang pemalas akan tampak lebih pendiam dan berjalan dengan lebih lambat atau santai.

Kucing ini tidak terlalu sering berlarian bahkan saat sudah diberi makan, kucing ini hanya akan tiduran dan bermalas-malasan di tempat kesukaannya. Ras satu ini tampak lebih manja, selalu terlihat menggemaskan dan ingin dielus setiap kali melihatnya.

Artikel Terkait: Cara Merawat Anak Kucing Persia Secara Tepat!

Kepribadian kucing Anggora berbanding terbalik dengan sifat kucing Persia yang pendiam tadi. Kucing Anggora suka naik ke tempat yang lebih tinggi dan senang mengeksplor keadaan sekitarnya.

Bermain dengan kucing ini akan terasa sangat menarik bahkan ia tidak akan berhenti saat pemiliknya sudah lelah. Anggora juga lebih suka berlarian kesana-kemari.

7. Kisaran Harga

Dari berbagai perbedaan di atas, kucing mana sih sebenarnya yang dibandrol dengan harga lebih mahal? Ternyata meskipun bulunya lebih tebal dan tampak lebih menggemaskan, kucing Persia dibandrol dengan harga lebih rendah loh dibanding dengan kucing Anggora.

BACA JUGA:  Kucing Muntah

Harga ini juga bergantung pada tingkat kelangkaan dari ras kedua kucing tersebut di tempat asalnya. Kucing Anggora yang ada di Indonesia kemungkinan hanyalah peranakan dari ras campuran saja, bukan ras asli yang sangat langka. Sedangkan kucing Persia sendiri lebih mudah didapatkan bahkan di sekitar perumahan sekalipun.

Makanan yang Direkomendasikan untuk Kucing Anggora dan Persia

Hai kalian, dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai makanan yang sangat penting untuk kucing Anggora dan Persia yang kalian pelihara. Sebagai pemilik yang bertanggung jawab, penting bagi kita untuk memahami kebutuhan nutrisi kucing kesayangan kita guna memastikan mereka hidup sehat dan bahagia.

Protein Berkualitas Tinggi

Protein adalah nutrisi utama bagi kucing yang mendukung pertumbuhan otot dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pilih makanan kucing yang mengandung sumber protein berkualitas tinggi seperti daging ayam, ikan, atau daging sapi. Pastikan juga bahwa kandungan proteinnya tertera pada label kemasan makanan.

Baca Juga: Cara Merawat Kucing Anggora

Lemak Sehat

Kucing membutuhkan lemak dalam makanan mereka untuk menyediakan energi dan membantu penyerapan vitamin tertentu. Pilih makanan yang mengandung lemak sehat, seperti minyak ikan, yang mendukung kesehatan kulit dan bulu yang indah.

Karbohidrat Terbatas

Kucing adalah karnivora, artinya kebutuhan mereka akan karbohidrat tidak sebesar kebutuhan protein dan lemak. Pilih makanan dengan jumlah karbohidrat yang terbatas dan lebih diutamakan pada sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah atau ubi jalar.

Serat untuk Pencernaan yang Sehat

Serat adalah bagian penting dari diet kucing untuk menjaga pencernaan yang sehat. Pastikan makanan kucing mengandung serat dalam jumlah yang sesuai untuk menghindari masalah pencernaan seperti sembelit.

Vitamin dan Mineral

Pastikan makanan kucing mengandung vitamin dan mineral esensial seperti vitamin A, D, E, dan kalsium yang mendukung kesehatan tulang dan gigi mereka.

Hindari Bahan Berbahaya

Hindari memberikan makanan yang mengandung bahan berbahaya seperti bawang, bawang putih, anggur, atau cokelat, karena dapat berdampak buruk pada kesehatan kucing.

Perhatikan Asupan Air

Pastikan selalu menyediakan air bersih dan segar untuk kucing kalian, terutama jika mereka mendapatkan makanan kering, karena asupan air yang cukup sangat penting bagi kesehatan ginjal mereka.

Variasi dalam Makanan

Cobalah memberikan variasi makanan untuk menghindari kebosanan dan memastikan bahwa kucing mendapatkan nutrisi yang beragam. Namun, perubahan makanan harus dilakukan secara bertahap untuk menghindari gangguan pencernaan.

Jadi itulah dia beberapa hal yang bisa dijadikan patokan untuk memahami perbedaan kucing Anggora dan Persia. Memelihara kedua kucing ini membutuhkan sedikit perhatian ekstra berkaitan dengan vaksin, peralatan mandi, dan juga pakan. Semakin bagus perawatan yang diberikan kucing akan tampak lebih bagus dengan bulu yang lebih sehat.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.