Tips Agar Bulu Kucing Tidak Rontok yang Recomended

Bagi yang mempunyai kucing peliharaan yang berbulu lebat tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri. Namun tidak jarang kucing sendiri mengalami kerontokan yang parah sehingga bulu kucing semakin hari semakin menipis dan tidak selebat seperti kala. Bagi yang mengalami hal demikian tentunya tidak usah khawatir dan pusing lagi. Karena ada beberapa tips yang mampu mengatasi kerontokan pada bulu kucing. Adapun tips agar bulu kucing tidak rontok antara lain sebagai berikut.

1. Mandikan Kucing Secara Rutin

Tips agar bulu kucing tidak rontok yang pertama adalah mandikan kucing secara rutin. Sebagaimana yang diketahui, bahwa hampir sebagian dari kucing tidak suka dengan air. Maka dari itu memandikan kucing bisa dilakukan dengan cara bertahap namun dilakukan secara rutin. Mandikan kucing antara 1 sampai dengan 4 minggu sekali. Hal tersebut dipercaya mampu membuat bulu kucing tidak rontok.

Untuk memandikan kucing sendiri usahakan tidak dengan cara dipaksa. Awalilah dengan mengisikan bak air atau tempat mandi kucing dengan air hangat sebanyak 7 atau 10 cm. Setelah itu masukkan kucing ke dalamnya dan biarkan kakinya beradaptasi terlebih dahulu. Jika kucing sudah terbiasa, basahi tubuh kucing secara perlahan sampai merata. Setelah itu berikan sabun khusus kucing secara merata pula lalu bilas dengan air hangat sampai benar-benar bersih.

Jika sudah selesai, maka balut kucing dengan handuk kering. Tujuan membalut tubuh kucing dengan handuk kering diantaranya adalah agar bulu cepat kering. Untuk mengeringkan bulu, maka usahakan jangan memakai pengering rambut. Selain dapat merontokkan bulu kucing, pengering rambut pun bisa menyebabkan heat stroke pada kucing.

2. Gunakan Produk Pembersih Untuk Bulu Kucing

Penggunaan produk pembersih pun dipercaya mampu mengurangi kerontokan pada bulu kucing. Salah satu produk pembersih sendiri adalah tisu basah. Penggunaan tisu basah bisa dilakukan apabila kucing tidak mau mandi. Selain itu penggunaan tisu basah pun mampu membersihkan kotoran pada bulu kucing dan mampu mencegah bulu kucing rontok. Meskipun penggunaan tisu basah bisa digunakan untuk mencegah kerontokan pada bulu kucing, namun usahakan dalam penggunaannya tidak dilakukan secara sering.

3. Bawalah Ke Salon Khusus Untuk Kucing

Apabila kucing mengalami kerontokan yang sangat parah dan tidak bisa diatasi oleh sendiri, maka membawanya ke salon khusus untuk kucing menjadi salah satu pilihan yang bisa dicoba. Terlebih apabila kucing yang dipelihara mempunyai bulu yang lebat dan panjang maka otomatis hal tersebut harus dilakukan oleh orang yang ahli. Karena jika salah penanganan, bulu kucing yang lebat dan panjang pun bisa-bisa bertambah semakin rontok.

4. Tingkatkan Asupan Lemak Omega

Meningkatkan asupan lemak omega 3 dan omega 6 menjadi tips agar bulu kucing tidak rontok. Kandungan di dalam omega 3 dan omega 6 sendiri dipercaya mampu mengatasi kerontonkan bulu pada kucing. Pemberian omega 3 dan omega 6 sendiri bisa diberikan pada kucing secara terpisah pada makanan kucing biasanya. Berikan lemak omega 3 dan omega 6 secara rutin pada kucing secara teratur agar kulit dan bulu kucing senantiasa sehat dan tidak mengalami kerontokan.

5. Gunakan Sampo Kucing Yang Tepat

Tips agar bulu kucing tidak rontok yang selanjutnya adalah menggunakan sampo khusus kucing yang tepat atau yang cocok dengan bulu kucing peliharaan. Untuk mengetahui apakah sampo yang digunakan cocok pada kucing peliharaan atau tidak bisa dilihat setelah memakaikannya pada kucing. Apabila setelah memakai sampo bulu kucing rontok, maka sampo tersebut tidak cocok digunakan. Selain itu, bisa juga dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter hewan untuk mengetahui sampo yang tepat untuk digunakan pada kucing peliharaanmu.

6. Pastikan Kucing Tidak Berkutu Atau Mempunyai Parasit

Memastikan kucing tidak berkutu atau mempunyai parasit menjadi tips selanjutnya agar kucing tidak mengalami kerontokan. Apabila kucing sering menggaruk dan membuat bulunya rontok, maka dipastikan kucing berkutu atau ada parasit yang menempel pada tubuhnya. Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah menindak lanjuti dengan membawanya ke dokter hewan. Mintalah pada dokter untuk memberikan produk anti kutu serta parasit untuk kucing peliharaanmu. Dengan begitu maka kerontokan bulu kucing akibat kutu atau parasit pun akan segera teratasi.

7. Hindarkan Kucing Dari Stress

Menghindarkan kucing dari stress sendiri dipercaya mampu mengurangi kerontokan pada bulu kucing. Salah satu untuk menghindari kucing dari stress adalah dengan cara memberikan mereka mainan baru. Dengan memberikan mereka mainan baru, maka kucing pun mampu terhindar dari stress. Selain memberikan mainan baru, ajaklah kucing bermain bersama-sama agar ikatan antara pemilik dan kucing sendiri semakin akrab.

8. Menyisir Bulu Kucing Secara Rutin

Menyisir bulu kucing yang dilakukan secara rutin merupakan tips agar bulu kucing tidak rontok selanjutnya. Penyisiran bulu kucing yang dilakukan secara rutin dipercaya mampu mencegah kerontokan pada bulu kucing itu sendiri terlebih apabila kucing yang dipelihara mempunyai bulu yang panjang dan lebat. Selain itu, penyisiran bulu pada kucing sendiri mampu menyingkirkan kotoran yang menempel pada bulu serta mampu melancarkan metabolisme tubuh kucing sendiri.

9. Latih Kucing Agar Terbiasa Di Sikat Bulunya

Tips selanjutnya adalah melatih kucing agar terbiasa untuk disikat bulunya. Pelatihan ini tentunya mampu mengurangi kerontokan pada bulu kucing itu sendiri dan membuat kucing menjadi terbiasa untuk disikat bulunya. Namun dalam melakukan hal tersebut harus tetap memperhatikan kucing itu sendiri. Karena tidak semua kucing yang senang apabila bulunya disikat.

Jika kucing menarik ekor serta telinga, maka hentikan kegiatan menyikat bulu kucing. Hal tersebut menandakan bahwa kucing tidak nyaman. Yang harus dilanjutkan selanjutnya adalah dengan memberikan cemilan lalu lepaskan kucing dan jangan memaksa untuk menyikat bulu kucing kembali. Karena jika terus dipaksakan dikhawatirkan kucing akan menggigit atau mencakarmu.

10. Jangan Lupa Untuk Membawa Ke Dokter

Tips agar bulu kucing tidak rontok yang terakhir adalah jangan lupa untuk membawa ke dokter secara rutin. Dengan memerikasakan kucing secara rutin ke dokter hewan, maka kemungkinan bulu kucing tidak rontok pun sangat besar sekali. Karena setiap pengecekan pada dokter hewan, kucing sendiri dipastikan akan diberikan vitamin agar bulunya tidak rontok dan tentunya terbebas dari kutu dan parasit yang sering menempel pada bulu kucing.

Maka dari itu membawa kucing secara rutin pada dokter hewan sangat penting sekali. Agar bulu kucing sendiri senantiasa tumbuh lebat dan senantiasa sehat terawat. Dengan begitu maka pemilik kucing pun tidak usah khawatir dengan kerontokan dari bulu kucing yang dipelihara.

Itulah tips agar bulu kucing tidak rontok yang bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Dengan melakukan tips-tips di atas, maka dipastikan bulu kucing pun tidak akan mengalami kerontokan. Terlebih apabila tips-tips  tersebut dilakukan secara rutin pada kucing peliharaan. Maka masalah mengenai kerontokan pada bulu kucing peliharaan pun akan hilang seketika. Jadi, bagi yang masih khawatir dan pusing menangani kerontokan pada bulu kucing, segera lakukan tips-tips di atas dan rasakan hasilnya.

Categories Kucing

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.