Tips Memelihara Hamster dengan Baik dan Jenis-Jenisnya

Tips Memelihara Hamster dengan Baik – Memiliki hewan peliharaan seperti hamster memang butuh perawatan dan pemeliharaan dengan baik. Selain untuk menjaga kesehatan hewan tersebut hal itu agar pemiliknya bisa lebih lama untuk menghabiskan waktu bersama hewan kesayangan. Berikut ini ada tips memelihara hamster dengan baik yang bisa dipraktikkan.

Tips Memelihara Hamster Dengan Baik

cara memelihara hamster dengan baik dan benar
thesprucepets.com

Memiliki hewan peliharaan seperti hamster memang menuntut pemiliknya untuk mampu merawatnya dengan baik.

Pasalnya dengan melakukan pemeliharaan dengan baik bisa memperpanjang hidup hamster dan membuat hamster bisa berkembangbiak dengan baik. Oleh karena itu ada baiknya menyimak beberapa tips memelihara hamster dengan baik sebagai berikut.

1. Membuatkan Kandang Yang Nyaman

cara merawat hamster dengan baik dan sehat
hamsters101.com

Pertama kali yang harus dilakukan oleh setiap pemilik hamster adalah membuatkan kandang untuk mereka hidup. Jika tidak ada waktu untuk membuatkan kandang sendiri, bisa membeli kandang yang saat ini sudah banyak dijual di toko hewan.

Namun pastikan bahwa hamster kesayangan akan mendapatkan kandang yang tepat dan nyaman. Perhatikan ukuran dari hamster itu sendiri jika hamster berukuran besar maka kandang juga harus besar agar hewan tersebut punya tempat yang luas.

Pada umumnya hamster normal bisa ditempatkan pada kandang yang berukuran kurang lebih 60 cm x 30 cm. Kemudian kalau bisa kandang juga terbuat dari plastik tebal maupun kaca dan memiliki ventilasi udara yang cukup baik. Hal tersebut untuk masuknya udara segar agar hamster mudah untuk bernafas.

Selain itu juga pastikan peralatan dalam kandangnya lengkap seperti wadah tempat air, wadah tempat makan dan alas kandang yang berupa serutan dari kayu yang tentunya lembut sebagai pijakan dari hamster tersebut.

2. Perhatikan Kebersihannya Setiap Saat

tips cara merawat hamster dengan benar
theuniversityanimalclinic.com

Selain memperhatikan kenyamanan dan kelengkapan dari kandang. Maka ada baiknya sebagai seorang pemilik maka harus selalu mengecek kebersihan dari kandang tersebut. Pasalnya kandang yang kotor dan lembab menjadi sarang berbagai penyakit dan hal tersebut bisa membuat hamster terkena penyakit.

Oleh sebab itu sebagai pemilik bisa melakukan pembersihan rutin terhadap alas kandang hamster, dengan cara mengantinya kurang lebih 2 hingga 3 hari sekali. Dan pastikan juga tidak memberikan serutan pada jenis kayu pinus sebab biasanya akan memunculkan butiran halus yang bisa masuk ke dalam saluran pernafasan hamster itu sendiri.

Selain mengganti alas kandangnya pemilik juga memperhatikan kebersihan dari wadah makanan dan minumannya. Pasalnya tidak menutup kemungkinan setelah beberapa hari maka wadah-wadah tersebut kotor, terlebih akan muncul lumut di wadah air minum hamster.

Wadah makanan jika bisa terbuat dari logam agar ketika digigit maka tidak akan ada sisa gigitan yang masuk dan tertelan hamster.

3. Pastikan Memberi Makanan yang Cukup dan Vitamin

cara merawat hamster dengan baik dan benar
drfoxmag.com

Kebersihan lingkungan sudah, maka saatnya memperhatikan kesehatan fisik hamster itu sendiri. Seperti pada pemeliharaan hewan yang lainnya maka kebutuhan akan makan sangat perlu dijaga dan diperhatikan untuk membantu tumbuh kembang hewan tersebut.

Untuk tips memelihara hamster dengan baik maka pemilik bisa memberikan makanan kurang lebih 15 hingga 20 gram setiap hari. Jika perlu maka selain memberikan makanan juga berikan vitamin untuk membantu proses tumbuh kembang dan kesehatan si Hamster. Untuk vitamin serta makanannya bisa didapatkan di toko makanan hewan.

Vitamin yang bisa diberikan kepada hamster misalnya vitamin D untuk membantu agar hamster bisa tumbuh sehat dan gemuk. Kemudian jika perlu bisa juga diberikan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dari hamster.

Baca Juga: Cara Memelihara Kucing Kampung Agar Gemuk dengan Cepat dan Mudah

4. Menyediakan Air Bersih Jangan Sampai Lupa

cara merawat hamster yang baik
mainenewsonline.com

Pastikan selain menyiapkan makanan yang sehat pemilik juga menyediakan kebutuhan akan air bersih untuk hamster. Pemilik bisa menyediakan wadah air minum berupa pipa yang bentuknya menyerupai corong.

Hal tersebut agar mempermudah hamster saat minum, karena hamster tinggal menyedotnya dari ujung pipa tersebut saat haus.

Untuk itu pastikan memberikan air yang bersih dan lakukan pergantian air paling tidak sehari sekali. Air yang digunakan cukup dengan air yang bersuhu ruangan dan segar, pasalnya hamster bukan hewan yang menyukai air dengan suhu yang hangat.

5. Perhatikan Kebiasaan Dan Naluri Hamster

cara merawat hamster yg baik
hamsters101.com

Tips memelihara hamster dengan baik berikutnya adalah dengan memperhatikan naluri dan kebiasaan hamster. Perlu diketahui bahwa masing-masing hewan pasti memiliki karakter dan naluri yang berbeda-beda tidak terkecuali dengan hamster ini.

Pada sebagai pemilik perlu diperhatikan karakter dari hamster ini yang pertama adalah tidak semua hamster yang jinak bisa hidup dengan kawanan hamster lain. Ada kalanya saat Hamster tidak bisa hidup dengan hamster lain maka mereka akan saling berkelahi bahkan hingga mati.

Sebab hamster merupakan hewan yang memiliki daerah kekuasaan atau teritorial. Namun untuk jenis hamster yang jenis Roborovski dan Winter White mereka termasuk hamster yang bisa hidup dengan hamster yang lain.

6. Jika Perlu Ajak Bermain Atau Buatkan Area Bermain

tips merawat hamster dengan baik
youtube.com

Salah satu golongan dari hewan pengerat ini butuh waktu untuk bermain. Pemilik hewan ini bisa membuatkan akuarium dengan ukuran 80 cm2 yang kemudian diisi dengan berbagai alat bermain. Misalnya seperti menggunakan roda putar atau ala terowongan plastik sebagai area bermain mereka.j

Kemudian bisa juga dengan menambahkan bola berwarna mencolok. Namun pada hamster jenis Syrian tidak perlu mengajaknya bermain pasalnya hamster ini tergolong bersifat pemalas dan pasif.

Jenis-Jenis Hamster Yang Perlu Diketahui

cara memelihara hamster dengan baik dan benar
pinterest.com

Setelah mengetahui beberapa tips memelihara hamster dengan baik maka pastikan juga untuk mengetahui jenis-jenis hamster yang bisa dengan mudah dilakukan pemeliharaan di rumah. Pasalnya beberapa jenis hamster menyukai udara terbuka dan sinar matahari yang cukup baik. Berikut ini jenis-jenis hamster yang perlu diketahui.

1. Hamster Winter White

tips cara merawat hamster dengan benar | Hamster Winter White
en.wikipedia.org

Banyak orang yang menyukai jenis hamster ini pasalnya hamster ini memiliki bulu yang lembut dan tentunya tebal. Pada saat-saat tertentu bulu hamster ini bisa berubah sesuai dengan cuaca.

Hal tersebut dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat pada rambut hamster itu sendiri. Sehingga jika diperhatikan maka akan berubah dari warna abu-abu hingga menjadi coklat keemasan.

2. Hamster Campbell

cara merawat hamster yang baik bagi pemula | Hamster Campbell
cloehamsters.blogspot.com

Jenis hamster berikutnya adalah Hamster Campbell. Jenis hamster ini sangat mudah ditemukan di pasar hewan. Pasalnya jenis ini banyak dilakukan budidaya. Hal yang menyebabkan banyak peternak melakukan budidaya pada hamster ini karena mudah untuk dirawat dan berkembang biak.

3. Hamster Syrian Short Hair ataupun Long Hair

cara merawat hamster yang baik bagi pemula | Hamster Syrian Short Hair ataupun Long Hair

Salah satu yang menonjol dari hamster ini adalah ukuran yang besar. Kemudian kelebihannya juga lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan jadi sangat cocok untuk dipelihara di rumah. Selain itu lebih jinak, dan tidak akan mudah stress.

3. Hamster Face Roborovski

tips merawat hamster dengan baik | Hamster Face Roborovski

Bagi yang menyukai hamster berukuran kecil maka Hamster Face Roborovski. Hamster ini memiliki ciri ukuran tubuh yang cenderung lebih kecil. Kemudian bulunya tebal dan berwarna putih bersih serta Hamster ini lebih lincah. Jadi sebagai pemilik harus menyiapkan area bermain yang luas.

Pasalnya jenis Hamster ini mudah stress jika diletakkan pada kandang yang sempit. Walaupun begitu banyak orang yang memeliharanya. Karena kelincahan dan fisik yang sangat lucu.

Demikian itu tips memelihara hamster dengan baik serta beberapa jenis Hamster dan karakternya yang bisa menambah informasi jika hendak memelihara hamster. Maka pastikan sebagai pemilik Hamster paham dengan cara merawat dan karakteristik dari hewan peliharaan.

Tips Memelihara Hamster dengan Baik

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.