Tips Memelihara Ikan Koki yang Baik dan Benar

Tips Memelihara Ikan Koki – Memelihara ikan tergolong gampang-gampang susah. Perlu tips khusus agar ikan bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik, terutama ikan koki.

Tidak hanya sebagai hobi saja, namun ternyata banyak orang memelihara jenis ikan ini untuk keperluan bisnis. Hal ini tentu saja karena warna serta corak ikan koki sangat beragam, unik dan cantik. Nah berikut uraian mengenai penjelasan singkat tentang ikan koki dan tips memelihara ikan koki yang baik dan benar.

Sekilas Tentang Ikan Koki

memelihara ikan koki aquarium
amazon.com

Ikan ini sering disebut sebagai ikan mas koki yang berasal dari Cina. Ikan koki ini merupakan salah satu keluarga cyprinide dengan nama latin Carassius Auratus. Coraknya yang sangat cantik membuat ikan ini dipelihara oleh banyak orang baik untuk kepentingan bisnis maupun sekedar menyalurkan hobi.

Sebagai ikan yang memiliki setidaknya 130 jenis yang tersebar di seluruh dunia, ikan koki ternyata lebih banyak berkembang di Jepang dibandingkan dengan Cina.

Ikan koki ini ditemukan sekitar tahun 960 hingga 1279 pada masa pemerintahan Dinasti Ming. Pesatnya pertumbuhan ikan koki di Jepang, hingga kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Tips Memelihara Ikan Koki Yang Baik

cara memelihara ikan koki bagi pemula
smithsonianmag.com

Setelah mengetahui sekilas mengenai ikan koki, selanjutnya perlu mengetahui juga  tips memelihara ikan koki yang baik dan benar. Dengan perawatan yang benar tentu akan membuat pertumbuhan ikan koki juga menjadi semakin baik.

1. Biarkan Ikan Beradaptasi

merawat ikan koki aquarium
spca.nz

Salah satu tips memelihara ikan koki yang baik tentu saja dengan membiarkan ikan beradaptasi. Ketika ikan baru dibeli dari penjual ikan, tentu ikan memerlukan penyesuaian di tempat baru. Oleh karena itulah ikan koki perlu dibiarkan untuk beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan yang baru.

Apabila ikan tidak bisa beradaptasi, biasanya akan mengalami stress yang berakibat pada kematian. Agar ikan bisa beradaptasi dengan baik yaitu dengan memasukkan ikan bersamaan dengan plastik ke dalam akuarium yang sudah disiapkan. Dengan begitu ikan koki akan mulai terbiasa hidup di lingkungan dan akuariumnya yang baru.

2. Perhatikan Kualitas Air

cara merawat ikan koki biar sehat
small-pets.lovetoknow.com

Selain membiarkan ikan koki beradaptasi terlebih dahulu, perlu juga memperhatikan kualitas air. Air disini memiliki fungsi yang paling penting karena merupakan komponen paling utama yang memberikan pengaruh pada kesehatan dan penampilan ikan.

Jika air yang digunakan memiliki kualitas yang baik tentu akan berdampak baik pula pada pertumbuhan ikan koki.

Untuk tingkat keasaman yang ideal bagi ikan koki sendiri yaitu sekitar 7.0 – 8.0. Ikan koki tidak akan bisa bertahan hidup di air dengan tingkat keasaman kurang dari 5.0 dan lebih dari 10.0. Usahakan air terbebas dari klorin dimana bahan tersebut biasanya digunakan sebagai desinfektan pada air olahan.

3. Perhatikan Ukuran Akuarium

cara merawat ikan koki biar cepat besar
thriftyfun.com

Jika kualitas air sudah dipastikan aman, selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam perawatan ikan koki adalah memperhatikan ukuran akuarium. Untuk satu ekor koki dewasa, volume air yang ideal yaitu mencapai 38 liter hingga 56 liter. Tambahkan 38 liter air untuk setiap penambahan satu ekor ikan koki ke dalam akuarium.

Akuarium dengan ukuran yang kecil akan meningkatkan kadar amonia dalam air dengan sangat cepat. Hal ini tentu saja karena jumlah air jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah kotoran di dalam akuarium.

Memperhatikan ukuran akuarium berikut volume airnya bisa menjadi salah satu upaya pencegahan stress terhadap ikan koki.

Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Koi dan Jenis-Jenisnya yang Populer

4. Gunakan Penyaring

cara memelihara ikan mas koki
youtube.com

Karena air merupakan komponen yang paling penting dalam merawat ikan koki, maka kebersihan dan kejernihan akuarium juga perlu diperhatikan dengan baik. Ikan akan jauh lebih bebas berenang dan aktif sehingga terlihat jauh lebih sehat dan indah. Untuk itulah perlu menggunakan filter atau penyaring agar kebersihan tetap terjaga.

Penyaring sendiri sangar penting karena selain menjaga kebersihan akuarium, juga berfungsi untuk menjaga kesehatan ikan. Akuarium yang tidak ada penyaringnya akan membuat akuarium penuh dengan kotoran. Jika sudah begitu maka akan membuat air menjadi keruh dan kadar amonia juga meningkat.

5. Lakukan Dekorasi Pada Akuarium

budidaya ikan hias koki
youtube.com

Tips memelihara ikan koki selanjutnya adalah melakukan dekorasi pada akuarium. Dekorasi sendiri tidak kalah penting untuk dilakukan karena selain sebagai penghias, juga digunakan sebagai tempat bersembunyi bagi ikan koki. Namun meskipun begitu sebaiknya hindari dekorasi yang tajam karena akan melukai ikan.

Tambahkan tumbuhan air untuk mempercantik akuarium dan mengurangi kadar amonia, nitrit, dan nitrat yang terdapat pada akuarium.

Tambahkan juga dekorasi kayu yang berfungsi sebagai tempat berlindung bagi ikan koki yang sama seperti habitat aslinya. Dengan begitu ikan koki juga akan merasa lebih nyaman dan terhindar dari stress meskipun hidup di tempat yang baru.

6. Gunakan Lampu Pijar Sebagai Sumber Pencahayaan

cara merawat ikan koki mutiara
pinterest.com

Ikan koki setidaknya membutuhkan suhu ideal agar bisa tumbuh dengan sehat yaitu antara 20 hingga 25 derajat celcius. Oleh karena itulah gunakan lampu pijar yang redup untuk memberikan pencahayaan dan kehangatan bagi ikan koki. namun meskipun begitu jangan menyalakan lampu pijar sepanjang waktu alias 24 jam.

Dalam penggunaan lampu tidak harus selama 24 jam penuh, namun cukup 8-12 jam saja.  Hal tersebut bertujuan untuk meniru siklus kehidupan siang dan malam bagi ikan koki secara alami. Agar panas yang dihasilkan tidak terlalu berlebihan, sebaiknya hindari penggunaan lampu pijar berwarna putih.

7. Berikan Makanan Yang Sesuai

makanan ikan koki supaya cepat besar
youtube.com

Makanan menjadi faktor yang tidak kalah penting dalam pertumbuhan dan perkembangan ikan koki. berikan makanan yang sesuai seperti pelet ataupun cacing tanah. Untuk pelet sendiri adalah makanan yang sangat mudah dijumpai dan mengandung gizi lengkap.

Dengan mengonsumsi pelet akan membuat pertumbuhan ikan koki berlangsung dengan baik dan mampu meningkatkan kecerahan warna pada ikan koki.

Selain pelet, pemberian cacing tanah juga perlu dilakukan. Hal ini tentu saja karena cacing tanah memiliki nutrisi tinggi seperti lemak, mineral, dan protein. Sebagian besar orang yang memelihara ikan koki menjadikan cacing tanah sebagai pakan utama karena kandungan yang ada di dalamnya.

8. Lakukan Teknik Biofiltrasi

budidaya ikan mas koki pdf
buildyouraquarium.com

Tips memelihara ikan koki selanjutnya adalah melakukan teknik biofiltrasi dimana teknik yang baik menggunakan media filtrasi matt sintetis dari Jepang. Fungsi dari teknik ini sendiri adalah untuk menyaring dan menahan kotoran ikan. Selain itu juga sekaligus merangsang perkembangan bakteri nitrobackter di dalam akuarium.

Meskipun teknik ini mudah dilakukan, namun ada kekurangan yang perlu diketahui. Salah satunya yaitu  air yang tidak diganti bisa membuat zat atau mineral yang diperlukan air semakin berkurang. Hal ini karena terdapat di dalam air baru saja sehingga mengakibatkan warna ikan koki menjadi tidak terlalu cerah.

Itulah uraian lengkap mengenai tips memelihara ikan koki yang baik agar ikan tumbuh dengan sehat. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kadar oksigen secara berkala.

Hal ini bisa dilihat dari gerombolan ikan koki yang berkumpul di permukaan air maka kemungkinan kadar oksigen tidak mencukupi. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara menurunkan suhu di dalam akuarium.

Tips Memelihara Ikan Koki

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.