Harga Burung Cipoh

Harga burung cipoh yang ditawarkan cukup murah bila dibandingkan dengan spesies burung kecil lainnya. Tidak hanya murah, namun suaranya juga keras, sehingga membuat banyak yang tertarik dengan burung cipoh.

Disebut juga sebagai burung sirtu, cipoh merupakan salah satu burung dalam keluarga Aegithina. Burung ini sangat mudah ditemukan di wilayah sub-benua India dan Asia Tenggara, salah satunya seperti Indonesia.

Dalam komunitas pecinta burung, saat ini terdapat setidaknya empat jenis burung cipoh yang dapat dikembangbiakkan. Berikut macam-macam jenis yang tersedia beserta dengan penawaran harganya:

1. Burung Cipoh Kacat

Burung Cipoh Kacat

Jenis burung cipoh pertama yang menarik untuk diketahui adalah cipoh kacat, atau nama Inggrisnya Common iora. Burung dengan nama ilmiah Aegithina tiphia ini dikenal akan kicauannya yang terdengar lantang.

Meski dipelihara di Indonesia, cipoh kacat sayangnya tidak memiliki habitat asli di Indonesia. Akan tetapi, burung ini berada di wilayah Asia Tenggara lain seperti Malaysia atau Filipina, yang tidak terlalu jauh dari Indonesia.

Burung cipoh kacat memiliki perbedaan yang cukup signifikan, jika dibandingkan antara jantan dan betina. Untuk jantan, cipoh kacat memiliki sayap bergaris dengan warna hitam, begitu juga dengan area ekornya.

Sementara itu, cipoh kacat betina memiliki sayap yang berwarna kehijauan, dengan ekor hijau zaitun. Keduanya memiliki bentuk paruh yang lancip yang berwarna hitam, dengan bagian mulut yang lurus.

Untuk makanannya sendiri, cipoh kacat merupakan salah satu jenis burung pemakan serangga (insektivora), misalnya seperti jangkrik dan spesies serupa. Namun, cipoh juga dapat mengonsumsi berbagai biji-bijian.

Seperti yang dibicarakan di atas, cipoh kacat mudah ditemukan karena suara dan lokasi bertengger yang umumnya di kawasan terbuka. Warna kehijauan yang terang juga membuat burung tersebut dapat dilihat dari jauh.

Dengan ciri-ciri yang khas, tidak heran jika cipoh kacat menjadi salah satu jenis cipoh yang unik untuk dipelihara. Bagi yang ingin memeliharanya, maka harus melihat daftar harga burung cipoh yang tersedia pada tabel ini:

Jenis Burung Cipoh KacatHarga Burung Cipoh Kacat
Burung Cipoh Kacat Anak Betina/JantanRp50.000,-
Burung Cipoh Kacat Dewasa BetinaRp150.000,-
Burung Cipoh Kacat Dewasa JantanRp200.000,-
Burung Cipoh Kacat GacorRp300.000,- – Rp350.000,-
Artikel Lain: Harga Burung Dara

2. Burung Cipoh Besar

Burung Cipoh Besar

Untuk jenis cipoh kedua yaitu cipoh besar, yang juga dinamakan dengan Great iora dan Aegithina lafresnayei. Jenis cipoh yang satu ini, memiliki tampilan yang lebih mencolok dibandingkan cipok kacat di atas.

Mengenai habitatnya, cipoh besar juga bukan merupakan burung yang asli di wilayah Indonesia. Cipoh besar memiliki habitat asli di berbagai wilayah Indochina seperti Thailand, Malaysia, Myanmar, hingga Vietnam.

Ciri-ciri dari cipoh besar ini adalah bagian kepala hingga ke ekornya yang berwarna hijau kehitaman. Sementara untuk bagian bawah dari dagu hingga ke bawah ekor, cipoh besar memiliki warna kuning terang seperti cipoh lain.

Perbedaan dari jantan dan betina pada cipoh besar juga masih dapat dilihat dengan jelas. Selain ukuran badan, ukuran paruh, dan minimnya pola garis di bagian sayap, warna hitam pada cipoh besar betina lebih pudar.

Burung cipoh besar ini lebih mudah ditemukan di area hutan dataran rendah, atau hujan tropis. Kelompok cipoh besar, baik jantan dan betina, juga sering ditemukan berkumpul dengan spesies burung lainnya.

Soal suara, cipoh besar memiliki kicauan yang lebih cepat daripada suara cipoh kacat. Pitch yang dihasilkan oleh cipoh besar juga cenderung lebih tinggi, sehingga dapat terdengar jelas jika dari kejauhan.

Maka itu, cipoh besar dapat dijadikan sebagai alternatif dari cipoh kacat, terutama dari suara dan tampilan bulunya. Karena juga tidak berasal dari Indonesia, maka cipoh besar akan perlu diimpor dengan harga berikut:

Jenis Burung Cipoh BesarHarga Burung Cipoh Besar
Burung Cipoh Besar Anak Betina/JantanRp50.000,-
Burung Cipoh Besar Dewasa BetinaRp150.000,-
Burung Cipoh Besar Dewasa JantanRp200.000,-
Burung Cipoh Besar GacorRp300.000,- – Rp350.000,-

3. Burung Cipoh Jantung

Burung Cipoh Jantung

Kali ini, akhirnya ada jenis burung cipoh yang ada di Indonesia, yaitu cipoh jantung atau sebutannya Green iora. Burung yang juga memiliki nama ilmiah Aegithina viridissima ini juga berada di wilayah semenanjung Malaysia.

Ciri-ciri cipoh jantung jantan, yaitu ada pada area sekitar paruh yang berwarna hitam, dan area sekitar mata berwarna kuning. Sementara cipoh jantung betina memiliki area paruh berwarna kuning, dan lingkaran mata sempurna.

Sementara untuk bagian badan, cipoh jantung jantan memiliki sayap berwarna hitam dengan pola garis hitam putih. Sedangkan cipoh jantung betina memiliki sayap mirip dengan jantan, tapi garisnya berwarna kuning.

Mengenai habitat, cipoh jantung ditemukan pada area sekitar hutan, mulai dari hutan bakau, hutan rawa, hingga hutan dengan pohon tinggi. Selain itu, cipoh jantung juga hidup berdampingan dengan burung lain.

Makanan yang cipoh jantung umumnya konsumsi dalam habitatnya yaitu serangga seperti cipoh kacat. Kicauan yang dihasilkan cipoh jantung juga persis seperti cipoh kacat, hanya saja bunyinya lebih keras dan nyaring.

Karena berasal di Indonesia, burung cipoh jantung lebih mudah diburu dan dikembangbiakkan oleh peternak burung. Umumnya, mereka yang menjual cipoh jantung akan memberikan kisaran harga berikut:

Jenis Burung Cipoh JantungHarga Burung Cipoh Jantung
Burung Cipoh Jantung Anak Betina/JantanRp50.000,-
Burung Cipoh Jantung Dewasa BetinaRp150.000,-
Burung Cipoh Jantung Dewasa JantanRp200.000,-
Burung Cipoh Jantung GacorRp300.000,- – Rp350.000,-
Baca Juga: Harga Kenari Af

4. Burung Cipoh Ekor Putih

Burung Cipoh Ekor Putih

Yang terakhir, ada cipoh ekor putih atau juga disebut sebagai white-tailed iora dan Marshall’s iora. Cipoh jenis ini awalnya dianggap sebagai cipoh kacat, sampai akhirnya ada perbedaan yang membuatnya menjadi spesies sendiri.

Memiliki nama saintifik Aegithina nigrolutea, cipoh ekor putih hanya tersedia di wilayah Sri Lanka dan India saja. Jadi, bagi yang di Indonesia tentunya harus mengimpor cipoh ekor putih dari wilayah tersebut.

Adapun ciri-ciri khas dari cipoh ekor putih yaitu sayapnya yang memiliki motif seperti hewan zebra. Selain itu, cipoh ekor putih memiliki bulu kepala seperti jambul, dan ukurannya yang lebih pendek dari burung cipoh lain.

Untuk cipoh ekor putih betina, bagian atas badan memiliki warna kehijauan, sedangkan bagian bawahnya kuning. Jika dibandingkan, cipoh ekor putih betina ini memiliki kesamaan dengan cipoh umum betina (Aegithina tiphia).

Perihal suara, cipoh ekor putih memiliki suara yang mirip dengan cipoh kacat, sehingga membuatnya sulit untuk dibedakan. Untuk harga burung cipoh yang satu ini, ternyata tidak terlalu berbeda dengan cipoh jenis lain.

Jenis Burung Cipoh Ekor PutihHarga Burung Cipoh Ekor Putih
Burung Cipoh Ekor Putih Anak Betina/JantanRp50.000,-
Burung Cipoh Ekor Putih Dewasa BetinaRp150.000,-
Burung Cipoh Ekor Putih Dewasa JantanRp200.000,-
Burung Cipoh Ekor Putih GacorRp300.000,- – Rp350.000,-

Begitulah sekiranya informasi mengenai harga burung cipoh, baik dari jenis dan kelaminnya. Jika dinilai, harganya masih tergolong sangat murah, bahkan jika sudah dihitung dengan biaya perawatannya.

Sebab itu, burung cipoh sering direkomendasikan bagi yang ingin memelihara burung dengan harga awal yang lebih murah. Meski begitu, tetap jangan lupa untuk merawat burung agar kondisinya tetap baik.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.