Harga Burung Dara

55 View

Burung dara atau biasa dikenal burung merpati merupakan bagian dari famili Columbidae yang artinya burung dengan paruh. Di dalamnya terdapat kisaran 300 spesies. Oleh karenanya, harga burung dara tentunya berbeda pada setiap jenisnya.

Burung dara dan burung merpati sering diartikan sebagai dua jenis yang berbeda, padahal mereka merupakan bagian dari satu spesies yang sama. Hanya saya berdasarkan sisi ontologi, burung dara cenderung digunakan untuk jenis spesies yang jauh lebih kecil, serta pada merpati yang spesiesnya lebih besar pula.

Asal dan Persebaran Burung Dara

Asal dan Persebaran Burung Dara

Burung dara merupakan spesies burung yang telah dikenal sejak lama, yaitu sejak zaman kerajaan mesir kuno, atau kisaran abad ke 20 sebelum masehi. Tentunya burung dara ini pertama kali ditemukan pada zaman mesir kuno yang kemudian tersebar di seluruh penjuru dunia.

Untuk masuknya burung dara ke Indonesia salah satunya lewat perantara pedagang pada zaman dahulu ke Indonesia. Hingga pada akhirnya burung dara berkembang di Indonesia dan termasuk pada jenis burung yang digemari.

Burung dara juga merupakan salah satu burung yang dilindungi dan dilestarikan. Bahkan masyarakat mancanegara membentuk semacam organisasi untuk menjaga habitat dan kelestarian dari burung dara.

Awalnya habitat awal dari burung dara sendiri yaitu berada di daerah pesisir pantai. Akan tetapi untuk sekarang, persebaran habitat dari burung dara sudah cukup banyak sehingga dapat ditemukan di seluruh wilayah.

Baik itu di daerah pedesaan, perkotaan, kawasan hutan, hingga daerah gurun yang gersang dan kering. Ini karena populasi dari burung dara yang terus menerus meningkat, salah satunya karena dibudidaya oleh masyarakat.

Baca Juga: Harga Burung Jalak Nias

Jenis Burung Dara Beserta Harganya

Jenis Burung Dara Beserta Harganya

Terdapat banyak sekali jenis dari burung dara yang dapat ditemukan. Ditambah juga karena budidaya sehingga populasi dan jenis burung dara kian bertambah.

BACA JUGA:  Inilah Harga Burung Jalak Putih Terbaru Berdasarkan Jenisnya

Berikut ini adalah beberapa jenis burung dara yang terdapat dalam sub famili Zanardini dan Columbini.

1. Burung Dara Kipas

Burung dara kipas merupakan jenis burung dara yang unik dari berbagai jenis burung dara lainnya, ini karena bentuk ekornya yang mirip seperti burung merak dan berbentuk kipas. Ekor inilah yang menjadi nilai tambah dari burung dara kipas.

Burung dara kipas juga bisa ikut dikompetisikan layaknya jenis burung dara lainnya. Kemampuan kecepatan dari burung dara kipas dinilai cukup bagus dan cukup kompetitif untuk dilombakan.

Jika ingin budidaya burung dara kipas, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan kualitas burung dara kipas terbaik, maka indukannya tentu haru berkualitas baik pula. Maka selektiflah dalam memilih indukan.

Selain itu bagi yang masih cukup awam, maka perlu mencari tahu bagaimana perawatan yang dibutuhkan oleh burung dara kipas, tidak lupa pemberian makan dan minumnya. Di bawah ini merupakan perkiraan harga burung dara kipas.

Karakteristik Burung Dara KipasHarga
Burung Dara Kipas AnakanMulai dari Rp 750.000
Burung Dara Kipas IndukanMulai dari Rp 1.000.000 

2. Burung Dara Balap

Burung dara jenis ini merupakan burung dara yang banyak dipelihara oleh penggemarnya. Seperti namanya, burung dara balap merupakan jenis burung dara yang dipelihara dan dapat diperlombakan dalam perlombaan balap burung dara.

Balap burung dara sendiri di Indonesia sudah banyak dan dilakukan sejak lama, sehingga telah melekat dan menjadi hobi di kalangan masyarakat penggemar burung di Indonesia. Belum lagi hadiah yang ditawarkan bagi para pemenang, semakin besar perlombaan tersebut tentu semakin besar hadiah yang diberikan.

Karakteristik dari burung dara balap sendiri yaitu memiliki fisik yang sedikit berbeda dari burung dara biasa. Burung dara balap memiliki postur tubuh yang ramping dan sayapnya panjang, serta memiliki daya tahan dan kecepatan yang tinggi.

Harga burung dara balap tergantung juga pada kemampuan dan daya tahan dari burung dara balap. Namun tentunya ini adalah peluang bisnis yang menguntungkan karena banyak peminatnya. 

BACA JUGA:  Harga Burung Cipoh
Karakteristik Burung Dara BalapHarga
Burung Dara Balap AnakanRp 422.000 per ekor
Burung Dara Balap Indukan JantanRp 3.000.000 per ekor
Burung Dara Balap Indukan BetinaRp 2.500.000 per ekor
Artikel Lain: Harga Burung Sirtu

3. Burung Dara Pos

Burung dara pos merupakan jenis burung dara atau merpati yang telah berhasil dijinakkan sejak kurang lebih 5000 tahun silam lamanya. Dahulu burung dara pos digunakan sebagai media dalam mengirimkan pesan. Bahkan burung dara pos dijadikan sebagai salah satu ikon jasa pengiriman di Indonesia.

Hal ini karena burung dara pos memiliki kemampuan dalam menemukan jalan pulang, sehingga dapat menempuh perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa tersesat. 

Untuk sekarang burung dara pos sudah tidak lagi digunakan sebagai alat komunikasi dalam mengirimkan pesan. Namun orang orang memilih untuk memelihara dan membudidayakan burung ini, bahkan burung dara pos juga memiliki kompetisinya sendiri.

Ketika memelihara burung dara pos, maka mulailah untuk melatih burung ini mulai pada usia 6 minggu. Dengan pelatihan ini akan meningkatkan skill burung dara pos untuk pergi dan kembali ke kandang.

Karakteristik Burung Dara PosHarga
Burung Dara Pos AnakanMulai dari Rp 200.000
Burung Dara Pos IndukanMulai dari Rp 500.000

4. Burung Dara Kolongan

Untuk burung dara kolongan merupakan satu dari berbagai jenis burung dara yang memiliki tingkat kecerdasan yang bisa dikatakan cukup tinggi.  Ini dapat dinilai dari naluri alamiah burung dara kolongan yang cukup tinggi, dilihat pada kemampuannya kembali ke sarang setelah terbang tinggi dan cukup lama.

Selain itu burung dara kolongan memiliki daya ingat yang cukup kuat. Sehingga, tidak heran burung dara jenis kolongan cukup ramai diminati untuk dipelihara dan diperlombakan.

Diperlukan keuletan dan kesabaran dalam melatih burung dara kolongan sehingga dapat memenangkan perlombaan. Karena jika tidak dilatih dengan benar, maka burung dara kolongan dapat terbang bebas dan kemudian hilang.

Perlombaan dari burung dara kolongan juga cukup diminati karena karakteristik dari burung dara kolongan yang menarik serta hadiah yang diberikan kepada pemenang bisa mencapai jutaan rupiah. Untuk harga burung dara kolongan ini dibedakan menjadi:

BACA JUGA:  Daftar Harga Burung Elang Berdasarkan Jenis dan Ciri-cirinya
Karakteristik Burung Dara KolonganHarga
Burung Dara Kolongan AnakanMulai dari Rp 400.000 – Rp 700.000
Burung Dara Kolongan IndukanMulai dari Rp 1.000.000

5. Burung Dara Biasa

Merupakan jenis burung dara yang paling sering ditemukan, sesuai nama yang disematkan pada burung dara jenis ini. Burung dara biasa memiliki berbagai corak warna yang beragam, mulai dari warna merah, kuning, coklat, hingga putih.

Untuk memiliki burung dara biasa ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Untuk jenis burung ini dapat dimiliki dengan rentang harga mulai dari 100 ribuan saja. 

Karakteristik Burung Dara BiasaHarga
Burung Dara Biasa AnakanMulai dari Rp 100.000
Burung Dara Biasa IndukanMulai dari Rp 200.000

Demikian sajian artikel ini terkait dengan seputar burung dara. Mulai dari asal, persebaran, jenis dan harga burung dara mulai dari anakan dan indukan. Namun perlu diketahui bahwasanya harga disetiap marketplace dan di setiap tempat dapat berbeda beda, tergantung pada beragam faktor yang menyebabkan perbedaan harga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.