Harga Burung Cililin

55 View

Jika berbicara tentang burung kicau, maka burung cililin adalah jenis yang tidak bisa dilewatkan. Burung ini termasuk populer dan diminati banyak orang. Jadi tidak heran jika harga burung cililin tergolong tinggi dibandingkan burung pada umumnya.

Klasifikasi harga untuk burung cililin sendiri dipengaruhi oleh beberapa aspek. Mulai dari jenis, gender, usia, dan kualitas suaranya. Jadi segala hal bisa menentukan seberapa tinggi harga cililin yang ada di pasaran.

Agar proses pemahaman tentang harga burung ini bisa dilakukan dengan lebih baik, maka pada artikel ini akan diinformasikan daftar lengkapnya. Simak detail yang ada di bawah ini secara mendalam dan menyeluruh:

Burung Cililin Hitam

Burung Cililin Hitam

Pertama ada jenis cililin hitam yang sering muncul di pasaran. Untuk jenis hitam ini, warnanya didominasi hitam. Namun di bagian lehernya ada bagian berwarna putih yang khas dan ini menjadi hal yang unik.

Kemudian di bagian atas kepala ada jambul warna hitam yang sangat menarik. Karena ada banyak keunikan dari jenis ini, maka harga burung cililin hitam bisa dikategorikan mahal. Untuk harga detail setiap jenisnya, ada di daftar berikut ini:

1. Cililin Hitam Jantan

Cililin hitam jantan menjadi pilihan yang paling banyak dicari. Jika jantan, cililinnya akan berwarna lebih cerah. Selain itu, pola yang ada di bulunya jauh lebih mencolok. Hal ini merupakan ciri khas yang tidak bisa dilewatkan.

Harga untuk jenis satu ini masih terbilang standar dan tidak semahal jenis cililin lainnya. Harga yang lebih rendah ini menjadi salah satu alasan kenapa banyak yang mencari cililin jantan. Berikut daftar harganya:

JenisHarga
Cililin hitam jantan anakanRp400.000
Cililin hitam jantan indukanRp800.000

Seperti yang sudah terlihat pada tabel, harga cililin hitam jantan yang indukan dua kali lebih mahal dibandingkan jenis anakan. Kisaran harga ini sebenarnya masih standar dan pas di pasaran sehingga bisa dijadikan patokan.

BACA JUGA:  Cara Ternak Parkit Di Kandang Kecil

Baca Juga: Harga Burung Cipoh

2. Cililin Hitam Betina

Kemudian untuk jenis cililin hitam betina, maka harganya lebih mahal dibandingkan jenis jantan. Alasan utama jenis betina lebih mahal karena betina ini sering dimanfaatkan untuk proses budidaya yang sangat sulit dilakukan.

Karena dimanfaatkan untuk budidaya, maka harganya tidak akan murah. Selisih antara jenis anakan dan indukan juga sangat besar. Agar lebih jelas, maka simak tabel kisaran harga ini secara mendalam dan menyeluruh:

JenisHarga
Cililin hitam betina anakanRp250.000
Cililin hitam betina indukanRp1.500.000

Harga burung cililin betina tersebut sudah bisa dipahami dan dijadikan referensi. Rincian harga tersebut memang termasuk tinggi. Jadi jika ingin membeli jenis betina, maka siapkan biaya sebesar nominal tersebut.

3. Cililin Hitam Bakalan

Selanjutnya ada jenis cililin hitam bakalan yang sudah terlatih masuk pertandingan. Biasanya, cililin bakalan ini sudah memiliki suara merdu sejak awal, sehingga proses latihannya tidak sulit sebelum dipertandingkan untuk kicauannya.

Jenis ini biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp800.000. Namun harga ini akan berbeda jika wilayah pembeliannya mematok harga tinggi. Selain itu, kualitas kicauan juga akan menentukan harga jenis bakalan ini.

4. Cililin Hitam Gacor

Jika jenis bakalan, maka kualitasnya masih ada di tengah. Namun jika cililin sudah masuk golongan gacor, maka kualitasnya sangat tinggi dan sering memenangkan pertandingan. Harga untuk satu ekor yang gacor sekitar Rp2.500.000.

Dibandingkan dengan jenis bakalan di atas, maka selisihnya akan sangat besar. Namun harga tersebut tidak akan mengecewakan mengingat kualitasnya sangat tinggi. Dengan jenis ini, maka kemenangan akan mudah didapat.

Burung Cililin Coklat

Burung Cililin Coklat

Selain cililin hitam, pada artikel ini juga akan dijelaskan kisaran harga burung cililin coklat. Jika dibandingkan, cililin coklat ini jauh lebih mahal dibandingkan jenis hitam. Hal ini sudah menjadi standar yang ada di pasaran.

Cililin coklat lebih mahal karena proses budidayanya jauh lebih susah. Oleh karenanya harga yang dipatok tidak sedikit. Sedangkan untuk rincian harga sesuai klasifikasi cililin coklat ada di daftar berikut ini:

BACA JUGA:  Cara Merawat Jalak Kebo biar Jinak

Artikel Lain: Makanan Burung Trucukan

1. Cililin Coklat Jantan

Sudah disebutkan di atas bahwa harga jenis cililin coklat ini lebih mahal. Hal ini bisa dibuktikan dengan harga jenis pejantannya yang lebih tinggi dibanding pejantan cililin hitam. Meski mahal, banyak yang mencari jenis ini.

Semakin mahal, orang akan semakin suka karena dirasa sangat berkualitas. Hal ini juga berlaku untuk cililin coklat jantan. Daftar harga yang harus dipahami untuk jenis coklat jantan bisa dilihat pada daftar berikut ini:

JenisHarga
Cililin coklat jantan anakanRp500.000
Cililin coklat jantan indukanRp1.000.000

Melalui tabel di atas bisa dilihat bahwa cililin coklat jantan yang anakan hanya dibandrol dengan harga Rp500.000. Sedangkan untuk jenis indukannya dihargai dua kali lipatnya. Jadi harganya akan lebih mahal lagi.

Apabila ingin membeli jenis ini, maka sediakan biaya yang sesuai. Banyak yang ingin membeli cililin coklat namun tidak paham harganya. Oleh karenanya, daftar di atas bisa langsung diperhitungkan sebagai referensi awal.

2. Cililin Coklat Betina

Harga burung cililin betina ini juga harus diketahui dengan baik. Apalagi jenis ini termasuk yang berkualitas dan kisaran harganya sangat tinggi. Jadi kisaran harganya wajib diketahui agar proses pembeliannya lebih terarah.

Untuk jenis betina ini, selisih antara anakan dan indukan tergolong sangat besar. Meski selisihnya besar, namun hal ini sangat wajar dan kisarannya memang dipakai di pasaran. Simak informasi berikut untuk mengetahuinya:

JenisHarga
Cililin coklat betina anakanRp300.000
Cililin coklat betina indukanRp2.000.000

Tabel tersebut sudah memberikan kisaran harga jelas untuk cililin coklat betina. Melalui daftar yang ada tersebut, maka bisa dipastikan harga di pasaran ada di kisaran tersebut. Jika terlalu mahal atau murah, maka harus dipertimbangkan lagi.

3. Cililin Coklat Bakalan

Seperti yang sudah diketahui, cililin coklat memang lebih mahal dibandingkan yang hitam. Jadi untuk jenis bakalan ini akan lebih mahal. Untuk satu ekor saja, cililin coklat bakalan akan dihargai sekitar Rp1.200.000.

Bagi orang awam, harga ini memang sangat tinggi. Namun jika sudah paham dengan harga pasaran burung cililin, maka nominal tersebut tidak akan membebani. Apalagi kemungkinan menang untuk jenis ini lebih besar.

BACA JUGA:  Info Lengkap Harga Cucak Rante Terbaru

4. Cililin Coklat Gacor

Terakhir ada jenis cililin coklat gacor yang sudah sering memenangkan pertandingan. Tentu jenis yang satu ini akan sangat mahal karena kualitasnya tidak bisa disepelekan lagi. Harga satu ekornya sekitar Rp3.000.000.

Jika dibandingkan dengan jenis cililin coklat lain, maka harga ini adalah yang paling tinggi. Meski harganya tinggi, namun peminat cililin coklat gacor tidak sedikit dan biasanya dibeli untuk tujuan pertandingan.

Semua informasi harga burung cililin yang ada di atas tentu bisa dijadikan bahan acuan. Apabila daftar harganya sudah diketahui, maka proses pembeliannya akan lebih terarah dan tidak akan salah dalam melakukan pemilihan.

Pembelian burung ini memang harus dipertimbangkan dengan baik dan hati-hati. Harganya yang mahal membuat orang awam perlu menghindari penipuan. Oleh karenanya, segala aspek yang berkaitan dengan harga ini wajib diketahui dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.