Harga Burung Samyong

46 View

Burung samyong merupakan salah satu jenis burung yang disukai orang Indonesia. Jika dikategorikan, maka burung samyong ini masuk golongan burung kicau berkualitas tinggi. Jadi harga burung samyong akan menyesuaikan kualitas suara dan kicaunya.

Mungkin bagi pecinta burung, jenis samyong dan harganya akan sangat dipahami secara mendalam. Namun jika masih baru suka dengan burung, maka jenis ini tidak terlalu dikenal dan familiar. Oleh karenanya, pemahaman mendalam bisa dilakukan.

Pada artikel ini akan diberikan rincian harga dari burung samyong secara menyeluruh. Perbedaan harga ini didasarkan pada kualitas kicau dan ukurannya. Jika ingin tahu daftarnya, maka lihat rincian yang ada di bawah ini:

Harga Burung Samyong Sesuai Jenis

Harga Burung Samyong Sesuai Jenis

Agar bisa dipahami dengan mudah, maka pada bagian ini akan diinformasikan rincian jenis dan kisaran harganya sampai akhir. Oleh karenanya, simak semua penjelasan yang dipaparkan dalam uraian berikut:

1. Burung Samyong Bakal

Jenis burung samyong pertama yang akan diperkenalkan sesuai kisaran harganya adalah burung samyong bakal. Burung samyong bakal adalah jenis dewasa yang siap di latih atau siap tampil untuk mulai melakukan kompetisi kicau di luaran.

Karena jenisnya masih bakal, maka kualitas kicaunya tidak terlalu tinggi. Hal ini akan berpengaruh pada rincian harga yang dibandrol. Untuk burung samyong yang masih bakal, harga di pasaran sekitar 750.000 – 900.000 ribu rupiah.

Harga ini rata untuk berbagai jenis baik jantan dan betina. Namun karena samyong yang sering diperlombakan adalah samyong jantan, maka di pasaran akan mudah ditemui samyong bakal jantan. Sedangkan untuk yang betina harganya tidak berbeda.

Untuk samyong bakal ini diperlukan proses berkelanjutan agar siap menjadi samyong pertandingan kicau. Jadi meski harganya masih tergolong murah dan tidak tinggi, namun kedepannya diperlukan latihan dan perawatan yang maksimal untuk meningkatkan kualitas.

BACA JUGA:  Harga Burung Poksay

Setiap proses latihan dan perawatan akan memerlukan biaya yang kompleks dan ekstra untuk berbagai aspeknya. Oleh karenanya, proses pemeliharaan samyong bakal tidak bisa sembarangan. Semakin terlatih, maka kualitas dan harganya akan semakin tinggi.

Artikel Lain: Harga Burung Serindit

2. Burung Samyong Gacor

Harga burung samyong selanjutnya dikategorikan dalam jenis yang gacor. Untuk jenis ini, maka suaranya sudah sangat nyaring dan kemungkinan menangnya akan sangat tinggi. Artinya, kualitas samyong satu ini sudah lebih tinggi dari samyong bakal.

Karena sudah termasuk gacor, maka harga dari burung samyong satu ini lebih tinggi. Jika dilihat di pasaran, burung samyong gacor dibandrol dengan harga sekitar 1.000.000 – 1.500.000 ribu rupiah. Jadi harganya akan lebih tinggi.

Jadi maksud dari gacor di sini adalah kualitas suaranya. Apabila suaranya tidak tinggi, maka harganya juga ada di kisaran paling rendah. Namun jika suaranya tinggi, maka harganya bisa mencapai angka maksimal yaitu 1.500.000 ribu rupiah.

Namun perlu dipahami juga bahwa jenis samyong yang satu ini memerlukan perhatian yang seksama dari berbagai aspek. Karena suaranya sudah gacor, maka kualitasnya harus tetap terjaga dan tidak boleh sampai kendor dan mengecil.

Perhatian pemiliknya harus diberikan secara menyeluruh dan tuntas agar kualitasnya terjaga. Bahkan kalau bisa, kualitasnya harus ditingkatkan. Semakin baik kualitasnya, maka tidak hanya masuk kategori gacor saja namun akhirnya bisa memenangkan kejuaraan di luaran.

3. Burung Samyong Juara

Selanjutnya ada golongan samyong juara yang tingkatannya sudah tinggi. Tingkatan yang satu ini tentu lebih tinggi lagi jika dibandingkan dua sebelumnya. Untuk samyong juara, maka sudah masuk golongan dewasa dan terbiasa dengan pertandingan.

Saat jenis burung samyong sudah pernah menjuarai perlombaan, maka harganya akan melambung lebih tinggi. Jika dilihat di pasaran, maka samyong juara dibandrol dengan harga 2.500.000 – 3.000.000 ribu rupiah untuk berbagai tampilan dan ukuran.

Semakin sering memenangkan kejuaraan, maka harganya akan berada di tingkatan teratas dan sulit dibandingkan dengan lainnya. Tidak banyak orang yang menjual burung samyong juara karena jenis ini sudah termasuk investasi yang bisa terus menang.

BACA JUGA:  Harga Burung Cucak Rowo

Namun jika ingin memilikinya, maka harus merogoh kocek dalam untuk satu burung saja. Belum lagi proses perawatannya yang harus diperhatikan dan intensif dari berbagai sisi. Apabila tidak dipertimbangkan dengan baik, maka kualitasnya bisa menurun.

Apabila kualitas samyong juara menurun, maka podium juara akan sulit didapat. Hal ini nantinya juga akan menurunkan harga burungnya secara drastis. Untuk itu, pemeliharaan burung yang sudah juara ini akan memerlukan biaya tambahan.

4. Burung Samyong Mini

Harga burung samyong selanjutnya akan dijelaskan berdasarkan kategori ukurannya yaitu mini atau kecil. Sesuai dengan namanya, burung samyong mini ini termasuk anakan yang ukurannya masih kecil dan tubuhnya masih rentan terhadap kondisi apapun.

Karena masih kecil, maka kualitas kicauannya masih belum terlihat secara maksimal. Selayaknya burung pada umumnya, samyong mini juga masih belum terbiasa dengan kejuaraan apapun. Meski demikian, burung samyong mini akan lebih mudah dilatih.

Jika masih mini, maka proses pembentukan menjadi burung samyong bakalan akan lebih cepat dan mudah. Hal ini dikarenakan belum ada aspek apapun yang dibiasakan pada burungnya secara mendalam, jadi tidak membutuhkan waktu lama.

Kemudian karena belum memiliki kicauan yang terbentuk dengan sempurna, maka kualitasnya masih rendah dan belum terukur maksimal. Hal ini menjadikan harga burung samyong mini lebih murah yaitu ada di kisaran 500.000 – 750.000 ribu rupiah.

5. Burung Samyong Rawatan

Terakhir ada jenis samyong rawatan yang berbeda dengan jenis lainnya di atas. Jika masuk di pasaran burung samyong, maka jenis rawatan ini termasuk sering muncul. Jadi untuk jenis ini, maka khusus memperhatikan perawatannya.

Biasanya, burung samyong rawatan akan memiliki tampilan yang baik dan cantik dengan kualitas tinggi. Banyak yang memiliki samyong jenis ini hanya untuk dipelihara dan berkicau di rumah tanpa diikutsertakan dalam kejuaraan jenis apapun.

Meski tidak ikut kejuaraan burung apapun, perawatan burung yang sudah maksimal dan berkualitas akan membuat harganya semakin tinggi. Oleh karenanya, jenis ini dibandrol dengan rentang harga sekitar 1.000.000 – 2.500.000 ribu rupiah di pasaran.

BACA JUGA:  Harga Burung Sanger

Harga yang termasuk tinggi ini sangat masuk akal dan sudah biasa terjadi. Tentu perawat sebelumnya sudah mengeluarkan banyak biaya untuk proses perawatannya sehingga saat dijual harganya akan menyesuaikan. Konsep ini tentu sudah jelas.

Baca Juga: Harga Burung Prenjak

Kesimpulan Harga untuk Burung Samyong

Kesimpulan Harga untuk Burung Samyong

Setelah memahami semua daftar kisaran harga di atas, maka ada kesimpulan yang bisa diambil. Melalui kesimpulan ini, maka tabel harganya bisa diketahui dengan jelas. Lihat tabel harganya sebagai berikut:

JenisHarga
Samyong bakalRp750.000 – Rp900.000
Samyong gacorRp1.000.000 – Rp1.500.000
Samyong juaraRp2.500.000 – Rp3.000.000
Samyong miniRp500.000 – Rp750.000
Samyong rawatanRp1.000.000 – Rp2.500.000

Itulah daftar harga burung samyong terlengkap yang bisa dipahami. Melalui daftar di atas, maka proses pembelian burungnya akan lebih mudah dan terarah. Apalagi harga burung ini yang tidak murah membuat proses pembeliannya hari hati-hati.

Jangan sampai asal beli dengan harga yang tidak sesuai. Jika tidak mendalami kisaran harganya, maka bisa jadi mudah untuk ditipu. Oleh sebab itu, semua informasi di atas akan sangat membantu sebelum proses pembelian burungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.