Harga Burung Trucuk

36 View

Menjadi orang yang suka memelihara burung trucuk, tentu diharuskan mengetahui harga pasarannya. Namun, tidak perlu cemas, harga burung trucuk tidak semahal yang dibayangkan. Masih bisa dijangkau oleh sebagian besar pecinta burung.

Selain harganya, banyak alasan lainnya yang membuat pilihan jatuh pada jenis burung yang satu ini. Pasalnya suara kicauan yang dihasilkan cukup indah sehingga bisa meredakan stress pemiliknya. Untuk kelengkapan informasi lengkapnya, berikut ulasannya, yaitu:

Mengenal Burung Trucuk

Mengenal Burung Trucuk

Bukan hanya harga burung trucuk saja yang penting untuk diketahui saat ini. Namun, kelebihan hingga karakteristik dan cirinya pun harus dikenali. Hal ini tentu dilakukan agar mudah untuk mengidentifikasi perbedaanya dengan burung lainnya.

Masih satu keluarga dengan Pycnonotidae, jenis burung ini memiliki paruh dengan pangkal yang lebar. Pada umumnya di beberapa daerah panggilannya cukup beragam. Mulai dari erocokan yang bisa disebut oleh masyarakat Jawa hingga cica, jogjog dan nama unik lainnya.

Hampir serupa dengan jenis burung lainnya, mayoritas burung trucuk tinggal di alam bebas. Baik itu di hutan atau pun taman sekunder. Banyak ditemukan burung trucuk, tetapi tentu tidak mudah untuk menangkapnya.

Apalagi keberadaanya yang selalu berkelompok, membuatnya sulit untuk ditangkap dengan tangan bebas. Pasalnya burung ini hampir setiap waktu selalu hidup bersama-sama. Baik itu dalam mencari makan atau pun bertengger pada satu pohon.

Apabila diperhatikan lebih seksama, ukuran tubuh burung trucukan hanya sekitar sembilan belas hingga dua puluh centi meter. Dengan berat badan yang bisa mencapai tiga puluh tujuh kilogram. Membuatnya terlihat cukup besar bukan?

Secara umum, meski harga burung trucuk terjangkau, para pembeli tentu harus tahu perbedaanya. Terdapat ciri-ciri khusus pada burung yang satu ini. Contohnya, warna paruh hingga kaki yang hampir terlihat sama dengan warna yang gelap.

Baca Juga: Harga Burung Prenjak

Harga Burung Trucuk Berdasarkan Jenisnya

Harga Burung Trucuk Berdasarkan Jenisnya

Menjadi burung yang paling banyak diminati, pecinta burung sebelumnya tentu harus tahu berbagai jenisnya. Jenis burung yang satu ini cukup banyak dan beragam. Tidak hanya itu saja, banyak keunikan yang ditonjolkan oleh burung-burung tersebut.

BACA JUGA:  Harga Burung Beo

Apalagi menurut beberapa sumber, suara kicauan burung trucuk adalah favorit bagi sebagian besar pecinta burung. Membuat berbagai penawaran harganya pun kompetitif. Berikut jenis burung trucuk yang perlu untuk diketahui, yaitu:

1. Cucak Gunung

Memiliki banyak nama lainnya, burung trucuk cucak gunung juga kerap dikenal dengan cucak wilis. Termasuk ke dalam burung kicau pycnonotidae. Biasanya keberadaan jenis yang satu ini banyak ditemukan pada Bali, Sumatera dan Jawa.

Dikenal karena suara kicauannya yang nyaring, burung yang satu ini ternyata memiliki ciri khas di bulunya. Pada bagian pangkal punggung hingga dada berwarna coklat. Merupakan warna yang terlihat sedikit gelap pada burung.

Perawatan jenis burung yang satu ini juga sangat mudah dan tidak sulit. Untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan dari trucuk yang satu ini, yaitu dengan memberinya makanan dan kandang yang bersih. Berikut daftar harga per jenisnya, yaitu:

Jenis Cucak GunungHarga
Cucak wilis bahanRp 90.000 – Rp 110.000
Cucak wilis jantanRp 170.000 – Rp 230.000
Cucak wilis gacorRp 250.000

2. Merbah Belukar

Selanjutnya, burung trucuk yang dikenal dengan nama lain burung kapas adalah merbah belukar. Biasanya burung ini disebut dengan master karena banyak diburu oleh para pecintanya. Pasalnya banyak hal menarik dan unik yang terdapat pada burung yang satu ini.

Keberadaan dari jenis trucuk yang satu ini banyak ditemukan di pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Ciri khusus yang terlihat pada burung ini, yaitu warna tubuhnya yang abu-abu dan kecoklatan. Jangan lupakan juga mata mewah dan sayapnya yang indah.

Bagi yang masih awam dengan merbah belukar pasti belum tahu bukan kalau burung ini sering hidup sendirian. Kebiasaan mencari makanan nya pun hampir sama dengan burung lainnya. Memakan serangga, laba-laba hingga rayap dan jangkrik.

Menariknya, merbah belukar akan memasuki masa kawin di bulan Januari hingga September. Burung ini juga dikenal sebagai burung yang pintar bersembunyi. Tidak hanya itu, hampir di sepanjang tahun, burung ini hanya bertelur dua butir saja.

BACA JUGA:  Ciri-Ciri Ular Berbisa

Perbedaan di antara keduanya juga cukup terlihat jelas, yaitu antara jantan dan betina. Merbah jantan biasanya memiliki suara yang bervariasi dengan dominasi merdu. Jika dibandingkan dengan betina, bentuk badanya bahkan lebih besar dan menonjol yang dijual kisaran harga:

Jenis Merbah BelukarHarga
Merbah jantan dewasaRp 45.000 – Rp 70.000
Merbah betina dewasaRp 40.000 – Rp 60.000
Merbah gacorRp 75.000 – Rp 100.000

Artikel Lain: Harga Burung Samyong

3. Cucak Kutilang

Disukai oleh semua pecinta burung, cucak kutilang tentu jadi salah satu primadona yang banyak dicari. Memiliki suara yang indah membuatnya banyak diburu. Terlebih lagi, oleh para kolektor dan pecinta burung sejati.

Bukan hanya suaranya saja yang menarik perhatian, tetapi juga bentuk tubuhnya yang unik. Pasalnya di bagian belakang tubuhnya berwarna jingga. Selain itu, ada topi, lambang hitam dan dahi yang membuatnya mencolok.

Untuk dapat menjadikan cucak kutilang sebagai salah satu master andalan. Tentu ada harga dan beberapa tips yang harus dilakukan, apa sajakah itu? Simak berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan, yaitu:

  • Jinakan kutilang liar terlebih dahulu.
  • Pastikan untuk memelihara kutilang anakan sebelumnya.
  • Hindari penggunaan sangkar bersama kutilang liar.
  • Memberikan makanan tambahan serta vitamin.
  • Rutin mengganti air minum secara berkala.
  • Perdengarkan suara master pada kutilang.
Jenis Cucak KutilangHarga
Kutilang emasRp 75.000 – Rp 100.000
Kutilang sutraRp 150.000 –  Rp 500.000
Kutilang jambul  Rp 90.000 – 200.000
Kutilang gacorRp 100.000
Kutilang jantan dan betinaRp 100.000 – 150.000

4. Cucak Jenggot

Populer juga dengan nama burung tokek, jenis trucuk cucak jenggot ini memiliki warna bulu yang putih. Bagian bawah dari paruhnya terlihat menyerupai jenggot. Jadi wajar saj jika banyak orang yang menyebutnya juga sebagai burung jenggot.

Memiliki kicauan dan tampilan yang indah, tak jarang pemiliknya menjadikan burung ini master. Banyak yang mengandalkannya untuk jadi memenangkan kompetisi berkicau. Terlihat pada beberapa kompetisi kicau, jenis burung ini banyak mendominasi.

BACA JUGA:  Cara Merawat Jalak Kebo biar Jinak

Agar cucak jenggot tetap sehat dan memiliki kicauan yang indah, tentu dibutuhkan perawatan yang ekstra. Contohnya dengan memandikan burung di pukul tujuh pagi dan mengganti kandang. Selanjutnya memberikan jangkrik dua ekor pada cepuk EF.

Para pemilik cucak jenggot juga bisa menjemur dan mengangin-anginkan burung setelah dimandikan. Bagi yang ingin burungnya cepat menjadi master. Perdengarkanlah secara rutin burung master lainnya sehingga bisa ditiru oleh anak yang baru dipelihara.

Pasalnya tidak semua burung dengan jenis yang sama bisa diperoleh dengan mudah. Apalagi karakteristik tiap-tiap burung berbeda, meskipun sudah satu jenis. Oleh sebab itu, rawat dan jagalah dengan baik, bagi yang telah memilikinya, berikut daftar harga yang bisa diketahui, yaitu:

Cucak Jenggot Jantan Sesuai Tingkat KemampuanHarga
Cucak jenggot pemulaRp 400.000
Cucak jenggot ngerolRp 350.000
Cucak jenggot masteranRp 450.000
Cucak jenggot grecehRp 500.000
Cucak jenggot terlatihRp 10.000.000

Berdasarkan harga burung trucuk yang terlihat pada kolom, hampir semua jenis memiliki harga yang berbeda bukan? Hal ini tentu dikarenakan kelangkaan dan jenisnya. Ada yang mudah untuk didapat ada yang sulit diperoleh.

Begitulah kira-kira ulasan tentang harga burung trucuk dan jenisnya yang dapat diketahui. Hal ini penting untuk dicari tahu dan dipahami oleh pecinta burung. Membuat kemungkinan tertipu dalam jual beli burung pun dapat terhindar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.