Harga Burung Prenjak

57 View

Bagi para pecinta burung pasti sudah tidak asing lagi dengan burung prenjak yang memiliki berbagai macam jenis. Harga burung prenjak pun cukup bervariasi, sehingga bisa disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Prenjak sendiri memiliki bentuk fisik yang hampir serupa.

Salah satu ciri fisiknya yang cukup menonjol, yaitu tubuh yang mungil, dengan paruh panjangnya. Bukan hanya itu saja, hal istimewa yang dimiliki burung ini adalah suara kicauannya. Untuk informasi lebih lengkap tentang burung prenjak, simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Burung Prenjak

Mengenal Burung Prenjak

Pada umumnya harga burung prenjak termasuk yang paling ramah di kantong. Hampir setiap pecinta burung biasanya mampu untuk membeli setidaknya satu jenis burung tersebut. Meskipun ukuran tubuhnya kecil, suara kicauannya bisa diadu.

Burung yang satu ini memiliki kicauan yang lantang, sehingga menarik perhatian sekelilingnya. Pada beberapa daerah, nama burung yang satu ini biasanya berbeda-beda. Contohnya daerah Jawa yang menyebut prenjak atau ciblek.

Namun orang Sunda, mayoritas lebih suka menyebut burung tersebut dengan nama cinenen. Untuk daerah bagian Jakarta, orang-orang umum menyebutnya dengan burung kecici. Jika dilihat berdasarkan informasi yang beredar, prenjak masuk ke dalam golongan sylviidae.

Baca Juga: Harga Pelatuk Bawang

Jenis dan Harga Burung Prenjak

Jenis dan Harga Burung Prenjak

Hobi memelihara burung tentu bisa menjadi salah satu pengalihan stress atau pun tekanan. Termasuk memelihara burung prenjak yang dikenal dengan kicauannya. Meski tidak semahal dengan burung jenis lainnya, ternyata prenjak juga memiliki jenis yang beragam.

Para pecinta burung bisa memilih jenis prenjak yang disukai sesuai dengan selera dan gayanya masing-masing. Mengingat ciri khas dari prenjak yang hampir mirip. Berikut jenis dan harganya yang bisa diketahui, yaitu:

1. Prenjak Jawa (Ciblek)

Jenis burung prenjak yang pertama adalah ciblek, merupakan salah satu jenis paling terkenal. Pasalnya burung yang satu ini kerap masuk atau terjebak di dalam rumah. Masyarakat Jawa pun mempercayai kedatangan burung ini dengan adanya tamu yang akan tiba.

BACA JUGA:  Cara Merawat Jalak Kebo biar Jinak

Bagi yang berminat untuk merawatnya, tentu ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Pasalnya jenis burung ini tidaklah sulit untuk dirawat. Cukup memperhatikan makanan dan asupan gizinya saja, maka prenjak dapat tumbuh dengan baik.

Apabila mendapatkan burung jenis ini dari hasil tangkapan, maka jangan langsung memberinya pur. Pastikan untuk memberi makanan seperti, kroto, belalang atau serangga kecil lainnya. Mengingat makanan sebelum yang diperolehnya adalah makhluk hidup yang lebih kecil.

Agar dapat membedakan jenis prenjak ciblek dengan jenis lainnya, yaitu kenali dengan baik ciri-cirinya. Terdapat ciri yang dapat dibedakan, seperti warna putih di dada, garis pada sayap dan banyak lainnya.  Berikut harga ciblek sesuai dengan jenisnya, yaitu:

Jenis CiblekHarga
Ciblek sawahRp 35.000
Ciblek semi bahanRp 50.000
Ciblek bahan jantanRp 57.000
Ciblek gunung anakanRp 85.000
Ciblek gunung betinaRp 110.000
Ciblek semi jantanRp 150.000
Ciblek tebu mudaRp 275.000
Ciblek kristalRp 350.000
Ciblek gunung gacorRp 620.000

2. Prenjak Kepala Merah

Jenis lainnya yang perlu diketahui, dari prenjak adalah prenjak kepala merah. Merupakan burung yang paling banyak ditemukan di area hutan atau pun pepohonan bambu. Memiliki paruh yang panjang, jenis ini juga dikenal memiliki suara lantang dan merdu.

Jika berminat untuk memeliharanya, perhatikan terlebih dahulu sarang yang akan ditempatinya. Mengingat burung ini sangat membutuhkan kenyamanan tempat tinggal. Tidak hanya itu, kebutuhan makan dan minumnya pun harus terjaga, berikut daftar harganya.

Jenis dan ukuranHarga
Prenjak kepala merah dewasaRp 300.000
Prenjak kepala merah anakanRp 50.000

3. Prenjak Tebu

Sesuai dengan namanya, burung prenjak tebu banyak ditemukan di sekitar ladang tebu. Terlebih lagi, ketika panen tebu datang, maka jenis ini akan banyak terlihat. Memiliki tubuh yang ramping ciri khas dari prenjak ini juga terlihat pada warna bulunya yang cerah.

Meski harga burung prenjak cukup terjangkau, tetapi perawatannya tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya burung juga membutuhkan beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi oleh tubuhnya. Contohnya seperti memberikannya makanan berprotein dan vitamin.

BACA JUGA:  Harga Burung Cipoh

Memiliki beberapa jenis yang hampir serupa, setiap pecinta burung tentu harus bisa mengenali ciri khasnya. Berbeda dengan jenis prenjak yang lain, ada beberapa hal yang unik dari burung ini, apa sajakah itu? Berikut diantaranya:

  • Memiliki alis yang berwarna keabuan.
  • Kaki yang ramping dan warnanya pucat.
  • Warna ekor hijau.
  • Dada dan leher berwarna putih.
  • Badan yang ramping.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk membedakan burung yang satu ini dengan burung lainnya. Jika masih bingung dan belum bisa membedakannya dengan baik, bawalah dua jenis yang berbeda. Begitu juga dengan harga yang ditawarkan oleh jenis dan ukurannya, yaitu:

Jenis dan ukuranHarga
Prenjak tebu dewasaRp 150.000
Prenjak tebu anakanRp 50.000

Artikel Lain: Harga Burung Serindit

4. Prenjak Gunung

Bingung membedakan antara prenjak Jawa dan gunung? Jika dilihat secara sekilas, keduanya memang terlihat mirip dan serupa. Pasalnya burung ini sering ditemukan dengan warna bulu keabuan mulai dari ujung kepala hingga punggungnya.

Suara yang dihasilkan dari kicauan burung prenjak gunung tidak seperti jenis lainnya. Namun, suaranya bisa dianggap sebagai hiburan yang meramaikan suasana. Untuk perawatannya pun tidak membutuhkan hal khusus ataupun yang spesial, begini harga per jenis dan ukurannya, yaitu:

Jenis dan ukuranHarga
Prenjak gunung dewasaRp 250.000
Prenjak gunung anakanRp 60.000

5. Prenjak Lumut

Menjadi salah satu burung prenjak yang paling banyak disukai, membuat prenjak lumut banyak diincar. Pasalnya jenis yang satu ini memiliki suara nyaring yang melengking. Meskipun begitu, suara tersebut sangat menarik untuk didengar sehingga tidak monoton.

Dibilang mirip dengan prenjak kepala merah, prenjak lumut jika dilihat dari dekat sangat berbeda. Terdapat beberapa ciri khusus yang harus bisa dikenali. Contohnya, yaitu ada pada bentuk tubuh, kepala dan ukuran, berikut harga yang ditawarkan per ukurannya, yakni:

Jenis dan ukuranHarga
Prenjak lumut dewasaRp 200.000
Prenjak lumut anakanRp 60.000

6. Prenjak Emas

Terlihat sangat berbeda dan menonjol dari yang lainnya, prenjak emas sangat mudah dikenali, bagaimana tidak? Bagian kepala berwarna jingga dengan garis alis yang berwarna putih. Belum lagi dadanya yang memiliki warna kuning cerah dengan harga yang ditawarkan, yaitu:

BACA JUGA:  Harga Burung Poksay
Jenis dan ukuranHarga
Prenjak emas dewasaRp 250.000
Prenjak emas anakanRp 70.000

7. Prenjak Alang-alang

Memiliki kicauan yang unik dengan suara yang panjang, menjadikan prenjak alang-alang cukup dikenal. Hampir semua pecinta burung menyukai kicauan yang dihasilkannya. Pasalnya kicauannya cukup rapat dan terdengar sangat unik dan lantang.

Hampir sama dengan jenis lainnya, prenjak yang satu ini juga memiliki perawatan yang mudah. Cukup memperhatikan masalah makanan dan kandang dengan baik. Selanjutnya, mandikan dan jemur burung sesekali agar sehat.

Banyak yang mengatakan bahwa burung prenjak bisa didapat langsung dari alam. Namun, apakah iya mudah untuk mendapatkannya? Untuk menangkapnya sendiri tentu dibutuhkan banyak usaha, kini banyak orang yang menjual berbagai jenis prenjak dengan berbagai harga, di antaranya yaitu:

Jenis dan ukuranHarga
Prenjak emas dewasaRp 250.000
Prenjak emas anakanRp 70.000

Itulah beberapa ulasan terkait harga burung prenjak yang bisa diketahui. Walaupun bukan termasuk burung langka yang mahal dan sulit untuk didapatkan. Namun burung prenjak merupakan burung dengan kicauan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.