Harga Cucak Biru

161 View

Memelihara burung merupakan hobi yang diseriusi oleh banyak orang, salah satunya jenis cucak biru. Harga cucak biru tidak begitu mahal, ditambah suara gacor dari burung jantan membuatnya dilirik banyak peminat. Warnanya biru cantik, berpadu dengan hitam yang memukau.

Burung cucak sendiri termasuk hewan yang cukup mudah ditemukan di alam Indonesia. Kendati demikian, biru termasuk warna yang jarang ditemukan sehingga keunikannya memikat banyak orang. Perpaduan biru dengan hitam membuatnya terkesan eksklusif sekaligus eksotik.

Mengenal Cucak Biru

Mengenal Cucak Biru

Sebelum membahas tentang harga cucak biru dan bagaimana merawatnya, terlebih dahulu mari mengenal lebih lanjut seputar burung ini. Jenis cucak biru adalah keluarga burung jenis kicauan, serumpun dengan cucak hijau.

Masih sejenis juga dengan cucak jenggot serta cucak jenis lain yang berada di Indonesia. Memang, cucak biru terbilang kurang familiar jika dibandingkan cucak lainnya. Sebab, popularitasnya masih kalah dari jenggot dan ijo. Belakangan ini baru cucak biru mulai lebih dikenal.

Habitat asal dari cucak biru adalah beberapa wilayah di Malaysia, India, Filipina, dan juga Indonesia. Burung ini dapat ditemukan di alam bebas serta rimba di teritori Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Tempatnya adalah daerah alam bebas hingga ketinggian mencapai 1.800 di atas laut.

Wilayah tersebut cenderung jauh dari keramaian manusia, sehingga lebih tenang dibandingkan kawasan lainnya. Ini membentuk sifat tenang dan aman pada burung tersebut. Karena itulah perlu menjaga lingkungan tetap nyaman jika ingin memelihara cucak biru.

Harga cucak biru memang tidak begitu mahal dibandingkan burung kicau lainnya. Namun tentunya tidak asal membeli, melainkan harus dirawat dengan baik selayaknya merawat makhluk hidup.

Baca Juga: Harga Burung Selendang Biru

Harga Cucak Biru

Harga Cucak Biru

Sebelumnya telah dibahas sekilas tentang cucak biru. Melihat penampilannya yang unik, wajar jika banyak pecinta burung tertarik memeliharanya. Warna biru yang cantik dengan sifat jinak sekaligus bersahabat membuatnya cocok sebagai hewan peliharaan.

BACA JUGA:  Harga Burung Kakatua

Cucak biru memang masih kurang populer daripada saudaranya yang berwarna hijau terang (cucak ijo). Karena kelangkaannya inilah justru banyak orang tertarik memelihara. Berikut beberapa jenis cucak biru dan harganya:

1. Burung Cucak Biru Bakalan/Anakan

Cucak biru jenis bakalan memiliki harga yang relatif terjangkau. Sebab, anak-anak masih cukup rentan dan tidak memerlukan banyak makanan. Apalagi yang masih kecil, disebut juga sebagai bakalan. Harganya ada di kisaran 250 sampai 350 ribu, tergantung dengan indukan asalnya.

Semakin bagus kualitas keturunan, terutama terkait kesehatannya, akan lebih mahal pula harga anakan tersebut. Cucak biru anakan bisa didapatkan langsung melalui pembudidaya burung sehingga bisa mendapatkan banyak informasi penting. Sebab, anakan masih rentan sehingga perlu perhatian ekstra.

Artikel Lain: Jenis Burung Kicau

2. Burung Cucak Betina/Indukan

Cucak biru betina memiliki warna biru yang tidak terlalu pekat, pada bagian bulu atas dan bawahnya. Kemudian untuk warna sayapnya hitam cenderung kusam. Pada dasarnya, warna cucak betina cenderung lebih pudar bila dibandingkan dengan yang jantan.

Kemudian postur tubuhnya juga agak kecil, dengan kaki yang pendek dan nampak agak bungkuk ketika bertengger. Lalu untuk suara kicauannya tidak nyaring, tipis, dan monoton (tidak suka menirukan).

Cocok bagi yang ingin memelihara binatang yang tenang dan merdu tanpa harus nyaring. Karena suara adalah aset yang sangat diperhatikan oleh pecinta burung, wajar jika harganya tidak terlalu mahal. Harga cucak biru betina ada di kisaran 250 ribuan.

3. Burung Cucak Jantan

Cucak jantan cenderung disukai karena memiliki suara yang nyaring, melengking, dan pandai untuk menirukan suara di sekitarnya. Tidak heran banyak yang membeli cucak jantan untuk diikutsertakan ke lomba. Meski begitu, bukan berarti asal memilih dikarenakan cucak tersebut jantan.

Perlu ada pertimbangan matang dalam proses memilihnya. Bukan hanya melihat aspek fisik, namun juga psikologisnya. Karakter cucak jantan sehat adalah memiliki bulu rapi, dengan sorot mata tajam namun tidak berair. Nafsu makannya juga bagus.

Kemudian untuk aspek mentalnya dapat diperhatikan dari keaktifannya dalam berkicau dan bergerak. Tidak hanya diam termenung atau tidak memberikan respon berarti ketika diajak berinteraksi. Harga cucak biru jantan umumnya dimulai dari 450 sampai 500 ribu.

BACA JUGA:  Daftar Harga Burung Labet Terbaru

4. Burung Cucak Biru Gadung

Berikutnya ada cucak biru tipe gadung yang belum begitu banyak penggemarnya. Padahal, burung ini dianugerahi bulu eksotik, sehingga tidak hanya cocok menjadi burung kicauan namun juga burung hias. Di Malaysia sendiri cucak ini sangat populer, dengan sebutan murai gajah.

Bagi yang tertarik untuk menangkarkan cucak biru jenis ini, perlu menyiapkan budget setidaknya 400 ribuan. Sebab, jenis cucak gadung memang belum banyak ditemukan di alam terbuka. Agak sulit untuk mendapatkannya.

5. Burung Cucak Biru Hutan

Bila dibandingkan dengan cucak ijo, cucak biru memang lebih sedikit populasinya. Hewan ini sering berada di bagian pucuk pohon yang tinggi dan tidak mudah dipikat. Namun, cukup banyak orang yang menangkapnya di hutan untuk dijual.

Jenis burung ini terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan cucak biru lainnya. Sebab, ditangkap dari hutan dan belum mendapatkan perawatan khusus seperti yang ditangkarkan sendiri. Harganya sekitar 300 ribu, semakin muda maka semakin murah.

6. Burung Cucak Biru Rawatan

Apa yang dimaksud cucak biru rawatan? Artinya, cucak tersebut sudah melalui proses perawatan yang konsisten dan rutin. Perawatan harian diperhatikan dengan baik, sehingga menghasilkan burung yang sehat secara fisik maupun psikis.

Berhubung sudah dirawat dengan optimal, harga cucak biru ini sedikit lebih mahal dibandingkan lainnya, yaitu mulai 450 hingga 550 ribuan. Namun untuk yang betina biasanya sedikit lebih murah daripada yang jantan. Sebab, suaranya memang lebih monoton dan tidak berisik.

7. Burung Cucak Biru Gacor

Cucak yang termahal adalah yang sudah gacor, harganya dapat mencapai 1 jutaan. Yang dimaksud dengan gacor adalah burung yang sudah memiliki suara merdu dibandingkan lainnya. Selain merdu dan indah juga enak didengar, bukan asal berkicau.

Suaranya cenderung nyaring dan melengking sehingga terdengar jelas. Mengapa harganya lebih mahal, sebab tidak semua burung memiliki suara yang gacor dan pandai meniru. Umumnya yang bersuara lebih gacor adalah jantan, sehingga lebih disukai untuk mengikuti perlombaan.

Dari jenis gacor ini juga ada yang lebih tinggi lagi nilainya, yakni juara/masteran. Anggapannya cucak tersebut sudah sangat lihai dalam mengeluarkan suara. Sudah sangat layak untuk diikutsertakan ke kompetisi atau sekadar diajak berlatih sehari-hari. Berikut perbandingan harganya:

BACA JUGA:  Cara Merawat Jalak Kebo
Jenis cucakHarga
Cucak biru gacor betina550.000-700.000
Cucak biru gacor jantan800.000-1.200.000
Cucak biru gacor juara/masteran1.000.000-2.500.000

Demikian informasi seputar harga cucak biru sesuai dengan jenisnya. Setelah mengetahui berbagai informasi tersebut, harapannya bisa lebih bijak dalam memilih bibit yang berkualitas. Terlebih jika ingin diikutsertakan dalam lomba, lebih disarankan memilih yang jantan.

Namun untuk yang menyukai hewan tenang dan ingin memeliharanya saja menjadi teman sehari-hari, betina sudah cukup. Suaranya cukup enak didengar, tidak terlalu nyaring dan masih cukup aktif untuk diajak berinteraksi. Sifatnya lebih kalem dan berperawakan mungil sehingga tampak menggemaskan.

Daftar harga yang tertera di atas tidak mutlak, sebab masih bisa berubah. Hal tersebut tergantung dengan kualitas keturunan, musim, hingga daerah asalnya. Harga yang variatif membuka kesempatan bagi para pecinta burung untuk mengadopsi cucak biru sesuai kemampuan finansialnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.