Ramuan Cara Menggemukkan Kambing

129 View

Ramuan Cara Menggemukkan Kambing – Saat memelihara kambing, tentu salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah membuat kambingnya gemuk. Oleh sebab itu, diperlukan ramuan cara menggemukkan kambing yang potensial dan bisa dijadikan solusi utama.

Bagi peternak pemula, mungkin informasi tentang ramuan ini masih minim. Padahal jika tahu dan paham mengenai ramuannya, maka permasalahan kambing yang kurus bisa teratasi dan keuntungan bisa didapatkan.

Daftar Ramuan Cara Menggemukkan Kambing

Ramuan Cara Menggemukkan Kambing

Pada artikel ini akan diinformasikan beberapa ramuan paling potensial untuk pemula. Setiap jenis ramuan akan dipaparkan secara menyeluruh agar bisa dipahami dengan baik. Simak detail berikut ini untuk mengetahuinya:

1. Ramuan Beras Kencur

Jenis ramuan pertama yang bisa dijadikan pilihan adalah beras kencur. Kandungan yang ada di dalam beras kencur memang dipercaya bisa menambah berat badan, termasuk untuk hewan sekalipun seperti kambing.

Pembuatan ramuan beras kencur termasuk mudah. Untuk memulainya, cuci beras terlebih dahulu sampai bersih. Setelah dicuci, rendam beras selama satu jam di air bersih dan tinggalkan selama menjalankan tugas lain.

Sambil menunggu rendaman beras, segera rebus asam jawa, gula merah, gula pasir, dan jahe. Untuk merebusnya, gunakan air secukupnya sesuai dengan jumlah bahannya. Proses merebusnya harus sampai mendidih.

Selanjutnya, cuci kencur yang masih segar dan bersihkan. Blender beras, kencur, dan air rebusan. Saring hasil ramuan dan peras ampasnya sampai kering. Terakhir, berikan kepada kambing untuk mulai dikonsumsi.

2. Ramuan Daun Buni

Ramuan cara menggemukkan kambing yang kedua adalah daun buni. Mungkin beberapa orang akan asing dengan daun yang satu ini. Jadi sebenarnya, daun buni adalah jenis dedaunan herbal yang dipakai untuk pengobatan tradisional.

Untuk membuatnya, maka harus ada lima lembar daun buni. Selain daun buni, siapkan juga garam, lengkuas sebesar ibu jari, dan terasi. Pastikan semua sudah tercampur dengan sempurna agar hasilnya sesuai harapan.

BACA JUGA:  Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4

Tambahkan juga air ke dalam campuran tersebut. Pemberian air ini berguna untuk mempermudah proses penyaringan. Jika sudah disaring, maka segera berikan ramuan ke kambing untuk dikonsumsi secara langsung.

Takaran ramuan ini diperuntukkan untuk dua kambing saja. Jika memiliki kambing dengan jumlah yang banyak, maka sesuaikan saja jumlahnya. Jadi jangan memberikan jumlah ramuan terlalu sedikit karena hasilnya tidak akan maksimal.

3. Ramuan Daun Talas

Jika tinggal di pedesaan dan ada daun talas, maka jangan dibuang begitu saja. Justru daun talas ini berguna untuk menggemukkan kambing setelah disulap menjadi ramuan. Meski tidak banyak yang tahu, tapi hasilnya terbilang efektif.

Pembuatan ramuan ini bisa dimulai dengan menyiapkan tiga lembar daun talas. Selain itu, siapkan juga tiga sendok garam dapur. Jadi bahan utama ramuannya hanya dua bahan tersebut tanpa ada penambahan jenis lainnya.

Rebus daun talas dan sendok dalam satu tempat. Waktu paling pas untuk melakukan perebusan adalah 15 menit. Jika sudah mendidih dan waktunya sudah 15 menit, maka angkat rebusan dan diamkan terlebih dahulu.

Pastikan air rebusan dingin terlebih dahulu. apabila sudah dingin, maka minumkan hasil rebusan ke kambing. Berikan ramuan ini secara berkala dan konsisten agar hasil badan kambing bisa lebih gemuk dari sebelumnya.

4. Ramuan Kencur

Pilihan ramuan cara menggemukkan kambing lain yang tidak boleh dilewatkan adalah kencur. Sebenarnya, ramuan kencur sudah sangat terkenal bisa menggemukkan badan. Bahkan untuk kambing, hasilnya akan cepat terlihat.

Jika ingin membuat ramuan kencur, maka siapkan dulu satu ons atau seratus gram kencur. Kemudian parut kencur tersebut sampai benar-benar halus. Lalu tambahkan satu kuning telur ayam ke dalam parutannya.

Tanpa perlu proses apapun lagi, ramuan tersebut sudah bisa diberikan kepada kambing untuk dikonsumsi. Jadi prosesnya juga termasuk mudah dan tidak memerlukan waktu pembuatan yang panjang.

Sedangkan skala pemberiannya bisa dibatasi 3 hari sekali. Jadi jangan terlalu sering memberikannya karena takaran tersebut sudah pas. Selain itu, konsistensi pemberian ramuan kencur juga harus diperhatikan sampai kondisi badannya gemuk.

BACA JUGA:  Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4

Baca Juga: Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4

5. Ramuan Mentimun

Mentimun juga termasuk bahan yang pas untuk menggemukkan kambing. Jika ingin membuat ramuan mentimun, maka bahan tambahan yang harus disiapkan adalah asam jawa, garam dapur, air, dan terasi.

Ramuan ini bisa dijadikan alternatif jika kambing mulai bosan dengan ramuan lain. Atau jika tidak memiliki banyak waktu luang, maka ramuan ini adalah pilihan paling pas karena tidak membutuhkan waktu panjang dalam proses pembuatannya.

Pastikan untuk memarut mentimun terlebih dahulu dan campurkan dengan semua bahan tambahan yang tersedia. setelah tercampur merata, maka bahan tersebut bisa diberikan kepada kambing secara konsisten.

Agar hasilnya optimal, maka berikan ramuan ke kambing satu kali setiap tiga hari. Meski jangka waktunya agak lama, namun takaran ini adalah dosis paling pas. Jadi jangan terlalu sering memberi ramuannya tanpa dosis yang disesuaikan.

6. Ramuan Pucuk Daun Durian

Ramuan cara menggemukkan kambing yang lain adalah ramuan pucuk daun durian. Meski tidak semua orang memiliki daun durian, tapi informasi ramuan ini tetap penting. Jika sudah memiliki daunnya, maka bisa segera diimplementasikan.

Pertama, siapkan dulu lima lembar daun durian bagian pucuknya saja. Selain itu, siapkan juga daun dadap lima lembar, garam dapur, dan juga terasi. Semua bahan bisa dicampurkan dan dihaluskan bersama.

Jangan lupa untuk memberi air ke dalamnya. Air ini berguna untuk mempermudah memeras ramuan yang sudah terbentuk. Pastikan untuk memeras ramuannya dengan maksimal agar kandungannya bisa dimanfaatkan.

Satu takaran ramuan ini bisa dipakai untuk dua ekor kambing. Jadi jika memiliki kambing dalam jumlah banyak, maka sesuaikan saja takarannya. Jumlah takaran ini harus disesuaikan dengan baik agar dampaknya bisa terlihat.

7. Ramuan Telur Ayam Kampung

Terakhir, ada jenis ramuan telur kampung yang juga sangat potensial. Jika dibandingkan ramuan lain, jenis ramuan yang satu ini sangatlah populer. Bahan pembuatannya adalah telur ayam kampung, asam jawa, dan gula jawa.

Daftar bahan untuk ramuan ini juga termasuk yang mudah didapatkan. Lalu untuk pembuatannya juga tidak memerlukan waktu panjang. Siapa saja bahkan peternak pemula bisa langsung membuat ramuan ini.

BACA JUGA:  Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi dengan Em4

Ambil beberapa telur dan pecahkan di wadah yang memadai. Kemudian tambahkan asam jawa serta gula jawa secukupnya. Campurkan semua bahan hingga maksimal dan pastikan tidak ada bagian yang menggumpal.

Jika sudah, berikan ramuan tersebut ke kambing yang badannya kurus atau sedang mengalami penurunan nafsu makan. Pastikan untuk memberikan ramuannya secara berkala dan konsisten agar kambing kembali gemuk.

Daftar ramuan cara menggemukkan kambing yang sudah dipaparkan tersebut memang sangat penting untuk dipahami. Apabila dipraktikkan dengan maksimal, maka hasil yang didapat juga akan sesuai harapan.

Karena sudah ada beberapa jenis ramuan, maka pastikan untuk menerapkannya satu per satu. Namun disesuaikan juga ramuan yang akan dibuat dengan kambing yang dimiliki. Dengan demikian, kambing tidak akan kesulitan dalam proses mengkonsumsinya.

Ramuan Cara Menggemukkan Kambing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.