Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

82 View

Tertarik untuk memelihara ikan cupang yang besar dan tumbuh dengan indah? Perlu menyediakan makanan ikan cupang agar cepat besar. Makanan merupakan penunjang utama pertumbuhan cupang alias burayak yang membuatnya tidak hanya sehat namun juga terlihat cantik.

Memelihara cupang tidak boleh sembarangan, karena akan sulit berkembang optimal dan warnanya tidak dapat muncul. Ini akan sangat disayangkan. Karena itu perawatan perlu diperhatikan, terutama dengan pemberian makanan yang tepat. Ada apa saja?

Tentang Ikan Cupang

Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Sebelum mencari tahu apa saja makanan ikan cupang agar cepat besar, mari membahas seputar hewan yang rupawan ini. Cupang disebut juga sebagai ikan adu siam atau laga, adalah hewan air tawar dengan habitat asal beberapa negara Asia Tenggara.

Contohnya dari Thailand, Singapura, Indonesia, Vietnam, Malaysia, hingga Brunei Darussalam. Di Indonesia sendiri mudah ditemukan di Kalimantan Timur, tepatnya Pampang. Terdapat banyak varian cupang asli seperti betta channoides.

Di kalangan penggemarnya, ikan cupang dibagi ke tiga kategori yakni hias, aduan, dan liar. Ikan ini kuat untuk bertahan hidup lama dibandingkan ikan peliharaan lainnya. Habitat asal cupang adalah perairan tenang misalnya kolam, rawa-rawa, hingga sungai dengan vegetasi air.

Kebanyakan dari mereka memilih habitat dengan air yang hangat dan lebih sedikit arusnya. Habitat cupang kerap kali dilengkapi vegetasi air tebal seperti tanaman air, akar-akar tumbuhan menjuntai, eceng gondok, dan sebagainya. Ini karena vegetasi air tersebut berperan sebagai tempat perlindungan.

Caranya dengan menciptakan zone yang intensitas cahayanya berbeda dalam perairan, sehingga cupang tidak mudah diketahui keberadaannya. Beberapa jenisnya juga hidup di dasar berlumpur ataupun berpasir. Di sana mereka bisa mencari makanan hingga tempat bertelur.

Ikan yang hidupnya di air tawar ini seringkali dijadikan bisnis ternak. Namun, banyak yang belum tahu bahwa ikan yang baru saja menetas tidak berbadan langsung besar. Perlu beberapa waktu sehingga ukuran tubuhnya besar, sehat, dan tentunya tampak cantik.

BACA JUGA:  Cara Memelihara Ikan Louhan agar Cepat Jenong

Banyak peternak masih bingung akan memberikan makanan apa yang tepat sehingga pertumbuhan cupang dapat lebih maksimal. Tak perlu khawatir, setelah ini akan dijelaskan apa saja opsi-opsi makanan yang mudah didapatkan dan cocok untuk membantu perkembangan cupang.

Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Bagi yang belum pernah memeliharanya, mungkin akan terkejut. Mereka belum tahu ukuran awal ikan cupang ketika baru saja menetas sangatlah kecil, sehingga nyaris tidak kasat mata. Ikan hias berusia nol hingga tiga bulan disebut juga burayak.

Sampai usianya empat hari, burayak lebih banyak memakan sisa kuning telur dari perutnya atau sisa lendir indukannya. Jika sudah melewati tahap tersebut, barulah dapat diberikan pakan. Berhubung ukurannya amat kecil, dibutuhkan makanan tertentu untuk membuatnya cepat besar.

Saat ikan cupang sedang ada dalam fase pertumbuhan, makanan yang kaya protein sangat diperlukan olehnya. Di bawah ini adalah daftar pakan yang direkomendasikan untuk pakan ikan cupang untuk membantunya cepat tumbuh besar:

1. Kuning Telur

Seperti yang telah dijelaskan, burayak memerlukan banyak protein. Salah satu sumber protein yang mudah didapatkan adalah kuning telur rebus. Pakan ini sangat disukai ikan cupang, dan cara memberikannya juga mudah.

Rebus telurnya hingga matang, kemudian ambil kuning telurnya saja dan hancurkan. Berikan kuning telur sedikit demi sedikit, sebab jika langsung banyak akan membuat kolam airnya keruh. Cukup berikan sedikit, karena bila terlalu banyak dapat menyebabkan kematian.

2. Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk, disebut juga encu adalah makanan ikan cupang agar cepat besar karena kandungan lemak dan proteinnya terbilang tinggi. Pakan ini cocok untuk ikan hias dalam masa pertumbuhan. Apalagi, mendapatkan jentik nyamuk cukup mudah.

Pada dasarnya, genangan air seperti bak mandi, sawah, atau selokan sering menjadi tempat bertelurnya nyamuk. Bahkan jentik nyamuk dapat dibudidayakan sendiri. Cukup menyediakan wadah berisi air, di sana jentik nyamuk dapat muncul dengan sendirinya.

Baca Juga:

BACA JUGA:  Cara Membuat Umpan Ikan Mas

3. Artemia

Pernah melihat jenis udang berukuran sangat kecil? Ini adalah artemia, dikenal juga brine shrimp. Artemia adalah pakan yang direkomendasikan para peternak, karena memiliki gizi tinggi untuk menunjang pertumbuhan ikan.

Tidak hanya untuk ikan cupang yang sudah cukup dewasa, artemia juga aman diberikan pada anakan/burayak karena ukurannya yang kecil. Biasanya dijual dalam bentuk telur, sehingga perlu ditetaskan terlebih dahulu.

4. Kutu Air

Tidak banyak yang tahu bahwa kutu air juga termasuk makanan ikan cupang agar cepat besar. Jika di sekitar rumah sering terdapat genangan air, maka besar kemungkinan akan ditemukan kutu air berwarna merah.

Kutu air ini dapat diberikan kepada cupang sebagai pakan berkualitas. Sebab, kutu air mampu memperkuat tulang serta memperindah warna cupang berkat tingginya kandungan protein. Pemberian kutu air ini lebih disarankan untuk burayak yang sudah agak besar.

Dengan begitu, mereka tidak merasa kesulitan saat memakannya. Terlebih, kutu air bisa bergerak dan memancing naluri predator. Apabila tidak terdapat genangan air, kutu air juga bisa dibeli langsung melalui toko pakan ikan.

5. Cacing Sutra

Cacing bisa menjadi opsi pakan yang baik untuk perkembangan ikan cupang. Jenis cacing ini disebut juga cacing darah, karena berbentuk lebat dan warnanya merah. Bukan hanya membuat cupang cepat membesar, namun juga membantu mencerahkan warna kulitnya.

Sama halnya dengan jentik nyamuk, cacing sutra bisa didapatkan di lingkungan sekitar rumah, contohnya sungai kecil dan parit. Namun, disarankan untuk membeli saja untuk memastikan kualitasnya. Harganya terbilang murah dibandingkan pakan lain, sekitar 5 hingga 10 ribu saja.

6. Infusoria

Rekomendasi makanan ikan cupang agar cepat besar berikutnya adalah infusoria. Mungkin masih banyak yang asing dengan namanya. Infusoria merupakan istilah yang disematkan pada makhluk hidup air tawar, berukuran sangat kecil.

Contohnya seperti euglenoids, protozoa, ciliates, serta invertebrata kecil. Umumnya, infusoria diberikan ke burayak hingga usianya mencapai satu bulan. Selanjutnya baru boleh diberikan variasi pakan yang lain misalnya microworm, kutu air, atau jentik nyamuk.

BACA JUGA:  Cara Memelihara Ikan Koi

7. Microworm

Microworm adalah pakan dengan kandungan protein tinggi yang sangat disukai ikan cupang. Ukurannya kecil, hanya 0.5 sampai 2 mm, sesuai namanya benar-benar berukuran mikro. Cacing putih ini lebih pas untuk burayak yang usianya sudah melewati satu bulan.

Terlebih, microworm dapat dibudidayakan sendiri agar tidak kehabisan stok. Pembudidayaannya sederhana, cukup membeli bibit dengan harga 10 ribuan di toples kecil dan sudah siap untuk dibudidayakan. Tentu lebih hemat, apalagi merawat dalam jumlah banyak.

8. Anakan Guppy

Ikan cupang dapat bertumbuh dengan memakan jenis ikan lainnya yang berukuran kecil yakni guppy. Ini termasuk makanan ikan cupang agar cepat besar yang bagus kandungan nutrisinya. Anak-anak atau burayak guppy dapat dijadikan alternatif makanan ikan cupang.

Bentuknya kecil, dengan mata hitam yang cukup besar. Anakan guppy populer karena menyehatkan ikan cupang berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, dapat memaksimalkan pertumbuhan ikan.

Demikian adalah beberapa rekomendasi makanan ikan cupang agar cepat besar. Terlihat bahwa ada banyak pilihan yang bisa dijadikan alternatif, menyesuaikan budget dan kebutuhan ikan cupang. Dengan memperhatikan nutrisi, ikan cupang akan lebih sehat dan cepat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.